cover
Contact Name
Gerardus Gilang
Contact Email
gilang@starki.id
Phone
-
Journal Mail Official
gilang@starki.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
ISSN : 25410741     EISSN : 25982443     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis adalah jurnal ilmiah bidang ilmu komunikasi serta ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan bidang komunikasi yang diterbitkan oleh STIKS TARAKANITA, Program Studi S1 Komunikasi di Jakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi menyampaikan sumbangan pemikiran di bidang komunikasi yang otentik, analitis dan kritis kepada para akademisi yang menaruh perhatian dan berminat di bidang ilmu komunikasi. Terbit satu tahun dua kali bulan April dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis" : 8 Documents clear
Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Adopsi Inovasi Aplikasi Permainan Daring Arena Of Valor Mahar, Nanda Tri
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

As a new comer of MOBA-based game in Indonesia, Arena Of Valor has been promoted massively. This research to know how big is the influence of promotional mix which is consisted of advertising, sales promotion, public relations, events and experience, direct and interactive marketing, and word of mouth marketing towards innovation-adoption of online game apps Arena Of Valor. This research is a quantitative research which involves 1066 respondents. Based on the result, it can be shown that 65,5% promotional mix influencing innovation adoption of online game apps Arena Of Valor and the other 34,5% is not researched in this researchSebagai pemain baru dalam permainan daring MOBA yang masuk pasar Indonesia, Arena Of Valor gencar melakukan aktivitas promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran promosi yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, acara dan pengalaman, pemasaran langsung dan interaktif, dan pemasaran dari mulut ke mulut terhadap adopsi inovasi aplikasi permainan daring Arena Of Valor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif yang melibatkan 1066 responden sebagai sampel. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa pengaruh bauran promosi mempengaruhi adopsi inovasi aplikasi permainan daring Arena Of Valor sebesar 65,5% sedangkan 34,5% lainnya tidak diteliti dalam penelitian ini
Cover, Editorial Team, Table of Contents Seputro, Andi
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Analisis Hermeneutika Atas Lirik Lagu Indonesia Raya Tiga Stanza Sebagai Peneguhan Cinta Tanah Air Loho, Don Bosco
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hermeneutics is a theory originally intended to interpret scriptural text. But, nowadays hermeneutics also objected to understand the various forms of text that ultimately meas as a process of changing something or situation of ingnorance to be understood, and implemented in various interpretations of the text, one of which is the interpretation of song lyrics. One of philosophers who explored this theory is Hans-Georg Gadamer. According to Gadamer, an artist or author of a text may not necessarily be the ideal interpreter. Gadamer’s hermeneutics prioritizes the dialectical between the interpreter and the text by looking at the historical and cultural background of the text and  the text autor itself. This research interpret the three stanzas lyrics of Indonesia Raya antheme Song of Indonesia authored by Wage Rudolf Supratman. The research done under qualitative interpretif method. The findings  of the this research stated that the lyrics of Indonesia Raya has a deep meaning and loving upon the the homeland of Indonesia. This song will strengthen the Indonesian nasionalism spirit in order to gain Great Indonesia.Hermeneneutika merupakan teori yang pada awalnya bertujuan untuk menafsirkan teks kitab suci. Namun seiring berjalannya waktu, hermeneutika juga bertujuan untuk memahami berbagai bentuk teks yang pada akhirnya diartikan sebagai proses mengubah sesuatu atau situasi ketidaktahuan menjadi mengerti, dan hal tersebut diimplementasikan pada teori penafsiran teks, salah satunya adalah penafsiran lirik lagu. Salah satu filsuf yang mendalami teori ini adalah Hans-Georg Gadamer. Bagi Gadamer, seniman atau pengarang suatu teks belum tentu dapat menjadi interpreter atau penafsir yang ideal. Hermeneutika Gadamer mengutamakan proses dialektika antara pernafsir dengan teks dengan melihat latar belakang sejarah dan kebudayaan dari teks dan pembuat teks  itu sendiri. Penelitian ini menafsirkan lirik lagu tiga stanza Indonesia Raya gubahan Wage Rudolf Supratman yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif interpretif. Hasil penelitian menyatakan bahwa lagu kebangsaan Indonesia Raya memiliki makna yang mendalam akan kecintaan terhadap tanah air Indonesia. Lagu ini memberikan semangat dan meneguhkan rasa nasionalisme untuk terwujudnya Indonesia Raya.
