cover
Contact Name
Henny
Contact Email
henny@fe.untar.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jmieb@untar.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
ISSN : 25796224     EISSN : 25796232     DOI : -
Jurnal Muara diterbitkan dalam rangka mendukung upaya pemerintah Republik Indonesia, khususnya Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk meningkatkan jumlah publikasi ilmiah di tingkat Nasional. Jurnal Muara ini juga dapat menjadi wadah publikasi bagi para mahasiswa (S1, S2 maupun S3) dan dosen di lingkungan perguruan tinggi.
Articles 18 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis" : 18 Documents clear
Kata Pengantar Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis UNTAR, DPPM
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (53.462 KB)

Abstract

Kata Pengantar Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan BisnisVolume 1 No 2Oktober 2017
PENENTU INTENSI PEMBELIAN TIKET PESAWAT ONLINE Wiryawan, Zahrida Zainal; Hidayah, Nur; Herawati R, Thea; Puspitowati, Ida
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.059 KB) | DOI: 10.24912/jmieb.v1i2.961

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor penentu intensi pembelian tiket pesawat secara online, yang meliputi kualitas jasa internet, persepsi penggunaan, pemahaman risiko, persepsi harga, kepercayaan online, dan pengetahuan internet terhadap intensi pembelian tiket online. Penelitian dilakukan terhadap 300 responden yang pernah berpergian dengan menggunakan aplikasi pembelian tiket secara online. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner pada responden yang terpilih sebagai anggota sampling. Teknik analisis dengan single dan multiple regression dengan menggunakan program Smartpls. Hasil dari penelitian menunjukkan kualitas jasa internet dan pengetahuan internet tidak berpengaruh, artinya tidak dapat digunakan sebagai prediktor intense pembelian tiket online. Sedangkan pemahaman risiko, persepsi harga, kepercayaan online, berpengaruh terhadap intense pembelian tiket online. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengelola tiket online untuk memperhatikan faktor yang menjadi intensi konsumen berbelanja tiket secara online. Perlu adanya perbaikan atas kualitas jasa tiket online dan pengetahuan internet terhadap tiket online, agar dapat menjadi dasar bagi intensi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian. Selain itu untuk persepsi pengguna, pemahaman resiko,harga dan kepercayaan tiket secra online terus harus dapat ditingkatkan karena ke empat hal ini memberikan pengaruh pada intensi pembelian konsumenKata kunci: Faktor penentu, Intensi pembelian, Tiket online
Daftar Isi Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 1 No 2 UNTAR, DPPM
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.29 KB)

Abstract

Daftar Isi Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan BisnisVolume 1 No 2Oktober 2017
ANALISIS FAKTOR SUKU BUNGA DAN JUMLAH UANG BEREDAR YANG BERPENGARUH TERHADAP HARGA SAHAM SEKTOR PERBANKAN Rozak, Abdul
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.979 KB) | DOI: 10.24912/jmieb.v1i2.934

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yakni melakukan analisis faktor suku bunga dan jumlah uang beredar terhadap gejolak harga saham perbankan persero yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011–2015. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan deskriptif dan verifikatif. Secara empiris, hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat suku bunga Bank Indonesia(BI-rate) dan beredarnya uang sebagai akibat jumlah penyaluran kredit kepada masyarakat telah memberikan dampak signifikan terhadap gejolak harga saham perbankan persero. Hasil uji t menunjukkan bahwa apabila nilai tingkat suku bunga meningkat 1 satuan dengan asumsi variabel lain adalah tetap, maka akan meningkatkan harga saham sebesar 1.352. Kemudian jika nilai jumlah uang beredar meningkat 1 satuan dengan asumsi variabel lain adalah tetap, maka akan meningkatkan harga saham sebesar 67.737. Sementara hasil uji ANOVA dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000 diperoleh nilai F hitung sebesar 54.15 > dari F tabel sebesar 3.16. Dengan demikian secara bersama-sama variabel tingkat suku bunga dan jumlah uang beredar berpengaruh signifikan terhadap harga saham sektor perbankan persero. Implikasi dari penelitian ini akan memberikan pemahaman yang luas serta iklim investasi yang kondusif kepada masyarakat mengenai adanya faktor utama dalam mempengaruhi volatilitas harga saham secara makro.Kata kunci : Tingkat Suku Bunga, Jumlah Uang Beredar, Harga Saham
PERILAKU KEUANGAN MASYARAKAT KAMPUNG DI MERAUKE Laode, Imelda C.; Herdjiono, Irine; Martanti, Eka Juni
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.134 KB) | DOI: 10.24912/jmieb.v1i2.1440

