cover
Contact Name
Sri Dinanta Br Ginting
Contact Email
sridinantaginting@unprimdn.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalbip@unprimdn.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Bahasa Indonesia Prima (BIP)
ISSN : 26846780     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP) merupakan kumpulan jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Prima Indonesia. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP) berisikan jurnal pendidikan, bahasa, sastra dan ilmu sosial.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
BENTUK REDUPLIKASI BAHASA INDONESIA PADA ANAK PENDERITA AUTISTIK DI YAYASAN HIJJAH RACHMAH NASUTION Astri, Nanda Dwi
Bahasa Indonesia Prima (BIP) Vol 1 No 2 (2019): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : unprimdn.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.662 KB) | DOI: 10.34012/bip.v1i2.594

Abstract

Perkembangan bahasa pada anak bergantung pada maturasi otak, lingkungan, perkembangan motorik dan kognitif, integritas struktural, dan fungsional dari organism (Sidiarto, 1991:134). Apabila terdapat gangguan pada proses perkembangan anak, maka akan berimplikasi pula terhadap pembelajaran bahasa pada anak. Autism juga merupakan gangguan perkembangan organik yang mempengaruhi kemampuan anak-anak dalam berinteraksi dan menjalani kehidupannya (hanafi dalam hadis, 2006:2002). Gangguan perkembangan ini sangat kompleks menyangkut komunikasi, interaksi sosial, dan aktivitas imajinasi anak, serta emosional anak. Teknik catat digunakan untuk mencatat kata-kata yang telah diucapkan oleh para informan mengenai data-data yang berkaitan dengan judul penelitian. Penelitian ini dilakukan di Yayasan Hijjah Rachmah Nasution, Perguruan Al-Azhar, yang bertempat di Jln. Pintu Air IV No.214 Medan. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 29 November sampai dengan tanggal 2 Desember 2011. Jumlah anak autistik yang dijadikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 4 orang, yaitu: (1) Muhammad Hisbullah Lubis, berusia 7 tahun; (2) Dimas Ramadhana, berusia 8 tahun; (3) Muhammad Adil Ramadhan, berusia 7 tahun; dan (4) Farel Fadillah, berusia 12 tahun. Data dari hasil penelitian digunakan dalam bentuk persentase, maka akan di peroleh, bahwa (1) Muhammad Hisbullah menggunakan reduplikasi/pengulangan dalam tuturannya sebesar 33,33%; (2) Dimas Ramadhana menggunakan reduplikasi/pengulangan dalam tuturannya sebesar 22,22%; (3) Farel Fadillah menggunakan reduplikasi/pengulangan dalam tuturannya sebesar 33,33%; dan (4) M.Adil Ramadhan menggunakan reduplikasi dalam tuturannya sebesar 11,11%.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVEINTEGRATEDREADING AND COMPOSITION (CIRC) OLEHSISWA KELAS VIII-BMTS FASTABIQUL KHAIROT TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018 syahfitri, dian syah
Bahasa Indonesia Prima (BIP) Vol 1 No 1 (2019): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : unprimdn.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (564.224 KB) | DOI: 10.34012/bip.v1i1.467

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama. Selain itu, siswa juga kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama. tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas proses dan kualitas hasil peningkatan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama oleh siswa kelas VIII-B MTs Fastabiqul Khairot Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-B MTs Fastabiqul Khairot Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 20 siswa. Dalam penelitian ini, seluruh siswa diberikan tugas kelompok untuk mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama sesuai dengan materi yang telah disampaikan. Berdasarkan hasil analisis data, maka penulis dapat simpulkan sebagai berikut: (1) dengan menggunakan model pembelajaran CIRC proses pembelajaran menjadi efektif, proses belajar siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya; (2) siswa aktif dalam proses pembelajaran; (3) siswa mampu bersosialisasi terhadap lingkungan sekitar dengan baik; (4) dari hasil penelitian yang dilakukan penulis di MTs Fastabiqul Khairot Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari setiap siklus. Siklus I siswa mendapat nilai rata-rata sebesar 65,75, kemudian di siklus ke-II siswa mendapat nilai rata-rata sebesar 80,4.
KEKHASAN DIKSI ANTOLOGI CERPEN SAMPAN ZULAIHA KARYA HASAN AL-BANNA (TINJAUAN STILISTIKA) ginting, sri dinanta
Bahasa Indonesia Prima (BIP) Vol 1 No 1 (2019): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : unprimdn.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (504.485 KB) | DOI: 10.34012/bip.v1i1.466

