cover
Contact Name
Novitasari, M.Pd
Contact Email
novitasari@unisla.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
vygotsky@unisla.ac.id
Editorial Address
Faculty of Teacher Training and Education Lamongan Islamic University Jl. Veteran No.53A Lamongan, Indonesia
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
VYGOTSKY
ISSN : 26562286     EISSN : 26565846     DOI : -
Core Subject : Education,
Vygotsky Journal is a peer review journal in mathematics and education fields. The purpose of this journal are to reveal facts, problems and problem solving in mathematics and mathematics education.
Articles 12 Documents
DESKRIPSI BERPIKIR ALJABAR SISWA KELAS XI DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINEAR Farisdianto, Donny Dwi
VYGOTSKY Vol 1, No 1 (2019): Vygotsky Journal
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/vj.v1i1.87

Abstract

Berpikir aljabar merupakan salah satu jenis berpikir yang sangat penting dalam mempelajari matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berpikir aljabar siswa kelas XI dalam menyelesaikan soal program linear. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa yang telah diberikan tes kemampuan matematika dan mewakili masing-masing kelompok kemampuan matematika yaitu kemampuan matematika rendah, sedang, dan tinggi. Setelah subjek penelitian ditentukan, maka tiga siswa diberikan soal program linear dan dilakukan wawancara. Hal tersebut dilakukan sebanyak dua kali dalam waktu yang berbeda. Dari hasil tersebut ditemukan sedikit perbedaan, yaitu siswa berkemampuan matematika rendah dalam mencari solusi dari permasalahan tidak menggunakan konsep pada materi program linear dengan benar. Sehingga, hasil tersebut menyarankan kepada pendidik untuk lebih memperhatikan siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika
PENINGKATAN PEMBELAJARAN MODEL JIGSAW PADA MATERI LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG SISI DATAR Setiyowati, Luluk
VYGOTSKY Vol 1, No 1 (2019): Vygotsky Journal
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/vj.v1i1.92

Abstract

Pada pembelajaran menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar yang meliputi kubus, balok, prisma dan limas salah satu materi yang sulit dan hasil ulangan harian nilainya rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru dimana siswa hanya mendengar, mencatat, serta tidak terlibat aktif dalam pembelajaran yang menggunakan metode konvensional. Penggunaan model Jigsaw  ini ternyata dapat meningkatkan pembelajaran materi menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma, dan limas dengan data sebagai berikut: persentase hasil observasi aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar rata–ratanya 84,17%, persentase hasil observasi aktivitas guru dalam mengajar rata–ratanya 84,09%, rata–rata tes setelah pembelajaran 91,57 dan rata–rata ulangan harian 89,87 dengan persentase siswa yang tuntas 97,22%.
FAKTOR PERMASALAHAN PENDEKATAN SAINTIFIK 5M DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA Anjarsari, Elly
VYGOTSKY Vol 1, No 1 (2019): Vygotsky Journal
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/vj.v1i1.88

Abstract

Dalam proses belajar mengajar di sekolah, ada saja kendala yang dialami setiap guru selama proses KBM berlangsung. Tujuan tulisan ini adalah meneliti dan menganalisis bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika, serta menganalisis permasalahan yang terjadi dalam pendekatan saintifik. Sumber subjek penelitian ini adalah para siswa dan guru sekolah SMA Sugihwaras. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, metode, dan teori. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa: (1) masih belum sepenuhya menerapkan pendekataan saintifik dalam pembelajaran matematika (2) belum berubah sepenuhnya paradigma guru mengenai kurikulum baru dengan kurikulum sebelumnya.
DIMENSI METRIK PADA GRAF BUKU GANDA Ilmayasinta, Nur
VYGOTSKY Vol 1, No 1 (2019): Vygotsky Journal
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/vj.v1i1.89

Abstract

Misalkan G graf terhubung dengan V(G) himpunan simpul v pada graf G, himpunan sisi E(G) dan S⊆V(G) dengan simpul v∈V(G), jarak antara v dan S adalah d(v,S)=min{d(v,x)│x∈S}. Untuk himpunan terurut W = {w_1,w_2,…,w_k} dari simpul-simpul dalam G dan v pada V(G), representasi dari v terhadap W adalah k-vektor, dengan r(v│W)=(d(v,w_1),d(v,w_2),…,d(v,w_k)) untuk setiap v pada V(G) berbeda, maka W disebut himpunan pembeda dari G. Kardinalitas minimum dari suatu himpunan pembeda disebut dimensi metrik dari G dinotasikan dengan dim(G). Pada penelitian ini dilakukan analisis dimensi metrik terhadap graf buku ganda (2B_n) dan graf buku ganda (2B_(n,m)). Dari analisis yang telah dilakukan diperoleh dimensi metrik graf buku ganda (2B_n) adalah 2(n-1), sedangkan dimensi metrik graf buku ganda (2B_(n,m)) adalah (n-1)+(m-1).
KEMAMPUAN BERNALAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA SOAL CERITA PERBANDINGAN BILANGAN BULAT Febriyanti, Rahma
VYGOTSKY Vol 1, No 1 (2019): Vygotsky Journal
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/vj.v1i1.90

