cover
Contact Name
Viktor Pandra
Contact Email
viktorpandra@ymail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lp4mk@stkippgri-lubuklinggau.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN
ISSN : 02169991     EISSN : 26545004     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Perspektif Pendidikan (JPP) memuat artikel hasil penelitian Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian dan pengembangan Pendidikan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Sekolah Dasar, dan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 11 No 1 (2017): Jurnal Perspektif Pendidikan" : 8 Documents clear
ENGLISH LEARNING STRATEGIES FORDIFFERENT PROFILE OF STUDENTS Setiawan, Budi
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 11 No 1 (2017): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teaching and learning english at the campus always face several problems, they raise from the students’ themselves, material, lecturer, teaching process, time, place, equipment and infrastucture. The problem which comes from students such as the differences of students’ intellegence; if the material is given too low, the students who have high intellegency will be bored and the diversity of students’ need in learning english. Teaching in the class room always find the differences like them, one and others need differents method in learning fast in mastering English, so lecturer should use combination strategy in teaching. The material should be chosen based on the students’ ability.It is because a lecturer is the manager who creates the students’ sucessfully in learning English.
THE STUDENTS’ ERROR IN WRITING ENGLISH AT SMK DIPONEGORO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA IN ACADEMIC YEARS 2015-2016 Triyogo, Agus
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 11 No 1 (2017): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The aim of this research was analysis the students’ error in writing English at SMK DIPONEGORO, Depok, Sleman Yogyakarta. This research done through qualitative research that focused in naturalistic study. The objective in this research was to know the students’ error in writing English. The result found: writing sentence using simple present, two students indicate error in Ignorance of Rule Restriction that categories of error Interlingua transfer. Writing sentence using simple past, categorized Interlingua transfer and four students’ categorized error Rule Restriction, while writing sentence used simple Future, there were two students categorized in Ignorance of Rule Restriction and two students categorized in selecting word. Finally, at the end of this research is the conclusion that describe the result of the study and then suggestion is offered to students especially Indonesian students and teacher special for English teacher.
PENGARUH METODE LATIHAN PLIOMETRIK DAN METODE LATIHAN SIRKUIT TERHADAP KEMAMPUAN LARI 100 METER ATLIT UNIT KEGIATAN OLAHRAGA ATLETIK UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG P., Popalri
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 11 No 1 (2017): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan lari 100 meter atlet UKO Atletik Universitas PGRI Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh Metode latihan pliometrik dan Metode latihan sirkuit terhadap kemampuan lari 100 meter atlIt UKO Atletik Universitas PGRI Palembang.  Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian adalah atlit UKO Atletik universitas PGRI Palembang yang berjumlah 26 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, dengan menetapkan semua anggota populasi sebagai sampel. Setelah dilakukan tes, sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok metode latihan pliometrik dan kelompok metode latihan sirkuit. Masing-masing kelompok terdiri dari 13 orang. Perlakuan dilaksanakan 16 kali pertemuan dengan frekuensi latihan 3 kali seminggu. Lamanya latihan setiap pertemuan ± 120 menit. Instrumen yang dipakai untuk mengukur kemampuan lari 100 meter adalah tes lari 100 meter. Untuk hipotesis 1 dan 2 adalah dengan analisis data dependen sampel t tes sedangkan tes hipotesis 3 independent sampel t tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode latihan pliometrik berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan lari 100 meter dimana t (15,78) > t (1,77). 2) Metode latihan sirkuit berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan lari 100 meter, dimana t tabel  (12,50) > t hitung (1,77). 3). Terdapat perbedaan pengaruh antara metode latihan pliometrik dan metode latihan sirkuit terhadap kemampuan lari 100 meter, dimana t hitung (6,24) > t tabel (1,77). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode latihan pliometrik lebih efektif aripada metode latihan sirkuit meningkatkan kemampuan lari 100 meter. 
KONSTRIBUSI DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN KELENTURAN TERHADAP HASIL LOMPAT JAUH MAHASISWA PENDIDIKAN OLAHRAGA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG Supriyadi, Muhammad
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 11 No 1 (2017): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti terhadap fenomena yang terjadi di lapangan, bahwa hasil lompat jauh mahasiswa masih rendah. Masalah inilah diduga disebabkan karena rendahnya daya ledak otot tungkai dan kelenturan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan daya ledak otot tungkai, kelenturan, dan hasil lompat jauh mahasiswa FIK UNP.  Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian ini mahasiswa fakultas ilmu keolahragaan, sedangkan sampel diambil secara purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 29 orang. Penelitian dilaksanakan di FIK UNP. Data daya ledak otot tungkai dengan menggunakan standing board jump, kelenturan dengan menggunakan tes Sit and Reach dan tes lompat jauh.  Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang berarti (signifikan) antara daya ledak otot tungkai dan kelenturan secara bersama-sama terhadap hasil lompat jauh. Artinya terdapat sumbangan (kontribusi) daya ledak otot tungkai dan kelenturan secara bersama-sama terhadap hasil lompat jauh sebesar 31.8 % dan disarankan kepada dosen dan mahasiswa agar meningkatkan kemampuan daya ledak otot tungkai dan kelenturan dengan memberikan latihan khusus.
PENERAPAN AJARAN MARHAENISME BUNG KARNO DALAM MEMBENTUK TATANAN SOSIAL MASYARAKAT INDONESIA YANG ADIL DAN MAKMUR Irwansyah, Yadri
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 11 No 1 (2017): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang kehidupan Bung Karno, dan ajaran marhaenismenya di Indonesia. Disamping itu juga untuk mengetahui penerapan ajaran marhaenismenya di berbagai dibidang kehidupan. Dalam membahas skripsi ini digunakan metode sejarah dengan tahapan yaitu, pemilihan judul, heuristik, kritik sumber, interpretasi, historiografi. Dalam penulisan skripsi ini dapat diambil kesimpulan bahwa Soekarno atau yang akrab di sapa Bung Karno, adalah putra kedua dari pasangan Raden Soekemi Sosrodiharjo dan Ni Njoman Rai Siremben dan mempunyai seorang kakak perempuan yang bernama Soekarmini. Di masa kecilnya Bung Karno pernah tinggal dengan kakeknya Raden Hardjokromo di Tulung Agung dan juga pernah di asuh oleh pembantunya yang bernama Sarinah. Bung Karno termasuk anak yang pandai diantara teman-temannya dan juga termasuk anak yang nakal karna selama tinggal dengan kakeknya ia sering pulang larut malam karna sering menonton pertujukan wayang. Bung Karno adalah Presiden pertama Republik Indonesia, dalam perjuangannya untuk mencapai Indonesia merdeka Bung Karno merumuskan sebuah ajaran yang dikenal dengan marhaenisme, yang menginginkan terciptanya suatu tatanan masyarakat yang dapat menyelamatkan kaum marhaen yaitu masyarakat adil dan makmur. Artinya mengingankan hilangnya sistem kapitalisme, imperialisme borjuisme dan feodalisme yang menyebabkan terjadinya kepincangan di masyarakat. Niscaya apabila ajaran ini diinsitusikan dalam sistem negara akan berdampak besar terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara, Meskipun sampai sekarang ajaran tersebut belum sepenuhnya di institusikan secara resmi di sistem negara Indonesia, tapi nilai-nilai yang terkandung di ajaran tersebut sangat berpengaruh dalam proses revolusi kemerdekaan Indonesia yang sampai sekarang masih berpengaruh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA PADA MATERI KALOR DI KELAS X.9 SMA NEGERI 2 LUBUKLINGGAU TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Charli, Leo
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 11 No 1 (2017): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal dan salah satu cara untuk mengatasinya dengan menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan, faktor penyebab, dan memberikan solusi mengatasi terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan soal fisika materi kalor. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan wawancara. Subjek penelitian kelas X.9 SMAN 2 Lubuklinggau.Dari hasil analisis data tes ditemukan persentase kesalahan konsep sebesar 91%, kesalahan strategi sebesar 50%, dan kesalahan hitung sebesar 77%. Berdasarkan hasil wawancara dan angket, faktor penyebab siswa melakukan kesalahan konsep adalah siswa tidak memahami materi, siswa jarang mengulang materi yang sudah dipelajari dirumah, siswa tidak berani bertanya kepada guru jika ada hal yang belum dimengerti, siswa malas latihan soal, dan referensi belajar kurang lengkap. Penyebab kesalahan strategi adalah siswa tidak teliti membaca soal, siswa jarang latihan soal yang bervariasi, dan siswa tidak memperhatikan ketika guru menjelaskan. Penyebab kesalahan hitung adalah siswa tidak teliti dalam menghitung, siswa tidak memeriksa kembali jawaban, siswa kesulitan melakukan operasi hitung, dan guru jarang memberikan contoh soal yang bervariasi.
FINE MOTOR SKILLS THROUGH THE IMPROVEMENT OF DECORATION (Action Research Group of RA B4. Al-Huda Bengkulu City Year 2015/2016) Hajani, Tri Juli
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 11 No 1 (2017): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1351.687 KB)

