cover
Contact Name
Dika Sahputra, M.Pd
Contact Email
dikasahputrads@gmail.com
Phone
+6281361587943
Journal Mail Official
komunikaislamika@uinsu.ac.id
Editorial Address
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam
ISSN : 23557982     EISSN : 26625115     DOI : -
This journal covers actual issues in islamic communication studies The development of contemporary dawah by utilizing media Islamic information systems Islamic dakwah studies include field research and conceptual study research The purpose of this journal is to promote sharing of knowledge and understanding of communication issues Then receive contributions from experts researchers practitioners and policy makers throughout the world Any submitted paper will be reviewed by reviewers Review process employs doubleblind review that the reviewer does not know the identity of the author and the author does not know the identity of the reviewersThis journal is published periodically twice a year precisely in June and December.
Articles 35 Documents
Ekspresi Estetik Islam Dalam Pantun dan Pepatah Sebagai Media Dakwah di Sumatera Utara Asti, Indi Tri
Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan media sebagai alat penyampaian dakwah telah memberikan andil dan warna tersendiri dalam kegiatan dakwah. Bila Sunan Kalijaga dikenal dengan seni wayangnya, maka dalam masyarakat yang berdomisili di Sumatera Utara dikenal pantun dan pepatah yang juga merupakan media dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah kepada masyarakat. Bagi masyarakat Sumatera Utara, pantun dan pepatah selain merupakan alat pengungkapan jalan pikiran, sikap, dan kebudayaannya, juga sebagai pencerminan cara berpikir dan keinginan masyarakat untuk menanamkan norma-norma dalam masyarakat, seperti adat istiadat, budaya dan agama. Oleh sebab itu, sebagai salah satu bentuk karya sastra yang, pantun dan pepatah telah lama mengakar dalam kehidupan masyarakat Sumatera Utara khususnya. Pantun dan pepatah dapat digunakan kapan saja dalam kehidupan sehari-hari. Pantun dapat diselipkan dalam percakapan atau perbualan, dalam nyanyian ataupun senda gurau.
Perkembangan Media Dakwah Pada Masa Sultan Sulaiman Shariful Alamsyah (1865-1946) di Kesultanan Serdang munte, muktarruddin
Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam Vol 4, No 2 (2017)
Publisher : Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan media pada masa Sultan Sulaiman Shariful Alamsyah pada tahun 1865-1946. Adapun metode penelitian yang di gunakan adalah metode kualitatif dengan subjek penelitiannya Tuanku Sultan Sulaiman Shariful Alamsyah dan objek penelitiannya adalah perkembangan media media pada masa Tuanku Sultan Sulaiman. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara secara berstruktur, yakni wawancara dengan ahli waris dari Tuanku Sultan sulaiman. Kemudian menggunakan metode pengumpulan data dengan dokumen berupa tulisan atau karya dari seseorang yang menceritakan tokoh sejarah tersebut. Analisis data pada penelitian ini yaitu mengumpulkan data yang diperoleh dari hasil wawancara dan dari literature pendukung, setelah data terkumpul, selanjutnya dibuat reduksi data guna memilih data yang relevan dan bermakna. Kemudian penyajian data dalam bentuk tulisan dan gambar yang terkait dengan penelitian dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media dakwah yang berkembang pada masa Tuanku Sultan Sulaiman ialah adanya dua masjid Sulaimaniyah di Perbaungan dan di Pantai Cermin, adanya sekolah-sekolah Melayu dan maktab pengajian, adanya seni dan kebudayaan seperti biola, tari-tarian seperti tari zapin, adanya drama maupun teater bangsawan, adanya majelis syar?i, adanya pernikahan antar etnis dan adanya radio maupun surat kabar, tetapi pada masa itu radio maupun surat kabar belum digunakan untuk berdakwah.?
EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PENYULUHAN BP3TKI MEDAN DALAM PROGRAM SOSIALISASI PENEMPATAN TENAGA KERJA LUAR NEGERI TERHADAP SIKAP CALON TKI syah, Herman
Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam Vol 3, No 3 (2016)
Publisher : Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator komunikasi penyuluhan yang dilakukan oleh BP3TKI Medan, untuk mengetahui sikap calon TKI setelah mendapatkan penyuluhan dan untuk mengetahui hubungan efektivitas komunikasi penyuluhan BP3TKI Medan dalam program Sosialisasi Penempatan tenaga kerja luar negeri terhadap sikap calon TKI. Penelitian ini? menggunakan teori komunikasi penyuluhan, komunikasi dua tahap, perubahan perilaku dan kompetensi komunikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data primer, menggunakan kuisioner sebagai alat ukur yang disebarkan kepada 95 responden. Data yang sudah diperoleh lalu dianalisa menggunakan tabel data tunggal dan uji hipotesis melalui perhitungan statistik dengan menggunakan korelasi Spearman Rank. Berdasarkan hasil temuan penelitian bahwa indikator proses komunikasi penyuluhan BP3TKI Medan terdiri dari Agen perubahan/komunikator, Metode, Materi, Media, Waktu, Lokasi dan sasaran. Hasil temuan bahwa penyuluhan yang dilakukan oleh BP3TKI Medan dalam rangka memberikan peningkatan pemahaman pengetahuan informasi kepada calon TKI sudah efektif yang berdampak pada perubahan baik pengetahuan dan sikapnya untuk melakukan tindakan. Masih adanya calon TKI yang menjadi Ilegal karena belum mendapatkan informasi yang benar. keterbatasan penyuluhan, minimnya anggaran dan jumlah personil tenaga penyuluh merupakan penyebab dari informasi yang tidak merata. Berdasarkan hasil uji statistik bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat antara pelaksanaan komunikasi penyuluhan yang dilakukan oleh BP3TKI Medan terhadap sikap calon TKI. Teknik korelasi Spearman rank menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi antara variabel X terhadap Y sebesar 0,471artinya interpretasi tingkat hubungan kedua variabel tersebut cukup kuat. Oleh karena itu uji hipotesis ketiga, H? alternatif diterima dan Ho ditolak. Hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan komunikasi penyuluhan yang dilakukan oleh BP3TKI Medan memiliki pengaruh yang besar dalam perubahan terhadap sikap calon TKI, semakin efektif maka dampak perubahan semakin besar.??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? Kata kunci : Efektivitas, Komunikasi Penyuluhan, Perubahan Sikap
Bentuk-Bentuk Komunikasi Visual Dalam Periklanan Walisyah, Tengku
Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam Vol 6, No 1 (2019): Januari-Juni
Publisher : Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam merebut perhatian audiens terhadap iklan yang ditawarkan beberapa upaya dilancarkan untuk mendesain content iklan yang atraktif. Dimulai dari hadirnya bentuk-bentuk komunikasi visual seperti desain grafis, brand, billboard/poster dan display pada majalah/surat kabar, sampai kepada packaging menghasilkan visualisasi kreatif tersendiri dalam periklanan. Alhasil, selanjutnya efek dahsyat pun lahir sebagai manifestasi dari beberapa kriteria seperti tipografi, ilustrasi, warna, prinsip visual, serta Art Director dan Copywriter dimana perpaduannya menghasilkan harmoni visualisasi yang dahsyat. ??
KOLABORASI PERS, JURNALISTIK DAN WARTAWAN Rizal, Yose
Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Saat ini dunia jurnalistik tidak hanya milik wartawan professional saja tapi milik semua orang yang ingin berbagi informasi. Karena berbagai informasi yang dibutuhkan khalayak tidak selalu terpenuhi oleh media massa konvensional (umum). Adapun tulisan ini adalah ingin melihat lebih dalam bagaimana peran pers, jurnalistik dan wartawan juga bagaimana seharusnya menjadi seorang jurnalistik yang professional berdasarkan kode etik yang telah ada. ?
