JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi
Published by Universitas Kadiri
ISSN : -     EISSN : 26212374
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi (JIMEK) merupakan jurnal ilmiah yang berisi publikasi beberapa skripsi dan hasil penelitian mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri yang berdasar dari teori Manajemen dan Ekonomi Pembangunan. JIMEK terbit setahun dua kali yaitu pada bulan Juli dan Desember.
Articles 30 Documents
Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Economic Value Added (EVA) Dan Market Value Added (MVA) Pada Perusahaan Rokok Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2012-2016 Riawati, Ina; Yuliari, Kartika; Joewarni, Dwi
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KAdiri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.706 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v1i1.282

Abstract

This study aims to measure and analyze financial performance using the method of Economic Value Added (EVA) and Market Value Added (MVA) in cigarette companies namely PT HM Sampoerna Tbk, PT Gudang Garam Tbk and PT Wismilak Inti Makmur Tbk. This type of research is descriptive research with a quantitative approach. This study uses secondary data in the form of financial statements of PT HM Sampoerna Tbk, PT Gudang Garam Tbk and PT Wismilak Inti Makmur Tbk for the period 2012-2016 which are published on the Indonesia Stock Exchange and share prices on Okesaham. The research results of cigarette companies that are sampled generally show positive EVA and MVA values, meaning that these companies have been able to create added value or the resulting profits have been able to meet expectations for the company's shareholders (investors) and are able to create or increase capital values has been invested by funders. Except for MVA calculations at PT. Wismilak Inti Makmur Tbk., Although in the years 20012 - 2014 had a positive MVA value, but in 2015-1016 the company suffered a loss and had a negative MVA value. Penelitian ini bertujuan mengukur dan menganalisis kinerja keuangan dengan menggunakan metode Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) pada perusahaan rokok yakni PT HM Sampoerna Tbk, PT Gudang Garam Tbk dan PT Wismilak Inti Makmur Tbk. “Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan PT HM Sampoerna Tbk, PT Gudang Garam Tbk dan PT Wismilak Inti Makmur Tbk periode 2012-2016 yang terpublikasi di Bursa Efek Indonesia” serta harga-harga saham pada Okesaham. “Hasil penelitian perusahaan rokok yang dijadikan sampel pada umumnya menunjukan nilai EVA dan MVA yang positif, artinya perusahaan – perusahaan tersebut telah mampu menciptakan nilai tambah atau laba yang dihasilkan telah mampu memenuhi harapan bagi pemegang saham perusahaan (investor) dan mampu menciptakan atau meningkatkan nilai modal yang telah diinvestasikan oleh penyandang dana”. Kecuali untuk perhitungan  MVA pada PT. Wismilak Inti Makmur  Tbk., meskipun pada tahun 20012 – 2014 memiliki nilai MVA yang positif, tetapi pada tahun 2015-1016  perusahaan tersebut mengalami kerugian dan memiliki nilai  MVA yang negatif.
PENGARUH PENERAPAN SOP (STANDARD OPERATING PROCEDURE) DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DI STIKES SURYA MITRA HUSADA KEDIRI Andriani, Yuli Anita; Purnamaningsih, Nining; Satriyono, Gandung
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 1, No 2 (2018): Desember 2018
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KAdiri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (77.961 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v1i2.317

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa signifikan penerapan SOP (Standard Operating Procedure) dan disiplin kerja terhadap kinerja tenaga kependidikan di STIKes Surya Mitra Husada Kediri. Hal ini dilakukan agar dari pihak STIKes Surya Mitra Husada Kediri dapat melakukan evaluasi guna meningkatkan kinerja karyawan. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampling jenuh. Populasi yang menjadi objek penelitian adalah semua tenaga kependidikan di STIKes Surya Mitra Husada Kediri dengan sampel sebanyak 37 tenaga kependidikan. Analisis yang digunakan uji validitas, uji normalitas dan uji analisis regresi berganda. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: Berdasarkan dari hasil uji linear berganda diperoleh nilai P Penerapan SOP (Standard Operating Procedure) 0,000 dan P Disiplin 0,000 terhadap kinerja tenaga kependidikan, diartikan penerapan SOP dan Disiplin kerja memberikan pengaruh terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan nilai Adjusted R Square 0,976 dapat disimpulkan bahwa penerapan SOP (Standard Operating Procedure) dan disiplin kerja bersama-sama memberikan pengaruh terhadap kinerja karyawan sebesar 97,6 %.Kata Kunci: Standard Operating Procedure, disiplin kerja, dan kinerja tenaga kependidikan.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PADA RUMAH SAKIT KUSTA KEDIRI Widyantara, Ferry Rizki; Sudjiono, Sudjiono; Arifin, Mohammad
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 1, No 2 (2018): Desember 2018
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KAdiri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (126.411 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v1i2.312