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran bagaimana perilaku keuangan masyarakat kampung di Merauke.Manfaat dari penelitian ini adalah dapat menjadi bahan pertimbangan penyusunan kebijakan dan program pengembangan ekonomi di kampung menuju masyarakat mandiri.Data diperoleh melalui kuesioner, wawancara dan pengamatan.Analisis data menggunakan analisis deksriptif.Informan penelitian ini berjumlah 75 orang dari empat kampung yaitu, Zenegi, Baad, Sermayam dan Onggari.Berdasarkan data dan analisis, perilaku keuangan masyarakat kampung dalam hal penganggaran, pengelolaan kas dan menabung masih rendah. Terdapat perbedaan perilaku menabung masyarakat pada kampung yang lebih maju daripada kampung yang lain yaitu perilaku keuangannya lebih baik. Kampung yang lebih maju ini lebih banyak dihuni oleh pendatang, dalam hal ini bukan masyarakat asli serta aktivitas perekonomiannya lebih berkembang pada kampung dengan masyarakat yang perilaku keuangannya lebih baik.Kata kunci: Kampung, Merauke, Perilaku keuangan
FAKTOR INTERNAL SEBAGAI PENENTU NIAT MAHASISWA UNTUK BERWIRAUSAHA Widjaya, Oey Hannes; Ekawati, Sanny
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.418 KB) | DOI: 10.24912/jmieb.v1i2.895

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor penentu minat mahasiswa untuk berwirausaha. Dari kajian pustakaa terdapat beberpa faktor internal yang  menentukan minat mahasiswa untuk berwirausaha. Penelitian dilakukan pada beberapa perguruan tinggi swasta yang memiliki konsentasi kewirausahaan yang terdapat di Jakarta. Sampel  dipilih dengan menggunakan  teknik purposive yang terdapat di  beberapa perguruan tinggi swasta pada mahasiswa fakultas ekonomi yang berkonsentrasi kewirausahaan. . Diteliti 300 mahasiswa  fakultas ekonomi yang terdapat di 10 lokasi perguruan tinggi di Jakata. Pengumpulan data diperoleh melaui kuesioner dengan menggunakan skala likert. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis faktor.Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat tiga faktor yang dominan dari internal yang dominan bagi mahasiswa berminat melakukan wirausaha. Dengan demikian hasil penelitian dapat  memberikan kontribusi bagi perguruan tinggi khususnya membekali mahasiswa untuk melakukan wirausaha, dengan meningkatkan pembelajaran kewirausahanan diharapkan dapat menumbuhkan minat mahasiswa untuk berwirausaha. Kata kunci: Faktor internal. Analisis faktor                     
Redaksi Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 1 No 2 UNTAR, DPPM
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.64 KB)

Abstract

Redaksi Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 1 No 2Volume 1 No 2Oktober 2017
RELEVANSI INFORMASI PERBANKAN PADA MANAJEMEN PERBANKAN DI INDONESIA Ramli, Ishak
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (825.948 KB) | DOI: 10.24912/jmieb.v1i2.1002

Abstract

Studi ini bertujuan membuktikan digunakannya informasi wajib yang diatur bank sentral (Bank Indonesia) untuk disampaikan tepat waktu dari periode ke periode, untuk mengendalikan kinerja bank. Laporan 105 bank di Indonesia dari tahun 2000 – 2012 digunakan untuk membuktikan informasi berguna untuk meningkatkan kinerja bank. Kinerja bank diukur dengan RORWA pada periode laporan di analisis dengan analisis regresi berganda terhadap informasi (laporan wajib kepada bank sentral) tentang efisiensi (BOPO), modal (CAR), deposito (DEPOSIT dan DEPOSIT FUNDING), pembiayaan usaha kecil (KUK), likuiditas (LDR), kualitas aset (NPL), dan profitabilitas (NIM dan ROA) yang dilaporkan periode sebelumnya. Hasilnya ditemukan bahwa semua informasi tersebut signifikan mempengaruhi kinerja bank. Semua informasi wajib dan ketat dari perbankan kepada bank sentral ternyata juga digunakan oleh perbankan dalam mengendalikan kinerja bank.  Kata kunci: Laporan Bank sentral, Informasi kegiatan bank, Manajemen bank, dan Kinerja bank
PENGARUH ATRIBUT PUSAT PERBELANJAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KAWASAN SENTRA PRIMER JAKARTA BARAT (STUDI KASUS: LIPPO MALL PURI DAN PURI INDAH MALL) Soewito, Perez Januar
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.164 KB) | DOI: 10.24912/jmieb.v1i2.1441

