Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)
ISSN : 18298680     EISSN : 25990039
Performa Journal publishes articles and brief communication with management theme (marketing, human resources, financial, operations, startegy), Islamic ecomy general economy, islamic and general approches development study, business in islamic and general basis.
Articles 80 Documents
PERKEMBANGAN GADAI EMAS SYARIAH DI PEGADAIAN SYARIAH

Tresnati, Ratih, Hardiyanto, Nugroho, Sevriana, Lufthia

Jurnal Manajemen Bisnis Performa Volume XII No.2 Tahun 2015
Publisher : Jurnal Manajemen Bisnis Performa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.205 KB) | DOI: 10.29313/performa.v0i0.3054

Abstract

Perkembangan Industri gadai emas syariah sempat mengalami perkembangan yang pesat antara tahun 2010 ke tahun 2011 namun setelah tahun 2012 perkembangan itu menjadi menurun setelah turunya peraturan Gadai Bank Indonesia No. 14/7/DpBs tertanggal 29 Februari 2012 yang membatasi pembiayan gadai sebesar Rp. 250 Juta. Pertumbuhan konsumen gadai emas juga mengalami penurunan sebesar 60%. Faktor utama penyebab penurunan tersebut adalah karena adanya peraturan Bank Indonesia tentang pembatasan maksimal nilai rahn, harga emas yang tidak stabil, dan Persaingan yang ketat antara sesama industri gadai syariah. Strategi marketing mix terbukti dapat meningkatkan omset usaha pegadaian syariah. Implementasi Strategi Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi ternyata mampu mempengaruhi perkembangan jumlah nasabah.

MEMPERKUAT DAYA SAING BISNIS DAN EKONOMI DALAM MENGHADAPI ASEAN ECONOMIC COMMUNITY 2015

Sevriana, Lufthia

Jurnal Manajemen Bisnis Performa Volume XII No.1 Tahun 2015
Publisher : Jurnal Manajemen Bisnis Performa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.575 KB) | DOI: 10.29313/performa.v0i1.3042

Abstract

MEA (masyarakat ekonomi asean) memiliki lima pilar utama, yakni Mobilitas barang, jasa, investasi, tenaga kerja terampil, dan modal. Indonesia sebagai pemilik jumlah penduduk tertinggi di ASEAN sebaiknya mempersiapkan diri untuk menghadapi MEA dengan menganalisis peluang MEA dari segi lima pilar tersebut dan mengevaluasi kondisi terkini di dalam negeri agar dapat diketahui aspek mana saja yang perlu diperbaiki dan aspek mana saja yang potensial untuk lebih dikembangkan. Peningkatan volume ekspor dapat menjadi salah satu solusi untuk memperkuat pilar mobilisasi barang Indonesia. Perbaikan kualitas pendidikan adalah salah satu upaya jangka panjang untuk menghasilkan sumber daya terampil yang lebih berkualitas. Hambatan dalam peningkatan kualitas jasa dapat dikurangi dengan mempermudah sarana dalam bisnis yang bergerak di bidang jasa seperti memperbaiki infrastruktur di dalam negeri. Pemerintah juga dapat memperbaiki pilar investasi dengan cara merevisi kemudahan pihak asing dalam menjalankan usaha di Indonesia, seperti yang sudah lama dijalankan oleh Singapura. Sementara untuk pilar mobilisasi arus modal, Indonesia sedang mengusahakan integrasi pada sektor keuangan agar dapat meminimalisir efek negatif dari derasnya arus modal yang biasa terjadi pada penerapan pasar bebas.

