cover
Contact Name
Nur Aliyyah Irsal
Contact Email
-
Phone
+6285758012912
Journal Mail Official
jp2ms@unib.ac.id
Editorial Address
Gedung Dekanat FKIP Lt.2 Jl. Raya KandangLimun, Bengkulu 38171A
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS)
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : -     EISSN : 2581253X     DOI : 10.33369/jp2ms
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan menengah
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2017)" : 15 Documents clear
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA Setiawati, Nisa; Rusdi, Rusdi; Yensy, Nurul Astuty
JP2MS Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.244 KB) | DOI: 10.33369/jp2ms.1.2.176-181

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa antara pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution lebih tinggi dibandingkan hasil belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas eksperimen VII.D dengan jumlah 34 siswa yang menerapkan model pembelajaran problem posing tipe pre solution dan kelas kontrol VII.F dengan jumlah 34 siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh thitung = 2,047 lebih dari nilai ttabel = 1,9965 dalam taraf signifikan 5%. Maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu.Kata Kunci : pembelajaran problem posing tipe pre solution, pembelajaran konvensional, hasil belajarAbstractThis study aims to determine whether the results of learning mathematics students between learning Problem Posing Pre Solution Type is higher than the results of learning with conventional learning in class VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. This research is an experimental research with population of this research is student of class VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. The samples were taken by purposive sampling technique so that the experimental class VII.D was obtained with the number of 34 students applying the model of problem posing of pre-solution type and control class VII.F with 34 students applying conventional learning. Based on the results of data analysis using t test obtained t count = 2.047 more than the value of ttable = 1.9965 in a significant level of 5%. Then Ho is H0 rejected so it can be concluded that the results of learning mathematics students by applying learning Problem Posing Pre Solution Type is higher than the student learning outcomes by applying conventional learning in class VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu.?keywords: problem posing learning pre solution type, conventional learning, learning outcomes
Penerapan Model Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu Novianti, Karina; Muchlis, Effie Efrida; Maizora, Syafdi
JP2MS Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.966 KB) | DOI: 10.33369/jp2ms.1.2.170-175

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan Model Think Talk Writedalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan ?Model Think Talk Writedapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa. Aktivitas belajar siswa ditingkatkan dengan cara memberikan? alat peraga, pembagian kelompok belajar secara heterogen, memberikan bantuan belajar khusus kepada siswa yang berkemampuan rendah, melakukan pendekatan serta memberikan teguran kepada siswa yang tidak mengikuti tahapan pembelajaran dengan baik. Peningkatan aktivitas belajar ?siswa dapat dilihat dari skor rata-rata aktivitas belajar siswa dari siklus I hingga siklus III yaitu: 2,63; 2,92; 3,76.
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MENGGUNAKAN SOAL CERITA Rahmah, Annisyah; Muchlis, Effie Efrida; Herawaty, Dewi
JP2MS Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.364 KB) | DOI: 10.33369/jp2ms.1.2.116-121

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menggunakan soal cerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam tiga siklus dengan subjek penelitian siswa kelas VIII A SMPN 15 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menggunakan soal cerita dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa. Aktivitas siswa ditingkatkan dengan cara: a) Menetapkan kelompok belajar heterogen berdasarkan tingkat kemampuan akademis, b) Memberikan tanggung jawab kepada setiap anggota kelompok, c) Melakukan kegiatan bertukar informasi. Peningkatan aktivitas terlihat dari hasil observasi aktivitas siswa siklus I, II, III, yaitu 16,25 (kriteria cukup); 22,125 (kriteria cukup); 26,5 (kriteria aktif).kata kunci: pembelajaran ?kooperatif, ?Numbered ?Heads Together (NHT), soal cerita, aktivitas belajar.?AbstractThe study aims to improve the student mathematics learning activities by applying cooperative learning model type Numbered Heads Together (NHT) using story problem. Type of this research is classroom action research (CAR) and carried out in three cycles with the research subjects were students of class VIII A SMPN 15 Bengkulu City. The instruments used in this study is the student activities observation sheet. The results showed that the application of cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT) using story problem can increas the students mathematics learning activities. Student activities can be improved by: a) Establishing the study group heterogeneously on the level of academic ability, b) Providing responsibility to each group member, c) Conducting information exchange activities. Increased of students activities can be seen from the observation of student activites cycle I, II, III, which is 16.25 (enough criteria); 22.125 (enough criteria); 26.5 (active criteria).keywords : cooperative learning, Numbered ?Heads ?Together (NHT), story problem, learning activities, learning outcomes.
Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Think Talk Write dan Pembelajaran Ekspositori di Kelas VII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu Gusvarini, Elsa Putri; S, M. Fachruddin; Muchlis, Effie Efrida
JP2MS Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.706 KB) | DOI: 10.33369/jp2ms.1.2.155-162

