cover
Contact Name
Viktor Pandra
Contact Email
viktorpandra@ymail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lp4mk@stkippgri-lubuklinggau.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN
ISSN : 02169991     EISSN : 26545004     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Perspektif Pendidikan (JPP) memuat artikel hasil penelitian Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian dan pengembangan Pendidikan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Sekolah Dasar, dan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue " Vol 7 No 2 (2013): Jurnal Perspektif Pendidikan" : 11 Documents clear
Uji Fitokimia dan Pengaruh Ekstrak Etanol Batang Betadin (Jatropha Multifida L) terhadap Jumlah Leukosit Mencit (Mus Musculus) Jantan Diinduksi Imunos Lokaria, Eka; Rozi, Zico Fakhrur; Siptiani, Dyani Triwulan
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 7 No 2 (2013): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kandungan senyawa metabolit sekunder yang ada dalam ekstrak J.multifida L. serta pengaruhnya terhadap jumlah Leukosit mencit (M. musculus) jantan yang telah diinduksi Imunos. Pada pengujian senyawa metabolit sekunder yang terkandung pada ekstrak kasar etanol batang J. multifida L. adalah alkaloid, flavonoid, saponin dan tanin. Pada uji pengaruh ekstrak etanol batang Jatropha multifidaL., hewan coba yang digunakan adalah 30 ekor Mus musculus jantan Swiss Webster yang dibagi menjadi 6 kelompok perlakuan. Kelompok I sebagai kelompok kontrol, kelompok II diinduksi imunos, kelompok III diinduksi imunos dan Prednikson, kelompok IV diinduksi imunos dan diberikan ekstrak dengan dosis 0,028 g/Kgbb, Kelompok V diinduksi Imunos dan diberikan ekstrak dengan dosis 0,056 g/Kgbb dan Kelompok VI diinduksi Imunos dan diberikan ekstrak dengan dosis 0,084 g/Kgbb. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak etanol dari batang Jatropha multifidaL. mampu menurunkan jumlah leukosit Mus musculus jantan yang telah diinduksi Imunos dengan optimum pada dosis 0,028 g/Kgbb sebesar 10.230/ mm.
Perbandingan Penerapan Strategi Critical Incident dengan Strategi Mind Mapping dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri L Sidoharjo N., Noermanzah; Rais, M Nurdin; Muslihah, Nur Nisai
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 7 No 2 (2013): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This thesis titled "Comparison The Application Of Strategy Critical Incident With Strategy Mind Mapping in Learning Writing Poetry Students' Classroom VIII SMP Negeri L. Sidoharjo” Research problem, "is there any significant difference between the application of strategies critical incident with the strategy mind mapping in learning to write poetry graders VIII SMP Negeri L. Sidoharjo? Destination the research, "for know the difference who significant between the application of strategy Critical Incident with strategy Mind Mapping in learning writing poetry students' classroom VIII SMP Negeri L. Sidoharjo Types of experiment research pure. Population the research entire students classroom VIII SMP Negeri L. Sidoharjo totaled 174 students. Two class as samples selected "were randomly flocking" namely, the class VIII.2 as experimental I class with implementing the strategy critical incident and class VIII.3 as experimental II class with applying strategy mind mapping. Number of each class of samples 34 students. Data collection techniques tests. The acquisition value of the average pretest experimental I class 66.7 and experimental II class 66.9, whereas postes experimental I class 80.2 and experimental II class is 78.4. Acquisition data is were analyzed with test-t at significant level 0,05 = 2,00. Based on the calculation known to t (1,21) < t (2,00) Ho is accepted, then the not the existence of differences who significant in learning writing poetry students' classroom. VIII SMP Negeri L. Sidoharjo. with applying strategy of Critical Incident and strategies Mind Mapping.