PENGARUH CAMEL TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA SEKTOR PERBANKAN INDONESIA PERIODE 2009-2013

Gautama, Budhi Pamungkas, Sofiasani, Gina

Jurnal Manajemen Bisnis Performa Volume XII No.2 Tahun 2015
Publisher : Jurnal Manajemen Bisnis Performa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (622.389 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenaikan kemungkinan bank mengalami financial distress yang terjadi pada Sektor Perbankan Indonesia periode 2009-2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) gambaran CAMEL yang terdiri dari unsur capital, management efficiency, earning dan liquidity, 2) gambaran financial distress, 3) Pengaruh capital, management efficiency, earning dan liquidity terhadap Financial Distress. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi multipel. Populasi dalam penelitian ini adalah Sektor Perbankan Indonesia yang berjumlah 120 bank. Sampel yang digunakan sebanyak sembilan bank pada Sektor Perbankan Indonesia periode 2009- 2013 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian ini, variabel capital yang diukur Capital Adequacy Ratio (CAR) dan liquidity yang diukur Loan to Deposit Ratio (LDR) tidak berpengaruh terhadap Financial Distress sedangkan management efficiency yang diukur Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) dan earning yang diukur Return On Assets (ROA) berpengaruh terhadap financial distress.

PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN CITRA UNIVERSITAS TERBUKA TERHADAP WORD OF MOUTH MAHASISWA

Hendrayana, Angga Sucitra, Maesaroh, Imas, Taryana, Deden

Jurnal Manajemen Bisnis Performa Volume XII No.2 Tahun 2015
Publisher : Jurnal Manajemen Bisnis Performa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (665.38 KB)

Abstract

Keunggulan sistem pendidikan jarak jauh yang telah terbukti mampu menjangkau daerah yang luas dan massal menyebabkan biaya yang harus ditanggung mahasiswa juga menjadi lebih murah. Namun, bukan hanya luas jangkauan sistem dan besarnya jumlah mahasiswa yang menjadi fokus penyelenggaraan UT, tetapi peningkatan kualitas layanan baik layanan akademik maupun administrasi akademik juga menjadi fokus utama. UT sebagai perguruan tinggi negeri terbuka dan jarak jauh satu–satunya di Indonesia yang menerapkan sistem belajar jarak jauh tentu saja terus selalu meningkatkan kualitas pelayanannya kepada para mahasiswa dan stakeholder. Jasa pendidikan kepada mahasiswa merupakan serangkaian proses penilaian dengan membandingkan seberapa besar benefit yang diperoleh dari produk dan jasa dengan pengorbanan yang dikeluarkan untuk membeli produk dan memanfaatkan jasa tersebut. Pengalaman para user UT yang merasakan kepuasan atas kualitas pelayanan tentu saja akan meningkatkan citra positif UT di masyarakat. Dengan memperoleh kepuasan mereka melakukan word of mouth (WOM) yang positif di dalam membangun citra UT. Metode Penelitian yang digunakan yaitu Survey Explanatory dengan sampel sebanyak 100 orang responden. Analisis data yaitu analisis jalur dengan menggunakan software SPSS. Dari hasil penelitian didapat bahwa Experiential Marketing dan Citra Universitas Terbuka secara simultan berpengaruh signifikan terhadap WOM mahasiswa

PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK IPHONE DI BANDUNG

Maharani, Nina

Jurnal Manajemen Bisnis Performa Volume XII No.1 Tahun 2015
Publisher : Jurnal Manajemen Bisnis Performa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (598.616 KB) | DOI: 10.29313/performa.v0i1.3043

Abstract

Peningkatan mobilitas masyarakat memacu inovasi dalam bidang teknologi. Masyarakat bukan hanya membutuhkan alat komunikasi untuk sekedar bertukar pesan, masyarakat juga membutuhkan jaringan internet yang mudah dibawa kemana saja mereka beraktivitas. Perusahaan produsen telepon selular berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat dengan mengeluarkan produk telepon pintar (smartphone). Merek telepon pintar (smartphone) yang dikenal luas oleh masyarakat diantaranya adalah Iphone, Samsung, dan Blackberry. Keputusan pembelian setiap konsumen dilatarbelakangi oleh faktor yang berbeda-beda. Para produsen harus mengikuti faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi keputusan pembelian konsumen atas suatu produk. Objek dalam penelitian ini adalah konsumen Iphone. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Analisa data dengan menggunakan hasil frekuensi jawaban responden terbanyak/ jumlah responden X 100%. Proses pengambilan keputusan pembelian konsumen dalam pembelian produk Iphone melalui lima tahap yaitu: pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian serta perilaku pasca pembelian.Faktor yang menjadi kriteria utama dalam pembelian Iphone adalah merek, fitur, fungsi komunikasi, dan fungsi hiburan.