Abstract

Penalaran siswa merupakan aspek penting dalam mempelajari matematika. Penelitian ini bertujuan mengetahui penalaran siswa kelas V sekolah dasar pada soal cerita perbandingan bilangan bulat. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V yang terdiri dari 20 siswa. Berdasarkan tes matematika dan tes penalaran, selanjutnya dipilih 2 siswa (1 laki-laki dan 1 perempuan) yang memiliki nilai setara sebagai subjek penelitian. Wawancara dilakukan berdasarkan tes penalaran soal cerita perbandingan bilangan bulat. Subjek perempuan memiliki kemampuan bernalar yang baik dengan menggunakan urutan bilangan. Sedangkan subjek laki-laki memiliki kemampuan bernalar yang cukup dengan menggunakan gambar dalam membandingkan bilangan bulat pada soal cerita. Hasil tersebut menyarankan sebaiknya guru melatih siswa untuk lebih mengeksplor penalarannya pada soal cerita.
PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS SISWA Prafianti, Rayinda Aseti
VYGOTSKY Vol 1, No 1 (2019): Vygotsky Journal
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/vj.v1i1.91

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konvensional.Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk postresponse only, nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan disalah satu SMP Negeri di Lembang Jawa Barat. Data diperoleh dari non-tes berupa angket skala disposisi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, disposisimatematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik lebih tinggi secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konvensional.
IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROBLEM POSING SOAL MATEMATIKA PISA LIKES TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS Dhewy, Risdiana Chandra; Ayuningtyas, Nurina
VYGOTSKY Vol 1, No 2 (2019): Vygotsky Journal
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/vj.v1i2.136

Abstract

Pendekatan problem posing (PPS) sejalan dengan tujuan kurikulum pendidikan matematika di Indonesia, yang memberikan bekal kepada siswa untuk berpikir logis, kritis, cermat, kreatif dan disiplin serta mengetahui kegunaan matematika dalam kehidupan nyata. Penelitian ini menuntut mahasiswa calon guru matematika untuk mengajukan soal matematika PISA likes guna memperkaya wawasan tentang literasi matematis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan aktifitas guru, aktivitas mahasiswa, hasil belajar mahasiswa dan respon mahasiswa. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan sampel penelitian sebanyak 31 mahasiswa jurusan pendidikan matematika STKIP PGRI Sidoarjo semester 6. Hasil dari penelitian ini yaitu pendekatan Problem Posing PISA Likes memberikan kontribusi terhadap kemampuan literasi matematis bagi mahasiswa calon guru.
LITERASI STATISTIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GRESIK Wildani, Junaidah; Triyana, Illah Winiati; Mahmudah, Wilda
VYGOTSKY Vol 1, No 2 (2019): Vygotsky Journal
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/vj.v1i2.137

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengukur literasi statistis  siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Gresik. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII J. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan pendekatan yang digunakan untuk menganalisis data adalah pendekatan kuantitatif. Literasi statistis  siswa diukur dengan tes literasi statistis  yang validitas dan reliabilitasnya telah teruji.  Validitas tes dievaluasi oleh dua orang ahli secara formatif sedangkan reliabilitas tes dihitung dengan menggunakan rumus Kuder Richardson (KR 20). Penilaian validitas tes menunjukan bahwa tes valid, dan uji reliabilitas menunjukan bahwa koefisien reliabilitas   yang menunjukan tes cukup reliabel. Hasil tes menunjukan bahwa skor rata-rata tes literasi statistis  siswa adalah 63,2 (SD=8,28). Hasil ini menunjukan bahwa siswa kelas VIII J SMPN 1 Gresik memiliki kemampuan literasi satistis yang cukup
POLA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA YANG BERKEMAMPUAN SETARA Febriyanti, Rahma; Novitasari, Novitasari
VYGOTSKY Vol 1, No 2 (2019): Vygotsky Journal
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/vj.v1i2.126

Abstract

Pemecahan masalah merupakan hal penting yang harus dimiliki semua orang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pola pemecahan masalah matematika berkemampuan setara. Subjek penelitian ini yaitu dua siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang dengan selisih maksimal 5. Dalam memahami masalah, kedua siswa menggunakan pola sama yaitu terlebih dahulu membaca kembali masalah yang diberikan dan menyebutkan apa yang diketahui dan ditanyakan; dalam merencanakan penyelesaian masalah kedua siswa menggunakan pola sama yaitu mencoba-coba tetapi strategi yang digunakan dalam mencoba berbeda; dalam melaksanakan rencana penyelesaian kedua siswa menggunakan cara coba-coba untuk memperoleh bilangan yang sesuai, menuliskan jawaban secara langsung tanpa menyertakan perhitungan; dalam memeriksa kedua siswa menghitung ulang jawaban dan mengungkapkan tafsiran dari jawaban yang diperoleh.
OPTIMALISASI FIELD TRIP BERBANTUAN WEBQUEST PADA MATERI GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILL MAHASISWA Etika, Erdyna Dwi; Dewi, Imega Syahlita
VYGOTSKY Vol 1, No 2 (2019): Vygotsky Journal
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/vj.v1i2.143

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk  mengetahui perkembangan life skills mahasiswa pada materi geometri dengan menggunakan metode field trip berbantuan webquest. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar kerja online, lembar observasi dan performance based evaluation sheet. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP PGRI Nganjuk. Data penelitian adalah tingkatan life skill mahasiswa. Data dianalisis secara kuantitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan Metode Field Trip berbantuan webquest secara optimal meningkatkan life skill mahasiswa. Peningkatan life skill ini terbukti dari peningkatan rata-rata life skill di prasiklus adalah 63,5 dengan kategori kurang, pada siklus I adalah 63,5 dengan kategori kurang, pada siklus II adalah 71,75 dengan kategori sedang dan pada siklus III adalah 77,25 dengan kategori sedang.

Page 1 of 2 | Total Record : 12