cover
Contact Name
Henny
Contact Email
henny@fe.untar.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jmieb@untar.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
ISSN : 25796224     EISSN : 25796232     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Muara diterbitkan dalam rangka mendukung upaya pemerintah Republik Indonesia, khususnya Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk meningkatkan jumlah publikasi ilmiah di tingkat Nasional. Jurnal Muara ini juga dapat menjadi wadah publikasi bagi para mahasiswa (S1, S2 maupun S3) dan dosen di lingkungan perguruan tinggi.
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis" : 21 Documents clear
PENGARUH PENGELUARAN per MAHASISWA, MOTIVASI BELAJAR DAN TINGKAT KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI AKADEMIK Nainggolan, Romauli
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (845.209 KB) | DOI: 10.24912/jmieb.v1i1.409

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pengeluaran per mahasiswa, motivasi belajar dan tingkat kecerdasan spiritual terhadap indeks prestasi mahasiswa Manajemen Universitas CIputra. Hal ini disebabkan fenomena yang terjadi yaitu rendahnya indeks prestasi mahasiswa justru terjadi dikalangan mahasiswa yang mempunyai biaya pengeluaran hidup yang lebih tinggi. Karena fenomena ditemukan mahasiswa status ekonomi tinggi mempunyai peningkatan IPK dibawah mahasiswa status ekonomi lemah, maka peneliti bertujuan untuk mengamati pengaruh pengeluaran tiap mahasiswa, tingkat motivasi dan tingkat kecerdasan spiritual mahasiswa terhadap indeks prestasi mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober – Februari 2017 dan jumlah populasi mahasiswa manjemen sebanyak 1.308 mahasiswa. Model Analisis pada penelitian ini adalah model Regresi logistik. Sample sebanyak 86 responden dengan metode pengambilan purposive sampling dengan instrument angket dan pengolahan data dengan program SPPS. Dari analisis deskriptif dan statistic diperoleh hasil bahwa indeks prestasi mahasiswa Manajemen UC berada pada kategori menurun dan sangat menurun bukan dipengaruhi oleh pengeluaran per mahasiswa, tingkat motivasi belajar dan kecerdasan spiritual. Karena ke -3 variabel ini hanya 3, 6% memberi efek kepada indeks prestasi belajar, sisanya dipengaruhi oleh factor lain. Implikasinya adalah para dosen dan orangtua mahasiswa harus tetap memberikan dukungan materi, motivasi dan dukungan spiritual kepada mahasiswa untuk menhindari indeks prestasi yang menurun.Kata Kunci: Pengeluaran mahasiswa, Motivasi belajar, Kecerdasan spiritual, Indeks prestasi.
PENGARUH PERINGKAT, LIKUIDITAS, KUPON DAN MATURITAS TERHADAP YIELD OBLIGASI PADA BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2013-2014 Susanti, Neneng; Permana, Muhamad Ruri
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1002.523 KB) | DOI: 10.24912/jmieb.v1i1.400

Abstract

Pasar Modal adalah tempat transaksi jual beli saham dan obligasi yang betrujuan untuk mendapatkan return. Penelitian ini menggunakan peringkat, likuiditas, kupon, dan maturitas obligasi sebagai variabel independent dan yield obligasi sebagai variabel dependentnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari peringkat, likuiditas, kupon, dan maturitas terhadap yield obligasi dari perusahaan-perusahaan yang terdaftar pada BEI periode 2013-2014. Obligasi sendiri ialah surat hutang yang diterbitkan oleh pemerintah ataupun perusahaan swasta kepada investor, dan dimana hutang tersebut harus dibayar pada jangka waktu yang ditentukan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar pada BEI periode 2013-2014 sebanyak 525 perusahaan setelah pemilihan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 25 perusahaan dengan 46 jenis obligasi yang terdaftar pada BEI periode 2013-2014 yang diolah dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 23. Penelitian ini memiliki hasil yang menunjukan bahwa secara simultan peringkat, likuiditas, kupon, dan maturitas berpengaruh positif secara signifikan terhadap yield obligasi sebesar 53,8% dan secara parsial kupon berpengaruh positif secara signifikan terhadap yield obligasi, sedangkan peringkat dan maturitas berpengaruh negatif secara signifikan terhadap yield obligasi lalu untuk variabel likuiditas memiliki hasil yang tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap yield obligasi.Kata Kunci: Yield Obligasi, Peringkat Obligasi, Likuiditas Obligasi, Kupon Obligasi, Maturitas Obligasi.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AGRESIVITAS PAJAK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI 2013–2015 W, Djeni Indrajati; Djumena, Sandy; Yuniarwati, Yuniarwati
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (594.322 KB) | DOI: 10.24912/jmieb.v1i1.415

