cover
Contact Name
Tryantini Sundi Putri
Contact Email
tryantinisputri@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
tryantinisputri@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 23380241     EISSN : 26572273     DOI : -
Core Subject : Engineering,
STABILITA hadir karena tuntutan intelektual dalam merespon isu-isu aktual terkait berbagai problematika dan menjadi wadah informasi bidang Teknik Sipil dalam konteks kekinian. Jurnal STABILITA ini mengangkat tulisan/karya ilmiah bidang Teknik Sipil (kajian transportasi, kajian struktur, kajian keairan, kajian lingkungan, kajian kelautan dan kajian manajemen proyek dan konstruksi).
Arjuna Subject : -
Articles 103 Documents
PENGARUH TINGKAT PELAYANAN JALAN TERHADAP POLUSI UDARA PADA RUAS JALAN M. T. HARYONO DI KOTA KENDARI Hariyati, Hariyati
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 3 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.147 KB)

Abstract

AbstrakTingkat pelayanan jalan dipengaruhi oleh kecepatan dan volume capasitas ratio, dan polusi udara CO, HC, NOx dipengaruhi kecepatan kendaraan bermotor. Hasil analisis pengaruh tingkat pelayanan jalan terhadap polusi udara pada kawasan Wua-Wua dan Pasar Baru menunjukan bahwa kawasan Wua-Wua memiliki kecepatan 22,58 km/jam, VCR 0,366 dengan jenis tingkat pelayanan jalan A, dan kawasan Pasar Baru memiliki kecepatan 17,9 km/jam, VCR 0,588 dengan jenis tingkat pelayanan jalan B,? jumlah emisi yang dihasilkan kedua kawasan tersebut masih dibawah standar baku mutu udara ambien nasional. Tetapi diperlukan program-program untuk meningkatkan tingkat pelayanan jalan, seperti meningkatkan kapasitas jalan dan mengurangi konsumsi energi spesifik (pemakaian bahan bakar) serta mengurangi faktor emisi dengan menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan karena pertumbuhan penduduk dan kendaraan bermotor yang terus meningkat tiap tahun.?Kata Kunci: Tingkat Pelayanan Jalan, Kecepatan, VCR, Polusi udara
KAJIAN TERHADAP PERUBAHAN GUNA LAHAN TERHADAP SISTEM TRANSPORTASI (Studi Kasus Ruas Jalan Malaka) Siddiq, Andi Ikhwan; Balaka, Rudi; Welendo, La
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 3 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.978 KB)

Abstract

AbstractStudy of the change of land use function is meant to assess transportation impact after development? of land use which taken case In this research is around? jl.Malaka as activity system. The evaluation based on density ?still pertained goodness as the level degree of saturation? earned ?for a few ?condition, among others ?namely ?condition before? the existence of ??land ?use? with Degree of saturation is equal to DS = 0,255 pcu / hour,then namely? the ?condition of existing equal to DS = 0,347 smp / hour ?which ?increase level the degree of saturation of road ??to 0,092 pcu / hour ?Including addition of 26 % of vehicle volume effected by change of land use ?around ?the Malaka street.? Prediction of degree saturation in 5 (five) years show the? DS level existing condition ?will? go up? to? 0,647 pcu ,up to 0,3 point from base year.This result show that the level of service of the Malaka street will be influenced by vehicle volume addition equal to 26% effected by change of land use. However this condition? still categorize as very good conditions according to road level of? service which have DS level between? 0,6? to ?0,7 it pertained of?? B level.Key Word: Volume, Capacity, Level of Service??AbstrakKajian perubahan fungsi tata guna lahan dimaksudkan untuk menilai dampak transportasi pasca pengembangan dan perubahan fungsi tata guna lahan tersebut. Kasus yang diambil sebagai sistem kegiatan dalam penelitian ini adalahlalulintas di sekitaran kawasan ruas Jl.Malaka. Untuk ruas jalan Malaka, jika di tinjau dari segi kepadatan yang terjadi di tiap tahunnya maka dapat di simpulkan bahwa pada ruas jalan ini masih tergolong baik sesuai dengan tingkat derajat kejenuhan yang di dapat dari hasil analisis untuk beberapa kondisi diantaranya pada kondisi beberapa tahun ke belakang yakni sebelum terpengaruh dengan adanya perubahan fungsi lahan di sekitar jalan Malaka dengan Derajat kejenuhan yang di dapat adalah sebesar DS = 0,255 smp/jam, kemudian pada kondisi eksisting sebesar DS = 0,347 smp/jam dengan tingkat kenaikan derajat kejenuhan dari kondisi sebelum perubahan fungsi lahan ke kondisi eksisting adalah sebesar 0,092 smp/jam termasuk dengan tambahan volume kendaraan? akibat perubahan fungsi lahan di sekitar jalan Malaka sebesar 26%. ?Prediksi untuk 5 tahun kedepan nilai Derajat kejenuhan (DS) naik sebesar DS = 0,647 smp/jam dengan selisih dari kondisi eksisting ke prediksi unutk 5 tahun kedepan yakni sebesar 0,3 smp/jam.Hasil ini menunjukkan tingkat pelayanan jalan di lokasi ini dalam 5 tahun ke depan akan dipengaruhi oleh tambahan volume kendaraan sebesar 26% akibat dari pengaruh perubahan fungsi guna lahan. ?Meskipun ?kondis ini masih dapat di katakan ??baik sesuai persyaratan dalam tingkat pelayanan jalan? dimana untuk DS < 0,6 ? DS <0,7 maka tingkat pelayanan tergolong? kelas (B).?Kata Kunci: Volume, Kapasitas, Dan Tingkat Pelayanan Jalan
ANALISIS TINGKAT EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT BERAT BERDASARKAN KEADAAN AKTUAL DI LAPANGAN Kurdin, M. Akbar
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 1 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1986.783 KB)

