cover
Contact Name
Viktor Pandra
Contact Email
viktorpandra@ymail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lp4mk@stkippgri-lubuklinggau.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN
ISSN : 02169991     EISSN : 26545004     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Perspektif Pendidikan (JPP) memuat artikel hasil penelitian Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian dan pengembangan Pendidikan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Sekolah Dasar, dan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 6 No 1 (2013): Jurnal Perspektif Pendidikan" : 10 Documents clear
Pengaruh Pemberian Jus Myrmeleon sp terhadap Kadar Trigliserida Mus Musculus Swiss Webster Jantan Samitra, Dian; Rozi, Zico Fakhrur; S., Sanjaya
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 6 No 1 (2013): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jus larva undur-undur (Myrmeleon sp) terhadap kadar trigliserida dalam darah mencit (Mus musculus) Swiss Webster jantan.Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak lengkap. Pengukuran kadar trigliserida darah dilakukan sebanyak dua kali sesudah perlakuan dan setelah masa pemulihan. Data yang diperoleh dianalisis dengan anova satu faktor. Dari hasil penelitian didapatkan jumlah rata-rata kadar trigliserida dalam darah mencit yang diberi Jus larva Myrmeleon sp : (P0) kontrol: 113,80 mg/dL, (P1) 89,40 mg/dL, (P2): 72,80 mg/dL, (P3): 60,00 mg/dL. Data hasil penelitian setelah masa pemulihan didapatkan jumlah rata-rata kadar trigliserida dalam darah mencit (P0) kontrol ; 107,00 mg/dL, kelompok perlakuan 1 (P1) ; 96,40 mg/dL, kelompok perlakuan 2 (P2) ; 85,80 mg/dL, kelompok perlakuan 3 (P3) ; 83,40 mg/dL. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian Jus larva Myrmeleon sp kepada mencit menunjukkan pengaruh yang nyata menurunkan kadar trigliserida dalam darah mencit dan setelah masa pemulihankadar trigliserida darah mencit tidak kembali normal tetapi menunjukkan kenaikan.
Uji Potensi Jus Larva Myrmeleonsp terhadap Kadar Gula Darah MusMusculusSwiss Webster Jantan Rozi, Zico Fakhrur; Samitra, Dian; Wiryono, Joko
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 6 No 1 (2013): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jus larvaMyrmeleon sp terhadap penurunan kadar Glukosa dalam darah Mus musculus Swiss Webster jantan. Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Data yang diperoleh dianalisis dengan anova satu faktor. Dari hasil penelitian diketahui jumlah rata-rata kadar gula dalam darah mencit yang diberi jus larvaMyrmeleon sp : (P0) kontrol ; 98,6, (P1) Perlakuan diberi jus larvaMyrmeleon spdengan dosis 0,0013 ml ; 80,4 mg/dL, (P2) Perlakuan diberi jus larvaMyrmeleon sp dengan dosis 0,0026 ml ; 77,8 mg/dL, (P3) Perlakuan diberi jus larvaMyrmeleon sp dengan dosis 0,0039 ml; 76,4 mg/dL. Sedangkan data hasil penelitian setelah masa pemulihan didapatkan jumlah rata-rata kadar gula dalam darah mencit (P0) kontrol ; 108,4 mg/dl, Kelompok perlakuan 1 (P1) ; 99,8 mg/dL, kelompok perlakuan 2 (P2) ; 101,2 mg/dL, kelompok perlakuan 3 (P3) ; 118,2 mg/dL. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian jus larvaMyrmeleon sp pada Musmusculus menunjukkan pengaruh yang nyata pada kadar gula dalam darah Musmusculus dan setelah masa pemulihan kadar gula darah Musmusculus kembali normal.
Pengaruh Pengajaran Sejarah Nasional Indonesia terhadap Sikap Patriotisme Siswa Kelas XI SMA PGRI 1 Lubuklinggau Asmara, Yeni
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 6 No 1 (2013): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh pengajaran Sejarah Nasional Indonesia terhadap sikap patriotismsiswa kelas XI SMA PGRI 1 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2009/2010.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA PGRI 1 Lubuklinggau yang berjumlah 40 orang siswa.Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan wawancara.Sedangkan analisis datanya menggunakan rumus product moment.Hasil orientasi sementara menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah belum kondusif untuk memberikan pengaruh terhadap sikap patriotisme siswa.Lemahnya kesadaran sejarah di kalangan siswa SMU tersebut, tentu saja disebabkan oleh berbagai faktor yang menyangkut; substansi, pendekatan, maupun strategi pembelajaran yang kurang menunjang. Dari hasil penghitungan menggunakan product moment menunjukkan bahwa t hitung 0,136 < t tabel 0,316. Dengan demikian, tidak ada pengaruh pengajaran sejarah nasional terhadap sikap patriotisme di SMA PGRI 1 Lubuklinggau.