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kekhasan diksi atau pemilihan kata dalam antologi cerpen Sampan Zulaiha karya Hasan Al-Banna dengan pembelajaran Sastra Indonesia di Perguruan Tinggi. Sumber data penelitian ini adalah antologi cerpen Sampan Zulaiha karya Hasan Al-Banna, catatan lapangan, dan hasil wawancara. Teknik cuplikan penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik interaktif. Simpulan penelitian ini, pertama, diksi antologi cerpen Sampan Zulaiha karya Hasan Al-Banna adalah kata konotatif, kata konkret, kata serapan, kata nama diri dan sebuatan khas, serta kata yang berasal dari bahasa daerah. Jumlah diksi adalah 344 data. Bahasa pengarang dari segi diksi adalah impresif, ekspresif, estetis, dan kedaerahan.  
METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) DENGAN MEDIA EDUCATION CARD PADA KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN wirahyuni, kadek wirah
Bahasa Indonesia Prima (BIP) Vol 1 No 1 (2019): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : unprimdn.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.963 KB) | DOI: 10.34012/bip.v1i1.469

Abstract

Keberhasilan pembelajaran di kelas salah satunya ditentukan oleh metode pembelajaran yang dipilih oleh guru. Bagi siswa sekolah dasar kelas rendah (kelas 1-3), kemampuan membaca  permulaan merupakan kemampuan mendasar yang harus dimiliki oleh siswa. Banyak metode pembelajaran membaca permulaan yang dapat diterapkan pada siswa sekolah dasar kelas rendah, salah satunya yaitu dengan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS). SAS merupakan salah satu jenis metode yang biasa digunakan untuk proses pembelajaran membaca dan menulis permulaan bagi siswa pemula. Pelaksanaan membaca permulaan di kelas rendah (awal) sekolah dasar dilakukan dalam dua tahap, salah satunya yaitu membaca periode tanpa buku dengan cara mengajar dengan menggunakan media atau alat peraga selain buku misalnya kartu gambar, kartu huruf, kartu kata dan kartu kalimat (Nuryati, 2007). Salah satu pembelajaran membaca permulaan tanpa buku yakni dengan media education card atau kartu bergambar. Education card ini merupakan media peraga pada pembelajaran baca tulis huruf alphabet yang berbentuk kartu bergambar yang berfungsi untuk menyampaikan informasi kepada siswa yang berupa huruf vocal dan konsonan serta menstimulasi siswa, memperkuat daya ingat dan kemampuan berfikir siswa (Wardhani, 2012). Selanjutnya, media education card ini diterapkan dalam metode SAS yang bertujuan melatih kemapuan otak kanan untuk mengingat gambar dan kata-kata, sehingga perbendaharaan kata dan kemapuan membaca anak dapat dilatih dan ditingkatkan. Tahapan metode SAS dengan media education card, yaitu: 1) menampilkan gambar, 2) menunjukkan sebuah gambar, 3) mengulangi, 4) membaca tanpa di bantu gambar, 5) mendengar dan melihat adanya kelompok-kelompok gambar 6) merangkaikan kembali suku kata dan kata menjadi kalimat seperti semula. Langkah-langkah dalam metode SAS dengan media education card pada kemampuan membaca permulaan, yaitu: memperkenalkan, mengulang, membedakan, menirukan, menyebutkan, membaca kalimat secara struktural, proses analitik, dan proses sintetik.
REALISASI IDEOLOGI PADA NOVEL-NOVEL KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY ANALISIS WACANA KRITIS ningsih, wahyu -
Bahasa Indonesia Prima (BIP) Vol 1 No 1 (2019): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : unprimdn.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.512 KB)

