cover
Contact Name
Inomatika
Contact Email
Inomatika@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
pmtk@stkipmbb.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. bangka tengah,
Kepulauan bangka belitung
INDONESIA
Jurnal Inovasi Matematika
ISSN : 26567431     EISSN : 26567245     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Inomatika secara berkala terbit pada bulan Januari dan Juli. Menerbitkan tulisan berkaitan dengan hasil penelitian dan kajian analitis kritis pada bidang Matematika dan Pendidikan Matematika.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK Di Kota CIMAHI Pada Materi Program Linear Elfia Sri Rahayu, Resti Naila
Jurnal Inovasi Matematika Vol 1 No 1 (2019): Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Inomatika secara berkala terbit pada bulan Januari dan
Publisher : Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.488 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v1i1.131

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematiksiswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi program linear. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI di salah satu SMK di Kota Cimahi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Instrumen terdiri dari soal kemampuan pemecahan masalah. Tes yang dikerjakan siswa diberi skor dan dilakukan analisis terhadap kesalahan jawaban. Dari hasil penelitiandari 29 siswamenunujkan bahwa siswa yang tidak bisa menyelesaikan masalah pada tahap pemahaman masalah sebanyak 6 orang. Siswa tidak dapat melakukan perencanaan strategi atau transformasi sebanyak 11 orang. Siswa tidak bisa menyelesaikan masalah sebanyak 18 orang. Siswa tidak dapat menyimpulkan jawaban sebanyak 23 orang. Sehingga dapat dinyatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada salah satu SMK di Kota Cimahi masih tergolong rendah sehingga perlu dilakukan upaya peningkatan
Identitas Bayangan Konsep Limas:Analisis Terhadap Konsepsi Matematis Siswa Tri Rahayu, Fiki Alghadari
Jurnal Inovasi Matematika Vol 1 No 1 (2019): Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Inomatika secara berkala terbit pada bulan Januari dan
Publisher : Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.675 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v1i1.134

Abstract

This study aims to analyze the identity of the shadow of the pyramid concept based on the students' mathematical conception. This study was conducted by surveying participants through a question. Survey questions contain two concept definitions, namely the length of all ribs equal to 4 cm, and have diagonal sides. The participants were studentsof class XII-IPA in one of the Belitung District High School in the academic year 2018/2019. The answer to the survey question was the students' conception of the concept for the shape of the pyramid building. Analysis of student conceptions focused on identification points, such as ribs, shapes, side diagonals, base fields and pyramid erect sides. From the data analysis, four kinds of student shadow concept identities were obtained. Level geometry thinking students who stated that not all pythons were thesame. length is at the level of analysis. While students who state the pyramid side do not have diagonals indicate their level of thinking is at the level of visualization. While students at the level of thinking abstraction are characterized by the identity of the yaitulimas concept having diagonal sides, irregular rectangular pyramid with diagonal sides on the base to identify the relationship between the diagonal side, pyramid height, and elements of the pyramid forming field.
Pengaruh Implementasi Kurikulum 2013 dan Cara Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Sofie Dinia, Eva Dwi Minarti
Jurnal Inovasi Matematika Vol 1 No 1 (2019): Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Inomatika secara berkala terbit pada bulan Januari dan
Publisher : Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.56 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v1i1.135

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran matematika menurut siswakelas XI di satuSMA Kabupaten Bandung Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Data diperolehdengan cara memberikan angket kepada siswa,selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Angket terdiri dari 16 butir pernyataan mengenai penerapan implementasi Kurikulum 2013 dan cara belajar siswadalam pembelajaran matematika. Subjek penelitian terdiri dari 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan 36% siswa menyetujui penggunaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika, namun sebanyak 31% siswa tidak menyetujui adanya klasifikasi matematika minat & wajib, selainitu siswa merasa keberatan dengan penambahan jam pelajaran pada Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 juga membawa dampak bagi cara belajar matematika siswa.
Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Angga Ardianto, Dodik Mulyono, Sri Handayani
Jurnal Inovasi Matematika Vol 1 No 1 (2019): Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Inomatika secara berkala terbit pada bulan Januari dan
Publisher : Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.35 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v1i1.136

Abstract

Artikel ini berjudul “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan Model Discovery Learningterhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP?. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh Model Discovery Learningterhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental designdengan cara membandingkan Model Discovery Learningdengan pembelajaran konvensional. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP berjumlah 263 siswa, dan sebagai sampelnya adalah kelas VII.6 dan kelas VII.3 yang diambil secararandom. Kelas VII.6 diberi pembelajaran dengan Model Discovery Learningsedangkan kelas VII.3 diberi pembelajaran dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Nilai rata-rata siswa untuk kelas yang diajarkan dengan Model Discovery Learningsebesar 80,31 sedangkan untuk kelas yang diajarkan dengan konvensional sebesar 73,73. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan 05,0. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t, diperoleh thit= 2,13 >ttab= 1,671 dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan Model Discovery Learningterhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP
Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Dengan Media Piranti Lunak Presentasi Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Perkalian Bilangan Bulat Di Kelas V SDN 5 Simpangkatis Yessy Andiani, Vika Martahayu, Ayen Arsisari
Jurnal Inovasi Matematika Vol 1 No 1 (2019): Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Inomatika secara berkala terbit pada bulan Januari dan
Publisher : Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (839.134 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v1i1.137