Pola Komunikasi Ibu Anak Pada Keluarga Buruh Migran Perempuan di Wonosobo, Jawa Tengah Palindangan, Linus Kali
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Children are a blessing to the family. Therefore, they should be nurtured, well groomed and educated, and later, shall be able to contribute to their families, community, and nations. Family is the first place a child experiences education. In this case the role and function of parents in educating children becomes very important especially for the growth and development of children. But what happened to the family of female migrant workers in Tracap Village, Kaliwiro Wonosobo is very unique. A mothers who should stay home take care of children, instead going abroad and become migrant workers. This fact raises a question mark. How is the parent's communication pattern with her child intertwined? The purpose of this research is to know about parent communication pattern with children of the family of female migrant worker in Wonosobo and the impact of the communication pattern to the development of child's behavior and talent. This research is using qualitative research method. The data obtained through direct observation, interviews, documentation and literature study on women migrant workers from Wonosobo. After passing the data validity test by using data triangulation and data analysis technique through interactive process hence we can convey result of research as follows: 1) communication pattern between parent to their children in the family of female migrant worker in Tracap Village Kaliwiro Wonosobo is permissive communication pattern. 2) Such pattern of communication will have further affects on the formation of child unusual behavior and talent. An example is when a 8-year-old child whom never wear a clothes, and have no shame on doing so. Or the habit to eating white rice with raw water. Or drink raw water. Or other behavior in the form of taking his brother to take the neighbor's crop without feeling guilty when he was 10 years old.Anak merupakan berkat bagi keluarga. Oleh karena itu, anak harus dirawat, dididik dengan baik, agar kelak berguna bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Keluarga adalah tempat paling pertama seorang anak mengalami pendidikan. Dalam hal ini peranan dan fungsi orangtua dalam mendidik anak menjadi sangat penting teristimewa bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Namun yang terjadi pada keluarga buruh migran perempuan di Desa Tracap Kaliwiro Wonosobo adalah sangat unik. Ibu yang seharusnya tinggal di rumah mengasuh anak, justru pergi ke luar negeri untuk menjadi buruh migran. Kenyataan ini menimbulkan tandatanya. Bagaimana pola komunikasi orangtua dengan anaknya terjalin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pola komunikasi orangtua dengan anak pada keluarga buruh migran perempuan Wonosobo serta dampak pola komunikasi tersebut terhadap perkembangan perilaku dan bakat anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka tentang buruh migran perempuan wonosobo. Setelah melalui uji validitas data dengan menggunakan trianggulasi data dan teknik analisis data melalui proses interaktif maka dapat kami sampaikan hasil penelitian seperti berikut ini: 1) pola komunikasi orangtua anak pada keluarga buruh migran perempuan di Desa Tracap Kaliwiro Wonosobo adalah pola komunikasi permisif. 2) Pola komunikasi yang demikian selanjutnya berdampak pada pembentukan perilaku dan bakat anak yang tidak wajar. Seperti tidak pernah memakai baju meskipun umurnya sudah 8 tahun tanpa malu sedikit pun. Atau terbiasa makan makanan berupa nasi putih disiram air mentah. Atau minum air mentah. Atau perilaku lain berupa mengajak saudaranya mengambil tanaman milik tetangga tanpa merasa bersalah padahal umurnya sudah 10 tahun
Presentasi Diri Grup K-Pop Cover Dance (Studi Dramaturgi Pada Grup K-Pop Cover Dance Sinister) Kenzy, Yosefin Mareta Natasya
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Cover dance is an informal term for reproducing boyband’s or girlband’s dance. One of a special cover dance grup in Bandung that still exist among all teenagers K-Pop lovers is Sinister. Sinister are a cover dance group who perform covers boyband’s dance from South Korea, NCT (Neo Culture  Technology).  As performers  cover  dance, Sinister  have  to  represent themselves like boyband NCT. Any member of Sinister get a different role when doing cover dance. The purpose of this research is to know how Sinister forming the impression that they want to show. This research used qualitative method with the study dramaturgy on five informants, who are a couple members of Sinister group. The results found that Sinister group, build the impression and represent themselves as NCT groupCover dance adalah sebutan untuk sebuah kegiatan mereproduksi tarian  girlband atau boyband. Salah satu grup cover dance yang eksis dikalangan remaja pencinta K-pop di Bandung adalah Sinister. Sinister adalah kelompok cover dance yang melakukan cover tarian dari boyband Korea Selatan, NCT (Neo Culture Technology). Sebagai performer cover dance, grup Sinister harus merepresentasikan diri layaknya boyband NCT. Setiap anggota Sinister mendapatkan peran yang berbeda ketika melakukan cover dance. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara grup Sinister dalam membentuk kesan yang ingin mereka tampilkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi dramaturgi kepada 5 informan kunci, yaitu beberapa anggota grup Sinister. Hasil penelitian menemukan bahwa grup Sinister membentuk kesan dan merepresentasikan diri mereka seperti layaknya grup NCT
Strategi Komunikasi Pemasaran Anjungan Taman Mini Indonesia Indah Sebagai Media Promosi Pariwisata Indonesia Anugerah, Della Khadijjah Chrishma; Sugandi, Mohamad Syahriar
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tourism as one source of foreign exchange, which makes the need for promotion for Indonesian tourism is increasing. Taman Mini Indonesia Indah as a tourist place that can provide a complete picture of the whole of Indonesia through its pavilions that fully reflect the picture of a province in accordance with the original object or culture. This research uses qualitative research method, Qualitative Research Type in this research is case study research. Case study data were obtained by interviews, observations, and documents. Marketing Communication Strategy implemented by Taman Mini Pavilion aims to introduce, preserve, and develop Indonesian culture where TMII position itself as Show-Window of Indonesian Culture.