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap pada Rumah Sakit Kusta Kediri. Populasi yang digunakan adalah pasien pasien rawat inap pada Rumah Sakit Kusta dan sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 2,046 + 0,364 X1 + 0,387 X2 - 0,571 X3 + 0,754 X4 + 0,161 X5 dapat dinyatakan variabel keandalan (X1), ketanggapan (X2), keberwujudan (X4), empati (X5) memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan pasien rawat inap pada Rumah Sakit Kusta Kediri. Sedangkan variabel keyakinan (X3) memberikan pengaruh negatif terhadap kepuasan pasien.  Koefisien determinasi ( R2 ) diperoleh nilai sebesar 0,789. Ini artinya bahwa 78,9 % variabel dependen (kepuasan pasien) dapat dijelaskan oleh variabel independennya (dimensi keandalan, ketanggapan, keyakinan, keberwujudan dan empati). Sisanya sebesar 21,1 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam model penelitian ini.  Kata Kunci: Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, dan Kepuasan Pasien
Front Matter Jimek Volume 1 No 1 2018 ruhamak, m dian
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KAdiri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.703 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v1i1.289

Abstract

Pengaruh Produk & Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Tas Merk Rumah Warna Di Bandar Lor Kota Kediri Mutmainah, Siti; Rahayu, Budi; Andarini, Marwita
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KAdiri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.527 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v2i1.426

Abstract

The study aims to see how much influence the product and price have on purchasing decisions for color house-brand bags in Bandar Lor, Kediri. Methods of data collection using the method of observation, interviews, questionnaires and literature studies carried out based on systematic based on research methods. Data analysis using multiple linear regression methods were processed using SPSS assistance. The analysis phase starts from the normality test, validity test, hypothesis testing, T-test and F test to see the effect of independent variables on the dependent variable simultaneously or partially with a confidence level of 95% (a = 0.05). The results of the study prove that product variables and prices have a significant influence on purchasing decisions for color house-brand bags in the city of Kediri simultaneously or partially. The value of determination coefficient is 90.3%, so the purchasing decision on a bag of color house brands in Bandar Lor Kota Kediri is influenced by product variables and prices. The remaining 9.7% is influenced by other variables outside the research.garuh produk dan harga terhadap keputusan pembelian tas merk rumah warna di Bandar Lor kota Kediri. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi,wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan yang dilakukakan berdasarkan sistematik berdasarkan metode penelitian. Data analisis menggunakan metode regresi linier berganda diolah dengan menggunakan bantuan SPSS tahapan analisa dimulai dari ujio normalitas, uji validitas, pengujian hipotesis, uji T dan uji F untuk melihat pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara simultan maupun parsial dengan tingkat kepercayaan 95% (a=0,05). Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel produk dan harga mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian tas merk rumah warna di bandar lor kota kediri secara simultan maupun parsial. Nilai koefesien determinasi sebesar 90,3% jadi keputusan pembelian terhadap tas merek rumah warna di Bandar Lor Kota Kediri dipengaruhi oleh variabel produk dan harga.Sisanya sebesar 9,7% dipengaruhi variabel-variabel lainnya diluar penelitian.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA LAYANAN POS EXPRESS PT. POS INDONESIA (PERSERO) KANTOR POS KEDIRI KOTA Oktaviani, Putri; Utami, Sasi; Susanto, Budi
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KAdiri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.053 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v1i1.283

