cover
Contact Name
Herry Susanto
Contact Email
herrysusanto@tiranus.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
pengarah@tiranus.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. bandung barat,
Jawa barat
INDONESIA
Pengarah: Jurnal Teologi Kristen
ISSN : 2654931X     EISSN : 26552019     DOI : -
Core Subject : Religion, Social,
Pengarah: Jurnal Teologi Kristen (PJTK) is published by Sekolah Tinggi Alkitab Tiranus (Tyrannus Bible Seminary). The objective of the jurnal is to publish theological scientific writings, which are the result of qualitative and/or quantitative research. PJTK is published biannually every January and July.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
META-METODE APOLOGETIKA ATAU, APOLOGETIKA (SEBAGAI) META-METODE Juwono, Kevin
Pengarah: Jurnal Teologi Kristen Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Alkitab Tiranus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3109.252 KB)

Abstract

Apologetika kerap diidentikkan dengan pendapat umum sebagai semata-mata soal metode, kepraktisan dan sistem rasional tertentu untuk menjawab pertanyaan tentang iman. Meta-metode Apologetika hendak menggeser pendapat itu dengan menimbang hakikat Apologetika sebagai “ruang” bagi pneuma, yang bergulir melalui dunamis dan imaginarium. Dengan demikian, Apologetika ditimbang kembali sebagai disiplin ilmu, yang terbuka pada dinamika pneumatikos, tidak terkooptasi pada satu rasionalitas monokultural dan instrumental, serta bergerak luwes di hadapan realitas multikontekstual.
KORUPSI: STUDI PERBANDINGAN BERDASARKAN DUNIA TIMUR TENGAH KUNO DAN PERJANJIAN LAMA Handayani, Dwi Maria
Pengarah: Jurnal Teologi Kristen Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Alkitab Tiranus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2751.335 KB)

Abstract

Korupsi merupakan masalah klasik yang dihadapi oleh bangsa Indonesia. Banyak buku dan artikel yang telah membahas masalah ini, namun masih sangat sedikit yang membahas dari perspektif Alkitabiah. Korupsi telah terjadi sejak zaman Mesir Kuno dan praktik korupsi itu sangat terkait dengan praktik penyembahan berhala yang populer di zaman itu. Israel yang dipengaruhi oleh bangsa-bangsa di sekitarnya pun tidak kebal terhadap korupsi dan penyembahan berhala. Oleh karena itu hukum Perjanjian Lama dan para nabi menyuarakan kritik dan peringatan terhadap para pelaku korupsi. Gereja hari ini perlu mengembangkan pengajaran antikorupsi dan memikirkan ulang peran kenabiannya di tengah-tengah masyarakat yang penuh dengan praktik korupsi.
ANDIL KITA DALAM MISI MASA KINI Tenibemas, Purnawan
Pengarah: Jurnal Teologi Kristen Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Alkitab Tiranus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3048.592 KB)

Abstract

Sejak Tuhan Yesus menyampaikan Amanat Agung-Nya, jumlah penduduk dunia saat ini yang terafiliasi kepada Gereja Tuhan hanya sebesar 33% dari jumlah total penduduk. Amanat Agung ini adalah suatu amanat yang bersifat harus (Luk 24:47) sebab keberdosaan manusia dan ketidakberdayaannya untuk menyelamatkan dirinya dari murka Allah. Keberdosaan tersebut menjadikan keselamatan dalam Kristus itu mutlak dibutuhkan. Populasi dunia bertumbuh lebih cepat dibanding dengan pertumbuhan biologis dari warga Gereja. Kini populasi dunia ini sudah hampir mencapai 7,6 milyar orang. Dua puluh abad telah lewat, berkenaan dengan pertumbuhannya, adalah kemustahilan bila kaum Kristen hanya mengandalkan pertumbuhan secara biologis. Artikel bertujuan menunjukkan bahwa kesetiaan kaum Kristen untuk melanjutkan misi Amanat Agung adalah kebutuhan besar. Tiga jendela telah hadir dan merupakan tantangan sangat krusial masa kini. Oleh sebab itu, ragam misionaris dan andil kaum Kristen patut menjadi pertimbangan serius pula bagi segenap kaum Kristen.
TERAPI KOGNITIF DALAM RESOLUSI KONFLIK UTUSAN LINTAS BUDAYA Sangkianti, Meidy Widiastuti
Pengarah: Jurnal Teologi Kristen Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Alkitab Tiranus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2869.411 KB)

