cover
Contact Name
Khamida Siti Nur Atiqoh
Contact Email
khamida.siti@uinjkt.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
ajme.journal@uinjkt.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
ALGORITMA Journal of Mathematics Education
ISSN : 19077882     EISSN : 26549948     DOI : -
Core Subject : Education,
ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME) adalah jurnal peer-review pendidikan matematika yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. AJME mempublikasikan naskah-naskah ilmiah bidang pendidikan matematika secara berkala, yaitu 2 kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Naskah dapat berupa kajian teori ataupun hasil penelitian terkait dengan pengajaran dan pembelajaran dalam bidang pendidikan matematika.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KOMPETENSI MATAKULIAH MATEMATIKA SEKOLAH I Putri, Finola Marta
ALGORITMA Journal of Mathematics Education Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.074 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan bahan ajar berbasis kompetensi matakuliah Matematika Sekolah I sesuai tuntutan kurikulum yang berlaku di jurusan Pendidikan Matematika FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan (2) mendeskripsikan hasil validasi isi bahan ajar yang telah dikembangkan. Penelitian ini berupa penelitian pengembangan model 4-D yang terdiri atas empat tahap yaitu pendefenisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Pengumpulan data menggunakan: (1) teknik kepustakaan untuk mengembangkan bahan ajar, dan (2) teknik angket tertutup dan terbuka untuk mengumpulkan data kevalidan bahan ajar yang diedarkan kepada validator. Pengisian angket menggunakan skor 1, 2, 3, dan 4 serta menggunakan: (1) rentang 3,00 ≤
PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN TEKNIK MIND MAP Farokhah, Laely; Herman, Tatang; Jupri, Al
ALGORITMA Journal of Mathematics Education Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.46 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa Sekolah Dasar masih rendah. Siswa masih mengalami kesulitan dalam mengkomunikasikan ide matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah terdapat perbedaan perolehan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model project based learning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran model project based learning dengan teknik mind map. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent group design. Subjek penelitian terdiri dari 63 siswa kelas IV (Empat) salah satu Sekolah Dasar di Kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes kemampuan komunikasi matematis. Adapun analisis data menggunakan statistik non parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perolehan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model project based learning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran model project based learning dengan teknik mind map.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) Pangestu, Catur Budi; Kadir, Kadir
ALGORITMA Journal of Mathematics Education Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.387 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian dilakukan di SDN Ciputat VI pada kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian Post Test Only. Hasil belajar matematika siswa diukur dengan menggunakan instrumen tes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (thitung = 7,49 dan ttabel = 1,67). Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dibanding model pembelajaran konvensional.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KKNI MATAKULIAH MATEMATIKA DASAR Armis, Armis
ALGORITMA Journal of Mathematics Education Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.844 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matakuliah Matematika Dasar. Bahan ajar Matematika dasar yang dikembangkan terdiri atas (1) Fungsi Riil, (2) Turunan dan Penggunaan, (3) Integral dan Penggunaan, (4) Fungsi Transenden, dan (5) Teknik Pengintegralan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan modifikasi model 4-D. Terdapat empat tahap dalam penelitian pengembangan ini yang meliputi (1) pendefinisian, (2) perencanaan, (3) pengembangan, dan (4) penyebaran. Berdasarkan hasil dan pembahasan disimpulkan bahwa bahan ajar Matematika Dasar yang telah dikembangkan adalah valid dan layak digunakan dalam perkuliahan Matematika Dasar pada mahasiswa jurusan PMIPA FKIP Universitas Riau.
ANALISIS KEMAMPUAN PROBLEM POSING MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF NHT Kadir, Kadir; Sadzali, Munawir
ALGORITMA Journal of Mathematics Education Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.661 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap keterampilan problem posing matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SD Al- Zahra Indonesia, untuk tahun akademik 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan Post-test Only Control Group Design, melibatkan 60 siswa sebagai sampel. Untuk menentukan sampel digunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen seperti tes esai tertulis. Keterampilan problem posing matematis siswa yang mengajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) lebih tinggi daripada keterampilan problem posing matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran klasik (t hitung = 2,01 table t tabel = 2,00 ). Persentase jawaban siswa dari problem posing berdasarkan gambar, tabel dan diagram yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) lebih tinggi daripada siswa yang mengajar dengan model pembelajaran klasik. Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa pembelajaran matematika Pecahan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan problem posing matematika siswa.
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SHIFT-PROBLEM LESSON TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA Kurniawati, Lia; Muthi'ah, Fida; Miftah, Ramdani
ALGORITMA Journal of Mathematics Education Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.747 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendekatan Shift-Problem Lesson terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMKS Islamiyah Ciputat, tahun akademik 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain kontrol posttest only. Sampel penelitian sebanyak 22 siswa kelas eksperimen dan 24 siswa kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dalam bentuk uraian matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran Shift-Problem Lesson secara keseluruhan lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Kemampuan reflektif matematis meliputi menafsirkan indikator, mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menggeneralisasi. Pencapaian kemampuan reflektif matematis dalam indikator untuk mengevaluasi lebih baik dibandingkan dengan menafsirkan indikator, mengidentifikasi dan menggeneralisasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Shift-Problem Lesson berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa.
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR Atiqoh, Khamida Siti Nur
ALGORITMA Journal of Mathematics Education Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.394 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apa saja kesalahan siswa dalam mengerjakan soal permecahan masalah materi pokok bangun ruang sisi datar, serta apa saja yang menyebabkan kesalahan siswa dalam mengerjakan soal pemecahan masalah materi pokok bangun ruang sisi datar. Pengambilan subyek penelitian yaitu dari 38 siswa kelas VIII-B yang mengikuti tes, hasil tes siswa diurutkan berdasarkan dari nilai yang terbesar ke yang terkecil kemudian dibagi menjadi tiga kelompok. Subyek penelitian terdiri dari 6 siswa yaitu: 2 siswa dari kelompok atas 2 siswa dari kelompok sedang, dan 2 siswa kelompok bawah yang masing-masing memiliki kesalahan terbanyak dari kelompoknya yang selanjutnya akan dilakukan wawancara intensif. Hasil penelitian diperoleh kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesalahan konsep (KK), kesalahan menggunakan data (KD), kesalahan interpretasi bahasa (KB), kesalahan teknis (KT), dan kesalahan penarikan kesimpulan (KS). Adapun penyebab kesalahan tersebut adalah siswa belum mampu mengaplikasikan materi bangun ruang sisi datar pada soal pemecahan masalah, kurang teliti dalam melakukan perhitungan, tidak memeriksa hasil perhitungannya kembali, kesalahan dalam imajinasi ruang, belum mampu menggunakan ide-ide geometri dalam menyelesaikan soal, kurang memahami berlakunya operasi pada aljabar, kurang teliti dalam memasukkan data ke variabel, dan kurangnya keterampilan dalam merencanakan penyelesaian. Berdasarkan penelitian tersebut maka disarankan kepada guru-guru yang mengampu kelas VIII SMP hendaknya menjelaskan langkah-langkah dalam mengerjakan soal pemecahan masalah serta menekankan pada langkah memahami masalah, merencanakan penyelesaian dan memeriksa kembali agar kesalahan-kesalahan siswa dalam mengerjakan soal pemecahan masalah materi pokok bangun ruang sisi datar tidak terulang lagi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2019 2019