Dampak Negatif Kebebasan Pers di Kota Medan Rasyid, Abdul
Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam Vol 4, No 2 (2017)
Publisher : Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dampak negatif kebebasan pers di Kota Medan ditandai muncul media massa? tidak profesional dalam menyuguh informasi pornografi, sensasional, bombastis? yang cukup? memengaruhi prilaku masyarakat kalangan remaja?untuk berbuat kejahatan seksual dan kriminal, dan memunculkan sikap masyarakat saling menghujat terhadap prilaku pejabat yang? melanggar hukum.?Berita tersebut sengaja disetir untuk melakukan penghujatan yang amat keras.??Penelitian ini bertujuan mengetahui persuasi dalam kebebasan pers di Kota Medan, khususnya Harian Metro 24 jam, Pos Metro, Top Metro, Medan Pos, dan Harian Orbit. Pertanyaan ini dijabarkan dengan pandangan Wilson&Odgen yakni; apa langkah pendekatan mengajak orang lain mengikuti opini tertentu yakni memperoleh perhatian, merancang pesan untuk dipahami, menciptakan penerimaan atas apa yang diberikan melalui daya tarik diri dan ?memastikan adanya ingatan melalui argumen yang dirancang dan disajikan dengan baik.???????????? Berita-berita yang memperoleh perhatian kalangan pembaca remaja atau pendidikan menengah ke bawah adalah yang bercorak kriminal seperti pembunuhan, pemerkosaan, seks bebas, perampokan, dan berita-berita sensasional. Dan untuk kalangan masyarakat dewasa dan Lembaga Swadaya Masyarakat cukup tertarik memperhatikan berita-berita korupsi para pejabat pemerintah dan swasta. Kebebasan pers di Kota Medan terkesan tidak mendidik? kalangan pembaca, sebab kuat dugaan telah merusak moral kalangan remaja atau kalangan pendidikan menengah ke bawah. Bagi kalangan organisasi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan tokoh-tokoh masyarakat lainnya cendrung terlibat dalam saling hujat yang sesungguhnya bertentangan dengan ajaran Islam.??????????Secara teoritis kerangka konsep dalam penelitian ini? berdasarkan rumusan peran opini publik dan dampaknya terhadap komunikasi, prinsip-prinsip persuasi dan menggunakannya untuk mengubah prilaku, dan peran yang sah advokasi dalam ekonomi pasar bebas dan standar etika yang berlaku untuk komunikasi persuasif. ?Koran kuning? di Kota Medan cukup pandai menarik perhatian pembaca.Setidaknya ada empat ciri yang menonjol. Pertama, pemasangan foto peristiwa kriminal dan foto perempuan dengan penekanan seksualitas tubuh perempuan. Kedua,headline berukuran besar dengan warna-warni yang mencolok, misalnya merah, biru, kuning, dan hijau. Ketiga, banyaknya item berita di halaman muka. Wartawan?koran kuning? cendrung melakukan pelanggaran kode etik jurnalis dengan mengekspos berita pornografi, sensasional, bombastis dan bahkan perusahaan pers yang melakukan persekongkolan kejahatan dengan para pejabat yang korup terhadap uang negara. Para tokoh masyarakat, tokoh agama tokoh pendidik merasakan kecewaan mendalam.
KOMUNIKASI JURNALISTIK MASSA Study : Teknologi Komunikasi Jurnalistik Media Online saragih, Yoserizal
Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam Vol 3, No 3 (2016)
Publisher : Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Komunikasi jurnalistik massa dapat diartikan sebagai jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah khalayak yang tersebar, heterogen dan anonim melalui media cetak atau media eletronik. Sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat. Sedangkan media jurnalistik online adalah sebutan umum untuk sebuah bentuk jurnalistik media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia (baca-komputer dan internet). Di dalamnya terdapat portal, website (situs web), radio-online, TV-online, pers online, mail-online, dll, dengan karakteristik masing-masing sesuai dengan fasilitas yang memungkinkan untuk memanfaatkannya. Diantara kelebihannya adalah kecepatan informasi, adanya pembaruan informasi, interaktifitas, personalisasi, kapasitas muatan dapat diperbesar serta, terhubung dengan sumber lain.?Kata Kunci: Komunikasi, Jurnalistik, Media Online
The Utilization of WhatsApp on Journalistic Practices of Harian Sumut Pos Bahri, Andini Nur
Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam Vol 6, No 1 (2019): Januari-Juni
Publisher : Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The existence of mobile chat applications is one proof of technological and communication development. One popular chat application, WhatsApp, allows journalists to gain information and data needed to help the journalistic practices. The goal of this study is to examine the utilization of WhatsApp on journalistic practices implemented in Harian Sumut Pos. The results of the study show that WhatsApp has an important role in the news gathering process. The journalists stated that they use WhatsApp to get data like photos and videos from news sources.