Abstract

SPBB Jakarta Barat merupakan sebuah pusat bisnis baru di mana terdapat 2 buah pusat perbelanjaan skala regional yaitu Puri Indah Mall dan Lippo Mall Puri. Kualitas atribut masing – masing pusat perbelanjaan memberikan pengalaman dan kepuasan belanja bagi konsumen. Hal ini menjadi menarik untuk dilihat bagaimana tingkat kepuasan konsumen pada persaingan pusat perbelanjaan di kawasan SPBB Jakarta Barat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan mengukur tingkat kepuasan konsumen pada 7 atribut pusat perbelanjaan Puri Indah Mall dan Lippo Mall Puri. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang berisikan pertanyaan dan pernyataan mengenai profil konsumen dan 7 atribut pusat perbelanjaan pada 150 konsumen pusat perbelanjaan di Puri Indah Mall dan Lippo Mall Puri. Hasil kuesioner kemudian dianalisis menggunakan analisis Likert Scale untuk mengetahui atribut pusat perbelanjaan yang memiliki peringkat teratas sampai terbawah. Hasil dari penelitian ini adalah dari 7 atribut pusat perbelanjaan pada Puri Indah Mall dan Lippo Mall Puri, 3 atribut dengan nilai tertinggi adalah Lingkungan Mall, Kenyamanan, dan Tenant Pengisi. Sedangkan atribut dengan nilai terendah adalah penghargaan / reward sehingga perlu ditingkatkan lagi. Dari hasil perbandingan tingkat kepuasan menunjukkan bahwa konsumen lebih puas pada atribut Lippo Mall Puri dibandingkan dengan atribut Puri Indah Mall. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Puri Indah Mall perlu lebih lagi meningkatkan kualitas atributnya agar konsumen – konsumen loyalnya dapat dipertahankan karena Lippo Mall Puri hadir dengan inovasi yang mampu menarik banyak konsumen.Kata kunci: Atribut, Pusat perbelanjaan, Kepuasan, Konsumen
PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PERUSAHAAN, PREDIKSI KEBANGKRUTAN DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT TERKAIT GOING CONCERN Nariman, Augustpaosa
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.448 KB) | DOI: 10.24912/jmieb.v1i2.1045

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Faktor-Faktor Perusahaan, Prediksi Kebangkrutan Dan Reputasi Auditor Terhadap Penerimaan Opini Terkait Going Concern (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Batu Bara Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2012-2015). Faktor-faktor perusahaan meliputi pertumbuhan perusahaan, kepemilikan institusional, ukuran perusahaan, prediksi kebangkrutan yang dihitung dengan menggunakan Altman Z Score, dan reputasi auditor yang dibedakan menjadi KAP big four dan KAP non big four.  Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan pertambangan batu bara yang telah diaudit oleh kantor akuntan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pertumbuhan perusahaan dengan melihat pada pertumbuhan aktiva akhir tahun dibandingkan dengan aktiva awal tahun (X1), kepemilikan perusahaan dengan melihat pada besarnya jumlah saham yang dimiliki oleh institusi (X2), ukuran perusahaan dengan menghitung Log dari total aktiva akhir tahun (X3), prediksi kebangkrutan Altman Z-Score dengan menggunakan lima variabel yang mewakili rasio likuiditas,  profitabilitas, rasio aktivitas (X4), dan reputasi auditor yang dibagi menjadi KAP big four dan KAP non big four (X5) dan variabel dependen dalam penelitian ini adalah opini audit going concern yang diterbitkan oleh kantor akuntan publik.    Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa pertumbuhan perusahaan, kepemilikan institusional, ukuran perusahaan, reputasi auditor tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern, sedangkan prediksi kebangkrutan dengan menggunakan model Altman Z Score menunjukkan hasil pengaruh yang signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern. Auditor akan melakukan analisis terhadap rasio keuangan perusahaan yang menunjukkan kinerja keuangan perusahaan yang akan mempengaruhi opini audit yang akan diberikan oleh kantor akuntan publik. Kata kunci: Pertumbuhan Perusahaan, Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan, Altman Z Score, Reputasi Audit

Page 1 of 2 | Total Record : 18