cover
Contact Name
I Made Ardi Sudestra
Contact Email
adminfeb.doit@undiknas.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
mahyuniluhputu@undiknas.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
ISSN : 25281208     EISSN : 25282077     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal ini diterbitkan dengan maksud utama mendiseminasi artikel ilmiah baik berupa hasil penelitian maupun telaah literatur (setara dengan hasil penelitian) dibidang manajemen, bisnis, pemasaran dan ilmu ekonomi. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis menerima artikel (yang tidak dipublikasikan dalam jurnal lain) dengan ruang lingkup: Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, Manajemen Operasi, Manajemen Strategi, dan Manajemen Pariwisata.
Arjuna Subject : -
Articles 57 Documents
STRATEGI KOMUNIKASI DOSEN DALAM BAHASA INGGRIS DI INTERNATIONAL OFFICE DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN NASIONAL DENPASAR Wedananta, Kadek Adyatna
Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis
Publisher : Universitas Pendidikan Nasional

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.478 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisa strategi komunikasi yang digunakan oleh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris di International Office Undiknas Denpasar; (2) mendeskripsikan usaha dari dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Inggris; dan (3) mendeskripsikan persepsi dari dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis tentang berkomunikasi dalam bahasa Inggris dalam bisnis. Subyek adalah dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Data diperoleh dengan menggunakan non-participant observation dan in-depth interview. Data yang diperoleh dianalisa secara deskriptif dan kualitatif. Hasil analisis yang telah didapatkan adalah sebagai berikut: (1) terdapat dua macam strategi komunikasi yang telah digunakan, yaitu: modification device dan L2 – based, dan yang sering muncul adalah modification devise, dimana ini menjaga komunikasi agar berjalan lancar; (2) terdapat lima usaha untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa inggris  oleh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, yaitu: belajar bahasa Inggris dengan dosen bahasa Inggris, menonton film dengan subtitle bahasa Inggris, belajar lebih intensif, berlatih terus menerus, belajar bahasa Inggris dengan berbagi atau bertanya kepada dosen bahasa Inggris; dan (3) dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis setuju bahwa bahasa Inggris itu penting dalam bisnis untuk beberapa alasan, terutama: untuk melancarkan komunikasi apabila nanti berhadapan dengan klien atau rekan yang berasal dari luar negeri, untuk lebih mudah melakukan surat menyurat dalam bisnis, dan untuk bisa memahami perkembangan bisnis saat membaca artikel bisnis berbahasa Inggris. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah kurangnya waktu penelitian dan pengambilan sampel data yang masih minim sehingga diharapkan peneliti selanjutnya bisa menggunakan sampel dan kajian yang lebih banyak.
PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA Parawitha, Anak Agung Gde Agung; Gorda, Anak Agung Ngurah Eddy Supriyadinata
Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Ilmiah Manajemen danBisnis
Publisher : Universitas Pendidikan Nasional

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.708 KB)

Abstract

Pengaruh kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja dan kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kepuasan kerja pegawai. Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kinerja pegawai Untuk mengetahuui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kepuasan kerja, untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja pegawai, untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan tranformasional berpengaruh terhadap kinerja pegawai, untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan tranformasional terhadap kepuasan pegawai, untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Klungkung. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan melibatkan sampel sebanyak 110 orang. Teknik analisa data menggunakan SEM menggunakan aplikasi AMOS. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan kecerdasan spiritual terhadap kepuasan kerja pegawai. Kecerdasan spiritual berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai Kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, kepemimpinan tranformasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, kepemimpinan tranformasional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pegawai, kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Klungkung. Kata Kunci: kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja, kinerja.
PEMBERDAYAAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DARI PERSPEKTIF PENGANGGURAN (STUDI PADA KULINER DI BALI) wayan, lasmi
Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis
Publisher : Universitas Pendidikan Nasional

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to determine the empowerment of SMEs of Culinary in Bali from the perspective of unemployment, voluntary unemployment either or forced unemployment. The method used in data collection, was the documentation with the help of a questionnaire. The design of the study was multiple linear regression analysis. From this analysis, the results showed that the empowerment of SMEs of Culinary in Bali was 4.3% on the unemployment rate. Judging from the two types of unemployment, namely voluntary unemployment and forced unemployment, where forced unemployment was more dominant of 2% of voluntary unemployment. 
CLUSTERING RATA-RATA TINGKAT SPENDING MONEY BERDASARKAN PROFIL GEOGRAFIS DAN PREFERENSI KONSUMSI WISATAWAN MANCANEGARA DI KOTA DENPASAR Yoga, I Made Sindhu; Sari, Putu Ratna Juwita; Wisudawati, Ni Nyoman Sri
Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis Vol 3, No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Pendidikan Nasional

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.943 KB)

