cover
Contact Name
Gerardus Gilang
Contact Email
gilang@starki.id
Phone
-
Journal Mail Official
gilang@starki.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
ISSN : 25410741     EISSN : 25982443     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis adalah jurnal ilmiah bidang ilmu komunikasi serta ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan bidang komunikasi yang diterbitkan oleh STIKS TARAKANITA, Program Studi S1 Komunikasi di Jakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi menyampaikan sumbangan pemikiran di bidang komunikasi yang otentik, analitis dan kritis kepada para akademisi yang menaruh perhatian dan berminat di bidang ilmu komunikasi. Terbit satu tahun dua kali bulan April dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis" : 7 Documents clear
Strategi Komunikasi Guru Dalam Proses Belajar Anak Tunanetra Dengan Menerapkan Multimodal Learning Di Sekolah Luar Biasa Negeri A Bandung Saragi, Emiliana Sari
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Communication is a social activity in the learning process. Teachers are required to have their own learning strategies by utilizing other sensory tools except visual sensory. To achieve learning objectives, teacher communicate the learning materials by applying several methods. One of the learning methods that teacher applied in special school for blind students is multi modal learning method. Multimodal learning is a learning activity by combining several methods of learning methods so the message more widely and more easily understood by students with visual impairment. Not only forming the learning method, but teacher that teach in special school for blind students also has its own strategy to sending the learning messages to students with visual impairment in the classroom. The purpose of this research is to see how strategy communication that teacher do in the class to teach the visual impairment students and communication pattern between teacher and students with application multimodal learning method in class. This research uses constructivist paradigm through case study approach. The result of this research shows that The result of the research shows that there are stages of learning strategy which is done by teacher in the class, that is the stage of forming the personal relationship, the stages form the proximity relationship, the stages of choosing the teaching materials, the stages of delivery strategy by applying multi modal learning that is combination of auditory-kinesthetic learning style, kinesthetic visual-visual, the learning stages and the teacher's response to the students. The strategy is communicated by applying a two-way communication pattern in the classroom.Komunikasi merupakan kegiatan sosial yang dilakukan pada proses belajar mengajar. Guru dituntut untuk membentuk strategi pembelajaran yang berbeda di dalam kelas dengan memanfaatkan alat indera lainnya yang ada pada murid tunanetra selain indera penglihatan. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, guru mengkomunikasikan materi pembelajaran dengan menerapkan beberapa metode. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan guru pada Sekolah Luar Biasa Negeri A Bandung adalah metode multimodal learning. Multimodal learning merupakan kegiatan pembelajaran dengan menggabungkan beberapa metode pembelajaran sehingga makna pesan lebih luas dan lebih mudah dipahami oleh murid tunanetra. Tidak hanya pembentukan metode pembelajaran, namun guru Sekolah Luar Biasa Negeri A Bandung juga memiliki strategi tersendiri dalam mengirimkan pesan pembelajaran kepada murid tunanetra di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan guru dalam mengajar anak berkebutuhan khusus tunanetra serta pola komunikasi antara guru dan murid dan penerapan metode pembelajaran multimodal yang di lakukan guru dalam mengirimkan pesan pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis melalui pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat tahapan strategi pembelajaran yang di lakukan guru di dalam kelas, yaitu tahapan pembentukan hubungan pribadi, tahapan membentuk hubungan kedekatan, tahapan memilih bahan ajar, tahapan strategi penyampaian dengan menerapkan multi modal learning yaitu penggabungan gaya belajar auditori-kinestetik, kinestetik-visual audio visual, tahapan hasil pembelajaran dan tahapan respon guru terhadap murid. Strategi tersebut dikomunikasikan dengan menerapkan pola komunikasi dua arah di dalam kelas.
Adaptasi Budaya Pada Mahasiswa Asing Di Indonesia (Studi Fenomenologi Pada Mahasiswa Asing Di Kota Bandung) Fakhriana, Tinka
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studying overseas is not something new and bizarre anymore because of the easy access. Indonesia is one of the country who gave easy access for foreign students to study in their country. Tons of foreign students accross the country proves that. The foreign students who chose to study in Indonesia, for sure will have to do cultural adaptation and intercultural communication with Indonesian people. The purposes of this research are to know the strategy foreign students use to deal with cultural adaptation and the strategy they use in order to achieve an effective intercultural communication while studying in Indonesia. The method of this research is phenomenology with interview and observation as the technique to get datas. The results of this research are foreign students use different strategy to adapt with Indonesian cultures, such as increasing tolerance, have a strong will and self concept, also with connecting with Indonesian people. Other than that, foreign students also have different principles they hold in order to reach effective intercultural communication, such as to be open, to be positive, to give good respond, and to be active.Belajar keluar negeri bukanlah suatu hal yang baru atau asing di masa sekarang. Indonesia merupakan salah satu negara yang memberikan kemudahan bagi pelajar asing yang ingin melakukan studi di Indonesia. Hal ini dibuktikan oleh banyaknya jumlah mahasiswa asing di Indonesia, menyebar diseluruh universitas di Indonesia. Para mahasiswa asing yang memilih untuk melakukan studi di Indonesia sudah pasti akan mengalami proses adaptasi budaya dan berkomunikasi antarbudaya dengan masyarakat lokal Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu strategi adaptasi budaya dan strategi yang digunakan mahasiswa asing untuk mencapai komunikasi antarbudaya yang efektif selama menjalani studi di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah fenomenologi dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Dalam penelitian ini digunakan teori adaptasi budaya dan teori komunikasi antarbudaya. Hasil dari penelitian ini adalah mahasiswa asing yang melakukan studi di Indonesia memiliki strategi masing-masing dalam menghadapi proses adaptasi budaya, antara lain dengan meningkatkan rasa toleransi, memiliki konsep diri dan diri, serta menjalin koneksi dengan masyarakat Indonesia. Selain itu mahasiswa asing di Indonesia pun memiliki beberapa prinsip yang dipegang sebagai strategi untuk mencapai komunikasi antarbudaya yang efektif. Prinsip-prinsip tersebut antara lain adalah keterbukaan, sikap positif, respon yang baik, dan berperan aktif.
