cover
Contact Name
difla nadjih
Contact Email
difnadjih@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
wsfaiucy@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman
ISSN : 19072333     EISSN : 26859211     DOI : -
Jurnal Ulumuddin is a medium of diffusion and exchange of the up to date information on the research findings on Islamic Studies in Indonesian context. It covers various perspectives of humanities and social sciences, with special interest on Islamic education and law of muslim societies as the main focuses and scopes.
Arjuna Subject : -
Articles 3 Documents
Search results for , issue " Vol 7 No 1 (2017): ULUMUDDIN" : 3 Documents clear
Kiblat Dan Kakbah Dalam Sejarah Perkembangan Fikih Mutmainnah, Mutmainnah
Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman Vol 7 No 1 (2017): ULUMUDDIN
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (FAI UCY)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penjabaran tentang sejarah dan fikih kiblat tidak bisa dilepaskan dari situs kakbah di Mekkah. Dari situ bisa diketahui problematika yang dialami umat ketika menghadapi persoalan arah salat yang benar, terutama dari mereka yang tinggal jauh dari Kakbah.  Sejarahnya juga menguatkan bahwa seiring peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi pendukungnya yang bisa dipertanggung-jawabkan secara fikih adalah langkah penting untuk akurasi arah kiblat.
Sekolah Pasar Rakyat Sambilegi, Alternatif Pendidikan Agama Islam Dalam Masyarakat Maulidiah, Khilda; Aisyah, Siti; Nasrudin, Muhammad
Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman Vol 7 No 1 (2017): ULUMUDDIN
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (FAI UCY)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini bermaksud melihat salah satu bentuk pendidikan masyarakat di Indonesia dalam perspektif Pendidikan Islam. Obyek penelitian  ini adalah Sekolah Pasar Rakyat Sambilegi yang terletak di Kabupaten Sleman. Dari Data yang diperoleh melalui, observasi, wawancara dan observasi dapat disimpulkan bahwasannya prinsip kebersamaan dalam kesejahteraan yang menjadi dasar penyelenggaraan maupun pendidikan menjadi nilai penting bagi kesesuaiannya dengan prinsip-prinsip pendidikan Islam. Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan SPRS memang ditemukan, namun komitmen kebersamaan perlu diperdalam selama pendidikan bahkan disebarluaskan.
Pengembangan Kecerdasan Emosional Bagi Siswa Kelas Awal Madrasah Ibtidaiyyah Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Sulistiyo, Rozib
Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman Vol 7 No 1 (2017): ULUMUDDIN
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (FAI UCY)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guna mempertegas arti penting pengembangan emosional siswa kelas awal  MI dikaji dalam literature tentang pemanfaatan metode cerita dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Beberapa sikap dan perilaku dapat dikembangkan dalam penguatan EQ siswa MI kelas awal. Untuk itu guru disarankan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran yang bersifat kontekstual selama berkisah pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Page 1 of 1 | Total Record : 3