cover
Contact Name
INGE HUTAGALUNG
Contact Email
jurnalabdimasyarakat@gmail.com
Phone
+62215871335
Journal Mail Official
jurnalabdimasyarakat@gmail.com
Editorial Address
Pusat Pengabdian Pada Masyarakat, Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Abdi Masyarakat (JAM)
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
The aim of Jurnal Abdi Masyarakat ( JAM ) journal is to publish result of community services activities from the perspective of Technology, Entrepreneurship and Social Society.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 70 Documents
MENINGKATKAN PENULISAN E-RELATIONS BERBASIS INTERNET PADA MEDIA PUBLIKASI UNTUK PENGELOLA RPTRA JAKARTA BARAT Erlita, Novi
Jurnal Abdi Masyarakat (JAM) Vol 5, No 1 (2019): JAM (Jurnal Abdi Masyarakat) - September
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.265 KB)

Abstract

Manfaat Internet sangat beraneka ragam bagi masyarakat dalam dunia digital. Manfaat Internet berbasis website, jejaring Sosial serta Blog merupakan suatu hal yang berimplikasi pada dampak postif dan dampak negatif pengelolaRPTRA Jakarta Barat dalam mempublikasikan program-program kelurahan di Jakarta Barat. Saat ini tekhnologi semakin maju bahkan dalam beberapa tahun terakhir ini perkembangan New Media sangat pesat yang dulunya internetdigunakan oleh kalangan atas saja namun sekarang internet dapat dinikmati oleh siswa-siswi SMU dengan biaya yang relatif terjangkau dengan akses internet melalui apa saja mulai dari komputer, handphone, laptop, gadget dan lain sebagainya. Manfaat internet secara umum berpengaruh besar bagi masyarakat karena dengan berbasis internet mampu  membangun e-relations seperti Website, Jejaring Sosial dan Blog. Selain itu banyak konten internet yang menyediakan informasi edukatif baik lokal maupun global dari berbagai ilmu pengetahuan yang dibutuhkan pengelola RPTRA. Selain itu dengan membangun e-relations pengelola RPTRA mampu berkomunikasi serta dapat menggunakannya dengan tepat guna.
ANEKA KREASI KATUN MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA Minanari, Minanari
Jurnal Abdi Masyarakat (JAM) Vol 3, No 1 (2017): JAM (Jurnal Abdi Masyarakat) - September
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.548 KB)

Abstract

Wilayah lingkungan masyarakat kelurahan Jurang Mangu Timur Tanjung Selatan merupakan salah satu daerah yang dekat dengan Pasar Bahan Cipadu, yang merupakan sentra bahan yang menjadi tempat tujuan para pencari berbagaijenis bahan untuk keperluan, mulai dari batik, bahan brokat untuk kebaya, kain katun untuk baju atau untuk bahan bed cover, bahan linen dan masih banyak lagi. Kegiatan pengabdian masyarakat tentang pelatihan pembuatan aneka kreasi yang berbahan dasar kain katun seperti bross, dompet, pita, dan sebagainya, melibatkan ibu-ibu rumah tangga di lingkungan masyarakat kelurahan Jurang Mangu Timur Tanjung Selatan, ditujukan agar para ibu-ibu memiliki pengetahuan dan keterampilan khususnya dalam pembuatan kreasi berbahan dasar kain katun dimana dengan kegiatan yang bermanfaat ini diharapkan dapat membantu para ibu-ibu dalam memenuhi kebutuhan keluarga sendiri atau dapat dijadikan sebagai penambah pendapatan keluarga.Dengan demikian harapan pengabdian kepada masyarakat ini dapat ikut berpartisipasi memberdayakan peningkatan kesejahteraan keluarga melalui sosialisasi pengetahuan dan keterampilan pembuatan kain katun. Metode yangdigunakan adalah metode ceramah, tanya jawab, metode demonstrasi dan praktek. Hasil kegiatan ini memperoleh tanggapan positif dari para ibu-ibu. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan dan berpartisipasi aktif yangterlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peserta mencerminkan bahwa pelatihan ini memberikan manfaat bagi mereka sehingga mendorong keingintahuan lebih lanjut terhadap proses pelatihan. Dalam pelaksanaan pengabdian ini tidak mengalami hambatan yang berarti. Pelaksanaan pengabdian masyarakat menunjukkan, bahwa peserta dapat mengenal dan mempraktekkan membuat aneka kreasi kain katun berupa bross, dompet, pita, dengan hasil 90% peserta memperoleh kriteria baik dan 10% peserta memperoleh kriteria cukup.
KONSULTASI DESAIN RENOVASI HALAMAN DAN GAPURA MASJID JAMI AL-HUDA DI KEMANGGISAN JAKARTA BARAT Atmadi, Tunjung
Jurnal Abdi Masyarakat (JAM) Vol 3, No 2 (2018): JAM (Jurnal Abdi Masyarakat) - Maret
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1067.99 KB)