STRATEGI KOMUNIKASI PIMPINAN YAYASAN ULIL ALBAB DALAM PEMBERDAYAAN PROGRAM PESERTA BEASISWA UNTUK KAUM DUAFA DI KOTA MEDAN Munardi, Benny
Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi komunikasi Pimpinan Yayasan Ulil Albab (YUA) dalam Pemberdayaan Program Peserta Beasiswa untuk Kaum Duafa di Kota Medan, yang meliputi penentuan tujuan komunikasi, penyajian pesan, pemilihan dan penggunaan media, serta strategi komunikasi Pimpinan YUA dalam mengatasi hambatan-hambatan komunikasi.Adapun jenis penelitian dan pendekatan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Dan jika ditelusuri penelitian ini bertolak dari fenomena sosial yang menarik perhatian peneliti, kemudian menemukan konsep awal, sehingga mempunyai rasa ingin tahu dengan melakukan ekstrapolasi, yakni menciptakan konsep baru dari konsep yang telah ada, secara rasionalitas.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: Pertama, Strategi komunikasi Pimpinan YUA dalam Penentuan Tujuan Komunikasi adalah melibatkan bawahannya dalam bentuk rapat-rapat atau diskusi. Biasanya pimpinan akan menggelar rapat tahunan dan masing-masing Jaringan Layanan di Ulil Albab, membuat kerangka tahunan dan juga menggelar rapat bulanan, untuk menerima dan membahas anggaran bulanan yang diajukan oleh masing-masing bidang program kerja dan sangat terbuka dalam menerima ide-ide yang disampaikan yang bersifat inovatif dan kreatif. Kedua, Dalam penyajian pesan adalah dengan cara pesan disusun terlebih dahulu, kemudian disajikan melalui komunikasi verbal dan non verbal, yakni dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan disesuaikan dengan pemahaman peserta penerima beasiswa. Ketiga, Dalam penggunaan dan pemilihan media menggunakan media massa, media selebaran dan komunikasi antar individu. Keempat, Dalam mengatasi hambatan-hambatan komunikasi adalah dengan melirik kepada penyebab masing-masing hambatan yang terjadi untuk lebih spesifik dalam penanganannya dan tidak terulang lagi dimasa depan.??????????? Hasil dari strategi komunikasi Pimpinan YUA dalam Pemberdayaaan Program Peserta Beasiswa untuk Kaum Duafa di Kota Medan adalah perkembangan program tersebut yang mengalami grafik peningkatan yang terus naik dari tahun ke tahun dan perubahan tingkah laku positif yang terjadi pada diri peserta beasiswa khususnya dari kalangan mahasiswa setelah mengikuti proses pemberdayaan.
Fenomena Wanita Berhijab dalam Iklan walisah, Tengku
Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam Vol 4, No 2 (2017)
Publisher : Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Akhir-akhir ini wajah periklanan sedang mengalami perubahan drastis dimana dari segi tampilan yang biasanya senantiasa menggunakan content sensualitas dan seksualitas dari sosok wanita namun kini tampaknya seiring waktu tampilan seperti ini seolah tergerus oleh waktu dan kemajuan zaman. Meskipun content tersebut tidak sama sekali hilang namun setidaknya minimal dari segi jumlahnya. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan atribut agama khususnya Islam telah membawa warna baru bagi industri Periklanan. Lihatlah kini sederet iklan mulai menampilkan wanita berhijab tidak hanya pada adegan iklannya namun juga saat mengkampanyekan dan mempromosikan pesan-pesan produknya. Realitas yang terjadi di lapangan pun menunjukkan hal yang sama dimana hijab sebagai atribut Islam menjadi sebuah fenomena dalam penampilan trend kalangan muslimah baik lokal maupun global. Akibatnya, periklanan kini memasuki era baru dan semakin berdinamika.?

Page 1 of 4 | Total Record : 35