cover
Contact Name
Viktor Pandra
Contact Email
viktorpandra@ymail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lp4mk@stkippgri-lubuklinggau.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN
ISSN : 02169991     EISSN : 26545004     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Perspektif Pendidikan (JPP) memuat artikel hasil penelitian Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian dan pengembangan Pendidikan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Sekolah Dasar, dan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 11 No 2 (2017): Jurnal Perspektif Pendidikan" : 10 Documents clear
TEACHING SIMPLE PRESENT TENSE BY USING SINGLE SLOT SUBSTITUTION DRILL TECHNIQUE Pratiwi, Vina Eka; H., Hamdan
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 11 No 2 (2017): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3081.184 KB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah efektive pengajaran simple present tense dengan menggunakan teknik single slot substitution drill pada siswa kelas 12 di SMP Islam Lubuklinggau tahun akademik 2015/2016? Jumlah respondent pada penelitian ini adalah 333 siswa dari semiblan kelas. Sample di ambil menggunakan teknik cluster random sampling. Sample pada penelitian ini adalah kelas VIII dengan jumlah 35 siswa. Hasilnya adalah hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya, secara efektif pengajarannya sederhana dengan menggunakan teknik single slot substitution drill untuk siswa kelas VIII Lubuklinggau SMP di tahun ajaran 2015/2016. 
PENGARUH PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI MENULIS MAHASISWA Fidian, Athia
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 11 No 2 (2017): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2862.427 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah pemanfaatan media sosial dalam peningkatan motivasi belajar siswa.  Populasi penelitian ini adalah mahasiswa D3 Keperawatan semester 3 FIKES Universitas Muhammadiyah Magelang. Metode deskriptif dipilih dalam penggunaan Instagram sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi menulis mahasiswa. Tekhnik pengumpulan data primer dalam penelitian menggunakan observasi dan metode kuesioner, pengumpulan data sekunder melalui hasil nilai mahasiswa. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Terjadi peningkatan motivasi melalui tingkat partisipasi dan keaktifan mahasiswa pada proses pembelajaran, (2) Terciptanya susasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi mahasiswa, dengan adanya account Instagram kelas sebagai wadah yang menampung kreativitas mahasiswa, sehingga mahasiswa lebih termotivasi dan (3) Terjadi peningkatan prestasi belajar melalui nilai menulis mahasiswa dari nilai rata-rata 67.93 menjadi 80.71.
PENGARUH MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TENTANG MATERI SEJARAH SEBAGAI ILMU DI SMA NEGERI 3 LUBUKLINGGAU Sofiarini, Andriana
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 11 No 2 (2017): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3010.093 KB)

Abstract

“Pengaruh Model Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Tentang Materi Sejarah Sebagai Ilmu di SMA Negeri 3 Lubuklinggau”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa kelas X tentang materi Sejarah Sebagai Ilmu di SMA Negeri 3 Lubuklinggau. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X berjumlah 138 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X. IIS 3 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X. IIS 1 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen murni. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa harga thitung = 3,45. Hasil ini dibandingkan dengan ttabel (db/df = 60) pada taraf signifikan 5% yaitu 2,00. Hal ini menunjukan bahwa hasil perhitungan thitung lebih besar daripada ttabel yang dapat dituliskan seperti berikut ini 3,45 > 2,00. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh model Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa kelas X tentang materi Sejarah Sebagai Ilmu di SMA Negeri 3 Lubuklinggau.
KEBERADAAN BAHASA ALAY DALAM PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA Abid, Syaiful
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 11 No 2 (2017): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3521.037 KB)