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat/PPM Mercu Buana ini ini bertujuan untuk membantu layanan jasa pada panitia,pengurus masjid dan masyarakat sekitar tentang pentingnya diskusi dankonsultasi desain gambar dalamperencanaan renovasi masjid di lingkungannya. Luaran yang diharapkan dari pelaksanaan program ini adalah dihasilkan suatu desain dekoratif/elemen hiasan yang baik pada halaman dan gapura masjid, sehingga dapat diwujudkan desain gapura dan halaman masjid dengan megah dan seindah mungkin. Hampir disekitar gapura dan dinding/sisi luar halaman masjid terdapat beberapa elemenornament dekoratif.Untuk mencapai hal tersebut,digunakan konsep desain yang baik dan metode pendampingan layanan jasa konsultasi desain pada panitia pelaksana renovasi agar tujuanprogram ini bisa tepat guna sesuai yangdibutuhkan bersama. Hasil akhir yang didapatkan adalah layanan konsultasi desain mengenai konsep desain dan detail-detail pada renovasi halaman dan gapura masjid ini dapat menjamin keberhasilan dalam pelaksanaan renovasi ini.
PENDAMPINGAN PENINGKATAN MANAJEMEN PROJEK PADA PEKERJA BANGUNAN DI MERUYA SELATAN Indrajaya, H Sonny
Jurnal Abdi Masyarakat (JAM) Vol 4, No 2 (2019): JAM (Jurnal Abdi Masyarakat) - Maret
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.213 KB)

Abstract

Pengabdian masyarakat ini untuk Pelatihan Pendampingan Peningkatan Manajemen Projek . Pada Pekerja Bangunan di Meruya Selata. Pengadian masyarakat ini untuk memberi manajemen projek bagi pekerja projek. Lokasiprojek rumah tinggal di meruya selatan. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini untuk memberi wawasan manajemen projek agar bisa menjadi pekerja projekyang diandalkan. Pekerja Bangunan di Meruya Selatan merupakan kegiatan pembangunan rumah baru dan renovasi rumah lama  serta perawatan rumah yang secara rutin yang telah dilakukan. Mengingat Pentingnya kegiatan ini yang sangat diperlukan oleh masyarakat. Kelompok pekerja bangunan terdiri dari kepala bangunan dan staff mempunyai potensi untuk ditingkatkan manajemen projeknya, hal ini selama ini kegiatan hanya dilakukan tanpa memakai manajemen projek sehingga kelompok pekerja bangunan dapat mengenal dirinya sendiri, mengetahui karakternya sendiri, mengetahui kelebihan dan kekurangannya, mengetahui kapasitas pengetahuan dan keterampilan, kemampuan terpendam dan keunikan lain yang ada pada dirinya. Lokasi projek rumah tinggal di meruya selatan. Hasil pengabdian masyarakat ini adalah pekerja projek semakin paham dan mengerti mengenai manajemen projek sehingga membangkitkan keinginan menjadi pekerja projek yang tangguh.
SOSIALISASI PASAR MODAL PADA SISWA SMUN 32 JAKARTA Surjandari, Dwi Asih; Utami, Wiwik
Jurnal Abdi Masyarakat (JAM) Vol 2, No 1 (2016): JAM (Jurnal Abdi Masyarakat) - September
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.106 KB)

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertema ”Sosialisasi Tentang Pasar Modal ” pada Guru dan Siswa SMU Negeri 32, Jakarta Selatan”, yang diselenggarakan pada tanggal 04 Mei 2016, hari Rabo Jam 09.00,bertempat di ruang serbaguna, SMU Negeri 32, Jl. Cidodol no. 4, Jakarta Selatan, dengan diikuti oleh 60 peserta. Kegiatan dilakukan dengan memberikan penjelasan tentang pengertian, peran dan manfa at Pasar Modal dalam perekonomian. Dijelaskan pula sejarah, struktur dan lembaga-lembaga terkait dengan Pasar Modal. Penjelasan juga menyangkut pengertian dasar mekanisme perdagangan di Pasar Modal kepada guru maupun siswa SMU supaya mereka memperoleh pemahaman yang cukup memadai tentang Pasar Modal. Pemberian penjelasan dilakukan dengan penyuluhan diikuti sesi diskusi, tanya jawab dari peserta. Hasil kegiatan ini diharapkan bahwa pengetahuan siswa tentang Pasar Modal meningkat, yang diukur dari kuestionaire yang dibagikan sebelum dan sesudah kegiatan yang berisi pertanyaan tentang seputar Pasar Modal. Hasil analisis atas jawaban 2 kuestionaire tersebut adalah bahwa terjadi peningkatan yang sangat berartiatas jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang telah diberikan, dimana hal ini memberikan kesimpulan bahwa pengetahuan peserta tentang Pasar Modal meningkat setelah kegiatan penyuluhan.
PENYULUHAN LITERASI MEDIA BAGI SISWA/I SMK DALAM MENGGUNAKAN MEDIA BARU Lestari, Christina Arsi; Riswandi, Riswandi
Jurnal Abdi Masyarakat (JAM) Vol 3, No 2 (2018): JAM (Jurnal Abdi Masyarakat) - Maret
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.243 KB)

