cover
Contact Name
Viktor Pandra
Contact Email
viktorpandra@ymail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lp4mk@stkippgri-lubuklinggau.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN
ISSN : 02169991     EISSN : 26545004     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Perspektif Pendidikan (JPP) memuat artikel hasil penelitian Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian dan pengembangan Pendidikan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Sekolah Dasar, dan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue " Vol 8 No 2 (2014): Jurnal Perspektif Pendidikan" : 16 Documents clear
KEBUDAYAAN SUKU KUBU PADA MASA TRANSISI (STUDI KASUS DESA SUNGAI KIJANG KECAMATAN RAWAS ULU KABUPATEN MUSI RAWAS PROVINSI SUMATERA SELATAN 1974 – 1980) Sustianingsih, Ira Miyarni
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 8 No 2 (2014): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.203 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang kehidupan kebudayaan, pola mata pencaharian, serta proses adapatasi ketika pemerintah berusaha mengangkat derajat kehidupan suku Kubu di Desa Sungai Kijang Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan pada tahun 1974-1980. Dalam penelitian kualitatif ini penulis menggunakan metode pendekatan kasus tunggal, yaitu mengangkat berbagai informasi kualitatif di mana peneliti mengumpulkan data dari informan, tempat dan peristiwa, serta arsip dan dokumen. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan strategi interaktif dan noninteraktif yaitu berupa wawancara langsung, observasi langsung dan mencatat arsip dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Proyek Nasional PKMT pemerintah berhasil memukimkan kehidupan mereka supaya tidak lagi nomaden. Pada kenyataannya sistem mata pencaharian mereka masih mengumpulkan hasil hutan inilah yang pada akhirnya menimbulkan sistem kehidupan dua tempat tinggal. Hal ini merupakan tugas pemerintah untuk terus membangun sistem perekonomian dan ilmu pengetahuan suku Kubu di Desa Sungai Kijang ke taraf kehidupan yang lebih baik.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SEMANGAT KEWIRAUSAHAAN SANTRI DI PONDOK PESENTREN NURUL HUDA LAMPUNG S., Supriyanto; Rizal, Yon
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 8 No 2 (2014): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.401 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kewirausahaan santri di Pondok Pesantren Nurul Huda Lampung.. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri yang berjumlah 472 dengan sampel 217 santri. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, yang hasilnya dianalisis dengan komputer melalui program SPSS dan untuk menguji hipotesis menggunakan regresi linier multiple. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan intensitas keterlibatan santri dalam koperasi pondok pesantren dan dorongan dari pengasuh pondok pesantren untuk menjadi pengusaha terhadap semangat kewirausahaan santri di Pondok Pesantren Nurul Huda Lampung.
PERKEMBANGAN MADRASAH ALIYAH AL-FATAH SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN YANG DISELENGGARAKAN PESANTREN SHUFFAH HIZBULLAH NATAR LAMPUNG SELATAN S., Isbandiyah; M., Syaiful; W., Wakidi
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 8 No 2 (2014): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.322 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan Madrasah Aliyah Al-Fatah sebagai lembaga pendidikan yang diselenggarakan Pesantren Shuffah Hizbullah Al-Fatah di Natar Lampung Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu melalui teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, Madrasah Aliyah Al-Fatah telah mengalami perkembangan yang dapat dilihat dari unsur siswa, guru, kurikulum pendidikan, sarana dan prasarana, kerja sama pihak madrasah dengan instansi terkait, dan hubungan madrasah dengan masyarakat.
PARENTS' INVOLVEMENT AND THE EIGHTH-GRADE STUDENTS’ ENGLISH ACHIEVEMENT Sari, Dahlia; Seli, Sastika
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 8 No 2 (2014): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.352 KB)

Abstract

The objective of this study was to find out and determine the correlation between parents’ involvement and students’ English achievement. The data were collected through questionnaire, interview, and the numerical calculation. There were 36 students and parents of the eighth grade students of SMP Negeri 1 Lubuklinggau in the academic year of 2014/2015 chosen randomly as the sample. The result indicated that there was a positive correlation between parents’ involvement and the eighth grade students’ English achievement. The development of the variable X or Parents’ involvement was followed by the development on the variable Y or Students’ English achievement. The parents’ involvement can be described as a support from the parents as a facilitator. They gave a good contribution to their children English achievement but not in solving the problems about the material in English when they study at home.