Abstract

Pembahasan ini mengangkat fenomena keberadaan bahasa Alay yang ditandai dengan bergesernya gengsi bahasa Indonesia. Alay adalah gejala yang dialami pemuda-pemudi di Indonesia, yang ingin diakui statusnya di antara teman-temannya. Gejala ini akan mengubah gaya tulisan, dan gaya berpakaian, sekaligus meningkatkan sifat kenarsisan, yang bisa jadi akan sangat mengganggu masyarakat Indonesia. Seiring berjalannya waktu dan meningkatnya kecanggihan teknologi, seperti hadirnya jejaring social facebook, twitter, dan lainnya bertambah juga perkembangan bahasa Alay di kalangan remaja Indonesia. Dalam pembahasan ini mencakup asal-usul bahasa alay, fungsi bahasa Alay, factor-faktor yang mempengaruhi bahasa Alay, bentuk- bentuk bahasa Alay, pengaruh bahasa Alay, dan kiat-kiat dalam pelestarian bahasa Indonesia. Harapan penulis dengan diangkatnya pembahasan ini dapat memberikan gambaran tentang pergeseran bahasa Indonesia yang sedang terjadi dan cara mengantisipasinya, sehingga menambah pemikiran baru dalam memecahkan persoalan kesalahan berbahasa Indonesia.
REMEDIASI KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING Yolanda, Yaspin
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 11 No 2 (2017): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2923.596 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah lanjutan dari penelitian yang dilakukan emi Atmawati yang berjudul Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Fisika Siswa Kelas XI IPA Pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor di MA Muhajirin Tugumulyo. Penelitian ini bertujuan untuk meremediasi KPS dengan pendekatan PBL. Metode pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data triangulasi yakni tes diagnostik lanjutan dengan reasoning aspek KPS, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian 18 siswadengan keterwakilan siswa kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadinya peningkatan persentase KPS menggunakan pendekatan PBL pada kriteria sangat terampil. Persentase KPS aspek observasi7,45% menjadi 70,2%; klasifikasi yaitu 11,09% menjadi 78,7%; mengajukan pertanyaan yaitu 5,64% menjadi 81,5%; berkomunikasi yaitu 9,13% menjadi 85,7%; berhipotesis yaitu 12,64% menjadi 88,6%; prediksi yaitu 9,43% menjadi 90,3%; bereksperimen yaitu 17,35% menjadi 92,5%; menggunakan alat dan bahan yaitu 4,42% menjadi 91,7%; menerapkan konsep yaitu 8,37% menjadi 92,4% dan intreprestasi yaitu 14,15% menjadi 93,5%.
INFERIORITAS PEREMPUAN DALAM PERKAWINAN KAJIAN KRITIK SASTRA FEMINIS NOVEL BELENGGU KARYA ARMIJ PANE J., Juwati
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 11 No 2 (2017): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (6778.194 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengemukakan masalah prasangka gender dan emansipasi perempuan yang diwujudkan dengan keinginan untuk menyejajarkan kedudukan laki-laki dan perempuan, keinginan untuk mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dalam keluarga dan masyarakat, dan pemberontakan terhadap adat yang mengokohkan subordinasi perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Inferioritas perempuan (istri) kepada laki-laki (suami) walaupun kurang mewarnai novel belenggu yang disebabkan unsur modernitas, namun unsur tersebut tidak secara mutlak dan masih mewarnai dengan unsur tradisional atau adat istiadat. Teks yang mengandung makna menyenangkan dan melayani suami sekaligus sifat kepatuhan dan ketundukan istri kepada suaminya adalah tugas dan kewajiban istri. Hal ini digambarkan pada tokoh Tono (suami) menghendaki Tini (istri) sebagai perempuan yang tahu hak dan kewajibannya dalam rumah tangga. Perempuan yang tetap menyayangi suaminya, mencintainya dengan tidak merasa sebagai budak. Namun, yang diinginkan tersebut tidak ada pada tokoh Tini dan yang diinginkan Kartono adalah perempuan seperti Yah. Jelas di sini ketidaksalingmengertilah yang menerbitkan belenggu itu muncul menjadi perkara utama yang mendorong tokoh-tokoh tersebut menemukan dirinya sebagai karakter yang problematis.
ANALISIS BERITA FEATURE MAHASISWA SEMESTER V PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA STKIP-PGRI LUBUKLINGGAU Lazuardi, Dian Ramadan