Abstract

  Di satu sisi, pelayanan lintas budaya dengan tim kerja utusan lintas budaya (ULB) kaya akan potensi, namun di sisi yang lain mereka rentan akan masalah komunikasi. Isu resolusi konflik di dalam tim lintas budaya adalah hal yang kerap terjadi dan tidak bisa diabaikan. Pendekatan hermeneutika Surat Filemon dan pendekatan terapi kognitif menawarkan pedoman yang baik dan praktis bagi pendampingan resolusi konflik antar ULB.
IMPLEMENTASI PAK KONTEKS GEREJA DI GKII TANDANG, SEMARANG Nuh, Semion; Darmawan, I Putu Ayub; Sujoko, Edi
Pengarah: Jurnal Teologi Kristen Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Alkitab Tiranus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2963.89 KB)

Abstract

Pendidikan Agama Kristen (PAK) merupakan proses pengajaran dan pem­belajaran yang berdasarkan Alkitab dan berpusat pada Kristus. PAK berperan untuk mengarahkan pribadi seseorang menuju pada pengenalan dan kedewasaan dalam Kristus. Penelitian ini dilaksanakan sebagai tindak lanjutan penelitian yang dilakukan peneliti terdahulu yaitu Susanto.  Penelitian Susanto menemukan bahwa PAK dalam je­maat GKII Tandang telah dilakukan, hanya peneliti terdahulu belum memaparkan bagaimana pela­k­sanaannya. Untuk itu dipandang penting memaparkan PAK yang dilaksanakan dalam jemaat di GKII Tandang. Untuk tujuan tersebut, peneliti mengumpul­kan data melalui wawancara kepada gembala jemaat, badan pengurus jemaat dan anggota jemaat, kemudian melakukan observasi terhadap kegiatan-kegiatan persekutuan serta me­ngumpulkan data melalui dokumentasi gereja. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka ditemukan bahwa PAK dilaksanakan dalam jemaat di GKII Tandang melalui khotbah ibadah umum, katekisasi, persekutuan komsel, persekutuan kategorial, persekutuan ibadah padang, dan persekutuan doa dan puasa. Jadi, penelitian me­nyimpulkan bahwa PAK dilaksanakan dalam jemaat melalui persekutuan-persekutuan dan pengajaran.
RESPONS TERHADAP KONSEPSI ALLAH DALAM TEOLOGI PROSES Hermawan, Hermawan
Pengarah: Jurnal Teologi Kristen Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Alkitab Tiranus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2773.938 KB)

Abstract

Teologi Proses telah mempengaruhi pandangan dunia teologi Kristen. Penekanan teologi proses adalah pada doktrin Allah. Teologi proses secara konsisten diterapkan berdasarkan sifat dipolar, yaitu sifat yang berubah dan tidak berubah. Kedua sifat ini mempengaruhi pandangan tentang Allah. Teologi Proses juga termasuk sebagai teologi alam, yang sifatnya mencari tujuan teodisi. Dalam artikel ini, ada dua jenis respons, yaitu penghargaan dan posisi berlawanan. Semua tanggapan akan dijelaskan berdasarkan pendekatan konsep teologis dan studi biblika.
DIALEKTIKA IMAN KRISTEN DAN KEBUDAYAAN INDONESIA DALAM KAJIAN GEERT HOFSTEDE Purwanto, Edi
Pengarah: Jurnal Teologi Kristen Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Alkitab Tiranus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.058 KB)

Abstract

There are many facets of Christian faith, especially for Evangelicalism and Conservativism, which contradict with Indonesian culture according to Hofstede’s study. The aim of this study is synthesizing the dialectics in the Niebuhr’s Christ above Culrture type and using Hegel’s dialectic method. The result is a number of alternative solutions which are proposed as syntheses for gospel ministry in Indonesia that cannot avoid its interaction with local culture.
KEADILAN DALAM HUKUM LEX TALIONIS: TAFSIR TERHADAP KELUARAN 21:22-25 Panjaitan, Firman; Lumingkewas, Marthin S.
Pengarah: Jurnal Teologi Kristen Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Alkitab Tiranus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.539 KB)