Abstract

Beberapa penelitian tentang faktor yang mempengaruhi agresivitas pajak telah dilakukan dengan hasil yang belum konsisten. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris faktor likuiditas, leverage, capital intensity, komisaris independen dengan agresivitas pajak perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan 63 perusahaan terpilih sebagai sampel. Analisis data dilakukan dengan statistic deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis (analisis regresi berganda, uji F dan uji t). Hasil penelitian menunjukkan hanya likuiditas yang memiliki pengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak perusahaan sedangkan pengujian secara simultan memiliki pengaruh. Didapati juga bahwa semua variabel independen mempunyai pengaruh positif terhadap agresivitas pajak, sehingga hipotesis H2 dan H4 ditolak. Likuiditas  perusahaan agaknya lebih ditujukan untuk berekspansi jangka pendek, dan komisaris independen belum mampu meredam agresivitas pajak perusahaan. Kata Kunci: Likuiditas, Leverage, Capital Intensity, Komisaris Independen, Agresivitas Pajak             
THE IMPACT OF INFLATION, CERTIFICATE OF BANK INDONESIA, AND EXCHANGE RATE OF IDR/USD ON THE INDONESIA COMPOSITE STOCK PRICE INDEX Ekadjaja, Margarita; Dianasari, Daisy
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (734.812 KB) | DOI: 10.24912/jmieb.v1i1.405

Abstract

This research is done with the aim to know whether some macroeconomic variables, which are inflation rate, certificate of Bank Indonesia (SBI) rate, and exchange rate of IDR/USD have an impact on the movement of the composite stock price index (IHSG) at the Indonesia stock exchange (BEI) partially and simultaneously in the period of 2006–2014. The research population is inflation rate, SBI rate, and exchange rate of IDR/USD. Data analysis in this research is multiple regression by using time series monthly data of 2006–2014. Research results show that partially inflation rate gives positive significant impact on IHSG, SBI rate has negative significant impact on IHSG, and exchange rate of IDR/USD has positive significant impact on IHSG.  Simultaneously it shows that inflation, SBI rate, and exchange rate of IDR/USD have an impact on IHSG at BEI to the period of year 2006 – 2014.  Those variables affect IHSG by 58,74%, while other variables affect IHSG by 41,26%.  That information can be used by investors to make decision on their investment.Keywords: Inflation, SBI, Exchange rate, IHSG, BEI.
PEMBENTUKAN PORTOFOLIO OPTIMAL TIGA SAHAM LQ45 DAN PERBANDINGAN TERHADAP KINERJA REKSA DANA SAHAM PADA OKTOBER 2016 Hidayat, Erick Saputra
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1559.704 KB) | DOI: 10.24912/jmieb.v1i1.410

Abstract

This study attempts to form an optimal portfolio of three stocks derived from LQ45 stock index and compared with the best stock mutual fund made by investment manager according to realized return from September 2015 to September 2016 with monthly holding period. Optimal portfolio is a portfolio that provides the highest level of expected return for a given level of risk or the lowest risk for a given level of expected return in compare to other portfolios. The method used in this research is sharpe ratio.This research use a software named PORTO which is designed for portfolio investment and created by Edwin J. Elton, Martin J. Gruber, and Christopher R. Blake in 1995. The results of this research showed that the optimal portfolio of three stocks is better than stock mutual fund. The optimal portfolio of three stocks consist of 73.391% stock TLKM, 17.993% stock ADRO, and 8.616% stock LSIP. These combinations are expected to give 54.70% of expected return and 29.50% of risk with 1.654237 of sharpe ratio. The stock mutual fund is Treasure Fund Super Maxxi. This mutual fund are expected to give 40.52% of expected return and 75.85% of risk with 0.456417 of sharpe ratio.Keywords: Optimal portfolio, Mutual fund, Sharpe ratio, PORTO, LQ45
APAKAH PERUBAHAN PLANT LAYOUT DAPAT MENINGKATKAN EFISIENSI PRODUKSI? Suhardi, Agatha Rinta; Purnamaputri, Ajrina
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1235.92 KB) | DOI: 10.24912/jmieb.v1i1.401

Abstract

Sektor industri tekstil di Indonesia saat ini menjadi sektor yang berkembang dan memiliki peluang pasar yang besar. Peningkatan proses produksi dipengaruhi oleh layout produksi yaitu tata letak fasilitas yang digunakan. Kapasitas produksi yang maksimal dapat dilakukan dengan meninjau ulang plant layout bagian produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran plant layout, kendala yang dihadapi, serta memberikan usulan rancangan layout yang baru pada perusahaan. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi lapangan yang terdiri dari wawancara dan observasi, serta studi kepustakaan. Plant layout perusahaan berupa ukuran ruangan pabrik seluas 30,18 m2, susunan antar mesin terdiri dari 11 unit mesin proses pembuatan dan 237 unit mesin, jumlah produksi benang yang dihasilkan 180 unit per hari, waktu kerja proses produksi benang per hari selama 8 jam yang terbagi dalam tiga shift dalam satu hari, jumlah tugas produksi benang sebanyak tujuh, waktu yang dibutuhkan oleh setiap tugas produksi benang yaitu 720 detik per unit. Kendala yang dihadapi perusahaan adalah jarak antar mesin Bale opener, Super bale opener dan mesin NCF, Simplex berupa Nep (gumpalan kapas), Slub (kerataan sliver atau benang kasar), dan Grains (ukuran berat), Spinning, Ne (nomor benang), TPI (twist per inchi), U% (kerataan benang), Strenght (kekuatan benang “daya elongation”), dan winding, yang berupa kekuatan dan kerataan sambungan benang, warna cones, lilin pelicin(wax), gulungan crossing (benang silang), dan penulisan lot label. Usulan layout memakai metode line balancing pada perusahaan lebih efisiensi sekitar 75 %.Kata kunci : Plant layout, Efisiensi produksi, Metode line balancing
PENGARUH PUBLIC OWNERSHIP DAN GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP LEVERAGE DAN FUTURE EARNINGS RESPONSE COEFFICIENT Henny, Henny
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (777.15 KB) | DOI: 10.24912/jmieb.v1i1.416