Abstract

-?Kata kunci :?Network planning, Diagram, dan Efisien
ANALISIS TINGKAT PELAYANAN JALAN BUNGGASI KOTA KENDARI Welendo, La
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 1 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

-Kata Kunci : Derajat Kejenuhan, Waktu Tempuh, dan Tingkat Pelayanan
MODIFIKASI PERENCANAAN STRUKTUR DENGAN BALOK PRATEKAN PADA GEDUNG HOTEL DAN MALL DI RUAS JALAN MT. HARYONO KENDARI Talanipa, Romy; Mursidi, Baso
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractHouse Hotel and Mall Road MT.Haryono Kendari is a building consisting of six floors and was planned with reinforced concrete structures. In terms of functionality and usefulness, this building does not yet have adequate meeting space so as to enhance the functionality and usefulness of the need for meeting space, which requires a vast place and freely without any hindrance. For the majority of the fields must be eliminated and will cause some long -span beams have.??????????????? With the ability to carry the load on long -span and behavior that combines high strength concrete with high strength steels are active , it can minimize the use of prestressed concrete structures as well as provide an alternative dimension of proper planning and efficient.Structural design modifications only in terms of technical structure, without considering the economic and aesthetic terms. Modifications made on the 5th floor and 6th floor. Analysis refers to the structure of the building regulations in Indonesia and other supporting regulations. The structure of the planned building structures meet safety requirements, based on the strength and deformation arising from the load acting on the structure with ductility level 2.Especially for prestressed beams, the planning is based on the method of implementation in the field by considering the strength and behavior of structural components at a critical stage since bias given moment. Modified the calculation Prestressed force : 2500 kN , the cable layout : E field = 250 mm , E = 100 mm pedestal , Loss of presstress : 17.9 , soft reinforcement installation staging area : 4D - 25 and field areas : 2D - 25.?Keywords: Modified, Prestressed Beams
PENGARUH KETERLAMBATAN WAKTU KERJA TERHADAP BIAYA PADA PROYEK JALAN DI KOTA KENDARI Soeparyanto, Try Sugiyarto; Kimsan, Masykur
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 5, No 3 (2017): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.395 KB)

Abstract

Keterlambatan pelaksanaan proyek umumnya selalu menimbulkan akibat yang merugikan baik bagi pemilik proyek maupun kontraktor, karena dampak keterlambatan adalah konflik dan perdebatan tentang apa dan siapa yang menjadipenyebab, juga tuntutan waktu dan biaya tambah. Keterlambatan proyek juga dialami oleh Dinas Pekerjaan Umum Sulawesi Tenggara dimana banyak proyek yang tidak tuntas dari tahun 2014 hingga memasuki tahun 2015.Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor keterlambatan waktu kerja proyek dan bagaimana pengaruhnya terhadap pertambahan biaya pada proyek jalan di Kota Kendari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan keempat variabel keterlambatan waktu kerja berpengaruh secara bersama ? sama terhadap variabel pertambahan biaya karena nilai Signifikan 0.011 < tingkat kesalahan 0.05, namun secaraparsial hanya satu variabel yang berpengaruh secara signifikan yaitu variabel X1 (Faktor material) mempunyai nilai signifikansebesar 0,02 < tingkat kesalahan alpha 0,05. Sementara model regresi yang diperoleh adalah Y = 0,006 + 0.750X1 +0.153X3 + 0.122X4.Berdasarkan model ini dapat diartikan bahwa meningkatnya keterlambatan waktu kerja juga akanmeningkatnya pula pertambahan biaya. Kata Kunci : Keterlambatan Waktu Kerja, Pertambahan Biaya, Regresi Linier Berganda + 0.408X2
EVALUASI SALURAN DRAINASE TERHADAP GENANGAN AIR PADA RUAS JALAN JEND. AH. NASUTION – JALAN MARTANDU (STUDI KASUS: BUNDARAN TANK KOTA KENDARI) Santi, Santi; Sulha, Sulha; Muriadin, Muriadin
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 2 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.13 KB)