Penambahan Ekstrak Kulit Nanas terhadap Lama Simpan Tempe Kedelai Lokal dan Tingkat Kesukaan Mahasiswa Biologi STKIP PGRI Lubuklinggau Riastuti, Reny Dwi; Lokaria, Eka; Fikyati, Dea
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 7 No 2 (2013): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penambahan ekstrak kulit nanas terhadap lama simpan tempe kedelai local dan mengukur tingkat kesukaan mahasiswa Biologi STKIP PGRI Lubuklinggau terhadap tempe kedelai lokal yang telah diberi penambahan ekstrak kulit nanas. Metode penelitian ini dilakukan dengan eksperimen RAL dengan 5 perlakuan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh Kualitas tempe terdiri dari: lama simpan tempe yang paling bagus adalah pada penambahan ekstrak 20% dengan lama simpan tempe pada hari ke-6, dan kesukaan mahasiswa biologi STKIP PGRI Lubuklinggau terhadap rasa tempe kedelai lokal dengan nilai tertinggi ada pada penambahan ekstrak 15%, serta aroma tempe kedelai lokal dengan nilai tertinggi ada pada penambahan ekstrak 5%.
Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Al-Ikhlas Lubuklinggau Susanti, Eli; Astuti, Tri
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 7 No 2 (2013): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan menulis karya tulis ilmiah pada siswa kelas XI SMA Al-Ikhlas Lubuklinggau. Hal ini sesuai dengan rumusan permasalahan dalam penelitian, yaitu: Apakah ada pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan menulis karya tulis ilmiah siswa kelas XI SMA Al-Ikhlas Lubuklinggau? Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen murni dengan penggunaan dua sampel penelitian yang dipilih secara acak kelas sehingga terpilih kelas XI IA sebagai kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan menggunakan model Mind Mapping dan kelas XI IS sebagai kelas kontrol diberi pembelajaran dengan menggunakan model konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan teknik nontes (wawancara) pada guru bahasa Indonesia. Data tes yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis uji “t” (uji perbedaan dua rata-rata) didapat t hitung = 5,70. Selanjutnya t hitung dikonsultasikan dengan nilai t tabel dengan db = (n1 + n2 – 2) = (32 + 38 – 2) = 68. Dikarenakan 68 tidak terdapat pada tabel, maka digabungkan db = 120. Lalu dibandingkan dengan t tabel dalam taraf signifikan 5 %  diperoleh t tabel1,98 dan taraf kepercayaan 1%  diperoleh t tabel 2,62. Jadi, hipotesis Alternatif (Ha) diterima karena t hitung lebih besar dari t tabel (5,59 > 1,98 dan 5,59 > 2,62). Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini bahwa model pembelajaran Mind Mapping berpengaruh terhadap kemampuan menulis karya tulis ilmiah siswa kelas XI SMA Al-Ikhlas Lubuklinggau, teruji kebenarannya.
Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri se-Kota Lubuklinggau Tahun Ajaran 2012/2013 N., Noermanzah
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 7 No 2 (2013): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Semester I di SMP Negeri se-Kota Lubuklinggau tahun ajaran 2012/2013 berdasarkan KTSP. Metode yang digunakan berupa metode deskriptif dengan sampel penelitian yaitu SMPN 1 Kota Lubuklinggau, SMPN 5 Kota Lubuklinggau, dan SMPN 10 Kota Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan langkah-langkah sebagai berikut: transkripsi, identifikasi, klasifikasi, interpretasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum sepenuhnya pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Semester I di SMP Negeri se-Kota Lubuklinggau tahun ajaran 2012/2013 berdasarkan KTSP karena berdasarkan hasil analisis dokumentasi silabus dan RPP, para guru masih memiliki beberapa kelemahan terutama dalam menuangkan kegiatan pembelajaran (kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup) ke dalam bentuk nyata dan penyusunan instrumen penilaian belum berbasis proses (autentic assessment). Untuk itu, diperlukan kontrol dan evaluasi terhadap produk silabus dan RPP oleh berbagai pihak yang terkait.
Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melalui Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidance, Satisfaction) Muslihah, Nur Nisai
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 7 No 2 (2013): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims at increasing the student naration writing ability at the first semester of Indonesian and Literature Study Program at STKIP-PGRI Lubuklinggaunarration at Indonesian Departemen Program. This method used in this research is Clasroom Action Research with learning development and inovation at LPTK (PPKP). This research begins with planning, action, observation, and reflection. The result shows that learning narative writing ability is increasing. The result of the preaction tes shows that there were 10 student or (32,25%) wot got ≥ 6,6 and there were 21 student or (68,74%) who got ≤ 6,6 the average score 48,20. At the and of cycle I, there were 18 student or (58,06%) who got ≥ 6,6 and there were 13 student or (41,93%) who got ≤ 6,6. Whereas, the average score of cycle I WAS 65,50. At the and of cycle II, there are 28 students (90,32%) who got ≥ 6,6 with the average score 78,02. Therefore, the student narration writing ability whith ARCS (Attention, Relevance, Confidance, Satisfaction).