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 11 No 2 (2017): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2989.119 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tulisan berita feature mahasiswa semester V ProgramStudi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu PendidikanPersatuan Guru Republik Indonesia Lubuklinggau tahun 2016. Penelitian ini menggunakan metodedeskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pada aspekpemilihan judul dikategorikan cukup , organisasi lead, batang tubuh, dan penutupberita feature dikategorikan cukup,kelengkapan isi berita dikategorikan baik, ketepatan pemilihan kosakata dikategorikan cukup,penggunaan ejaan dan tanda baca dikategorikan baik, dan penggunaan kalimat efektif dikategorikancukup. Faktor yang mendominasi adalah pengalaman yang dimiliki mahasiswa masih sangat rendah,hal ini nantinya menjadi perhatian penulis sebagai dosen pengampu matakuliah untuk giat melatihketerampilan menulis berita feature menjadi lebih baik.Kata Kunci: 
STUDI KORELASI ANTARA MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR SISWAKELAS X DI SMA NEGERI SELANGIT KABUPATEN MUSIRAWAS Asmara, Yeni
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 11 No 2 (2017): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3666.618 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mencari hubungan positif atau negatif antara motivasi belajar dan hasil belajar sejarah pada siswa kelas X di SMA Negeri Selangit. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 47 responden yang diambil 20% secara acak dari populasi sebanyak 233 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan analisis data menggunakan korelasi product moment diperoleh besar korelasi antara kedua variabel yang di uji (rxy) adalah 0,261. Nilai tersebut menunjukan bahwa antara variabel motivasi belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran sejarah memiliki korelasi yang positif hal ini dapat dilihat dari dari hasil perhitungan t hitung = 2,239, sedangkan t tabel pada taraf signifikan 5% dan dk = 68 adalah 2,000 berarti t hitung > t tabel (2,239 > 2,000). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi r dengan hasil belajar sejarah pada siswa kelas X di SMA Negeri Selangit.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN RESILIANSI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN GENERATIF Sugandi, Asep Ikin
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 11 No 2 (2017): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3634.6 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah efektoivitas penerapan pendekatan generatif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan Resiliansi matematis siswa SMP. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMP sekota Cimahi , sedangkan sampelnya dipilih dua kelas dari salah satu SMP di kota Cimahi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Eksperimrn semu, karena adanya manipulasi perlakuan dan pemilihan sampel secara tidak acak. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes. Tes yang digunakan berbentuk soal uraian sebanyak 5 soal untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif, sedangkan non tes digunakan angket untuk mengukur aspek afektif, yaitu resiliensi matematis. Pengolahan data dilakukan menggunakan SPSS-16, adapun hasil pengolahan data didapat kesimpulan bahwa efek pembelajaran mengunakan pendektan Generatif lebih baik dari pada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif dan resiliansi matematis . Terdapat asosiasi antara kemampuan berfikir kreatif dan resiliensi matematika siswa.
PENGARUH MANAJEMEN KONFLIK DAN PERUBAHAN PERILAKU TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI SE-KOTA LUBUKLINGGAU Erwandi, Rudi
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 11 No 2 (2017): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.494 KB)

Abstract

The objective of this research is to study the effect of conflict management, and attitude change on teachers’ Job Performance. The research was conducted at Junior High School Lubuklinggau. This study used a survey method with path analysis for testing hypothesis. There were 84 teachers taken as the samples of the research by simple random sampling. Data analysis indicate that: (1) there is direct effect of conflict management on Job Performance; (2) there is direct effect of attitude change on job performance; (10) there is direct effect of conflict management on attitude change. Based on these findings teachers’ job performance can be enhanced through conflict management, and attitude change.

Page 1 of 1 | Total Record : 10