cover
Contact Name
Henny
Contact Email
henny@fe.untar.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jmieb@untar.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
ISSN : 25796224     EISSN : 25796232     DOI : -
Jurnal Muara diterbitkan dalam rangka mendukung upaya pemerintah Republik Indonesia, khususnya Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk meningkatkan jumlah publikasi ilmiah di tingkat Nasional. Jurnal Muara ini juga dapat menjadi wadah publikasi bagi para mahasiswa (S1, S2 maupun S3) dan dosen di lingkungan perguruan tinggi.
Articles 34 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis" : 34 Documents clear
ANALISIS KEGIATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP RETURN SAHAM PADA INDUSTRI PERTAMBANGAN INDONESIA PADA PERIODE 2010-2016 Septaulia, Dinda Makhsya
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.284 KB) | DOI: 10.24912/jmieb.v2i1.1324

Abstract

Sejak CSR menjadi pusat perhatian dalam beberapa dekade terakhir, masyarakat maupun investor mengharapkan shareholders untuk bertindak lebih beretika dan socially responsible terhadap lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah dengan melakukan pengungkapan atas corporate social responsibility akan memberikan pengaruh terhadap return saham dari perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode data panel, dengan data dari perusahaan tambang Indonesia yang telah mempublikasikan laporan keuangan dan/atau laporan keberlangsungan mulai dari tahun 2010 hingga tahun 2016. Sehingga jumlah observasi penelitian adalah 126 data. Dengan variable independen CSR disclosure, cash flow growth dan return on assets dari tiap perusahaan, semua variable ini diharapkan mampu menjelaskan apa pengaruhnya terhadap return saham pada sampel perusahaan yang digunakan dalam penelitian. Hasilnya menunjukkan bahwa CSR disclosure, cash flow growth dan return on assets perusahaan tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap return saham.
KAJIAN MODEL KLASIFIKASI KEGAGALAN BISNIS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH Sunarjanto, Nekhasius Agus
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.231 KB) | DOI: 10.24912/jmieb.v2i1.1832

Abstract

Penelitian ini  yang mengkaji  model klasifikasi kegagalan usaha UMKM di Indonesia, yang telah dihasilkan pada penelitian tahun pertama  . kegagalan usaha adalah penurunan hutang lancar yang disebabkan ketidakmampuan UMKM untuk mendapatkan pinjaman  modal kerja . UMKM tidak mempunyai pencatatan yang standard akuntansi, sehingga peneliti  melakukan pelatihan dan pendampingan UMKM.  Hasil pelatihan dan pendampingan menghasilkan 50 responden yang memenuhi kriteria sebagai responden dalam penelitian ini  . Data yang dihasilkan pada pelatihan dan pendampingan tersebut berupa  laporan keuangan tahun 2016 . Dengan data laporan keuangan UMKM tersebut diuji dengan Model determinan kegagalan usaha mencakup tiga variabel: rasio modal kerja / total aset; rasio kewajiban lancar / kewajiban lancar; dan rasio aset / persediaan cepat.    Hasil penelitian ini   menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara estimasi dengan klasifikasi kegagalan aktual dibuktikan dengan paired sampel test dengan nilai t = 0.292 dan  significant 0.771, lebih besar dari 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa model indikator kegagalan keuangan dapat diterapkan untuk memprediksi kegagalan UMKM .Kata Kunci : Model kegagalan, Prediksi kegagalan, Uji beda,  UMKM
Pengaruh Kepemilikan Institusi, Kualitas Audit, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Post-IPO Survival Ciuyono, Adhi Christian
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.438 KB) | DOI: 10.24912/jmieb.v2i1.1706