SEKTOR PARIWISATA DAN INDUSTRI YANG RELEVAN SERTA JASA PENDUKUNGNYA (Studi Pemetaan di Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur)

Muhardi, Muhardi

Jurnal Manajemen Bisnis Performa Volume XII No.2 Tahun 2015
Publisher : Jurnal Manajemen Bisnis Performa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.516 KB) | DOI: 10.29313/performa.v0i0.3050

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memetakan sektor pariwisata di Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur, dan mengetahui berbagai industri yang relevan atau terkait serta jasa-jasa pendukung sektor pariwisata. Berdasarkan pemetaan yang dilakukan, diketahui potensi pariwisata di daerah ini tidak hanya berupa wisata pantai, tetapi juga terdapat wisata hutan lindung pantai, wisata hutan raya, wisata agro, wisata sejarah, wisata bahari, wisata sastra, dan wisata buatan. Sebagai salah satu sektor unggulan daerah, sektor pariwisata di Kecamatan Gantung tidak terlepas dari adanya industri-industri terkait, dan ketersediaan jasa atau layanan pendukung pengembangan sektor pariwisata. Berbagai aspek lainnya yang juga menentukan keberhasilan sektor pariwisata diantaranya adalah ketersediaan infrastruktur baik fisik maupun non fisik, kesiapan sumber daya manusianya, serta ketersediaan teknologi informasi dan besarnya potensi sumber daya pariwisata guna mewujudkan pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan perekonomian daerah.

THE IMPACT OF ENGLISH LANGUAGE PROFICIENCY ON THE RECRUITMENT AND SELECTION PROCESS: A STUDY FROM P.T. ENGLISH EFFICIENT SERVICES

Zebedeus, Zenyka Viedeyona, Sihotang, Ronny Buha

Jurnal Manajemen Bisnis Performa Volume XII No.2 Tahun 2015
Publisher : Jurnal Manajemen Bisnis Performa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.207 KB) | DOI: 10.29313/performa.v0i0.3273

Abstract

The purpose of this research is to know the impact of English Language Proficiency (ELP) on the recruitment process and selection process. This research was conducted using the descriptive method, in which data was obtained by collecting and then analyzing to present a description about the research object. The collected data was analyzed using a linear regression analysis, Pearson Product Moment correlation coefficient analysis, significance test, and coefficient of determination analysis in order to obtain a conclusion. Data collection techniques include sending out validated questionnaires and interviewing the human resources manager of the company. Based on the linear regression and Pearson Product Moment statistical analysis, it was found that English Language Proficiency has a positive impact on both recruitment and selection. Based on the significance test, it was found that for recruitment, tcount = 1.013 <  ttable = 1.960, which means that ELP does not have a significant impact on the recruitment process. For selection, however, the tcount = 3.162 > ttable value of 1.960, which means that ELP does have a significant impact on the selection process. Based on the coefficient of determination analysis, ELP affects the recruitment process as much as 3%. ELP affects the selection process as much as 23%.

TINJAUAN MODEL INKUBATOR BISNIS RINTISAN ( BISNIS START UP ) DI INDONESIA

Mahani, Septiana Ayu Estri

Jurnal Manajemen Bisnis Performa Volume XII No.1 Tahun 2015
Publisher : Jurnal Manajemen Bisnis Performa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (985.519 KB)

Abstract

Inkubasi Bisnis merupakan tuntutan dari the new economy global, yang terjadi karena adanya perubahan yang cepat dan signifikan di bidang teknologi, telekomunikasi, dan digitalisasi; adanya deregulasi dan globalisasi. Setiap Inkubator Bisnis harus memiliki kemampuan dalam perencanaan strategis bagi perusahaan pemula dan memiliki koneksi dengan sumber daya ekonomi dan komunitas bisnis yang berhubungan dengan informasi dan konsultasi bisnis. Peran Inkubator Bisnis sangat strategis dalam menumbuh kembangkan UKM Inovatif, karena melalui Inkubator calon-calon wirausaha baru berbasis IPTEK dapat ditingkatkan kapasitas dan kinerja usahanya.