Abstract

This action research aims to describe the process of learning outcomes through the activities of the decor in an effort to improve fine motor skills of children. The research model used is Kemmis and Taggart to the subject of research as 12 childrens. The collected data used in this action research is interview, observation and documentation, while the data analysis technique used is the analysis of qualitative and quantitative data. Results of action research shows that the increase in the fine motor skills of children in group B4 RA. Al-Huda is conducted through dekorasi.TCP fine motor skills of children in pre-cycle activities amounted to 37.08;on the activities of the first cycle of 61.17; and on the activities of the second cycle of 80.08.
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN FISIKA SMA ASPEK PSIKOMOTOR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PBL Amin, Ahmad
JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN Vol 11 No 1 (2017): Jurnal Perspektif Pendidikan
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (719.737 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kelayakan instrumen pembelajaran fisika aspek psikomotor siswa dengan menggunakan model PBL. 2) mengetahui tingkat kemampuan psikomotor siswa pada pembelajaran fisika menggunakan model PBL. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseach and Development) dengan menggunakan model 4-D menurut Thiagarajan Tahap Define, Design, Develop dan Disseminate. Validitas Intrumen di ukur menggunakan analisis CVR (Content Validity Ratio) kemudian reliabilitas menggunakan ICC (Interclass Correlation Coefficient). Hasil penilaian aspek psikomotor dikelompokkan dalam deskriptif  kategori interval. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) instrumen layak digunakan dilihat dari hasil validitasnya memperonel nilai CVR 1,00 dengan kategori sangat baik dan hasil uji reliabilitasnya denganmenggunakan ICC mendapatkan nilai 0,99 sangat reliabel, 2) hasil penilaian tingkat kemampuan psikomotor siswa  menunjukkan 18,94% siswa sangat tinggi, 54,16 kategori tinggi, 23,73 % sedang dan  3,07% sangat rendah.

Page 1 of 1 | Total Record : 8