Abstract

Abstrak: Para investor, praktisi, regulator dan pembuat kebijakan di Indonesia mencoba mencari tahu faktor-faktor apa saja yang membuat perusahaan dapat survive di pasar modal. Penelitian ini mengkaji apakah kepemilikan institusi, kualitas audit, profitabilitas, dan leverage berpengaruh signifikan positif terhadap post-IPO survival. Metode statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan subyek penelitian adalah perusahaan publik sektor barang konsumsi di Indonesia tahun 2010-2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan institusi dan profitabilitas memiliki pengaruh yang signifikan positif terhadap post-IPO survival sementara itu kualitas audit dan leverage tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap post-IPO survival. Kata-kata kunci: Post-IPO Survival, Kepemilikan Institusi, Kualitas Audit, Profitabilitas, Leverage.
Redaksi Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 2 No 1 UNTAR, DPPM
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.138 KB) | DOI: 10.24912/jmieb.v2i1.3332

Abstract

Redaksi Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 2 No 1
Pengaruh Corporate Governance, Profitabilitas, Leverage, dan Kualitas Audit Terhadap Real Earnings Management Devi, Clarissa Maya
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (592.756 KB) | DOI: 10.24912/jmieb.v2i1.1577

Abstract

 Abstract :The purpose of this study is to examine the affects of corporate governace, profitability, leverage and audit quality on real earnings management in manufacturing company  listed in Indonesia Stock Exchange during period 2014 until 2016. The total sample of this research was 63 manufacture companies. The result of this research shows that   profitability and audit quality has positive and significant affects on real earnings management, but corporate governance   and leverage has no effect on real earnings management. Keywords :Real Earnings Management, Corporate Governance, Audit Committee Meetings, Audit Committee of Accounting Experts, Profitability, Leverage, Audit Quality.
Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Fundamental Terhadap Harga Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012 – 2015) x, Ivan
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.155 KB) | DOI: 10.24912/jmieb.v2i1.756

Abstract

In efficient market theory it is mentioned that a price change of a stock's securities in the past can not be used to estimate price changes and the theory of signals is also mentioned that investors see signs made by managers of firms to predict future outlook. Therefore, the research was made to obtain empirical evidence by analyzing whether the fundamental factor has significant effect on stock price in manufacturing companies either partially or simultaneously on manufacturing companies listed on BEI in 2012-2015. The fundamental factors here are divided into profitability, solvency and liquidity are represented by ROA, ROE, NPM, DER, CashTA, TATO, and EPS ratios. Research using Data Panel Regression assisted with Eviews program. The results of research partially only NPM, CashTA and EPS variables that have a significant effect while for the variable ROA, ROE, DER and TATO no significant effect. Simultaneously all the variables together have a significant influence on stock prices.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI Arviana, Nerissa
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.803 KB) | DOI: 10.24912/jmieb.v2i1.1745

Abstract

Beberapa penelitian tentang kepatuhan wajib pajak orang pribadi dengan berbagai variabel bebas telah dilakukan dengan beragam hasil. Penelitian ini bertujuan menguji secara empiris  pengaruh pelayanan fiskus, sanksi perpajakan, tingkat pemahaman, kesadaran perpajakan, sosialisasi perpajakan, dan persepsi atas efektifitas perpajakan. Populasi dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan random sampling, data yang ada didapat dari pembagian kuesioner kepada responden di KPP Kembangan  secara acak sederhana.Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan fiskus memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Begitu juga dengan variabel  sanksi perpajakan , tingkat pemahaman, kesadaran perpajakan , sosialisasi perpajakan  dan persepsi atas efektiftas perpajakan. Kata Kunci : Pengaruh pelayanan fiskus, sanksi perpajakan, tingkat pemahaman,kesadaran perpajakan, sosialisasi perpajakan, persepsi atas efektifitas perpajakan,kepatuhan wajib pajak.
FENOMENA TANGGAP LABA INVESTOR: studi Pada Sektor Properti di Bursa Efek Indonesia. Tanusdjaja, Hendang; Ramli, Ishak
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.249 KB) | DOI: 10.24912/jmieb.v2i1.997