Abstract

Pemahaman akan literasi media merupakan suatu kegiatan dan pemikiran yang perlu dikembangkan. Upaya untuk mengembangkan literasi media ini, baik dalam bentuk pemikiran maupun pelaksanaan kegiatan penyuluhan perlumemperoleh dukungandari berbagai pihak.Apa lagi di era media digital sekarang ini, semua hal bisa dengan mudah diakses dalam sekali klik saja. Sehingga harus diarahkan pemikiran generasi muda kita dalam menggunakan mediabaru (new media). Pengaruh media baru bagi masyarakat Indonesia khususnya kalangan remaja, media sosial seakan sudah menjadi candu, tiada hari tanpa membuka media sosial, bahkan hampir 24 jam mereka tidak lepas dari smartphone . Media sosial terbesar yang paling sering digunakan oleh kalangan remaja antara lain; Facebook, Twitter, Path, Youtube, Instagram, Kaskus, LINE, Whatsapp, Blackberry Messenger. Masing-masing media sosial tersebut mempunyai keunggulan khusus dalam menarik banyak pengguna media sosial yang mereka miliki. Media sosial memang menawarkan banyak kemudahan yang membuat para remaja betah berlama-lama berselancar di dunia maya.Sehingga patut dilakukan pengabdian ini untuk mengarahkan kemampuan literasi media para siswa/i SMA yang berada pada wilayah disekitar Universitas Mercubuana Jakarta Barat, dalam menggunakan media baru (new media). Harusdicermati bersama bahwa siswa/i SMA merupakan generasi penerus yang perlu dipersiapkan dengan kemampuan literasi media agar mampu bersaing di era globalisasi ini, sehingga hasil pengabdian kepada masyarakat ini diharapkandapat digunakan sebagai landasan dalam merancang program-program pendidikan literasi media pada bidang media baru (new media).
PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN KETRAMPILAN DALAM MENGOLAH ULANG BOTOL PLASTIK MENJADI SOUVENIR YANG MEMPUNYAI NILAI JUAL PADA IBU-IBU PKK KELURAHAN KEBUN JERUK JAKARTA BARAT Harnovinsah, Harnovinsah
Jurnal Abdi Masyarakat (JAM) Vol 2, No 2 (2017): JAM (Jurnal Abdi Masyarakat) - Maret
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.364 KB)

Abstract

Pelaksanaan pelatihan kewirausahaan keterampilan dalam pengelolaan ulang sampah dengan cara membuat  ketrampilan menghasilkan lampu hias dari botol plastik bekas kemasan air minum mineral dilaksanakan dengan mengundang ibu-ibu PKK RW1 Kelurahan Kebon Jeruk Jakarta Barat. Sebelum kegiatan pelatihan ini kami laksanakan, kami melakukan wawancara dan survey terlebih dahulu ke beberapa kelompok ibu-ibu PKK RW1 Kelurahan Kebon Jeruk. Harapan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah dapat ikut berpartisipasimemberdayakan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui sosialisasi pengetahuan dan keterampilan membuat lampu hias dari botol plastik bekas kemasan air minum mineral. Metode yang digunakan dalam pengabdianmasyarakat adalah; metode penyuluhan, tanya jawab, demonstrasi dan praktek. Hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat menunjukkan bahwa ibu-ibu PKK peserta pelatihan dapat menambah ilmu pengetahuan dan keterampilanmengolah limbah rumah tangga dengan teknik pilah sampah melalui metode penyuluhan, tanya jawab, demonstrasi dan praktek untuk selanjutnya dibuat menjadi lampu hias oleh tim pengabdian, maka para peserta dapat mengenal dan memahami materi pelatihan. Selama tahapan pelatihan atau mempraktekkan membuat lampu hias dari botol plastik bekas air mineral dari limbah rumah tangga pencapaian oleh peserta adalah peserta berhasil dengan kriteria baik mencapai 90% dan 10% peserta berhasil dengan kriteria cukup
KONSELING KELUARGA DI KELURAHAN RAWA BUAYA RPTRA SUGRIWA Mangkunegara, Anwar Prabu
Jurnal Abdi Masyarakat (JAM) Vol 4, No 1 (2018): JAM (Jurnal Abdi Masyarakat) - September
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.678 KB)