Abstract

This research axamines about the influence of Quantum Learning model with presentation software media to students’ achievement on the integer multiplicationmaterial for the fifth grade at SD Negeri 5 Simpangkatis, which the purpose to determine whether or not the influence of Quantum Learning model with presentation software media to students’ achievement in integer multiplication material for the fifth grade at SD Negeri 5 Simpangkatis. This research was conducted in class V at SD Negeri 5 Simpangkatis in Academic Year 2018/2019.This research uses a quantitative approach with the “Pre Experimental design” method, and uses the design of One-Group Pretest-Posttes Design. The sampling technique in this research used purposive sampling. The population in this research were all students of fifth grade, while the sample of this research amounted to 24 students. The data collection techniques used in the form of tests consisting of 5 questions. The prerequisite test used is the Lillifors test in order to 39Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika)Vol. 1, No. 1, 2019 Hal. 38-51p-ISSN 2656-7431, e-ISSN 2656-7245test the normality of the data. Based on the result of the Lillifors test it was found that the data were normally distributed.Based on the analysis of hypothesis test from the results of the T-test calculation with tcount>ttabel(18,06>2,05), it can be interpreted that Ha is accepted. So the result of this research show that there is a positive influence on the Quantum Learning model with presentation media to students’ achievement on the integer multiplicationmaterial for the fifth grade at SD Negeri 5 Simpangkatis.
Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Menggunakan Media Biji Kolang-Kaling Berwarna Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat Kelas V SDN 12 Simpangkatis Ayu Chayati, Sri Sugiyarti, Yudi Yunika Putra
Jurnal Inovasi Matematika Vol 1 No 1 (2019): Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Inomatika secara berkala terbit pada bulan Januari dan
Publisher : Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (700.054 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v1i1.139

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Indonesia menggunakan media biji kolang-kalingberwarna terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V materi bilangan bulat SD Negeri 12 Simpangkatis.Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posstestdesign. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 12 Simpangkatis, penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 12 Simpangkatis Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 27 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 12 Simpangkatis dengan jumlah 27 siswa, yang diambil menggunakan tekhnik Sampling Jenuh. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa Pendekatan Matematika Realistik Indonesia menggunakan media biji kolang-kaling berwarna berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika materi bilangan bulat kelas V SD Negeri 12 Simpangkatis. Hal ini berdasarkan pada hasil posttes yang meningkat dibandingkan dengan hasil pretest. Selain itu, hasil uji Hipotesis diperoleh nilai thitung: 12,446 dan ttabel: 1,703 berdasarkan kriteria,thitung> ttabelmaka Haditerimathitung<ttabelH0ditolak . Hasilnya adalah terdapat pengaruhPendekatan Matematika Realistik Indonesiamenggunakan media biji kolang-kaling berwarna terhadap hasil belajar Matematika materi bilangan bulat kelas V SD Negeri 12 Simpangkatis
Pengaruh Teori Van Hiele Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Ruang Kubus Pada Siswa Kelas V SD Negeri 46 Pangkalpinang Eka Oktavianti, Feri Ardiansah, Yudi Yunika Putra
Jurnal Inovasi Matematika Vol 1 No 1 (2019): Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Inomatika secara berkala terbit pada bulan Januari dan
Publisher : Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (762.635 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v1i1.140

Abstract

The purpose of this research is to know the effect of Van Hiele theoryto material the understanding of mathematical concepts in thecubes for thefifth grade students atSD Negeri 46 Pangkalpinag. Thetype of research for the used quantitative researchusing the experimental research method “pre experimental design” (the one group pretest-postest design).The population in this research are thefifth grade students atSD Negeri 46 Pangkalpinang. The sampling technique used saturationsampling. The research sample are the fifth grade with totals 36 students. The data collection techniques in this researchwere in the form of questions, documentationsand interviews. The data analysis techniques used the normally test, namely the liliefors test, and hypotesis testing using the related sample test in pairs with t-test. The result of thisresearchshowsthat the Van Hieletheoryinfluences the understanding mathematical concepts in the cubespacematerial for the fifth grade studentsatSD Negeri 46 Pangkalpinang. This is based on the increased posttest result compared to the result of the pretest. In addition, the result of the hypotesis test are tcount: -4, 275 and ttable: 2, 028 based on criteria, tcount<ttable then Hais acceptted tcount<ttable H0is rejected.Based on the criteria on the hypotesis related curve for paired sampels namely if tcountis in the Haacceptance area, the H0is accepted, Hais rejected. The result that there is the influence of Van Hiele theory tounderstandingmathematical conceptsthe cubespace material for the grade students atSD Negeri 46 Pangkalpinang.
Upaya Peningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Melalui Metode Discovery Pada Siswa SMP Hesti Noviyana, Aty Nurdiana,
Jurnal Inovasi Matematika Vol 1 No 2 (2019): Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Inomatika secara berkala terbit pada bulan Januari dan
Publisher : Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.703 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v1i2.149

