cover
Contact Name
Yogi Isro' Mukti
Contact Email
yogie.mukti@gmail.com
Phone
+6282371250508
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jln. Masik Siagim NO.75 Simpang Mbacang Kel. Karang Dalo
Location
Kota pagar alam,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Betrik
ISSN : 23391871     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.36050/betrik.v10i03
Core Subject : Science,
Besemah Informatika dan Teknologi Komputer (BETRIK) adalah jurnal nasional yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Layanan (LPPM), Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam (STTP). Karya ilmiah ini diterbitkan sebanyak 6 manuskrip, dengan topik yang berkaitan dengan masalah Teknologi Informasi dan Komunikasi termasuk Rekayasa Perangkat Lunak, Programming, Mobile Aplication, Networking, Security, Internet of Things (IoT), Artificial Intelgence, dan Multimedia.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 03 (2018): JURNAL ILMIAH BETRIK" : 5 Documents clear
Implementasi Data Mining Menentukan Jurusan Menggunakan Metode Klasifikasi Berbasis Web Di Sma Negeri 2 Muara Beliti Santoso, Budi
Jurnal Ilmiah Betrik Vol 9 No 03 (2018): JURNAL ILMIAH BETRIK
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36050/betrik.v9i03.38

Abstract

Data mining merupakan proses iteratif dan interaktif untuk menemukan pola atau model baru yang sempurna, bermanfaat dan dapat dimengerti dalam suatu database yang sangat besar. Jurusan merupakan salah satu alat ukur kemampuan siswa untuk menentukan arah dan tujuannya kedepan selama dijenjang pendidikan, masalah yang dihadapi dalam menentukan jurusan tersebut yaitu siswa diharuskan untuk melaksanakan tes dan menunggu kurang lebih satu minggu untuk mengetahui hasil yang didapatkan. Tujuan dari penelitian yang dilaksanakan adalah membangun perancangan website menentukan jurusan berbasis web di SMA Negeri 2 Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas untuk menyediakan layanan tes dalam menentukan jurusan dan mempermudah pihak sekolah dalam mengelola data siswa, data tes, serta mengelola laporan. Penelitian ini menggunakan metode Klasifikasi Data Mining untuk menganalisis data dan untuk memvisualisasikan pemodelan menggunakan Waterfall Unifed Modelling Languange (UML). Sedangkan bahasa pemrograman menggunakan PHP, XAMPP, dan MYSQL untuk mengelola database. Penelitian ini menghasilkan data siswa, data soal, serta dapat membantu dalam pengelolaan laporan
Sistem Informasi Pada Mts Guppi Kota Pagar Alam Berbasis Web Arif, Alfis
Jurnal Ilmiah Betrik Vol 9 No 03 (2018): JURNAL ILMIAH BETRIK
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36050/betrik.v9i03.39

Abstract

Teknologi informasi dapat dikatakan salah satu contoh produk teknologi yang berkembang pesat yang dapat membantu manusia dalam mengolah data, menyimpan data serta menyajikan sebuah informasi yang berkualitas. Penyampaian informasi yang dilakukan oleh MTs menggunakan sebuah spanduk dan informasi lisan. Dengan cara tersebut peyebaran informasi mengenai MTs dirasa kurang efektif, karena dapat menyebabkan terlambatnya penyebaran informasi dan pembuatan laporan. Penyebaran informasi tersebut akan dirasakan lebih efektif apabila MTs memiliki sistem informasi website sebagai salah satu media penyimpanan dan penyampaian informasi kepada masyarakat. Rancang bangun sistem informasi dalam pembuatan website di MTs GUPPI kota Pagar Alam ini menggunakan metode Engineering dengan tools UML (Unified Modeling Language) dengan menggunakan diagram antara lain use case diagram, activity diagram, sequence diagram, dan class diagram. Bahasa pemerograman yang digunakan adalah PHP dan MySQL sebagai basis datanya. Dari hasil penelitian ini menghasilkan sebuah website yang berfungsi untuk memudahkan dalam pencarian informasi di MTs GUPPI kota Pagar Alam.
Sistem Informasi Pendataan Pengunjung Perpustakaan (Studi kasus : SMKN 1 Palembang) Solikhin, Imam; Sobri, Muhammad; Saputra, Riky
Jurnal Ilmiah Betrik Vol 9 No 03 (2018): JURNAL ILMIAH BETRIK
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36050/betrik.v9i03.40