Abstract

Clustering Rata-rata Tingkat Spending Money Berdasarkan Profil Geografis dan Preferensi Konsumsi Wisatawan Mancanegara di Kota Denpasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa potensi tingkat pengeluaran wisatawan (spending money) dari sisi profil geografis asal wisatawan serta preferensi konsumsi yang mereka lakukan berdasarkan lima kategori pengeluaran. Sejauh ini, mayoritas penelitian mengkaji tingkat pengeluaran wisatawan sebagai variabel yang dipengaruhi oleh durasi lama tinggal wisatawan (length of stay) dan juga beberapa faktor terkait demografis, seperti gender, umur, tingkat pendidikan, dan juga faktor-faktor sosio-demografis. Memperhitungkan bahwa industri pariwisata merupakan industri penyokong utama di Kota Denpasar sehingga dibutuhkan sudut pandang yang tidak hanya secara kuantitatif seperti durasi lama tinggal, namun juga pendekatan kualitatif untuk mengetahui secara mendalam kesediaan wisatawan mancanegara untuk melakukan pembelanjaan berdasarkan karakter mereka dengan membedah segmentasi secara geografis dan perilaku. Ketatnya persaingan antar destinasi wisata menyebabkan pelaku usaha pada industri pariwisata di Kota Denpasar harus lebih cermat untuk menganalisa segmen wisatawan yang menjadi konsumen potensial. Karakter yang berbeda-beda antar negara mempengaruhi rata-rata tingkat pengeluaran yang mereka lakukan untuk setiap kategori jenis konsumsi. Mengetahui karakter wisatawan asing diharapkan akan menjadi sebuah strategi yang lebih efektif dalam menyasar wisatawan potensial dengan lebih optimal. Sepuluh peringkat teratas asal negara wisatawan asing menjadi acuan pemilihan sampel informan untuk mengetahui profil mereka secara lebih mendalam dan preferensi konsumsi yang mereka lakukan selama menikmati waktu liburan di Kota Denpasar.Kata kunci: Tingkat pengeluaran wisatawan, profil geografis, preferensi konsumsi, wisatawan mancanegara
PERANAN SIFAT-SIFAT KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN RUMPUT LAUT (STUDI PADA USAHA RUMPUT LAUT DI PANTAI GEGERNUSA DUA BADUNG) Kadek, Sanjaya; Enny, Sustyawati
Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Pendidikan Nasional

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.064 KB)

Abstract

ABSTRACT The analysis finds that the properties comprising entrepreneurial confidence, and results-oriented tasks, risktakers, leadership, originality and oriented to the future a significant effectin improving marketing performance sea weed farmers, either simultan eously or partially. But one variable that is task-oriented and results have no significant effecton the performance of marketing sea weed farmers of Nusa Dua Badung. Future-oriented variables have the most dominant influence in improving marketing performance sea weed farmers of Nusa Dua Badung. It canbe seen from kefesien standardized beta regression, in which future-oriented variables have the greatest value is 0.449.
PENGARUH LOKASI MALL DAN TATA LETAK GERAI TERHADAP LOYALITAS TENANT DI DENPASAR Yulianti, Ni Made Dhian Rani; Dwiya, Ketut Gede Sri
Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Pendidikan Nasional

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.274 KB)

Abstract

The influence of mall location and store lay out to tenant loyalty in Denpasar. The existence of tenants is one factor in the success of a mall. There are many factors that are considered by tenants before deciding to choose a Mall, some of which are the location and layout of the Mall. The decision to choose a business location and layout will lead to tenant loyalty to the Mall. The purpose of this research is to find out how the influence of location and layout on tenant loyalty through election decisions at a mall. The data used in this study is primary data through the distribution of questionnaires to 72 tenants. The data analysis technique used is path analysis (path analysis) with SmartPLS version 3.0.m3 software. The results of the study show that the location of the mall has no direct effect on the decision to choose the mall, while the layout has a direct effect. Decision variables have a direct and significant effect on loyalty. While the influence of location and layout variables on tenant loyalty is not significant, so it is true that the decision on business location selection as a full mediation variable. The Square Adjusted R value for the decision variable is only explained by 22.7% of the location and layout variables. Whereas the loyalty construct is only explained by 18.7% of the decision construct. The calculation results from Q Square can be seen that the value 0.108 is greater than 0, which means that the model has a good predictive relevance value. Keywords: Location, lay out, decision, loyalty
Pengaruh Citra Merek, Harga, Purna Jual, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Nmax (Studi Kasus pada Pembeli Sepeda Motor Yamaha Nmax di Dealer Yamaha Waja Gunung Agung) Adi, Susanto; Made, Mulyadi
Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Pendidikan Nasional

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.8 KB)