Abstract

ABSTRAKKelurahan Andonohu merupakan salah satu Kelurahan di Kecamatan Poasia yang mempunyai persoalan saluran drainase primer tidak berfungsi dengan baik dengan intensitas hujan yang tinggi menyebabkan berbagai permasalahan yang nantinya dapat merusak infrastruktur yang sudah ada. Tujuan dari penelitian ini adalah menghitung debit rencana untuk membandingkan kapasitas pengaliran debit eksisting yang sudah ada pada Jalan Jend. AH. Nasution ? Jalan Martandu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Karakteristik hujan dapat dilihat dari kecenderungan hujan harian maksimum wilayah dan hujan tahunan. Pengujian validitas distribusi hujan menggunakan metode Smirnov-Kolmogorov. Dalam pengevaluasian saluran drainase dilakukan evaluasi kapasitas pengaliran saluran, perhitungan dilakukan untuk membandingkan debit rencana dan debit eksisting berdasarkan dimensi saluran eksisting yang ada. Analisis ini menggunakan metode Rasional. Berdasarkan hasil analisis, maka evaluasi saluran drainase pada Jalan Jend. AH. Nasution ? Jalan Martandu (Ska.5 - Ska.1), perhitungan debit rencana (Qr) dengan menggunakan metode rasional dan kondisi drainase dalam mengalirkan banjir tidak memenuhi karena debit rencana (Qr) lebih besar dibanding debit eksisting (Qs) dengan nilai perbandingan Qr sebesar 4,174 m3/detik dan Qs sebesar 0,066 m3/detik, sehingga saluran drainase meluap dan terdapat genangan air dipermukaan jalan.?Kata Kunci :? Saluran Drainase, Curah Hujan, Debit Rencana, Kapasitas Pengaliran SaluranABSTRACTAndonohu Village is one of the Village in Poasia Subdistrict which has the problem of Primary drainage channels not functioning properly with high rainfall intensity causing various problems which can later damage existing infrastructure. The purpose of this study is to calculate the discharge plan to compare the existing discharge flow capacity that already exists on Jend. AH. Nasution Street -? Martandu Street. The research method used is descriptive qualitative. Rainfall characteristics can be seen from the trend of maximum daily rainfall in the region and annual rainfall. Testing the validity of rain distribution using the Smirnov-Kolmogorov method. In evaluating the drainage channel evaluation of channel drainage capacity is carried out, the calculation is done to compare the existing debit plan and debit based on the existing dimensions of the existing channel. This analysis uses the Rational method. Based on the results of the analysis, the evaluation of the drainage channel on Jend. AH. Nasution Street - Martandu Street (Ska.5 - Ska.1), the calculation of planned discharge (Qr) using rational methods and drainage conditions in flowing floods does not meet because the plan discharge (Qr) is greater than the existing discharge (Qs) with a comparison value of Qr at 4.174 m3/sec and Qs at 0.066 m3/sec, so the drainage channel overflows and there is a pool of water on the road surface.?Keywords : Drainage Channels, Rainfall, Debit Plan, Channel Drain Capacity
ANALISIS DESAIN TEBAL PERKERASAN KAKU APRON BANDARA HALUOLEO KENDARI DENGAN METODE FAA & PCA Wunantari, Wa Ode Arie; Ngii, Edward; Suparma, Latif Budi
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 2 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.863 KB)