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas VIII-A SMP IT Baitul Jannah melalui metode Discovery. Permasalahan penelitian berupa rendahnya minat dan ketertarikan siswa dalam pelajaran matematika sehingga berpengaruh pada rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian yaitu siswa-siswi kelas VIII-A Semester Ganjil SMP IT Baitul Janah yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan, sedangkan objek dalam penelitian adalah kemampuan pemecahan masalah matematik. Pengumpulan data setiap siklus menggunakan teknik tes dan teknik observasi. Teknik analisis data terdiri atas: 1) analisis hasil observasi, 2) analisis hasil tes kemampuan pemecahan masalah. Untuk pengecekan derajat kepercayaan data, penelitian ini menggunakan triangulasi sumber peneliti yang lain, yaitu kepala sekolah, guru matematika, dan siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Peningkatan tersebut yaitu dari prasiklus yang lulus hanya 9 orang atau (29,03%) dan tidak lulus 22 orang (70,97%) meningkat pada siklus I menjadi 20 orang (64,52%) yang lulus 11 orang (35,48%) tidak lulus, kemudian pada siklus II menjadi 26 orang (83,87%) yang lulus dan 5 orang (16,13%) yang tidak lulus.
Perancangan Prototype LKS Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar Iis Juniati , Putri Cahyani Agustine, Fitri Apriani,
Jurnal Inovasi Matematika Vol 1 No 2 (2019): Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Inomatika secara berkala terbit pada bulan Januari dan
Publisher : Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (487.484 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v1i2.150

Abstract

Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peranan penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manusia. Matematika perlu diberikan kepada semua  peserta didik   mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, kreatif, dan kemampuan bekerja sama. Tahapan-tahapan aspek yang berurutan dalam matematika yaitu  bilangan, geometri dan pengukuran serta pengolahan data. Dari tahapan aspek yang disebutkan terlihat bahwasannya pokok bahasan bilangan merupakan tahapan awal yang harus dikuasai dalam matematika. Bilangan merupakan pokok bahasan dasar yang sangat penting dipahami oleh para peserta didik  karena merupakan landasan untuk pokok-pokok bahasan lainnya. Salah satu bagian dari pokok bahasan bilangan ini adalah bilangan bulat. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKS materi operasi hitung bilangan bulat untuk peserta didik  sekolah dasar. Penelitian ini merupakan tahap awal dari penelitian pengembangan. Subjek penelitian adalah peserta didik  kelas IV SD Negeri 42 Pangkalpinang. Penelitian ini dilakukan tahap preliminary (persiapan) dan tahap formative evaluation ( self evaluation) yang menghasilkan prototipe pertama LKS materi operasi hitung bilangan bulat untuk peserta didik  sekolah dasar.
Pengembangan Bahan Ajar Segitiga Dengan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mayasari, Dian
Jurnal Inovasi Matematika Vol 1 No 2 (2019): Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Inomatika secara berkala terbit pada bulan Januari dan
Publisher : Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.494 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v1i2.151

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan open ended yang baik untuk topik segitiga di kelas VII SMP Negeri 6 Pematangsiantar, mendeskripsikan efektifitas pembelajaran dengan menggunakan pendekatan open ended untuk topik segitiga di kelas VII SMP Negeri Pematangsiantar, dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Bahan ajar dikatakan baik jika setelah divalidasi dan dilakukan uji coba, memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan, yaitu untuk tiap pertemuan harus memenuhi: aktivitas siswa dalam pembelajaran berada pada batas toleransi waktu ideal, kemampuan guru mengelola pembelajaran minimal cukup baik, respon siswa terhadap perangkat pembelajaran positif, dan tes hasil belajar valid, reliabel, dan sensitif. Selanjutnya, pendekatan open ended efektif jika hasil belajar siswa tuntas, kemampuan guru mengelola pembelajaran minimal cukup baik, aktivitas siswa dalam pembelajaran efektif, dan respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran positif.Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model 4-D Thiagarajan, dkk yang telah dimodifikasi. Proses pengembangan tersebut terdiri dari tiga tahap, yaitu: pendefinisisian, perancangan, dan pengembangan. Hasil analisis data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa bahan ajar menggunakan pendekatan open ended berdasarkan validasi dari para validator dengan nilai rata-rata untuk buku guru 4,15 untuk RPP dengan rata-rata 4,26 pengelolahan pembelajaran dengan skor rata-rata 3,94 dikatakan praktis, aktivitas siswa telah memenuhi kriteria efektif dan dikatakan praktis, ketuntasan belajar siswa mencapai 80% dan dikatakan efektif, respon siswa mencapai 90% dan dikatakan efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar dengan menggunakan pendekatan open ended pada materi segitiga kelas VII SMP Negeri 6 Pematangsiantar adalah valid, praktis dan efektif. Untuk kemampuan pemecahan masalah matematis telah terjadi peningkatan dengan persentase gain 61%.

Page 1 of 2 | Total Record : 14