Pengaruh Model Missouri Mathematics Project terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2012/2013 Fadilah, Fikhi Fasya; S., Sukasno; Charli, Leo
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 6 No 1 (2013): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perbandingan Hasil Belajar Matematika antara Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dan Make A Match pada Siswa Kelas VII Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Lubuklinggau 2&3 SMP Negeri 4 LubuklinggauTahun Pelajaran 2012/2013 Rizkianti, Erlesy; S., Sukasno; Mulyono, Dodik
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 6 No 1 (2013): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research entitled “Comparison of Mathematics Learning Outcomes between of Cooperative Model Type Two Stay Two Stray and Make A Match in the Seventh Grade Students Junior High School Number 4 Lubuklinggau in the academic Year of 2012/2013”. The problem of this study was the following student learning outcomes of learning mathematics through cooperative model of Two Stay Two Stray significantly better learning outcomes than students who take mathematics learning through cooperative models Make A Match?. Research methods used are purely the type of comparative experiments. Its population is all students of the seventh grade students Junior High School Number 4 Lubuklinggau in the accademic year of 2012/2013, as the sample is class VII.A model of cooperative learning type Two Stay Two Stray and class VII.D given model of cooperative learning type Make A Match. Data collected by test techniques. Data were analyzed using t-test. Based on the results of the data analysis it can be concluded that learning outcomes of students who take mathematics learning through cooperative model of Two Stay Two Stray significantly better learning outcomes than students who take mathematics learning through cooperative models Make A Match. Average student learning outcomes Two Stay Two Stray class of 83,39 and Make A Match of 76,05.
Efektivitas Penggunaan Macromedia Flashdalam Pembelajaran Matematika SiswaKelas XI IPS MAN 1 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2012/2013 Sari, Tira Permata; S., Sukasno; Friansah, Drajat
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 6 No 1 (2013): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research entitled "Effectiveness of Using Macromedia Flash in Learning Mathematics Grade Students XI IPS MAN 1 Lubuklinggau Academic Year of 2012/2013". The problems ofthis research are: (1) whether the learning outcomes of students of class XI IPS MAN 1 Lubuklinggau academic year of 2012/2013 after participating in learning mathematics using Macromedia Flash completed? (2) how the response of students to wards learning mathematics using Macromedia Flash? (3) how the learning activities of students who take mathematics using Macromedia Flash? The research used a form of quasi-experiment conducted in the absence of a comparison class design withpre-test and post-test group. Its population is all students of class XI IPS MAN 1 Lubuklinggau academic Year of 2012/2013, which consists of 106 students and a sample is class XI IPS 3, amounting to 34 students. Data collection was done by using tests and non-test in the form of questionnaires and observation. Test data were analyzed using t-test at significance level α=0.05. Based on the data analysis it can be concluded that the Macromedia Flash effective for use in teaching mathematics. Student learning outcomes after participating in learning mathematics using Macromedia Flash significantly due to an average value of 80.98 and the number of students who completed reaches 79.41%. Increasing student activity a teach meeting and the students gave a positive response.
Bahasa Baku dan Sikap terhadap Bahasa Baku (Tinjauan Teoritis dan Deskriptif terhadap Problematika Pembakuan Bahasa Indonesia) Astuti, Tri
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 6 No 1 (2013): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bahasa merupakan sarana komunikasi paling vital di masyarakat. Oleh sebab itu, standardisasi atau pembakuan bahasa dalam suatu masyarakat menduduki peran yang penting, terlebih untuk masyarakat heterogen seperti Indonesia, yang konsekuensinya memunculkan berbagai bahasa dan ragam bahasa. Untuk memudahkan komunikasi dalam masyarakat, perlu dipilih satu variasi atau ragam bahasa yang dapat dijadikan sebagai acuan atau standar pemakaian di masyarakat. Bahasa yang standar atau baku ini akan menduduki posisi yang lebih tinggi dalam skala tata nilai masyarakat pemakai bahasa. Bahasa standar atau baku memiliki ciri kemantapan dinamis, cendikia, dan keseragaman kaidah. Persoalan yang terjadi dalam usaha pembakuan/standardisasi bahasa Indonesia, tak terlepas dari pengaruh sikap dan tanggapan para pemakai bahasa Indonesia itu sendiri. Sikap tuna harga diri, yaitu sikap yang kurang bangga dan sinis dalam menggunakan dan memakai bahasa Indonesia. Mereka lebih bangga menggunakan bahasa asing dibanding bahasa sendiri dan memandang sinis terhadap usaha-usaha dalam pengembangan bahasa Indonesia. Selain itu, adanya tanggapan yang beranggapan bahwa masalah kebahasaan Indonesia adalah masalah yang sepele, tidak perlu pembahasan lebih mendalam dalam pemakaiannya karena mereka berargumen dalam penggunaan bahasa ’yang penting tahu maksudnya’. Hal ini melahirkan kebiasaan di kalangan masyarakat kita bahwa belajar bahasa Indonesia cukup secara alamiah saja. Artinya, mereka belajar dari apa yang nyatanya digunakan tanpa memikirkan apa bentuk bahasa tersebut secara kaidah yang benar, sehingga dalam pemakaian mereka menekankan pada selera bahasa daripada penalaran bahasa.
