Kappa Journal
Published by Universitas Hamzanwadi
ISSN : -     EISSN : 25492950
Kappa Journal (e-ISSN 2549-2950) mempublikasikan artikel hasil-hasil penelitian fisika, inovasi pembelajaran fisika, dan pemikiran-pemikiran kritis tentang fisika maupun pendidikan fisika. Kappa Journal diterbitkan oleh Universitas Hamzanwadi dua kali setahun yakni setiap bulan Juni dan Desember.
Articles 32 Documents
Peningkatan Metakognitif Mahasiswa Fisika Pada Mata Kuliah Fisika Kuantum Hidayatulloh, Alpiana; Hr, Baiq Malikah; Hardani, Hardani
Kappa Journal Vol 2, No 1 (2018): KAPPA JOURNAL
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.063 KB) | DOI: 10.29408/kpj.v2i1.757

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Universitas Hamzanwadi pada fakultas keguruan dan ilmu pendidikan program studi pendidikan fisika. Penelitian ini bertujuan untuk melihat lebih banyak metakognitif dari siswa pada kuantum, untuk melihat tidak ada tindakan yang dilakukan untuk melihat dan melihat berapa banyak siswa yang menggunakan data tersebut sebagai siswa angket metakognitif. Analisis data yang digunakan untuk angket dan angket hanya menggunakan nilai rata-rata dari hasil evaluasi dan biaya angket siswa secara keseluruhan. Dari hasil tes dapat disimpulkan bahwa metakognitif dari hasil evaluasi 75%.
Pengaruh Metode Group Investigation, Students Team Achievement Divisions dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Keruak TP. 2016/2017 Hizbi, Tsamarul
Kappa Journal Vol 1, No 2 (2017): KAPPA JOURNAL
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.975 KB) | DOI: 10.29408/kpj.v1i2.527

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Keruak semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode GI dan STAD, 2) Pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, 3) Untuk motivasi belajar tinggi; Hasil belajar siswa lebih tinggi dibelajarkan dengan metode GI dibandingkan STAD, 4) Untuk motivasi belajar rendah: Hasil belajar siswa lebih rendah dibelajarkan menggunakan metode GI dibandingkan STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain treatment by level 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X-MIPA yang berjumlah tiga kelas. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan didapat sampel yaitu kelas X-MIPA2 dan X-MIPA1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan angket. Test digunakan untuk memperoleh data hasil belajar dan angket digunakan untuk memperoleh data motivasi belajar siswa. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan Lieliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartleth. Sedangkan untuk menguji hipotesis penelitian peneliti menggunakan uji variansi (ANAVA) kemudian dilanjutkan dengan uji lanjut ANAVA menggunakan runus uji-t. Hasil uji didapatkan; 1) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode GI dan STAD, 2) Ada pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, 3) Untuk motivasi belajar tinggi; Hasil belajar siswa lebih tinggi dibelajarkan dengan metode GI dibandingkan STAD, 4) Untuk motivasi belajar rendah: Hasil belajar siswa tidak lebih rendah dibelajarkan menggunakan metode GI dibandingkan STAD 
Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Kontekstual Pada Materi Dinamika Rotasi Dan Kesetimbangan Benda Tegar -, Sapiruddin; Juandi, Tarpin; Juaini, Muh.
Kappa Journal Vol 3, No 1 (2019): KAPPA JOURNAL
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.445 KB) | DOI: 10.29408/kpj.v3i1.1532

Abstract

This research aims to develop and determine the quality of physics learning modules based on contextual on the material of rigid dynamics of rotation and equilibrium for class XI students. The research method used is the Research and Development (R & D) method which includes; analysis of potential and problems, data collection, product design, design validation, design revisions, product trials, product revisions, and usage tests. The data in this research were analyzed qualitatively deskriptive. The subject of this research included three lecturers and two physics teachers as experts, as well as students of class XI IPA MA NW Kotaraja. The research instrument used was the validation sheet and student response sheet. Design validation resulted in a score of 3.29, a product trial yielded a score of 3.17, and a trial of use resulted in a score of 3.23. All the results of this research indicate that the module is very feasible to develop.
Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPA - Fisika Siswa Hizbi, Tsamarul; Wajdi, Badrul
Kappa Journal Vol 1, No 1 (2017): Kappa Journal
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (799.729 KB) | DOI: 10.29408/kpj.v1i1.405