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran think talk write dan pembelajaran ekspositori di Kelas VII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 15Kota Bengkulu tahun ajaran 2016/2017. Sampel diambil dengan teknik purposive samplingsehingga diperolehkelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen penelitian berupa posttest berbentuk soal uraian. Instrumen posttest di uji cobakan di kelas uji coba, lalu dilakukan analisis dengan uji validitas (empiris), uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan uji daya pembeda soal.Hasil posttest menunjukkan kelas kontrol dengan jumlah siswa 33 orang, memperoleh rata-rata hasil belajar siswa 60,70 dan varians 119,04. Sedangkan kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang, memperoleh rata-rata hasil belajar siswa 75,88 dan varians 70,71Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Kemudian pengujian hipotesis menggunakan uji-t satu pihak. Berdasarkan perhitungan uji-t satu pihak dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 63 diperoleh ?maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran think talk write dan pembelajaran ekspositori di kelas VII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu.?Kata Kunci:hasil belajar, think talk write, ekspositori??AbstractThe purpose of this study was to investigate the differences of learning outcomes ability between students given model of learning ThinkTalk-Write with Expository in first grade of SMP Negeri 15 Bengkulu city. The population was first grade of SMP Negeri 15 Bengkulu city in the academic year 2016/2017. Then by using purposive sampling technique, VII A was selected as the experimental class and VII B as the control class. Data collecting technique was test. The instrument was essay posttest. The posttest instrument had tested in a trial class, then analyzed its validity, reliability, level of difficulty and discrimination power. The results showed that 33 students of control class got the scores about 60,70 with variances 119,04 while 32 students of experimental class got 75,88 with variances 93,08. Data analysis was performed by precondition testing analysis which consisted of normality and homogeneity testing. Then, the hypothesis was tested by using one side t-test. Based on the calculation of two side t-test with 5% of significant level and 63 of independent degree resulted tcount = 6,269> ttable = 1.998 then it was concluded that in the first grade of SMP Negeri 15 Bengkulu city, there is a signignificant difference between learning outcomes of students who were given model of learning Think-Talk-Write and ?than the students who were given model of learning Expository.?Keyword :learning outcomes. think talk write, expository
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) Setiani, Dona; Hanifa, Hanifa; Muchlis, Effie Efrida
JP2MS Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (570.736 KB) | DOI: 10.33369/jp2ms.1.2.190-196

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIIIA SMPN 1 Pondok Kelapa semester genap tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar? siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yang dilakukan dengan cara membentuk kelompok diskusi yang heterogen, menggunakan alat peraga dalam mengkonstruksi ide matematika, membimbing siswa dalam kegiatan kelompok, dan memberikan motivasi dan apresiasi berupa pujian. Hasil belajar siswa juga dapat ditingkatkan dengan cara mengingatkan pada materi pertemuan sebelumnya, mengaitkan manfaat belajar materi melalui masalah kontekstual, memberikan soal latihan, membimbing dalam menemukan konsep melalui LKPD berbasis PMR, mengingatkan untuk membaca materi pertemuan selanjutnya.Kata kunci: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; PMR.AbstractThis study aims to find out how to apply the approach of Realistic Mathematics Education (RME) that improves student activities and learning outcomes on the topics of flat side solids. This type of research is Classroom Action Research (CAR). The subject of this research is 30 students of class VIIIA SMPN 1 Pondok Kelapa even semester of 2016/2017 academic year. The instruments used are activity observation sheets and test result of student learning. The results showed that there was an improvement in the student's learning activities by forming heterogeneous discussion groups, using visual aids in constructing mathematical ideas, guiding them to take on the task of group activities, and providing motivation and appreciation in the form of praise. Student learning outcomes can also be improved by reminding the material of previous meetings, linking the benefits of learning materials through contextual issues, giving practice questions, guiding in finding concepts through PMR-based LKPD and reminding them to read the next meeting material. Keywords: Learning Activity; Learning outcomes; RME.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU Sari, Fiki Puspita; Maizora, Syafdi; Herawaty, Dewi
JP2MS Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.913 KB) | DOI: 10.33369/jp2ms.1.2.122-126

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar segiempat dan segitiga. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan? bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar dapat ditingkatkan dengan cara membuat pertanyaan-pertanyaan yang lebih sederhana pada LKPD, memberikan penjelasan singkat tentang istilah-istilah yang belum dipahami siswa, memberikan motivasi dan apersepsi, serta memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I hingga siklus III yaitu : 72,82; 81,24, 83,88 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I hingga siklus III yaitu: 55,88%; 70,59%; 82,35%.
ANALISIS KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL URAIAN DENGAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 TALANG EMPAT Angraini, Resi; Susanta, Agus; Maulidiya, Della
JP2MS Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.877 KB) | DOI: 10.33369/jp2ms.1.2.163-169

Abstract

??????????????????????????????????????????????????AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan menyelesaikan soal uraian dengan pembelajaran problem posing type post solution. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Talang Empat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berbentuk soal cerita.? Hasil penelitian menyimpulkan bahwa masing-masing kelompok pada tahap penyelesian soal sudah sesuai dengan indikator pencapaian soal.?Kata Kunci: kemampuan menyelesaikan soal uraian, pembelajaran problem posing tipe post solution.?AbstractThis study aims to describe the ability to solve the problem description by learning Problem Posing Post Solution type. This research was conducted in SMP Negeri 1 Talang Empat. The method used was descriptive qualitative. Technique collecting data using test instrument in form of story problem. Based on the results of the study note that each group at the stage of problem solving is in accordance with the indicators of achievement of the problem that has the average score with sufficient and good criteria.?Keywords: problem solving, the problem posing learning post solution type.
AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM-GAME-TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT furqany, rizka; Muchlis, Effie Efrida; Hanifah, Hanifah
JP2MS Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (526.815 KB) | DOI: 10.33369/jp2ms.1.2.197-201