Abstract

Ideologi pada sebuah novel merupakan konsep sentral dalam Analisis Wacana Kritis. Habiburahman El Shirazy merupakan salah satu pengarang novel yang memiliki pandangan tentang keberadaan sekitarnya melalui sebuah ideologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana realisasi ideologi yang mendasari novel-novel karya Habiburahman El Shirazy. Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut, maka penelitian ini menggunakan teori Analisis Wacana Kritis van Dijk. Jenis penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian analisis isi. Data pada penelitian ini adalah kalimat dan paragraf. Berdasarkan hasil penelitian diketahui ideologi yang mendasari tiga novel-novel karya HES, yaitu novel Ayat-Ayat Cinta 2, Bidadari Bermata Bening, dan Cinta Suci Zahrana karya Habiburahman El Shirazy adalah ideologi Islam dan ideologi konservatif yang direalisasikanmelalui kalimat dan paragraf. Secara menyeluruh tiga novel-novel karya HES, yaitu novel Ayat-Ayat Cinta 2, Bidadari Bermata Bening, dan Cinta Suci Zahrana adalah novel yang mengingatkan pembaca setidaknya mampu merubah pola pikir dengan membaca dan memahami Al-Qur’an dengan baik.
DIKSI PADA TAHAPAN UPACARA FALÖWA NIAS SELATAN: ANALISIS WACANA KRITIS Mariana, Dina Mari
Bahasa Indonesia Prima (BIP) Vol 1 No 1 (2019): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : unprimdn.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.566 KB)

Abstract

Sebagai salah satu suku yang kaya akan tradisi, masyarakat Nias Selatan mempercayai bahwa upacara Falöwa merupakan upacara adat yang paling penting karena dianggap sebagai “Mangai Tanömö Niha” atau upacara untuk mempertahankan keturunan, sehingga perlu diberikan diksi-diksi untuk memperkokoh rumah tangga pengantin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis diksi pada tahapan upacara Falöwa Nias Selatan. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan perspektif Analisis Wacana Kritis. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kata yang terdapat pada teks upacara Falöwa Nias Selatan yang bersumber dari informan kunci Kemudian data yang telah diperoleh di analisis dengan menggunakan teknik interaktif yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pada penelitian ini, terdapat 101 diksi yang diperoleh dari tahapan, penyambutan dihalaman (fanema’ö golayama), (2) doa bersama (fangandö niendongagö), (3) kata sambutan (huhuo sadogo-dogo), (4) Penyerahan sirih (famele’e afo), (5) penyerahan jujuran (fanika era-era mbowo) dan pemberian nasehat (famotu). Diksi tersebut dipilih dan  disesuaikan dengan tamu-tamu yang hadir. Melalui sebuah diksi, terdapat kekuatan dan kekuasaan, yang nantinya diharapkan sebagai cerminan kedua pengantin dan masyarakat Nias Selatan.
IDEOLOGI PADA NOVEL BIDADARI BERMATA BENINGKARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY: ANALISIS WACANA KRITIS Ningsih, Wahyu
Bahasa Indonesia Prima (BIP) Vol 1 No 2 (2019): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : unprimdn.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/bip.v1i2.593

Abstract

Habiburrahman El Shirazy merupakan salah satu tokoh yang banyak menulis novel  dengan penokohan yang  memiliki hal-hal positif serta mengajarkan tentang kebaikan.  Salah satunya terdapat pada novel yang berjudul Bidadari Bermata Bening. Tokoh-tokoh yang berperandalam novel karya HES yang terdiri atas tokoh laki-laki dan perempuan selalu ditampilkan dengan berbagai permasalahan, peran, fungsi, serta citranya mengarahkan pembaca pada pengimajinasian yang dibuat oleh pengarang. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Ideologi Pada Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy: Analisis Wacana Kritis. Jenis penelitian ini adalah penelitian analisis isi, dengan paradigm kritis model Van Dijk (1993). Data pada penelitian ini adalah kata, frasa, kalimat, dan paragraf yang mengandung ideologi pada Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy berdasarkan konsep ideologi model van Djik (1993). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik mencatat dokumen. Teknik mencatat dokumen. Novel Bidadari bermata bening karya Habiburrahman El Shirazy mempunyai ideologi islam atau ajaran-ajaran agama yang mampu menggugah hati para pembaca. Penuh dengan pesan moral sehingga pantas dibaca olehsiapa saja.
Eksperimentasi Penerapan Analisis SWOT dalam Merumuskan Strategi "Pemasaran" Professional Pendidik melalui Motivasi Kerja Pardede, Oktaviandi Bertua
Bahasa Indonesia Prima (BIP) Vol 1 No 2 (2019): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : unprimdn.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.41 KB) | DOI: 10.34012/bip.v1i2.592