Analisis Iklan Instant Messaging Line Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Starbucks Di Jakarta Selatan Oktivera, Elsie
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research was conducted to examine the marketing communication strategies carried out by Starbucks promotion through Instant Messaging Line. Starbucks is a coffee shop company that has brand strength. This research has 2 variables, namely variable x (Starbucks advertisement through Instant Messaging Line) and variable y (buying interest of Starbucks consumers in South Jakarta). This study aims to determine the effect of Starbucks advertisements made with the instant messaging line media that influence buying interest, especially Starbucks consumers in South Jakarta. The research method used is quantitative methods with respondents of this study were 221 respondents. Data was collected by questionnaire distribution techniques and processed with SPSS 22. The results showed the influence of Starbucks advertising through the instant messaging line of 52.5% on consumer buying interest, and the remaining 47.5% was influenced by other variables not included in this studyPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh strategi komunikasi pemasaran Starbucks melalui media Line. Starbucks merupakan salah satu perusahaan kedai kopi yang memiliki kekuatan brand. Penelitian ini memiliki 2 variabel, yaitu variabel x (iklan Starbucks melalui Instant Messaging Line) dan variabel y (minat beli konsumen Starbucks di Jakarta Selatan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan Starbucks yg dilakukan dengan media instant messaging Line yang memengaruhi minat beli khususnya konsumen Starbucks di Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 221 responden. Data dikumpulkan dengan teknik penyebaran kuesioner dan diolah dengan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh iklan Starbucks melalui instant messaging Line sebesar 52,5% terhadap minat beli konsumen, dan sisanya sebesar 47,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini
Perilaku Komunikasi Komunitas Korea Dalam Pembentukan Modal Sosial (Studi Fenomenologi Pada Komunitas Korea Hansamo Bandung) Pinky, Wigo Mardana
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Korean Wave as known as Hallyu causes many communities of korean lovers in Indonesia, one of them is in Bandung. Hansamo is a korean community that has been acknowledged by the Korean Government. Hansamo do things like exchange informations about Korea. The same love for Korea caused a social relationship. Building a positive relationship can not be apart from the communication effort. The purpose of this research is to know the member’s motive, the relationship in building social capital, the use of verbal and non verbal communication in building social capital, and the process of social capital building in Korean Community Hansamo. The method used in this research is qualitative method with phenomenology approach. This research used in depth interview and observation as it’s primary data collecting technique, and as the secondary data collecting technique, this research used literatures both conventional and online. This research used the theory of communication behavior and the theory of social capital. The result of this research are the motives came from Because motive and In order to motive, there is a relation inside the social capital which are strong ties, weak ties, and latent ties that are in the verbal communication behavior, beside in the non verbal is kinetic (body moves) and paralinguistic (voices) and also social capital building which happened in bonding social capital and bridging social capital.Korean Wave atau yang dikenal dengan Hallyu menimbulkan berbagai komunitas-komunitas pecinta Korea di Indonesia, salah satunya yaitu Kota Bandung. Hansamo adalah komunitas Korea yang telah diakui oleh Pemerintah Korea. Komunitas Hansamo melakukan pertukaran informasi tentang hal-hal mengenai Korea. Dengan adanya persamaan mengenai kecintaan pada Korea, menimbulkan hubungan social. Dalam membentuk hubungan positif tidak terlepas dari upaya komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif anggota, hubungan yang terjalin di dalamnya untuk membentuk modal sosial, penggunaan komunikasi verbal dan nonverbal dalam pembentukan modal sosial, dan proses pembentukan modal sosial Komunitas Korea Hansamo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dalam penelitian ini, pengumpulan data meliputi sumber primer yaitu wawancara mendalam dan observasi partisipatif, serta sumber sekunder sepert buku, skripsi, jurnal maupun media online. Teori yang digunakan yaitu perilaku komunikasi dan modal sosial. Hasil dari penelitian ini meliputi terbentuknya motif yang berasal dari because motive dan In Order to Motive, adanya hubungan dalam modal sosial yaitu strong ties, weak ties, dan latent ties yang terdapat pada perilaku komunikasi verbal sedangkan nonverbal yaitu kinesik (gerak tubuh) dan paralinguistik (suara) serta pembentukan modal sosial yang terjadi pada bonding social capital dan bridging social capital.
