cover
Contact Name
Yogi Isro' Mukti
Contact Email
yogie.mukti@gmail.com
Phone
+6282371250508
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jln. Masik Siagim NO.75 Simpang Mbacang Kel. Karang Dalo
Location
Kota pagar alam,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Betrik
ISSN : 23391871     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.36050/betrik.v10i03
Core Subject : Science,
Besemah Informatika dan Teknologi Komputer (BETRIK) adalah jurnal nasional yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Layanan (LPPM), Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam (STTP). Karya ilmiah ini diterbitkan sebanyak 6 manuskrip, dengan topik yang berkaitan dengan masalah Teknologi Informasi dan Komunikasi termasuk Rekayasa Perangkat Lunak, Programming, Mobile Aplication, Networking, Security, Internet of Things (IoT), Artificial Intelgence, dan Multimedia.
Articles 38 Documents
Rancang Bangun Digital Librarypada Sekolah Tinggi Teknologi Pagaralam Menggunakan PHP Dan Mysql Arif, Alfis
Jurnal Ilmiah Betrik Vol 7 No 01 (2016): JURNAL ILMIAH BETRIK
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36050/betrik.v7i01.7

Abstract

Design of Digital Library at the College of Technology Pagaralam using PHP and MySQL (2014 ) Thesis . Program Information Engineering College of Technology Pagaralam, in March 2014. The purpose of the research is to create a Digital Library at the College of Technology Pagaralam using PHP and MySQL and System Development method used is the method of Web Engineering with the stages: Customer Communication,Planning ,Modelling , Construction and Deployment . By Making Digital Library at the College of Technology Pagaralam using PHP and MySQL enabling acquired the website dynamic and easily updated anytime. Besides, this website can also be one of the means for the College of Technology Pagaralam to provide a cheaper alternative media for Students, Faculty, and Society.
Aplikasi Sistem Pakar Untuk Diagnosa Sakit Gigi Berbasis Web Jangcik, Idi; Syaputra, Arizen
Jurnal Ilmiah Betrik Vol 7 No 01 (2016): JURNAL ILMIAH BETRIK
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36050/betrik.v7i01.8

Abstract

Seiring perkembangan teknologi, dikembangkan pula sauatu sistem teknologi yang mampu mengadopsi proses dan cara berpikir manusia yaitu system pakar yang mengandung pengetahuan tertentu sehingga setiap orang dapat menggunakanya untuk memecahkan masalah yang bersifat spesifik, dalam hal ini adalah membangun sebuah sistem berbasis pengetahuan paerawat gigi dalam mendiagnosa panyakit gigi yang ditampilkan dalam bentuk website menggunakan pemrograman PHP dengan database MySQL. Metode sistem pakar yang digunakan adalah backward chaining dengan pembuatan tabel keputusan dari data-data penunjang yang dikutip dari perawat gigi yang bersangkutan. Dengan fasilitas yang diberikan untuk user dan administrator, memungkinkan baik user maupun administrator untuk menggunakan sistem ini sesuai kebutuhannya masing-masing. User diberi kemudahan dalam mengetahui informasi berbagai jenis penyakit gigi dengan gejala-gejala klinisnya, serta konsultasi layaknya dengan seorang perawat gigi melalui beberapa pertanyaan yang harus dijawab user untuk mengetahui hasil diagnosanya. Sedangkan administrator dimudahkan dalam memanajemen sistem, baik proses tambah, hapus maupun update data terbaru.
Analisa Pengaruh Penerapan E-Learning Terhadap Keaktifan Mahasiswa Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Sasmita
Jurnal Ilmiah Betrik Vol 7 No 01 (2016): JURNAL ILMIAH BETRIK
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36050/betrik.v7i01.9

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk untuk menganalisa pengaruh penerapan e-learning terhadap keaktifan mahasiswa pada kegiatan pembelajaran di Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam sehingga menjadi masukan dalam hal pengembangannya ke depan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Variabel-Variabel yang digunakan ada 5 (lima) variabel yaitu Kegunaan persepsian (perceived usefulness), Sikap terhadap menggunakan teknologi (Attidute towards using technology, Minat perilaku menggunakan teknologi (Behavioral Intention to USe) kemudahan penggunaan persepsian (perceived ease of use)19,dan Penggunaan Teknologi Sesungguhnya (Actual Techology Use). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dari penyebaran kuesioner pada 150 mahasiswa pengguna e-learning di Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam. Metode analisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Pengolahan data menggunakan SPSS.
Aplikasi Computer Assisted Test (CAT) Pada Penerimaan Mahasiswa Baru Putrawansyah, Fery; Janestin, Citra
Jurnal Ilmiah Betrik Vol 7 No 01 (2016): JURNAL ILMIAH BETRIK
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36050/betrik.v7i01.10