Perbandingan Hasil Belajar Fisika antara Model Pembelajaran Snowball Throwing dengan Model Pembelajaran Group Investigation Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 3 Lubuklinggau Astuti, Kiki Juang; Mulyanto, Akhmad Budi
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 7 No 2 (2013): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa antara Kelas Creative Problem Solving (CPS) dengan Kelas Konvensional Mata Kuliah Biologi Lingkungan Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Lubuklinggau Jayati, Ria Dwi; Nopiyanti, Nopa; Engriani, Veti
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 7 No 2 (2013): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis mahasiswa antara kelas Creative Problem Solving (CPS) dengan kelas konvensional pada mata kuliah biologi lingkungan di prodi pendidikan biologi STKIP PGRI Lubuklinggau. Metode penelitian ini adalah kuasi-eksperimen, dengan menggunakan Pretest Posttest Control Group Design. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Lubuklinggau, dengan sampel adalah mahasiswa yang berada di semester II sejumlah 60 orang yang terbagi dalam 2 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Nonprobability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji perbedaan dua rata-rata (uji Independent sample t-Test). Analisis statistik dibantu dengan software IBM SPPS Staistic 16.0 for Windows dan Microsoft Excell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis mahasiswa antara kelas creative problem solving (CPS) dengan kelas konvensional pada matakuliah biologi lingkungan.
Efektivitas Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending terhadap Kemampuan Menemukan Ide-ide Pokok Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri B. Srikaton Suciati, Tira; Effendi, M Syahrun; N., Noermanzah
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 7 No 2 (2013): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivan model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending terhadap kemampuan menemukan ide-ide pokok berita siswa kelas VIII SMP Negeri B. Srikaton.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII berjumlah 187 siswa yang terdiri dari 6 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.6 yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu dengan teknik tes dan teknik nontes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus uji “t”, yaitu dengan mencari selisih antara hasil pretes dan postes. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui terdapat perbedaan hasil pretes dengan hasil postes. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata pretes dengan postes, yaitu hasil pretes lebih kecil daripada postes, yaitu X1 = 60,5< X = 75,33. Berdasarkan hasil uji hipotesis ini diketahui bahwa harga t hitung = 7,84. Hasil ini dikonsultasikan dengan t tabel (t tabel dengan N = 30 atau db/df = 29) pada taraf signifikan 1% yaitu 2,76 dan taraf signifikan 5% yaitu 2,04. Hal ini menunjukkan bahwa hasil perhitungan t hitung yang diperoleh lebih besar dari pada t tabel baik pada taraf signifikan 1% maupun pada taraf signifikan 5%, Hasil perhitungan ini dapat dituliskan seperti berikut ini 2,04 < 7,84 > 2,76. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis menyatakan model pembelajaran CORE efektif terhadap kemampuan menemukan ide-ide pokok beritasiswa kelas VIII SMP Negeri B. Srikaton telah terbukti kebenarannya.
Perbedaan Penerapan Metode Pratikum dengan Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Lubuklinggau Nopiyanti, Nopa; Jayati, Ria Dwi; N., Nurhasanah
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 7 No 2 (2013): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk perbedaan yang signifikan antara penerapan metode pratikum dengan metode diskusi terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa Prodi. Pendidikan Biologi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II berjumlah 2 kelas yang diambil secara acak. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes dengan teknik analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji Independent sample t-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara penerapan metode pratikum dengan metode diskusi terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa. Perbedaan ini ditunjukkan bahwa hasil belajar kognitif mahasiswa dengan penerapan metode praktek lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar kognitif mahasiswa dengan penerapan metode diskusi.

Page 1 of 2 | Total Record : 11