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode concept map dan mind map, 2) Pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar, 3) Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi dibelajarkan dengan meiode concept map dibandingkan dengan metode mind map, 4) Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah lebih rendah dibelajarkan dengan meiode concept map dibandingkan dengan metode mind map. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan treatment by level design. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji variansi dua jalur. Hasil uji menunjukkan bahwa; 1) Tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode concept map dan mind map, 2) Ada pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar, 3) Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi dibelajarkan dengan meiode concept map dibandingkan dengan metode mind map, 4) Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah tidak lebih rendah dibelajarkan dengan meiode concept map dibandingkan  dengan metode mind map.
Pengaruh Pendekatan Kontekstual Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Muallimin NW Pancor Tahun Pelajaran 2017/2018 Hizbi, Tsamarul; ., fartina
Kappa Journal Vol 2, No 2 (2018): KAPPA JOURNAL
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.773 KB) | DOI: 10.29408/kpj.v2i2.1209

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MTs Muallimin NW Pancor semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual dengan model Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Muallimin NW Pancor tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII yang berjumlah 5 kelas. Sampel ditentukan dengan teknik cluster randong sampling, dan didapat kelas VIII-D sebagi kelas eksperimen dan VIII-E sebagi kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Teknik tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan Chi-kuadrat dan uji homogenitas menggunakan uji-F. Sedangkan untuk menguji hipotesis penelitian peneliti menggunakan uji-t dua jalan. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh pendekatan kontektual dengan model Problem Based Learning dan Discocvery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Muallimin NW Pancor tahun pelajaran 2017/2018
Analisis Persepsi Dan Kesulitan Belajar Mahasiswa Tadris Fisika Iain Palangka Raya Pada Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Matriks Laboratory (Matlab) Nasir, Muhammad
Kappa Journal Vol 1, No 2 (2017): KAPPA JOURNAL
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (729.119 KB) | DOI: 10.29408/kpj.v1i2.560

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis persepsi mahasiswa Tadris Fisika FTIK IAIN Palangka Raya terhadap model pembelajaran berbasis proyek menggunakan MATLAB, dan  2) Menganalisis kesulitan belajar mahasiswa Program Studi Tadris Fisika IAIN Palangka Raya pada penerapan model pembelajaran berbasis proyek menggunakan MATLAB, 2).  Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Data dianalisis  menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman yang teridri dari empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan). Desain penelitian menggunakan one group case study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Persepsi mahasiswa Tadris Fisika IAIN Palangka Raya secara keseluruhan adalah sangat positif terhadap model pembelajaran berbasis proyek menggunakan MATLAB. 2) Mahasiswa Program Studi Tadris Fisika IAIN Palangka Raya mengalami beberapa kesulitan belajar pada penerapan model pembelajaran menggunakan MATLAB yaitu a) Kurang mengetahui simbol-simbol dan fungsi pada MATLAB; b) Sering terjadi kesalahan dalam menulis skrip sehingga menjadi eror saat dipanggil di command window; c) Sulit untuk membuat interpretasi dengan persamaan gelombang optik. Kesulitan tersebut disebabkan karena mahasiswa tidak terbiasa dengan bahasa komputasi yang lebih tinggi seperti yang ada pada bahasa pemrograman MATLAB.Kata Kunci: Analisis Kesulitan Belajar,  Matriks Laboratory (MATLAB), Model Pembelajaran Berbasis Proyek
Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Terhadap Prestasi Belajar Juandi, Tarpin; ., Anhar
Kappa Journal Vol 1, No 1 (2017): Kappa Journal
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (749.032 KB) | DOI: 10.29408/kpj.v1i1.412