Abstract

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak atau juga dikenal dengan singkatan RPTRA adalah konsep ruang publik berupa ruang terbuka hijau atau taman yang dilengkapi dengan berbagai permainan menarik, pengawasan CCTV, danruangan-ruangan yang melayani kepentingan komuniti yang ada di sekitar RPTRA tersebut, seperti ruang perpustakaan, PKK Mart, ruang laktasi, dan lainnya. RPTRA juga dibangun tidak di posisi strategis, namun berada ditengah pemukiman warga, terutama lapisan bawah dan padat penduduk, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh warga di sekitar.Tujuan dari kegiatan ini adalah menyediakan psikolog dan peer konselor untuk membantu masyarakat sekitar RPTRA Rawa Buaya untuk memahami persoalan yang mereka hadapi dan mengelola persoalan tersebut dengan lebih efektif.Pada RPTRA Sugriwa, permasalahan yang dialami sebagain besar terkait pemasalahan pengasuhan anak, terutama yang beranjak remaja. Dari hasil pemetaan yang dilakukan, para peserta mengeluhkan kondisi anak mereka yang hibi bermain internet,tawuran,narkoba dan kenakalan remaja lainnya. Setelah dibuka dengan penyuluhan tentang bagaimana mengasuh anak dengan positif, diantaranya dengan mengenal kecerdasan majemuk anak, kepribadian dan gaya belajar anak, sesi konsultasi dibuka dengan bentuk konseling kelompok sesuai permintaan pesertayang kurang nyaman dengan sesi konseling individual. Menurut Winkel dalam Lubis (2014) konseling kelompok merupakanpelaksanaan proses konseling yang dilakukan oleh konselor professional dan beberapa peserta sekaligus dalam kelompok kecil. Gazda dalam Lubis (2014) juga menjelaskan bahwa konseling kelompok ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan dorongan kepada peserta konseling untuk memecahkan masalahnya.
PENGENALAN BAHASA PEMROGRAMAN PYTHON MENGGUNAKAN APLIKASI GAMES UNTUK SISWA/I DI WILAYAH KEMBANGAN UTARA Kadarina, Trie Maya; Ibnu Fajar, Muhammad Hafidz
Jurnal Abdi Masyarakat (JAM) Vol 5, No 1 (2019): JAM (Jurnal Abdi Masyarakat) - September
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.665 KB)

Abstract

Aplikasi berbasis teknologi Internet of Things (IoT) adalah area yang berkembang pada industri masa mendatang. Untuk itu diperlukan pengenalan sejak dini tentang teknologi tersebut kepada siswa-siswi yang masih duduk dibangku sekolah atau pun yang mengambil program Kejar Paket agar nantinya keahlian mereka akan bertambah dan bisa cepat mengikuti perkembangan teknologi. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, dilaksanakan kegiatanpelatihan berupa pengenalan bahasa pemrograman Python untuk siswa-siswi di sekitar Kembangan Utara. Bahasa pemograman Python merupakan bahasa pemograman multiplatform yang banyak digunakan pada aplikasi teknologisaat ini dan mendatang khususnya dalam bidang IoT. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan bahasa pemograman Python sekaligus mengajarkan konsep pemograman dasar kepada siswa-siswi denganmenggunakan aplikasi Games Code Combat. Kegiatan pengabdian masyarakat telah berhasil dilakukan kepada siswa-siswi PKBM Wiyata Utama, Kembangan Utara. Siswa-siswi sangat antusias dan dapat belajar dengan mudah karena metode pembelajarannya sangat menarik dan siswa dapat belajar sambil bermain.
PEMBENTUKAN BANK SAMPAH MITRA MERCU BUANA DAN PENGEMBANGAN USAHA MELALUI KEWIRAUSAHAAN DAN KEAGENAN PERBANKAN DI RW 02 KELURAHAN MERUYA SELATAN JAKARTA BARAT Helsinawati, Helsinawati
Jurnal Abdi Masyarakat (JAM) Vol 3, No 1 (2017): JAM (Jurnal Abdi Masyarakat) - September
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (549.094 KB)

Abstract

Rencana pembentukan Bank Sampah pada RW 02 Kelurahan Meruya Selatan dan Perluasan usaha bank  sampah melalui kewirausahaan dengan biaya rendah dengan menjalin mitra usaha dengan dunia Perbankan merupakan langka pengembangan usaha bank sampah melalui jasa keagenan perbankan untuk dapat meningkatkanpemberdayaan ekonomi kader/pengurus dan anggota Bank Sampah. Disamping itu juga kesempatan untuk memperoleh kredit usaha mikro dengan syarat dan ketentuan Bank yang menjadi mitra usaha.