Abstract

Customer satisfaction is an important factor to be influenced by several things, namely the quality of service. The aim to see the partial effect of the quality of its Service on Consumer Satisfaction, knowing the effect of the simultaneous Quality of Service on Customer Satisfaction at PT. Pos Indonesia (Persero) Kediri City Post Office on Jl. Mayjen Sungkono, No.32, Pocanan Kediri East Java. Determination of the sample using incidental techniques and sampling using the Roscoe formula. The results of the study obtained a regression equation Y = 0.122X1 + 0.188 X2 + 0.249 X3 + 0.138 X4 + 0.134X5. There is an influence between Responsiveness partially with the value of t = 2.034 there is the effect of Response Power simultaneously with the value F = 14.555. Based on the results of the above research, it can be concluded that the significant effect of responsiveness on customer satisfaction at PT. Pos Indonesia (Persero) Kediri City Post Office on Jl. Mayjen Sungkono, No.32, Pocanan Kediri East Java. Kepuasan pelanggan merupakan sesuatu faktor yang penting untuk dipengaruhi beberapa hal yaitu berkualitasnya pelayanan. Tujuan untuk melihat berpengaruh parsial berkualitas Pelayananannya terhadap Kepuasan Konsumen, mengetahuinya pengaruhnya simultan Berkualitasnya Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Kediri Kota di Jl. Mayjen Sungkono, No.32, Pocanan Kediri Jawa Timur. Penetuan sample menggunakan teknik insidental serta penarikan sampel menggunakan rumus Roscoe. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y= 0,122X1 + 0,188 X2 + 0,249 X3 + 0,138 X4 + 0,134X5. Ada pengaruh antara Daya Tanggap secara parsial dengan nilai t = 2,034 ada pengaruh Daya Tanggap secara simultan dengan nilai F = 14,555. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan pengaruh yang signifikan  Daya Tanggap terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Kediri Kota di Jl. Mayjen Sungkono, No.32, Pocanan Kediri Jawa Timur.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pasar Tradisional Ngronggo Kota Kediri Sari, Nelly Novia; Utami, Sasi; Bambang, Rinto Nur
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KAdiri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (102.963 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v2i1.413

Abstract

The development of international business is growing very rapidly followed by the development of more sophisticated technologies. Where the development between businesses is supported by the development of sophisticated technology so that it can create a very high quality business. One of the changes that is taking place at this time is a change in the mindset of the people towards their desired needs. Changes in mindset in the community become a reference for the business world to create a variety of products and brands. In the era of globalization that occurs in the business world, the number of competing brands and products is increasing faster. One sampling technique uses Purposive Sampling. Purposive Sampling is a technique of determining samples with certain considerations. Respondents in this study were Ngronggo Kota Kediri traditional market customers, amounting to 40 respondents. The characteristics of each respondent are: age, gender, and frequency of visits. This data aims to describe the conditions or conditions of respondents so that researchers are easy to get information and understand the results of research. The Multiple Linear Regression Test shows that the regression results obtained coefficient for the Service Quality variable (X1) of 0.215, and the Customer Satisfaction variable (X2) of 0.442 with a constant of -1.985. Perkembangan bisnis internasional berkembang sangat pesat diikuti pula dengan berkembangnya teknologi yang lebih canggih. Dimana perkembangan antara bisnis didukung oleh perkembangan teknologi yang canggih sehingga dapat tercipta kualitas bisnis yang sangat maksimal. Salah satu perubahan yang terjadi saat ini adalah perubahan pola pikir masyarakat terhadap kebutuhan yang diinginkan. Perubahan pola pikir pada masyarakat menjadi referensi dunia bisnis untuk menciptakan berbagai macam produk dan merek. Dalam era globalisasi yang tejadi dalam dunia bisnis, jumlah merek dan produk yang bersaing meningkat lebih cepat. Salah satu teknik pengambilan sampel menggunakan jenis Purposive Sampling. Purposive Sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Responden dalam penelitian ini adalah pelanggan pasar tradisional Ngronggo Kota Kediri yang berjumlah 40 orang responden. Adapun beberapa karakteristik masing-masing responden yaitu : usia, jenis kelamin, dan frekuensi berkunjung. Data ini bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau kondisi responden sehingga peneliti mudah dalam mendapatkan informasi dan memahami hail-hasil penelitian. Uji Regresi Linier Berganda diketahui hasil regresi diperoleh koefesien untuk variabel Kualitas Pelayanan (X1) sebesar 0,215, dan variabel Kepuasan Pelanggan (X2) sebesar 0,442 dengan konstanta sebesar -1,985.
ANALISIS QUALITY CONTROL UNTUK MENJAGA KUALITAS PRODUK KERIPIK UBI UNGU PADA PROSES PRODUKSI (Studi Kasus pada Industri Kecil Menengah SHA-SHA Tanjunganom Indriati, Eka Yeni Wahyu; Santoso, Ariadi; Arifin, Mohammad
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KAdiri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.34 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v1i1.275