Abstract

The purpose of the study to obtain empirical evidence regarding (1) The direct effect to Future Earnings Response Coefficient: (a) Public Ownership positive effect on Future Earnings Response Coefficient, (b) Growth Opportunity positive effect on Future Earnings Response Coefficient, (c) Leverage negatively affect Future Earnings Response Coefficient. (2) The indirect effect to Future Earnings Response Coefficient, through Leverage: (a) Public ownership through a leverage effect on Future Earnings Response Coefficient, (b) Growth Opportunity through a leverage effect on Future Earnings Response Coefficient. (3) The effect of direct and indirect effect that has the most significant effect on Future Earnings Response Coefficient. The method used is the Structure Equation Model (SEM) using AMOS 22, 2008-2011 with the data used from the years 2007 to 2014, bringing the total number of samples observed data 273 manufacturing companies. The results showed a variable that has a direct effect to Future Earnings Response Coefficient is variable Public Ownership, Growth Opportunity and Leverage, while the variable that most effect directly to Future Earnings Response Coefficient is variable Leverage. The variables that have an indirect effect to Future Earnings Response Coefficient through leverage is variable of  Growth Opportunity, so variable of Growth Opportunity through this leverage that most have indirect effect on Future Earnings Response Coefficient.Keywords: Future Earnings Response Coefficient, Growth Opportunity, Leverage, and Public Ownership
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CUSTOMER LOYALTY DI CARREFOUR Ariesty, Warniancy
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (907.13 KB) | DOI: 10.24912/jmieb.v1i1.406

Abstract

Persaingan bisnis retail yang semakin meningkat menuntut para pebisnis untuk menciptakan keunggulan kompetitif agar dapat mempertahankan pangsa pasarnya. Salah satu bisnis retail yang sedang marak di Indonesia yaitu Carrefour. Carrefour memiliki pelanggan yang sangat loyal dibandingkan dengan hypermarket yang lain. Namun, Carrefour tentu harus mempertahankan atau meningkatkan performance agar dapat mewujudkan customer loyalty. Customer satisfaction berkaitan dengan customer loyalty. Untuk meningkatkan customer satisfaction, Carrefour berupaya untuk dapat meningkatkan service quality. Tujuan penelitian yaitu untuk menguji dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi service quality terhadap customer satisfaction yang berdampak pada customer loyalty dalam memilih hypermarket. Objek penelitian yaitu pelanggan Carrefour kota besar di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel data dilakukan dengan menggunakan accidental sampling yang termasuk dalam nonprobability sampling. Data jawaban responden yang merupakan hasil dari penyebaran kuesioner kepada pelanggan Carrefour, diolah dan dianalisis menggunakan metode analisis data yaitu SEM (Structural Equation Modeling) berbasis PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian yang diperoleh yaitu variabel service quality berpengaruh terhadap customer satisfaction dan customer loyalty. Kata kunci: Service Quality, Satisfaction, Loyalty
Daftar Redaksi Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Editor, Jurnal Muara
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (69.252 KB)

Abstract

Daftar Redaksi Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN E_FILLING PADA WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI JAKARTA BARAT Daryatno, Andreas Bambang
Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (742.618 KB) | DOI: 10.24912/jmieb.v1i1.411

Abstract

The purpose of the research is to examine whether perceived usefulness, perceived ease of use, complexity, security and privacy, attitude toward using, readiness technology taxpayers information and voluntariness of using have significant effect on the e-filing use.  Thisresearch conducted on individual taxpayers located in West Jakarta. Total respondents were used as samples are as many as 100 people . This research uses SPSS version 23 software (Statistical Product and Service Solution 23)and Microsoft Excel inthe processing of research data. The results of this research show that perceived ease of use, complexity, security and privacy, readiness technology taxpayers information and voluntariness of using have a significant effect on the e-filing use, while attitude toward using don’t have a significant effect on e-filing use.Key words: Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Complexity, Security and Privacy, Voluntariness, Readiness Technology Taxpayers Information, Tax General Knowledge, E-Filing Use

Page 1 of 3 | Total Record : 21