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan cara menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT berbantuan Powerpoint pada materi segitiga dan segiempat. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII F MTs Negeri 2 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT berbantuan Powerpoint dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari skor rata-rata aktivitas siswa dari siklus I hingga siklus III yaitu: 19,6; 22,25; 25,5.
EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII Anto, Windri; Rusdi, Rusdi; Maizora, Syafdi
JP2MS Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.342 KB) | DOI: 10.33369/jp2ms.1.2.137-142

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS matematika model problem based learning pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu yang memiliki validitas, kepraktisan, dan efektifitas yang baik. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengadopsi prosedur 4-D yaitu tahap pendifinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan yang terdiri dari uji validitas, uji kepraktisan, dan efektifitas.Instrument penelitian ini adalah lembar validasi LKS, lembar kepraktisan LKS, dan lembar keefektifan yang terdiri dari: lembar aktivitas siswa, lembar respon siswa, dan lembar tes hasil belajar siswa. Semua data yang dikumpulkan dianalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (a) LKS Matematika Model Problem Based Learning di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sangat valid dari aspek materi dan kontruksi dengan skor rata-rata = 4,47, (b) LKS Matematika Model Problem Based Learning di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sangat praktis dengan skor rata-rata = 4,59, (c) LKS Matematika Model Problem Based Learning di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sangat efektif dengan skor rata-rata = 4,31 dan pencapaian efektifitas: (1) penilaian aktivitas siswa sangat efektif dengan skor rata-rata sebesar = 4,47; (2) penilaian respon siswa sangat efektif dengan skor rata-rata = 4,33; (3) penilaian tes hasil belajar siswa efektif dengan skor rata-rata = 4,18.Kata kunci : lembar kerja siswa, problem based learning, bangun ruang sisi datar.?AbstractThe purpose of this research was to produce Students? Worksheet of? Problem Based Learning for Geometry Solids lesson at grade VIII SMPN 2 Bengkulu City with criteria validity, practicality and effectiveness. The type of this research was a research and development by adopting procedure of 4-D: define, design, and develop that consists of validity, practicality, and effectiveness.The instruments of this study were validation sheets, construct practicality sheets, and effectiveness sheets which consist of activity sheets, respons sheets, and test. The result of the reaserch showed that: a) Students? Wokrheet of mathematics of Problem Based Learning was valid from the aspect materials and construct with the average score 4,47, b) Students? Wokrheet of mathematics of Problem Based Learning was very practis with the average score 4,59, c) Students? Wokrheet of mathematics of Problem Based Learning was very effective with the average score 4,31. Besides that, the effectiveness achievement were: 1) scoring the studens effective work with the average score 4,47, 2) scoring the studens respons with the average score 4,33, 3) scoring the studens test with theaverage score 4,18.Keywords : students? worksheet, problem based learning, solids?geometry .
PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN TEKNIK QUICK ON THE DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP Utami, Fitria Rusti; Susanta, Agus; Yensy B., Nurul Astuty
JP2MS Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.001 KB) | DOI: 10.33369/jp2ms.1.2.182-189

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini mengkaji masalah peningkatan hasil belajar siswa antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan teknik Quick On The Draw dan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa dan hasil tes akhir. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian the nonequivalent posttes-only control group design menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 13 Kota Bengkulu, dengan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dalam bentuk soal uraian. Berdasarkan hasil observasi, aktivitas siswa dengan menggunakan teknik quick on the draw meningkat. Teknik analisis data dengan menggunakan uji-t dengan thitung = 2,03 dan ttabel = 1,99 dengan ? = 0,05. Karena thitung>ttabel maka disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan teknik quick on the draw lebih baik dari pembelajaran konvensional di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu.?Kata kunci : hasil belajar, teknik quick on the draw, aktivitas siswa?AbstractThis study examines the problem of improving student learning outcomes between students who are learning with the Quick on The Draw technique and conventional learning in terms of students' final mathematical abilities and final test results. This research is a quasi experimental research with design design of posttest nonequivalent control group using purposive sampling technique. The population in this study were students of class VIII SMPN 13 Kota Bengkulu, with class VIII C as experimental class and class VIII D as control class. The instrument used in this study is the final test in the form of a description problem. Based on the observation, student activity using quick on the draw technique increases. Technique of data analysis by using t-test with tcount = 2.03 and ttable = 1,99 with ? = 0,05. Because thitung> ttabel then concluded the result of student's mathematics learning by using quick on draw technique better than conventional learning in SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. ?Keywords: learning outcomes, rapid on the draw techniques, student activities

Page 1 of 2 | Total Record : 15