Pola Pendampingan pada Pasien Gangguan Jiwa (ODGJ) di Yayasan Dzikrur Ghofilin Wonosobo Rustanta, Agustinus -
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perawatan terhadap penderita gangguan jiwa di Yayasan Dzikrur Ghofilin merupakan jenis perawatan yang unik. Para perawat adalah mantan penderita gangguan jiwa. tidak dengan memberikan obat-obatan dalam proses perawatan para pasien namun relawan memanfaatkan interaksi dan komunikasi antarpribadi karena relawan berangkat dari pemahaman bahwa penderita gangguan jiwa bukan penyakit fisik namun terjadi gangguan dalam jiwanya. Oleh karena itu, obat yang paling cocok adalah komunikasi. Komunikasi yang paling efektif dan efisien adalah komunikasi yang dilakukan oleh mantan penderita gangguan jiwa. Pengalaman mereka menjadi obat yang paling mujarab karena ada kepercayaan dari kedua belah pihak. Relawan percaya ia mampu membantu pasien dan pasien percaya ia akan sembuh dengan bantuan orang yang lebih dulu sembuh. Terdapat beberapa tahap yang relawan lakukan setiap menerima pasien gangguan jiwa yang baru.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah perawatan terhadap penderita gangguan jiwa di Yayasan tersebut. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari wawancara mendalam dengan dua orang relawan dan dua orang mantan penderita gangguan jiwa yang sudah dinyatakan sembuh. Data diperoleh dengan field work, observasi partisipan, dan wawancara. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa proses pendampingan terhadap para penderita gangguan jiwa meliputi perkenanlan (orientasi), identifikasi (penggalian informasi dari keluarga dan pasien), eksplorasi, dan diakhiri dengan terminasi yaitu fase dimana pasien sudah siap kembali kepada masyarakat.
Konstruksi Citra Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) Dalam Pilkada Dki Jakarta 2017 Putaran I Melalui Pemberitaan Di Kompas.Com Dan Republika.Co.Id Pada Periode September 2016 - Februari 2017 Kurniawan, Yoseph Wahyu
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

DKI Jakarta is the most prominent and interesting area especially during the Jakarta Regional Election in 2017. The election of Governor and Vice Governor of DKI Jakarta, it seems to be the main attraction. In addition to the Capital City factors, the candidates who compete for the number one seat in Jakarta also become a magnet of its own, not only for the citizens of Jakarta but also for all Indonesian citizens. One of all the candidates who become a phenomenon in Jakarta Regional Election 2017, namely Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). The incumbent candidate is known as a regional leader who is full of controversy, both in terms of his personality and his performance during his term as the Governor of DKI Jakarta. Although Ahok has been plagued by various problems and other negative issues during the Jakarta Regional Election 2017, but Ahok actually succeeded in getting the most votes in the first round of elections. By using descriptive qualitative research method, constructivism paradigm, theory and concept of agenda setting II, sociology media and framing analysis from Robert Entman, writer concludes that kompas.com and republika.co.id have different ideologies and media agenda in proclaiming Ahok figure, therefore that matter can affect the construction of image from Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) itself in The Jakarta Regional Election 2017.DKI Jakarta merupakan daerah yang paling menonjol dan menarik perhatian khususnya selama masa Pilkada serentak tahun 2017. Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, memang seolah menjadi daya tarik tersendiri. Selain karena faktor Ibu Kota, para kandidat yang bersaing untuk memperebutkan kursi nomor satu di DKI Jakarta tersebut juga turut menjadi magnet tersendiri, tidak hanya bagi warga Jakarta melainkan juga bagi seluruh warga Indonesia. Salah satu calon yang menjadi fenomena di Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 kali ini yaitu Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Calon Gubernur petahana atau incumbent ini dikenal sebagai sosok pemimpin daerah yang penuh dengan kontroversi, baik dari segi pribadinya maupun kinerjanya selama menjadi Gubernur DKI Jakarta. Meskipun Ahok banyak dilanda berbagai persoalan serta isu negatif lainnya selama masa Pilkada DKI Jakarta 2017, namun Ahok justru berhasil memperoleh suara terbanyak pada putaran pertama. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, paradigma konstruktivisme, teori dan konsep agenda setting II, sosiologi media dan analisis framing milik Robert Entman penulis dapat menyimpulkan bahwa kompas.com dan republika.co.id memiliki ideologi serta agenda media yang berbeda di dalam memberitakan sosok Ahok, sehingga hal itu tentu saja dapat mempengaruhi konstruksi citra dari sosok Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) itu sendiri di Pilkada DKI Jakarta 2017.
Cover, Editorial Team, Table of Contents Seputro, Andi
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 7