Abstract

Tanggap laba pemegang saham terhadap informasi laba masih belum konsisten. Studi ini bertujuan memberikan bukti empiris dan kajian terhadap reaksi pemegang saham terhadap informasi laba yang dipublikasikan. Dengan menggunakan perusahaan properti yang tercatat di Bursa Efek Indonesia berdasarkan informasi yang dipublikasikan selama tahun 2010 sampai dengan 2014 data dianalisis menggunakan  Analisis General Linear Model guna menguji pengaruh Corporate Governance dengan dimensinya, leverage, dan profitabilitas  terhadap koefisien tanggap laba (earnings response coefficient). Hasilnya bahwa tanggap laba pemegang saham sektor properti terhadap informasi Good Corporate Governance (GCG) sangat lemah karena masih lemahnya praktek implementasi GCG di Indonesia sehingga sinyal/informasi implementasi GCG belum dapat menggerakkan pihak investor (principal) untuk memberikan respons terhadap informasi laba yang disampaikan oleh agen. Demikian juga terhadap informasi besarnya utang tanggap laba pemegang saham sangat lemah bahkan terhadap informasi profitabilitas tidak terdapat tanggap laba.
PENGARUH KREDIBILITAS, INFORMATIF, DAN EMPATI SMS ADVERTISING TERHADAP INTENSI PEMBELIAN KONSUMEN DI JAKARTA Ekawati, Sanny
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.215 KB) | DOI: 10.24912/jmieb.v2i1.1669

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kredibilitas, infomatif dan empati dalam menerima SMS advertising terhadap intensitas pembelian konsumen. Tehnik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 93 responden yang tersebar di wilayah Jakarta. Selanjutnya data akan diolah menggunakan PLS (Partial Least Square). Hasil dari penelitian menyatakan  bahwa variabel  kredibilitas iklan SMS berpengaruh terhadap intensitas pembelian, variabel informatif iklan SMS berpengaruh terhadap intensitas pembelian, variable empati iklan SMS berpengaruh terhadap intensitas pembelian,  dan semua variabel independen (kredibilitas, informastif, dan empati) iklan SMS berpengaruh  secara simultan terhadap intensitas pembelian konsumen.Kata kunci: kredibilitas, infomatif, empati, intensitas pembelian, PLS
Determinan Efisiensi Operasional Perbankan Indonesia (Studi Empiris pada Perbankan Umum Konvensional di Indonesia Tahun 2011-2016). Deanna, Joanita Nadia
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.15 KB) | DOI: 10.24912/jmieb.v2i1.1554

Abstract

ABSTRACTThis research aims to analyze and verify the bank size, profitability, liquidity, credit risk, and income diversification as the determinant of bank’s operating efficiency in Indonesia. In this research, the bank’s operating efficiency proxied with the Operating Expense to Operating Income (OEOI) and Net Operating Margin (NOM). The sample selection using purposive sampling method and the samples are 81 Conventional Banks in Indonesia in 2011–2016. The data is analyzed using Structural Equation Modelling (SEM) with SmartPLS Software. The results show that bank size, profitability, and income diversification have positive influence towards bank’s operating efficiency. Whereas, bank liquidity and credit risk have negative influence towards bank’s operating efficiency.Keywords: Bank’s operating efficiency, bank size, profitability, liquidity, credit risk, and income diversification. ABSTRAKTujuan penelitian ini untuk menganalisis dan membuktikan ukuran, profitabilitas, likuiditas, risiko kredit, dan diversifikasi pendapatan perbankan sebagai determinan efisiensi operasional perbankan di Indonesia. Dalam penelitian ini, efisiensi operasional perbankan diproksikan dengan Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) dan Net Operating Margin (NOM). Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 81 Perbankan Umum Konvensional di Indonesia tahun 2011–2016. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran, profitabilitas, dan diversifikasi pendapatan perbankan berpengaruh positif terhadap efisiensi operasional perbankan. Sedangkan likuiditas dan risiko kredit perbankan terbukti berpengaruh negatif terhadap efisiensi operasional perbankan.Kata Kunci: Efisiensi operasional perbankan, ukuran perbankan, profitabilitas perbankan, likuiditas perbankan, risiko kredit perbankan, dan diversifikasi pendapatan perbankan.

Page 1 of 4 | Total Record : 34