Strategi Komunikasi Dalam Sosialisasi Perencanaan Pembangunan Kota Melalui Bandung Planning Gallery Maesaroh, Nia
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bandung Planning Gallery is Bandung planning platform as a form og transparency in terms of development by the government of Bandung. In claim as a platform of city planning with the most advanced technology facilities in Indonesia such as interactive touch screen, augmented reality technology, to virtual reality technology. The presence of Bandung Planning Gallery is expected to be a step appropriate communication strategy in conveying information related to urban development planning to the people of Bandung. The purpose of this research is to know the role of knowing how communication strategy used by Bandung Planning Gallery in socializing Bandung development plan. Departure by qualitative descriptive method, this research use some data collecting technique that is deep interview technique, observation and document. The research finds that Bandung Planning Gallery has an important role and strategy used in conveying the development planning of Bandung city in the past, the city of Bandung today, and the development planning of Bandung city in the futureBandung Planning Gallery ialah anjungan perencanaan Kota Bandung sebagai bentuk transparansi dalam hal pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung. Di claim sebagai anjungan perencanaan kota dengan fasilitas teknologi tercanggih yang ada di Indonesia seperti layar sentuh interaktif, teknologi augmented reality, hingga teknologi virtual reality. Hadirnya Bandung Planning Gallery diharapkan bisa menjadi langkah strategi komunikasi yang tepat dalam menyampaikan informasi terkait perencanaan pembangunan kota kepada masyarakat Kota Bandung. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui peran serta mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang digunakan Bandung Planning Gallery dalam mensosialisasikan perencanaan pembangunan Kota Bandung. Berangkat dengan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa Bandung Plannning Gallery memiliki peran penting serta strategi yang digunakan dalam menyampaikan perencanaan pembangunan Kota Bandung pada masa lalu, Kota Bandung masa kini, dan perencanaan pembangunan Kota Bandung pada masa mendatang
Persepsi Mahasiswa Terhadap Kredibilitas Dosen Dan Daya Tarik Dosen Rustanta, Agustinus -
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Not all people are able to be good educators. A person who wants to be an educator or a lecturer must have pedagogic skills and be an expert on his field. He/she must be credible and attractive as she/he will be a role model for his/her students. From the point of view of communication, she/he should be able to deliver his/her subjects to students. He/she should have skilss of ethoes, pathoes, and logoes as Aristotle said. He/she should be a good public speaker for his/her students. This research is to see if there is a positive effect between credibility and attractiveness to student motivation to learn. It is a quantitative research in which the researcher is trying to achieve a comprehesive description about the effect of credibility and attractiveness to the students motivation. It shows that there a posititive and significant effect on the credibility (1.9%) and attractiveness (11.6%) to students motivation. His/her  charisma  has the very positive and significant effects to motivationTidak semua dosen layak dan pantas menjadi dosen. Ia harus tidak hanya menguasai keterampilan mengajar namun ia juga harus mejadi pakar di bidangnya. Ia harus credible sehingga ia dapat menjadi role model bagi para mahasiswanya. Karena perannya sebagai role model, syarat menjadi dosen makin lama makin sulit. Dari sisi komunikasi, ia harus mampu menyampaikan isi mata kuliah dengan baik. Aristoteles menyebutnya sebagai kemampuan beretorika dengan konsep etos, patos dan logos. Ia tidak hanya pakar dibidangnya namun juga harus menarik dalam bertutur kata terutama dalam membawakan mata kuliah di depan para mahasiswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kredibiliyas dosen dan daya tarik dosen mampu memberikan dampak positif kepada mahasiswanya. Menggunakan pendekatan kuantitatif, peneliti ingin mencoba mendapatkan gambaran secara umum mengenai pengaruh variabel kredibilitas dan daya tarik dosen terhadap motivasi mahasiswa untuk belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memang benar bahwa kredibilitas dan daya tarik dosen memberikan dampak pada motivasi mahasiswa untuk belajar namun jika diteliti lebih jauh, kredibilitas dosen tidak secara positif dan signifikan berpengaruh pada motivasi mahasiswa (1,9%). Sedangkan variabel daya tarik dosen menyumbang 11,6% terhadap motivasi belajar mahasiswa Tarakanita. Jika diteliti lebih jauh komponen kharisma saja yang secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap tinggi rendahnya motivasi belajar mahasiswa

Page 1 of 1 | Total Record : 8