DEIKSIS PERSONA BAHASA MUSI DESA PULAU PANGGUNG KECAMATAN MUARA KELINGI KABUPATEN MUSI RAWAS Abid, Syaiful
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 8 No 2 (2014): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.025 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk dan pemakaian deiksis persona bahasa Musi Desa Pulau Panggung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah tokoh masyarakat dan beberapa warga Desa Pulau Panggung. Objek penelitian adalah keseluruhan bentuk dan pemakaian deiksis persona bahasa Musi Pulau Panggung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk deiksis persona bahasa Musi Desa Pulau Panggung, yaitu: (1) pronomina persona pertama tunggal adalah Aku, -ku, dan –ku; (2) pronomina persona pertama jamak adalah kite’; (3) pronomina persona kedua tunggal adalah kamu, nga, dan tubu’; (4) pronomina persona kedua jamak adalah ponga dan pronomina ketiga jamak yaitu kata raban tubu’ dan raban ponga; (5) pronomina persona ketiga tunggal adalah ye; dan (6) pronomina persona ketiga jamak adalah raban. Peran pemakaian deiksis persona yang ditemukan meliputi peran deiksis persona pertama sebagai pembicara, peran deiksis persona kedua sebagai lawan bicara, dan peran deiksis persona ketiga sebagai persona yang dibicarakan.
HUBUNGAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN DENGAN KEMAMPUAN MENYAMPAIKAN ISI LAPORAN SECARA LISAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MUARA KULAM Diana, Rika; N., Noermanzah; Muslihah, Nur Nisai
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 8 No 2 (2014): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.625 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara kemampuan menulis laporan perjalanan dengan kemampuan menyampaikan laporan secara lisan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muara Kulam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII berjumlah 52 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini seluruh populasi yang berjumlah 52 orang. Teknik analisis data dengan langkah-langkah yaitu menghitung nilai individu kemampuan  menulis  laporan  perjalanan  dan  menghitung  nilai  individu kemampuan menyampaikan isi laporan secara lisan, kemudian menghitung tingkat korelasi  variabel  X  dan  Y  dengan  menggunakan  rumus  indeks  korelasi  “r” Produck Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kemampuan menulis laporan perjalanan dengan kemampuan menyampaikan laporan secara lisan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muara Kulam. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan rhitung yang diperoleh lebih besar daripada rtabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,86 > 0,274.
PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS HURUF HIJAIYAH SISWA KELAS 1 SD NEGERI 1 NOMAN KECAMATAN RUPIT KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA Prananosa, Ahmad Gawdy
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 8 No 2 (2014): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (554.066 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan kemampuan membaca dan menulis huruf hijaiyah dengan menggunakan media animasi siswa kelas 1 SD Negeri 1 Noman Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dengan menghitung skor nilai rata-rata, menghitung persentase keberhasilan, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan siswa dalam membaca dan menulis huruf hijaiyah sebelum dan sesudah penerapan media animasi, mengalami peningkatan secara signifikan. Hal ini dapat dilihat dari perolehan persentase ketuntatasan belajar yang mencapai nilai 75 sebelum penerapan Media Animasi skor penguasaan siswa terhadap membaca dan menulis huruf hijaiyah hanya mencapai 60%, pada siklus I meningkat mencapai 87%, siklus II 96% dan pada siklus III meningkat menjadi 100%.