Abstract

ABSTRAKPerancangan tebal lapis perkerasan kaku pada apron diantaranya dapat dilakukan dengan menggunakan metode FAA, PCA, dan LCN. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis data pergerakan pesawat, data struktur perkerasan dan data ketentuan desain apron bandara kondisi eksisting untuk menentukan tebal perkerasan kaku pada masing-masing metode perancangan dan bertujuan untuk mengetahui apakah tebal perkerasan kondisi eksisting mampu memikul beban pergerakan pesawat 20 tahun mendatang. Pada analisis menggunakan metode FAA diperoleh tebal struktur perkerasan kaku apron sebesar 13,6 in atau 34,54 cm, untuk metode PCA berdasarkan faktor keamanan adalah sebesar 13,1 in atau 33,27 cm. sedangkan tebal slab beton yang diperoleh dengan metode PCA berdasarkan konsep fatigue adalah sebesar 28 cm. Hasil tersebut menunjukkan bahwa perkerasan kaku pada apron Bandara Haluoleo kondisi eksisting yaitu sebesar 42 cm mampu memikul beban pesawat lalulintas sampai dengan tahun 2037.Kata Kunci : Apron, FAA, PCA, Perkerasan KakuABSTRACTApron rigid pavement layer can be determined or designed by using method of FAA, PCA, and LCN. This study is conducted by analyzing the data of aircraft movement, pavement structure data and existing airport apron design conditions data to determine the rigid pavement thickness in each design method and aimed to find out whether the existing pavement thickness is capable of carrying the burden of the movement of the aircraft for the next 20 years. FAA method analysis obtained thickness of rigid apron pavement structure of 13,6 in or 34,54 cm, for PCA method based on safety factor is 13,1 in or 33,27 cm and the thickness of concrete slab obtained by PCA method based on the concept of fatigue is 28 cm. These results indicate that the rigid pavement of Haluoleo Airport's existing apron capable to carrying aircraft loads up to 2037.Keywords : Apron, FAA PCA, Rigid Pavement
ANALISA FAKTOR RISIKO PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT PENDIDIKAN UNIVERSITAS HALU OLEO Fitriah, Fitriah; Nurgiantoro, Nurgiantoro
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 5, No 3 (2017): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.266 KB)

Abstract

Kebutuhan pendukung infrastruktur semakin meningkat seiring dengan perkembangan zaman. Hal initerlihat dari semakin meningkatnya intensitas pembangunan infrastruktur di Indonesia. Namun pembangunantersebut selalu dibayangi oleh risiko kegagalan yang apabila risiko terjadi akan berdampak pada terganggunyakinerja proyek secara keseluruhan sehingga dapat menimbulkan kerugian terhadap biaya, waktu dan kualitaspekerjaan. Semakin besar proyek konstruksi maka semakin besar pula risikonya. penelitian ini bertujuan untukmenganalisis seberapa besar probabilitas dan dampak risiko dan bagaimana tingkat risiko yang timbul padaproyek konstruksi serta bagaimana hubungan antara frekuensi dan dampak risiko berdasarkan jawaban responden.Metode penelitian yang digunakan adalah severity indeks dan regresi linear tunggal. Informasi diperoleh dengandengan menggunakan kuesioner terhadap pelaksana proyek PT Delima Emas Gasindo.Hasil analisa nilaiprobabilitas dan dampak risiko yang tertinggi menurut Severity Indeks (SI) adalah 0,30, sedangkan skala dampakadalah 0,10. Pada angka tersebut diperoleh besar dampak terhadap biaya yang ditimbulkan pada proyek konstruksiadalah 44 juta rupiah. Sedangkan tingkat risiko termasuk kategori rendah dengan sakala 20-40% dimana hasilanalisa angka tertinggi adalah 20,48% yakni berada pada item risiko (kerusakan mesin dan kesalahan listrik),Model regresi terhadap frekuensi dan pengaruh risiko dari jawaban responden adalah sekitar 31,3%. Sedangkan68,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Sehingga hasil regresinyaadalah Y = 22,742 + 0,551 X (frekuensi).Kata kunci: Risiko, Severity Indeks, Regresi Linear
ANALISIS KAPASITAS DUKUNG TIANG PANCANG TUNGGAL BERDASARKAN DATA N-SPT, CPT DAN KALENDERING Sulha, Sulha; Sarita, Umran; Fitriah, Fitriah; Sukri, Muhammad
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pondasi merupakan suatu pekerjaan yang sangat penting dalam pembangunan konstruksi teknik sipil, karena pondasi berfungsi untuk meneruskan beban yang bekerja dari konstruksi atas (upper structure) ke tanah dasar. Analisis kapasitas tiang pancang tunggal merupakan pendekatan untuk mengestimasi kapasitas dukung tanah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung dan menganalisis daya dukung tiang pancang tunggal pada proyek pembangunan gedung? tower Bank Sultra Kendari. Dalam penelitian ini, pondasi bangunan gedung menggunakan tiang pancang sistem hidrolik. Analisis kapasitas dukung tiang berdasarkan data lapangan, yaitu data N-SPT, CPT dan Kalendering.Hasil perhitungan daya dukung pondasi terdapat perbedaan nilai, baik dilihat dari penggunaan perhitungan berdasarkan data N-SPT, Qu = 86 ton, berdasarkan data CPT, Qu = 60 ton dan berdasarkan data kalendering, Qu = 93 ton. Berdasarkan hasil analisis kapasitas dukung tiang pancang, disarankan menggunakan hasil analisis berdasarkan data N-SPT.?Kata Kunci : Pondasi, Tiang Pancang Tunggal, Kapasitas Dukung

Page 1 of 11 | Total Record : 103