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap prestasi belajar siswa, 2) Pengaruh kreativitas siswa kategori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa, 3) Interaksi antara penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dengan tingkat kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian semua siswa kelas X SMAN 1 Masbagik tahun pembelajaran 2014/2015. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen penelitian berupa angket dan tes. Tes diberikan untuk mengumpulkan data prestasi belajar dan angket diberikan untuk mengumpulkan data kreativitas siswa. Teknik analisis data digunakan ANAVA dua jalan isi sel tak sama dengan desain 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap prestasi belajar siswa 2) Ada pengaruh kreativitas siswa kategori tinggi dengan kreativitas siswa kategori rendah terhadap prestasi belajar siswa dan 3) Tidak terdapat intraksi antara model pembelajaran Project Based Learning dengan tingkat kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa. Hasil uji Scheffe menunjukkan bahwa 1) prestasi belajar siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dan 2) hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas tinggi memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki kreativitas rendah..
Pengaruh Model PBL Dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Berpikir Kritis Siswa Syahidi, Khaerus; Hizbi, Tsamarul; Alfizair, Laela
Kappa Journal Vol 3, No 1 (2019): KAPPA JOURNAL
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (919.467 KB) | DOI: 10.29408/kpj.v3i1.1527

Abstract

This research purposed to knowing: 1) the influence of probleb based learning anda guided inquiry models toward student learning achievement, 2) the influence of high and low critical thinking toward student learning achievement, 3) the intraction between problem based learning and guided inquiry  models with critical thinking on student learning achievement. The population in this study were all students of class XI IPA MA Mualimat NW Pancor academic year 2018/2019. The study sample was determined by cluster random sampling technique with class XI IPA 2 as an experimental class while class X IPA 3 as a control class. The design of this study uses factorial 2x2. Data collection techniques using questionnaires and tests. Data is analyzed using two-way anava. The results showed, 1) there was an influence of learning model of problem based learning and guided inquiry on physics learning achievement because of FAcount> Ftable, ie. 75,778> 3,99, which means H0A was rejected, 2) there was the influence of high critical thinking and critical thinking low on student physics learning achievements because FB count> Ftable is 22.421> 3.99, 3) there is no interaction between problem based learning and guided inquiry with students' critical thinking on student physics learning achievement because FAB count <Ftable is -68.992 <3.99.
Implementasi Permainan Dalam Pembelajaran Oleh Calon Guru Guna Menghilangkan Kesan Kaku Dari Fisika Al Arifin, Dedy Hidayatullah
Kappa Journal Vol 2, No 1 (2018): KAPPA JOURNAL
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (733.469 KB) | DOI: 10.29408/kpj.v2i1.760

Abstract

Many theories of learning are appear from education experts. Not just environmental education in formal schools that make students understand the science. Instill a sense of love, happy, interested, and need to students is one of the effective tips for the success of learners. Teachers should be able to change the atmosphere of a stiff  or lesson class becomes more enjoyable. By offering a lighter atmosphere and pleasant feel would give a positive effect on learners. The aim of this study is to change the view that physics was stiff and boring into physics fun through games in learning physics. The benefits of this research is to give response to prospective physics teachers to be able to give a pleasant impression on the subjects of physics. Result of this research is the implementation of the learning game physics can drop the impression of stiffness of physics teacher. It is shown by the percentage of students who apply games in physics have motivation  79.5% better than the control group that had motivated 68.375%. In addition, 76.5% of students responded positively to teach prospective physics teachers in implementing the learning game physics, while the group that did not apply in the learning game physics only 68.625%.
Implementasi Pembelajaran Kooperatif Berbasis Lesson Study Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Study Pendidikan Fisika Semester VI tina, far
Kappa Journal Vol 1, No 2 (2017): KAPPA JOURNAL
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (591.455 KB) | DOI: 10.29408/kpj.v1i2.528

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis  mahasiswa melalui Lesson study pada mata kuliah matrik dan ruang vektor program studi pendidikan fisika semester VI dengan jumlah mahasiswa 40 orang. Kegiatan LS pendidikan fisika dilaksanakan selama 4 kali open class (siklus). Masing-masing open class terdiri atas 3 tahapan yakni tahap plan (perencanaan), tahap Do (pelaksanaan), dan tahap see (refleksi). Instrumen pengukuran berpikir kritis berupa rubrik penilaian berpikir kritis yang terdiri atas indikator: merumuskan masalah, memberikan argumen, melakukan deduksi (umum-khusus), melakukan induksi,melakukan evaluasi, dan memutuskan dan mengevaluasi. Hasil analisis instrumen kemampuan berpikir kritis mahasiswa menunjukkan aktivitas pembelajaran mengalami  peningkatan. Hasil penelitian adalah pembelajaran kooperatif berbasis Lesson Study dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada matakuliah matrik dan ruang vektor.

Page 1 of 4 | Total Record : 32