Abstract

ABSTRACT The level of competition in the Indonesian automotive companies are very strict.Indonesia is a potential market for automotive companies, especially motorcycles.In addition, consumers also have different considerations and perceptions of the brand image, pricing, sales, and quality of products before making a purchase decision.The purpose of this study was to determine the impact of variable Brand Image, Price, After Sales, and Product Quality to Buying Decision Motorcycles Yamaha Nmax (Case Study on Yamaha Nmax Buyer in Yamaha Waja Gunung Agung Dealership). The analytical method used in this research is multiple linear analysis to determine the impact of variable Brand Image, Price, After Sales, and Product Quality to the BuyingDecision.The results of this study show variable Brand Image, Price, After Sales, and Product Quality, has a partial effect and significantly by 74.6% to the buying decision.
PENGARUH WORD OF MOUTH (WOM), VISUAL MERCHANDISING DAN CREATIVE PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING MINYAK KUTUSKUTUS DI DENPASAR Wiguna, Pande; Wijayanti, Ni Wayan
Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Pendidikan Nasional

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.798 KB)

Abstract

Pengaruh Word of Mount (WOM), Visual Marchandising dan Creative Promotion Terhadap Impulse Buying Minyak Kutus-Kutus di Denpasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth, visual merchandising, dan creative promotion secara parsial dan simultan terhadap impulse buying. Penelitian ini dilakukan pada konsumen minyak kutus-kutus di Kota Denpasar. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuisioner. Jumlah indikator penelitian sebanyak 17 item. Sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 85. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS for windows 23.0. Hasil uji t dalam penelitian ini yaitu word of mouth 0.046, visual merchandising sebesar 0.000, dan creative promotion sebesar 0.000 ini menunjukkan bahwa secara parsial ketiga variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Hasil uji f dalam penelitian ini yaitu sebesar 0.000 yang artinya secara simultan variabel word of mouth, visual merchandising, dan creative promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying.  Kata kunci: word of mouth, visual merchandising, creative promotion, dan impulse buying
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMICU JIWA KEWIRAUSAHAAN PADA PEDAGANG SARANA UPACARA HINDU DI DESA BITRA GIANYAR prabawa, dewa
Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis
Publisher : Universitas Pendidikan Nasional

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Entrepreneurship can encourage or promote economic growth, and the future of society as well as for entrepreneurs. Thus, the fate of peoples and nations, is dependent upon individuals as the younger generation, to have a persistent entrepreneurial spirit, work diligently, and to be honest, creative, innovation and courage in trying, so as to produce goods or services. David McClelland argued that if a country wants to be prosperous, a minimum amount of 2% of the total population in the country to become entrepreneurs. The purpose of research: to identify and analyze the factors igniting the Spirit of Entrepreneurship and to determine the most dominant factor triggering the Spirit of Entrepreneurship in the village of Bitra Ginyar. The approach used was multiple linear regression approach. Samples taken were 32 respondents. The results expressed a positive influence of variable of personal factors (X1), environmental factors (X2) and sociological factors (X3) to trigger the entrepreneurial (Y). Based on the analysis of standardized coefficeents beta, sociological factors conferred the most dominant influence to the trigger of entrepreneurship in Bitra village of Gianyar.
MARKETING MIX DAN AKREDITASI TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Sunariani, Ni Nyoman
Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Ilmiah Manajemen danBisnis
Publisher : Universitas Pendidikan Nasional

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.25 KB)

Abstract

Marketing mix dan akreditasi terhadap keputusan memilih dengan brand image sebagai 368ariable intervening. Marketing mix merupakan serangkaian 368ariable pemasaran dipergunakan oleh perusahaan untuk menghasilkan tanggapan dari pasar sasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis marketing mix dan akreditasi terhadap keputusan mahasiswa memilih Undiknas Denpasar dengan brand image sebagai 368ariable intervening. Penelitian bersifat kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling yaitu accidental sampling. Jumlah sampel 105 responden mahasiswa FEB regular Tahun 2013/2016. Teknik analisis data dipergunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan program computer Analysis of Moment Structure (AMOS). Hasil penelitian ini, temuannya bahwa Marketing mix memiliki direct effects positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa 4.70 persen. Marketing mix memiliki direct effects positif dan signifikan terhadap brand image 8,29 persen. Brand image memiliki direct effects positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa 4,54 persen. Akreditasi memiliki direct effects positif dan signifikan terhadap brand image 2,68 persen. Akreditasi memiliki direct effects positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa 2,46 persen. Marketing mix secara indirect effects terhadap keputusan mahasiswa melalui brand image hanya 3,76 persen lebih kecil dibandingkan direct effects berarti brand image dalam penelitian ini tidak berperan sebagai variable intervening. Akreditasi secara indirect effects terhadap keputusan mahasiswa melalui brand image hanya 1,22 persen lebih kecil dibandingkan direct effects berarti brand image dalam penelitian ini tidak berperan sebagai variable intervening. Kata kunci: bauran pemasaran, akreditasi, citra, keputusan pembelian