REAKSI SIGNAL RASIO PROFITABILITAS DAN RASIO SOLVABILITAS TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA UNTUK PERIODE 2012-2014

Adwiyah, Rabiatul

Jurnal Manajemen Bisnis Performa Volume XII No.2 Tahun 2015
Publisher : Jurnal Manajemen Bisnis Performa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.157 KB) | DOI: 10.29313/performa.v0i0.3051

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh faktor fundamental (EPS, NPM, ROA, ROE dan DER) terhadap return saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2012-2014. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria (1) terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014, (2) selalu tampak laporan keuangan tahunan selama periode 2012-2014, (3) selalu memiliki keuntungan. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diambil dari Direktori Pasar Modal Indonesia (ICMD) 2012-2014, diakuisisi 149 perusahaan sampel. Analisis data regresi berganda dengan dengan metode Ordinary Least Square (OLS). Hipotesis uji yang digunakan t-statistik dan f-statistik pada tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh signifikan terhadap return saham dan Earning per Share (EPS), Net Profit Margin (NPM), Return on Asset (ROA) dan Return on Equity (ROE) tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor kinerja fundamental utang terhadap ekuitas (DER) yang digunakan oleh investor untuk memprediksi return saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2012-2014.

KESIAPAN SUMBER DAYA MANUSIA BIDANG PARIWISATA INDONESIA DALAM MENGHADAPI MEA 2015

Adwiyah, Rabiatul

Jurnal Manajemen Bisnis Performa Volume XII No.1 Tahun 2015
Publisher : Jurnal Manajemen Bisnis Performa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.672 KB) | DOI: 10.29313/performa.v0i1.3040

Abstract

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) adalah salah satu pilar perwujudan ASEAN Vision, bersama-sama dengan ASEAN Security Community (ASC) dan ASEAN Socio-Cultural Community (ASCC). MEA adalah tujuan akhir integrasi ekonomi seperti dicanangkan dalam ASEAN Vision 2020.Pembentukan MEA dilakukan melalui empat kerangka strategis, yaitu pencapaian pasartunggal dan kesatuan basis produksi, kawasan ekonomi yang berdaya saing, pertumbuhan ekonomi yang merata dan terintegrasi dengan perekonomian global. Aliran bebas sektor jasa merupakan salah satu elemen penting dalam pembentukan ASEAN sebagai pasar tunggal dan basis produksi sebagaimana cita-cita MEA 2015. Sektor pariwisata Indonesia harus mempunyai rencana strategis dalam menghadapi MEA 2015, namun strategis tersebut juga harus mampu mengelaborasi faktor-faktor pendukung pariwisata lainnya, seperti misalnya faktor infrastruktur, akomodasi dan tenaga kerja kepariwisataan. Tenaga kerja yang kompeten dan berdaya saing dibutuhkan Indonesia dalam menghadapi MEA 2015, misalnya memberikan pelatihan dan sertifikasi kompetensi bidang pariwisata (SKKNI) seperti: penguasaan bahasa asing, pelatihan tour guide, pelatihan tenaga kerja di bidang kepariwisataan lainnya seperti houskeeping, front office, bell boy, room service, dsb serta sertifikasi usaha di bidang kepariwisataan lainnya. Pelatihan tersebut bertujuan agar tenaga kerja di sektor patiwisata Indonesia memiliki daya saing terhadap tenaga kerja di kawasan ASEAN lain yang hendak bekerja di Indonesia.