Abstract

Hukum Lex Talionis seringkali dipahami sebagai sebuah hukum yang mem­berlakukan pembalasan (dendam) secara maksimal. Melalui hukum ini, semua bentuk pembalasan dilegalkan dan bahkan dapat dibenarkan. Kajian dalam Keluaran 21:22-25 justru hendak menunjukkan kebalikan dari pemahaman di atas. Jika ditilik dari kata talion, memang hukum Lex Talionis mengandaikan adanya pembalasan secara tuntas. Tetapi melalui tafsir dan penggalian makna, khususnya dalam Keluaran 21:22-25, ditemukan unsur utama dalam hukum Lex Talionis; yang tidak menunjuk pada upaya pembalasan (dendam) secara tuntas, tetapu justru menunjuk pada aspek keadilan Allah dalam menanggapi setiap kasus hukum yang berlaku di antara manusia. Dengan demikian hukum Lex Talionis bukan lagi dipandang sebagai hukum pembalasan, melainkan hukum keadilan yang memungkinkan jenis hukum ini diimplementasikan dalam kehidupan masa kini. Hasil penelitian yang menggunakan metoda tafsir narasi dan dikombinasikan dengan kritik teks menghasilkan sebuah pemahaman bahwa hukum Lex Talionis memiliki implikasi praktis, khususnya mengenai nilai keadilan sosial yang bisa diajukan kepada si pelaku ketidakadilan melalui pengadilan, sehingga akan tercipta keadilan yang memang diharapkan.
PERAN PENDIDIK DALAM MENGHADAPI KERAGAMAN GAYA BELAJAR MURID Sine, Hendrick
Pengarah: Jurnal Teologi Kristen Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Alkitab Tiranus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.278 KB)

Abstract

Pemahaman tentang gaya belajar murid sangatlah penting bagi guru, pendidik atau dosen. Hal ini bertujuan membangun pembelajaran yang efektif dan kreatif dalam meresponi keunikan gaya belajar peserta didik. Selain itu, disain bahan ajar dan pemakaian metode mengajar haruslah relevan dengan kebutuhan peserta didik. Namun realitanya pemahaman ter­sebut masih belum maksimal. Oleh karena itu diperlukan kompetensi pendidik dalam menyiapkan hal tersebut sehingga proses pembelajaran di kelas menjadi bermakna, menginspirasi, mence­rahkan, kreatif, transformatif dan produktif. Metode penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa bila pendidik kurang pema­haman tentang gaya belajar anak dan gaya belajar dirinya dapat mengakibatkan pembelajaran tidak efektif dan kreatif. Sedangkan pendidik yang memahami gaya belajar yang berbeda dapat menciptakan proses pembelajaran yang efektif, kreatif dan produktif.
STUDI LITERATUR PENCIPTAAN TIMUR DEKAT KUNO Christian, Imanuel
Pengarah: Jurnal Teologi Kristen Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Alkitab Tiranus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.458 KB)

Abstract

Artikel ini merupakan sebuah kajian untuk menyodorkan gagasan teologis narasi penciptaan berdasarkan kebudayaan Timur Dekat Kuno. Dengan menggunakan pendekatan historis-kultural dan memakai metode studi komparatif, artikel ini akan membedah narasi penciptaan dalam Kejadian 1:1-2:3 melalui persamaan dan perbedaaan dengan Enuma Elish. Berdasarkan asumsi umum bahwa adanya kekerabatan kultur kultus di Fertile Crescent, artikel ini hendak mencari gagasan-gagasan teologis yang sejatinya hendak diungkapkan oleh penulis kitab Kejadian. Hasil dari pendekatan historikal kultural menyingkapkan bahwa penulis kitab Kejadian menaruh perhatian terhadap dua kerangka besar, yaitu konsep pencipta dan konsep ciptaan. Tentang konsep pencipta, hal-hal yang terungkap adalah penegasan terhadap konsep monoteisme, kenihilan teogoni dan ketiadaan konflik ilahi. Sedangkan terhadap konsep ciptaan, creatio ex nihilo dalam Kejadian 1:1-2:3, keteraturan dan kesempurnaan adalah hakikat dan sifat ciptaan.

Page 1 of 2 | Total Record : 11