cover
Contact Name
Viktor Pandra
Contact Email
viktorpandra@ymail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lp4mk@stkippgri-lubuklinggau.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN
ISSN : 02169991     EISSN : 26545004     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Perspektif Pendidikan (JPP) memuat artikel hasil penelitian Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian dan pengembangan Pendidikan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Sekolah Dasar, dan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 12 No 2 (2018): Perspektif Pendidikan" : 5 Documents clear
KONTRIBUSI KECEPATAN LARI 30 METER DAN EXSPLOSIVE POWER OTOT TUNGKAI TERHADAP KEMAMPUAN LOMPAT JAUH P., Popalri
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 12 No 2 (2018): Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (653.928 KB) | DOI: 10.31540/jpp.v12i2.138

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi kecepatan lari 30 meter dan exsplosive power otot tungkai terhadap hasil lompat jauh. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dilanjutkan dengan melihat kontribusi variabel X terhadap variabel Y. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti perkuliahan atletik yang berjumlah 32 orang.Yang dijadikan sampel mahasiswa putra saja berjumlah 30 orang, Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2016/2017, bertempat di Stadion Silampari Lubuklinggau dan  dilapanganLompat Jauh STKIP-PGRI Lubuklinggau. Dari hasil penelitian ini diperoleh kontribusi variabel kecepatan lari 30 meter terhadap kemampuan lompat jauh sebesar 27,64%, kontribusi exsplosive power otot tungkai terhadap kemampuan lompat jauh sebesar 16,92%, dan kontribusi kecepatan lari 30 meter dan exsplosive power otot tungkai secara bersama-sama terhadap kemampuan lompat jauh sebesar 31,00%.
PENGARUH MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 02 PALEMBANG J., Januardi; Zubaimari, Rika Anggraini
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 12 No 2 (2018): Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (770.678 KB) | DOI: 10.31540/jpp.v12i2.152

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah Pengaruh Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Di SMA Muhammadiyah 02 Palembang Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 02 Palembang dengan populasi seluruh kelas X, dan untuk menentukan jumlah sampel tiap kelas menggunakan teknik pengumpulan data Cluster Sampling sehingga diperoleh total 54 siswa berdasarkan rumus Taro Yamane. Minat berwirausaha adalah keinginan atau ketertarikan untuk menciptakan peluang usaha tanpa merasa takut dengan resiko yang akan terjadi, serta memiliki suatu motif berprestasi dalam wirausaha. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Angket pretest dan posttest. Dimana metode angket pretest untuk melihat seberapa besar minat siswa untuk berwirausaha sebelum mendapatkan mata pelajaran prakarya dan kewirausaha dan angket posttest untuk melihat seberapa besar minat siswa untuk berwirausaha setelah mendapatkan mata pelajaran prakarya dan kewirausaha. Dalam penelitian ini menggunakan data deskriptif kuantitatif  dengan presentase tertentu dengan menggunakan rumus skala azwar, sehingga dapat menentukan presentase dan dapat digambarkan dengan kata-kata atau kalimat untuk menarik kesimpulan. Dari analisis data diketahui bahwa hasil angket pretest dengan rata-rata yaitu sebesar 61,90 yang termasuk dalam kategori sedang, sedangkan angket postetst mengalami kemajauan yaitu sebesar 79,55 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Hasil pengujian hipotesis menunjukan  8,271 >   2.081 pada taraf signifikan 5% dengan n = 55 dan ada pengaruh mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, dimana besar pengaruhnya 56%, dan sisanya dipengaruhi oleh faktor intern dan ekstern.
MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X Kuswanto, Joko
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 12 No 2 (2018): Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1074.327 KB) | DOI: 10.31540/jpp.v12i2.203

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran biologi kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model prosedural. Model yang dilakukan dengan tahapan prosedur pengembangan yaitu (1) Tahap perencanaan berupa analisis kebutuhan, menyusun Garis Besar Isi Media (GBIM) dan Jabaran Materi (JM), menyusun naskah (storyboard); (2) Tahap Produksi berupa persiapan, pelaksanaan, penyelesaian; (3) Tahap Evaluasi berupa evaluasi pramaster, revisi, uji lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis web yang dikembangkan pada mata pelajaran biologi kelas X sudah layak untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Berdasarkan beberapa tahapan uji coba, media pembelajaran berbasis web dikategorikan valid dengan dengan kriteria baik. Penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis web ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran mata pelajaran biologi serta dapat bermanfaat bagi guru, siswa, dan peneliti lanjutan.
EFEKTIVITAS PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA PEMBELAJARAN FISIKA Yolanda, Yaspin; Amin, Ahmad; Sari, Riska
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 12 No 2 (2018): Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (760.858 KB) | DOI: 10.31540/jpp.v12i2.205

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas hasil belajar fisika siswa, aktifitas belajar siswa dan respon siswa dalam proses pembelajaran fisika dengan menggunakan Pendekatan Scientific di kelas X SMA Negeri 5 Lubuklinggau Tahun pembelajaran 2017/2018 pada materi Besaran dan Pengukuran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel penelitian ini X.Mia.3 yang berjumlah 32 siswa dan diambil secara acak. Penggumpulan data dilakukan dengan teknik tes, lembar Observasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji t diperoleh thitung= 5,5946 > thitung = 1,697 disimpulkan bahwa “Pendekatan Scientific pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Lubuklinggau efektif, aktifitas belajar siswa aktif dan respon siswa terhadap pembelajaran baik dan hasil belajar fisika siswa meningkat.
TEACHING SPEAKING BY USING STORY COMPLETION TECHNIQUE S., Syaprizal; Priska, Gita
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 12 No 2 (2018): Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1266.031 KB) | DOI: 10.31540/jpp.v12i2.206

Abstract

These research conducted the answer question “was it significantly effective to teach speaking by using Story Completion Technique to the eighth grade students of SMP Muhammadiyah 1 Lubuklinggau.” The objective of this research was to find out whether or not it is significantly effective to teach speaking by using Story Completion Technique to the eighth grade students of SMP Muhammadiyah 1 Lubuklinggau. The total population on this research was 145 students coming from 5 classes. The sample was taken by cluster random sampling. The sample of this research was VIII.3 as the sample with the total number of sample was 30 students. Based on the matched t-test calculation.It was found out that  tobtain is 6.66 and the value or score of ttable is 1.699. the tobtain is higher than ttable  (6.66 ≥ 1.699). It was found out the null hypothesis (H0) was rejected and the alternative hypothesis (Ha) was accepted . It means that it was significantly effective to teach speaking by using Story Completion Technique to the eighth grade students of SMP Muhammadiyah 1 Lubuklinggau in academic year of 2018/2019.

Page 1 of 1 | Total Record : 5