Abstract

Kemajuan dunia teknologi khususnya di bidang Multimedia saat ini menuntut para programmer untuk memembuatmultimeidia yang dapat di manfaatkan untuk memudahkan pekerjaan Instansi, Perusahaan dan Dosen/guru. Adobe Flash adalah salah satu Software yang banyak digunakan untuk membuat aplikasi-aplikasi Multimedia. Dari pemikiran tersebut maka dibuatlah Aplikasi Computer Assisted Test (CAT) sebagai media untuk melakukan Test secara komputerisasi. Di dalam aplikasi Computer Asisted Test (CAT) ini menampilkan informasi tentang kampus, petunjuk penggunaan serta soal-soal yang nantinya akan dijawab oleh peserta test, aplikasi Computer Assisted Test (CAT) juga memberikan keunggulan yakni dapat mengetahui secara langsung hasil jawaban dari test yang dilakukan oleh peserta test. CAT ini sudah Valid dan paktis karena sudah di uji oleh Expert Review, Uji One to-one dan Small Group sesuai dengan model pegembangan Alessi & Trollip
Sistem Informasi Peraturan Daerah (Perda) Kota Pagar Alam Berbasis Web Muslim, Buhori ; Dayana, Liza
Jurnal Ilmiah Betrik Vol 7 No 01 (2016): JURNAL ILMIAH BETRIK
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36050/betrik.v7i01.11

Abstract

Sistem informasi Peraturan Daerah Kota Pagar Alam berbasis web sudah diterapkan oleh beberapa. Daerah diIndonesia. Namun permasalahanny aadalah untuk Kota Pagar Alam belum ada system yang dibangun sebagai sarana penyebar luasan produk hokum sehingga informasi tentang Peraturan Daerah Kota Pagar Alam belum maksimal. Ketidak tahuan aparatur terutama masyarakat membuat kurang tegaknya peraturan yang ada. Keterbatasan Pemerintah dalam mensosialisasikan Peraturan Daerah Kota Pagar Alam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan sistem, yaitu eksperimen untuk merancang system informasi Peraturan Daerah Kota Pagar Alam berbasis web yang dapat diakses melalui webbrowser. Sistem informasi Peraturan Daerah Kota Pagar Alam ini dibangun dengan bahasa pemrograman PHP, tag HTML, dan Photoshop, serta memanfaatkan database MySQL sebagai database server.
Analisis Dan Implementasi Desain Jaringan Hotspot Berbasis Mikrotik Menggunakan Metode NDLC (Network Development Life Cycle) Pada BPU Bagas Raya Lubuk Linggau Kurniawan, Rudi
Jurnal Ilmiah Betrik Vol 7 No 01 (2016): JURNAL ILMIAH BETRIK
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36050/betrik.v7i01.12

Abstract

Dewasa ini banyak sistem routing yang digunakan, dari yang gratis (free) sampai yang berbayar, dari mudah sampai yang susah dalam sistem konfigurasinya. Salah satunya yang akan kita bahas adalah MikroTikRouterOS, yaitu sistem operasi router yang sekarang ini banyak di gunakan oleh warnet-warnet, kantor-kantor ataupun instansi-instansi lain. MikroTik RouterOS merupakan routernetwork yang handal, dilengkapi dengan berbagai fitur dan tools, baik untuk jaringan kabel maupun jaringan tanpa kabel (wireless). Dengan pengembangan sistem menggunakan Metode NDLC, menjadikan desain perancangan hotspot ini menjadi lebih terperinci dan terstruktur.
Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris Pada SMA PGRI Pagaralam Aminah, Siti; Agustin, Kiki
Jurnal Ilmiah Betrik Vol 7 No 02 (2016): JURNAL ILMIAH BETRIK
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Meningkatnya daya saing dan keunggulan kompetitif dari semua sektor, menuntut manusia untuk mempunyai kemampuan yang semakin berkualitas baik dalam bidang Sumber Daya Manusia (SDM), ilmu maupun teknologi, agar manusia tetap mampu bertahan dalam kehidupannya. Salah satu sarana yang harus dikuasai dalam menghadapi era globalisasi tersebut adalah kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Inggris, sehingga bahasa Inggris sangat ditekankan penguasaannya di Indonesia.Penelitian Multimedia pembelajaran bahasa Inggris pada SMA PGRI Pagaralam ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi perangkat lunak multimedia pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa Sekolah Menengah Atas. Tahapan penelitian ini meliputi Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing. Tahap concept meliputi penentuan ruang lingkup, identifikasi karakteristik siswa.Tahap design meliputi penentuan spesifikasi sistem dan tampilan sistem. Tahap material collecting meliputi pengumpulan bahan yang sesuai dengan kebutuhan. Tahap assembly dimana semua objek atau bahan multimedia dibuat.Tahap akhir yakni Testing dan Distribution, testing terdiri atas uji alpha oleh ahli materi, uji beta oleh siswa sedangkan, tahap distributioncara pendistibusian sistem multimedia. Multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan ini terdiri atas materi dan latihan dalam bentuk reading, writing, listening dan menyimak video.
Perancangan Aplikasi Dashboard Sri (System Of Rice Intensification) Untuk Hasil Pertanian Padi Di Kecamatan Sumber Harta Berbasis Web Elmayati, Elmayati; Kurniasari, Ririn
Jurnal Ilmiah Betrik Vol 10 No 02 (2019): JURNAL ILMIAH BETRIK
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36050/betrik.v10i02.14