Abstract

SMKN 1 Palembang merupakan salah satu lembaga pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang merupkan sekolah unggulan di kota Palembang. Perpustakaan pada sekolah ini dilakukan menggunakan microsoft excel dan papan tulis dimana pemakaian tersebut kurang efisien dan belum tersedia sistem informasi pendataan pengunjung perpustakaan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu adanya pembuatan sistem berbasis web yaitu sistem informasi pendataan pengunjung perpustakaan. Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem ini adalah menggunakan Model air terjun (waterfall) sering juga disebut model sekuensial linier (sequential linear) atau alur hidup klasik (classic life cycle). Adapun tahapan dari model ini adalah analisis, desain, pengodean, pengujian, dan tahap pendukung (support). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah dalam pendataan, pencarian data pengujung perpustakaan sehingga pekerjaan menjadi lebih efesien.
Implementasi Model Addie Pada Education Game Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus Pada SMP Negeri 8 Pagaralam ) Aminah, Siti
Jurnal Ilmiah Betrik Vol 9 No 03 (2018): JURNAL ILMIAH BETRIK
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36050/betrik.v9i03.41

Abstract

Tujuan dari pemelitian ini adalah menerapkan model ADDIE pada multimedia pembelajaran yang berbentuk game. Berlatar belakang dari usaha untuk meningkatkan daya saing dan keunggulan kompetitif dari semua sektor, menuntut manusia untuk mempunyai kemampuan yang berkualitas, baik dari sumber daya manusia (SDM), ilmu pengetahuan dan teknologi agar manusia mampu bertahan dalam perkembangan zaman yang semakin canggih. Salah satu sarana yang harus dikuasai dalam menghadapi era globalisasi tersebut adalah kemampuan berkomunikasi dengan Bahasa Inggris, sehingga Bahasa Inggris sangat ditekankan penguasaannya di Indonesia. Penelitian dilakukan dengan merancang serta membangun education game multimedia pembelajaran Bahasa Inggris pada SMP Negeri 8 Pagaralam. Dalam penelitian ini, model yang diimplementasikan adalah ADDIE, dengan melalui lima tahapan, yaitu analisis, desain, penembangan, implementasi dan evaluasi. Pada SMPN 8 Pagar Alam, penelitian ini juga digunakan untuk mengembangkan dan mengevaluasi perangkat lunak multimedia pembelajaran Bahasa Inggris untuk siswa Sekolah Menengah Pertama. Aplikasi Education game diharapkan dapat membantu guru memberikan materi kepada siswa dengan cara belajar sambil bermain untuk meningkatkan belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Inggris. Aplikasi ini dibangun dengan konsep multimedia yang ini sangat efektif dan dapat digunakan sebagai alat bantu yang berisi materi dan soal latihan Bahasa Inggris untuk siswa didalam pembelajaran Bahasa Inggris.
Analisa Usability Pada Website Traveloka Yadi, Yadi
Jurnal Ilmiah Betrik Vol 9 No 03 (2018): JURNAL ILMIAH BETRIK
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36050/betrik.v9i03.43

Abstract

Traveloka salah satu penyedia pelayanan jasa memanfaatkan situs website sebagai salah satu media informasi paling efektif untuk menyampaikan sebuah informasi yang cepat dan akurat. Namun agar sebuah media informasi dapat berguna dengan baik dibutuhkan sebuah analisa untuk mengetahui seberapa besar tingkat kemudahan user dalam menggunakan website tersebut. Usability adalah sebuah metode yang digunakan untuk menguji sebuah kebergunaan perangkat lunak dan mengetahui tingkat pemahaman dan kepuasan user dalam menggunakan perangkat tersebut. Tujuan dari analisis usability ini untuk menganalisa seberapa besar tingkat kebergunaan (usability) website penyedia pelayanan jasa seperti Traveloka.com bagi user. Dengan jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif, sedangkan pengukuran usability yang dilakukan meliputi aspek learnability, efficiency, memorability, errors dan satisfaction. Hasil dari penelitian yang telah dihitung dengan menggunakan aplikasi Spss 20, peneliti mendapatkan tingkat kebergunaan sebesar 75% dari nilai angket yang telah di nilai oleh responden bahwa dengan adanya situs pelayanan jasa seperti traveloka sangat bermanfaat dan dapat membantu bagi pengguna. Hal ini dapat dilihat dari hasil setiap aspek usability menyatakan pada setiap variabel seperti learnability 85%, Efficiency 70%, Memorability 80%, Erorr 60% dan satisfaction 85%. Dengan tingkat usability website Traveloka.com dapat dinilai baik dan berguna untuk mendukung aktifitas pekerjaan user

Page 1 of 1 | Total Record : 5