Abstract

The objectives of this study are: (1) To determine the quality control of the production process of purple yam chips in the SHA-SHA IKM in an effort to produce quality products that are safe for consumption. (2) To identify potential causes that affect the quality of purple yam chips in the SHA-SHA IKM. (3) To find out the quality control in the production process is controlled or uncontrolled. This study uses a quantitative approach. The sampling method uses purposive sampling method. Methods of collecting data using observation, interviews, and literature. The data analysis method used is Statistical Quality Control (SQC). Based on the results of the study it can be concluded that (1) Quality control in the production process of purple yam chips in the SHA-SHA IKM has produced quality and safe for consumption products (2) The most dominant type of defect in IKM SHA-SHA purple yam chips is defective because of broken fracture (3) Based on the control chart in the production process of the SHA-SHA IKM in January 2018 the CL (central line) value is 0.19 and the value of UCL (upper control limit) is 0.31 while LCL (lower control limit) is 0 , 07). It can be seen that the proportion of defects that occur in the production process of the IKM SHA-SHA purple yam chips in January 2018 (8 observations) is under control because all points are between the control limits. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengendalian mutu pada proses produksi keripik ubi ungu pada IKM SHA-SHA dalam usaha menghasilkan produk yang bermutu dan aman untuk dikonsumsi. (2) Untuk mengidentifikasi sebab potensial yang mempengaruhi mutu keripik ubi ungu pada IKM SHA-SHA. (3) Untuk mengetahui pengendalian mutu pada proses produksi tersebut terkendali ataupun tidak terkendali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah Statistical Quality Control (SQC). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Pengendalian mutu pada proses produksi keripik ubi ungu pada IKM SHA-SHA telah menghasilkan produk yang bermutu dan aman untuk dikonsumsi (2) Jenis kecacatan yang paling dominan pada produk keripik ubi ungu IKM SHA-SHA adalah cacat karena patah remuk (3) Berdasarkan grafik kendali pada proses produksi IKM SHA-SHA bulan Januari 2018 di dapat nilai CL (central line) sebesar 0,19 dan niali UCL (upper control limit) sebesar 0.31 sedangkan LCL (lower control limit) sebesar 0,07). Dapat dilihat bahwa proporsi cacat (ketidaksesuaian) yang terjadi pada proses produksi keripik ubi ungu IKM SHA-SHA di bulan Januari 2018 (8 kali observasi) dalam keadaan terkendali karena semua titik berada diantara batas kendali. 
ANALISIS COMMON-SIZE UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PADA PT INDOSAT TBK. DAN PT TELKOMUNIKASI TBK. (Tahun 2014-2016) Zuhri, Mohammad harisudin; Satriyono, Gandung; Samsu, Nur
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 1, No 2 (2018): Desember 2018
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KAdiri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.651 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v1i2.313

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan dengan menggunakan common size pada perusahaan PT Indosat, Tbk. dan PT Telekomunikasi, Tbk. yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2014-2016 ditinjau dari neraca dan laporan laba rugi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan analisis data yang digunakan yaitu analisis persentase per komponen atau common size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa common size ditinjau dari neraca, PT Indosat, Tbk. yang mengalokasikan dana untuk aktiva sebagian besar dari utang PT Telekomunikasi, Tbk. mengalokasikan dana untuk aktiva dari modal sendiri sehingga meningkatkan margin of safety bagi kreditur dan menguatkan posisi keuangan perusahaan. Common size ditinjau dari laporan laba rugi, PT Indosat, Tbk. dan PT Telekomunikasi, Tbk.mengalami peningkatan pada laba bersihnya pada tahun 2016 sehingga kinerja keuangan perusahaan semakin baik dan tahun 2014-2015 kinerja keuangan kurang baik karena mengalami penurunan pada laba bersihnya. Kata kunci: common size, kinerja keuangan, laporan laba rugi, neraca.
PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN POTONGAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI TOSERBA BOROBUDUR KEDIRI (STUDI KASUS PRODUK KECANTIKAN WARDAH) Prabarini, Anggun; Heryanto, Budi; Astutik, Puji
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 1, No 2 (2018): Desember 2018
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KAdiri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (106.778 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v1i2.308

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi penjualan dan potongan harga terhadap keputusan pembelian konsumen. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian konsumen, (2) bagaimana pengaruh potongan harga terhadap keputusan pembelian konsumen dan (3) bagaimana pengaruh secara simultan antara promosi penjualan dan potongan harga terhadap keputusan pembelian konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen wardah di Toserba Borobudur Kediri. Penarikan sampel menggunakan teknik accidental sampling (roscoe) sehingga diperoleh sampel 60 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dokumentasi, dan observasi. metode analisis data yang digunakan adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), Analisis uji Regresi linier berganda, Uji t dan uji F. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 17.117+ 0,040X1 + 0,254X2+e. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Tidak terrdapat pengaruh signifikan antara promosi penjualan terhadap keputusan pembelian, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara potongan harga terhadap keputusan pembelian konsumen dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara promosi penjualan dan potongan harga terhadap keputusan pembelian konsumen.Kata Kunci : promosi penjualan, potongan harga, keputusan pembelian konsumen.

Page 1 of 3 | Total Record : 30