Abstract

Kecamatan Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas dalam memberikan informasi hasil pertanian padi kepada masyarakat umumnya dan kelompok tani khususnya masih cara konvensional yaitu dengan menulis di kertas. Hasil panen padi tidak sebanding dengan jumlah kelompok tani, ini disebabkan kurangnya informasi bagi kelompok tani padi tentang hasil panen padi. Berkurangnya hasil pertanian padi ini juga disebabkan kelompok tani padi juga mengalih fungsikan lahan persawahan yang seharusnya ditanami padi menjadi lahan perkebunan sawit, karet, palawija dan sayur-sayuran. Dalam menyelesaikan masalah ini, peneliti mencoba memanfaatkan perkembangan aplikasi agar dapat memberikan informasi yang mudah dimengerti dan mudah diakses. Hasil penelitian ini berupa aplikasi dasboard SRI (System of Rice Intenfication ) yang terdiri dari halaman login, halaman desa, halaman kelompok tani, halaman jenis padi, halaman luas lahan, dan dasboard hasil panen padi. Hasil penelitian ini menunjukkan Perancangan Aplikasi Dashboard SRI (System of Rice Intenfication) Pertanian Padi di Kecamatan Sumber Harta Berbasis Web dapat menghasilkan informasi dan menyajikan laporan data hasil pertanian padi.
Rancang Bangun Website Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Gumay Ulu Arif, Alfis
Jurnal Ilmiah Betrik Vol 10 No 02 (2019): JURNAL ILMIAH BETRIK
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36050/betrik.v10i02.15

Abstract

Penelitian dengan judul ?Rancang Bangun Website SMP Negeri 2 Gumay Ulu berbasis Web? telah di laksanakan dengan tujuan untuk merancang dan membangun website SMP Negeri 2 Gumay Ulu yang dapat menyampaikan informasi kepada masyarakat ataupun pengunjung secara online. Website ini dirancang dengan menggunakan pemodelan UML. Sedangkan bahasa pemrograman yang di gunakan adalah PHP Database dan MySQL. Hasil dari Rancang Bangun ini adalah website yang mana website ini di titik beratkan pada pengolahan informasi mengenai sekolah-sekolah dan kegiatan yang ada di sekolah seperti ekskul, program ? program keahlian ilmu kemasyarakatan dan Tersebut. Metode pengembangan sistem yang di pakai dalam web Engineering (rekayasa web) dengan tahapan sebagai berikut: Customer Communication, Planning, Modelling, Construction, Deployment. Dengan adanya Website SMP Negeri 2 Gumay Ulu diharapkan dapat membantu penyampaian informasi yang cepat, dan tidak banyak menggunakan media kertas,dan tentunya memudahkan pengolahan data dan penyampaian informasi melalui website itu sendiri.
Rancang Bangun Website Penerimaan Siswa Baru (PSB) SMPN 5 Kota Pagar Alam Sasmita, Sasmita
Jurnal Ilmiah Betrik Vol 10 No 02 (2019): JURNAL ILMIAH BETRIK
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36050/betrik.v10i02.16

Abstract

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi pada saat ini sudah dianggap sebagai suatu kebutuhan, hal ini terjadi karena penerapan teknologi komputer dirasakan bisa membuat sebuah pekerjaan menjadi lebih cepat. SMP Negeri 5 Pagar Alam dalam penerimaan siswa baru masih manual, siswa langsung datang ke SMP Negeri 5 Pagar Alam untuk mendapatkan Informasi dan melakukan pendaftaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah membuat Website Penerimaan Siswa Baru di SMP Negeri 5 Pagar Alam yang lebih efektif dan efisien dari sistem sebelumnya. Metode Pengumpulan data terdiri dari Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan Studi Pustaka. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah web engineering, pada metode ini terdapat lima tahapan yang terdiri dari Customer Communication, planning, modelling, construction dan deployment. Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah website penerimaan siswa baru SMP Negeri 5 Pagar Alam, dengan adanya website penerimaan siswa baru SMP Negeri 5 Pagar Alam memudahkan masyarakat mendapatkan informasi dan melakukan pendaftaran secara efektif dan efesien.

Page 1 of 4 | Total Record : 38