Desain Eksperimental dalam Penelitian Pendidikan Effendi, M Syahrun
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 6 No 1 (2013): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian eksperimen adalah penelitian yang bertujuan mendeskripsikan pengaruh suatu perlakuan atau treatment sebagai variabel bebas terhadap hasil perlakuan sebagai variabel terikat. Oleh karena itu, subjek (kelompok yang dikenai dan atau yang tidak dikenai eksperimen) harus dibuat homogen, sehingga dapat dipastikan apapun yang terjadi setelah subjek atau kelompok yang diberi perlakuan eksperiman adalah diakibatkan oleh perlakuan eksperimen yang diberikan. Penelitian eksperimen memiliki tiga ciri pokok, yaitu: (1) adanya pengendalian, (2) adanya manipulasi, dan (3) adanya pengamatan. Untuk mewujudkan subjek atau kelompok dalam eksperimen agar homogen, ada beberapa metode pengendalian (control) yang dapat digunakan, yakni dengan cara: (1) penempatan secara acak, (2) pemadanan teracak, (3) pemilihan yang homogeny, (4) analisis kovariansi, dan (5) penggunaan subjek sebagai pengendalian mereka sendiri. Namun, kenyataannya untuk mewujudkan kelompok atau subjek yang benar-benar homogen itu tidak mudah, bahkan kadang kala sulit dicapai. Oleh karena itu, dalam penelitian bidang pendidikan, desain eksperimental dapat dibedakan menjadi: (1) Pre Experimental Design atau desain eksperimen yang belum baik sering disebut dengan istilah quasi experimental (eksperimen pura-pura); dan (2) True Experimental Design atau eksperimen yang dianggap sudah baik. Pre Experimental Design meliputi desain; one shot case study, pre test and post test, dan desain static group comparison. Sedangkan True Experimental Design meliputi: control group pre test–post test, random terhadap subjek, matched group design (pasangan terhadap subjek), random pre test–post test desain, bentuk tiga kelompok eksperimen dan kontrol, bentuk empat kelompok dengan tiga kelompok kontrol, dan desain waktu. Pemilihan atau penentuan suatu jenis desain yang akan digunakan, didasarkan terhadap pertimbangan beberapa faktor, yaitu: tujuan eksperimen, jenis (tipe) variabel yang akan dimanipulasi, dan faktor atau kondisi-kondisi yang membatasi pembahasan suatu eksperimen.
Membangun Karakter melalui Trilogi dan Tripusat Pendidikan N., Nurhayati
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 6 No 1 (2013): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menurut Kamus Bahasa Indonesia, karakter memiliki arti, sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain. Membangun karakter merupakan suatu proses yang kompleks melibatrkan berbagai pihak, khususnya keluarga, sekolah, dan masyarakat sebagai pendukung pendidikan yang disebut sebagai tripusat pendidikan dan guru memiliki idealisme menjadi seorang pendidik. Guru dituntut untuk kembali seperti yang diajarkan Ki Hajar Dewantara dengan trilogi pendidikannya, yakni seorang yang ing ngarso sung tulado, ing madyo mangun karso dan tut wuri handayani. Fungsi dan peranan trilogi dan tripusat pendidikan merupakan faktor penting dalam mencapai tujuan pendidikan nasional yaitu membangun manusia Indonesia seutuhnya serta menyiapkan sumber daya manusia yang bermutu. Setiap pusat pendidikan dapat berpeluang memberikan kontribusi pendidikan, maka diperlukan keserasian kontribusi dan kerja sama yang erat dan harmonis antar tripusat pendidikan tersebut.
Perkembangan Budaya pada Masyarakat Adat di Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas Sumatera Selatan S., Suwandi
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 6 No 1 (2013): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam pembahasan ini akan dijelaskan mengenai perkembangan budaya pada masyarakat di Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas Sumatera Selatan. Perkembangan budaya tersebut ditunjukkan dari surat wasiat yang terdapat pada benda pusaka berupa: Kujur Semambu, Keris Penjege Dosun, Pedang Pucuk Rumbai, dan Tongkat Pangeran Kota Donok suku Bermani Rejang yang ditemukan di Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas Sumatera Selatan serta sebagian kecil dari Bengkulu. Secara umum adat istiadat yang ditemukan dari keterangan hasil identifikasi dari beberapa benda pusaka tersebut berupa adat istiadat tentang kriteria seorang pemimpin yang bijaksana dan adil.

Page 1 of 1 | Total Record : 10