ANALISIS BUKU PELAJARAN FISIKA SMA KELAS XI PADA MATERI BANDUL SEDERHANA Firmansah, Eko
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 8 No 2 (2014): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (509.464 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahamanan tentang ambiguitas dan kesalahan diagram benda bebas bandul sederhana pada buku pelajaran Fisika SMA kelas XI. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan mengumpulkan, menganalisa, dan mengembangkan data yang diperoleh melalui studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembuatan gambar diagram benda bebas yang lengkap dapat mempermudah penyusunan penyelesaian masalah bandul sederhana. Kemudian, model tradisional yang diberikan pada buku teks tidak menjelaskan secara penuh kejadian dinamika pada bandul sederhana. Akan tetapi, sesungguhnya solusi yang dipaparkan pada bagian hasil dan pembahasan hanya salah satu metode saja dan memungkinkan untuk mendapatkan solusi dengan metode yang berbeda.
ANALISIS MISKONSEPSI MAHASISWA PADA KONSEP GAYA DAN HUKUM NEWTON TENTANG GERAK S., Saparini
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 8 No 2 (2014): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.361 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi yang dialami oleh mahasiswa Pendidikan Fisika STKIP-PGRI Lubuklinggau pada konsep gaya dan hukum Newton tentang gerak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes objektif dengan alasan dilengkapi dengan Certainty of Response Index (CRI) dan wawancara pada konsep gaya dan hukum Newton tentang gerak. Hasil penelitian menunjukkan persentase miskonsepsi yang terjadi paling besar pada konsep hukum I Newton pada soal nomor 1 sebesar 94,7% mahasiswa mengalami miskonsepsi dan yang paling rendah miskonsepsi terjadi pada konsep gaya gesekan pada soal nomor 2 sebesar 36,8%. Hampir semua mahasiswa mengalami miskonsepsi (94,7%) dengan menganggap bahwa waktu jatuhnya benda selalu dipengaruhi oleh berat benda. Penyebab miskonsepsi yang berasal dari mahasiswa antara lain konsep awal, kemampuan, tahap perkembangan kognitif mahasiswa, pemikiran asosiasi, pemikiran humanistik, alasan yang tidak lengkap atau salah, intuisi yang salah dan minat belajar siswa atau mahasiswa. Solusi untuk mengatasi miskonsepsi yang disarankan yaitu dengan menyiapkan dan mempelajari konsep yang akan diajarkan, merencanakan pembelajaran sesuai dengan karakteristik konsep yang akan diajarkan dan yang paling penting adalah bagaimana cara menumbuhkan minat belajar mahasiswa.
PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS OPEN ENDED KELAS X DI SMA NEGERI 8 LUBUKLINGGAU TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Ariani, Tri; Dewiyanti, Fitria
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 8 No 2 (2014): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.604 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengkaji kualitas modul siswa yang baik untuk pembelajaran fisika jika ditinjau dari segi kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan; 2) mengetahui efek pengiring dari pengembangan modul fisika berbasis open ended di tinjau dari hasil belajar kognitif siswa; dan 3) mendeskripsikan respon siswa selama pembelajaran menggunakan modul berbasis open ended. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model 4-D. Data penelitian ini diperoleh melalui lembar validasi modul, lembar observasi respon siswa, lembar observasi aktivitas dan soal tes. Beberapa tahap penelitian dimulai dari pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (development). Hasil penelitian dari uji validitas produk di tinjau dari aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan, aspek penyajian, dan aspek kegrafikan di peroleh kategori “sangat baik”. Respons siswa selama pembelajaran menggunakan C diketahui dari angket yang disebarkan peneliti pada akhir pembelajaran di peroleh kategori “baik”. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran menggunakan modul berbasis open ended di peroleh kategori “baik” dan terjadi peningkatan aktivitas pada tiap pertemuan. Hasil proses pembelajaran  di kelas X MIA 1 di peroleh data persentase ketuntasan hasil belajar yaitu 84 % yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Jika dikonversikan ke kurikulum 2013 dengan rata-rata nilai 3,11 dengan kategori “Baik”. Berdasarkan hasil analisa tersebut dan hasil pengamatan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, maka modul Fisika berbasis open ended ini layak digunakan untuk siswa SMA kelas X.

Page 1 of 2 | Total Record : 16