Abstract

Penerapan analisis SWOT yang dieksperimentasikan ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pendidik sebagai tenaga ahli yang professional. Melalui analisis yang dilakukan terhadap alumni kampus maka informasi tentang peluang bekerja bagi mahasiswa calon pendidik (guru) akan terlihat secara nyata. Analisis ini juga akan memberikan sebuah strategi dalam mengoptimalkan sumber daya mahasiswa calon pendidik. Sehingga melalui pembelajaran berbasis proyek akan muncul motivasi kerja mahasiswa yang diukur dalam ekperimentasi ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan pengujian hipotesis (uji komparatif). Sehingga melalui software SPSS akan diketahui interpretasi variabel yang dianalisis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat 60 % alumni yang bekerja sebagai guru atau pendidik sedangkan 40% lainnya bekerja sebagai pekerja perusahaan dan wiraswasta lainnya. Berdasarkan hasil angket motivasi kerja yang diisi para alumni terdapat 29,75% sangat setuju; 47,50% setuju; 5,75% ragu-ragu (tidak tahu); 15,75% tidak setuju dan 1,25% sangat tidak setuju. Hasil ini memberikan kontribusi dalam perumusan strageti “pemasaran” profesi pendidik. Sehingga melalui analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities and Threats) diperoleh beberapa rekomendasi untuk nantinya disubstitusikan dalam perkuliahan. Kemudian hasil analisis data terkait motivasi kerja mahasiswa sebelum dan sesudah perlakuan memberikan perbedaan yang signifikan. Melalui perangkat SPSS version 20 diperoleh bahwa data tidak berdistribusi normal secara keseluruhan. Oleh karena itu dilakukan analisis nonparametric dengan uji-z (uji-wilcoxon), dan hasilnya dari 8 populasi hanya kelas bahasa Indonesia C yang tidak mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan sedangkan yang lainnya meningkat secara signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang diperoleh mahasiswa lebih baik setelah peneliti memberikan motivasi kerja.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE PADA SISWA KELAS X SMA HARVARD MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018 Simanungkalit, Amelia
Bahasa Indonesia Prima (BIP) Vol 1 No 2 (2019): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : unprimdn.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.028 KB) | DOI: 10.34012/bip.v1i2.595

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis paragraf narasi siswa dengan model pembelajaran complete sentence. Pelaksanaan penelitian ini berdasarkan permasalahan yang ada pada pembelajaran menulis dalam paragraf narasi pada siswa yang masih tergolong rendah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode penelitian tindakan kelas yang mendeskripikan kemampuan menulis paragraf narasi siswa dengan model pembalajaran complete sentence dalam bentuk pelaksanaannya dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Harvard Medan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menulis paragraf narasi siswa meningkat setelah menerapkan model pembelajaran complete sentence. Hasil penilaian tes siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 71,82 dan meningkat menjadi 82,27 pada tes siklus II. Dilihat dari persentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus I adalah 72,72 % meningkat pada siklus II menjadi 100%. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran complete sentence dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf narasi siswa kelas X SMA Harvard Medan.
ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA PESAN PADA IKLAN DJARUM 76 VERSI “CALEG CERDAS-OTAK KOSONG” Silitonga, Immanuel D. B.
Bahasa Indonesia Prima (BIP) Vol 1 No 2 (2019): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : unprimdn.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.358 KB) | DOI: 10.34012/bip.v1i2.596

Abstract

Iklan rokok adalah iklan yang dibatasi dengan dilarang memperlihatkan wujud rokok. Hal tersebut yang membuat iklan rokok berbeda dan para biro iklan rokok harus berpikir lebih kreatif untuk bisa tetap membuat iklan untuk produk rokok. Iklan Djarum 76 adalah iklan yang memiliki konsep berbeda dengan iklan rokok lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis makna pesan dalam iklan Djarum 76 Versi Caleg Cerdas dengan menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes. Makna pesan tersebut diperoleh dari tanda-tanda audiovisual yang memiliki makna, yaitu kata (bahasa), isyarat tubuh, teks, konteks dan efek suara. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu studi dokumen, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini menemukan bahwa tampilan visual dari Iklan Djarum 76 Versi “Caleg Cerdas – Otak Kosong”terdiri dari tanda-tanda audiovisual yang memberikan makna keseluruhan secara utuh ketika semua unsur digabungkan. Hal tersebut tidka terlepas dari analisis makna denotasi, makna konotasi dan makna mitos. Sebelumnya melakukan analisis makna terlebih dahulu mengetahu dan membagi scene berdasarkan video, dimana video ini berdurasi 30 detik dan terbagi atas 7 scene dalam 1 seguence, yang dibagi menjadi 12 gambar.

Page 1 of 2 | Total Record : 15