cover
Contact Name
Acai Sudirman
Contact Email
acaivenly@stiesultanagung.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Surabaya N0. 19 Pematangsiantar
Location
Kota pematangsiantar,
Sumatera utara
INDONESIA
Maker: Jurnal Manajemen
ISSN : 25024434     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Maker: Jurnal Manajemen merupakan media publikasi artikel ilmiah yang berisi tentang hasil penelitian bidang manajemen yang diterbitkan pada bulan Juni dan Desember dikelola oleh Program Studi Manajemen STIE Sultan Agung.
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 2 (2015): Desember" : 9 Documents clear
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA BENING WATER PEMATANGSIANTAR Susanti, Susanti; Lie, Darwin; efendi, Efendi; Wijaya, Andy
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 1, No 2 (2015): Desember
Publisher : STIE SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.472 KB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui gambaran kualitas produk, citra merek, dan keputusan pembelian konsumen pada Bening Water Pematangsiantar. 2) Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen pada Bening Water Pematangsiantar.Adapun saran dari penelitian ini bahwa untuk menghasilkan keputusan pembelian konsumen yang baik, maka perlu mencari informasi tentang apa kebutuhan konsumen dan meyakinkan konsumen membuat label yang lebih menarik. Kemudian perlunya peningkatan citra merek dengan cara lebih memperhatikan konsumen dengan melakukan pengantaran tepat waktu. Selain itu untuk meningkatkan kualitas produk maka perlu mengembangkan daya tarik produk dengan membuat label yang menarik.
PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP RETENSI KARYAWAN PADA TOKO HARUM MANIS PEMATANGSIANTAR marina, Marina; Butarbutar, Marisi; efendi, Efendi; Inrawan, Ady
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 1, No 2 (2015): Desember
Publisher : STIE SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.456 KB)

Abstract

Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Karyawan menyatakan kompensasi sudah tinggi dan retensi karyawan dikategorikan cukup tinggi. 2) Hasil analisis regresi adalah Ŷ = 27,368 + 0,505X, berarti kompensasi berpengaruh positif terhadap retensi karyawan. 3) Hasil nilai r = 0,626 artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara kompensasi dan retensi karyawan Toko Harum Manis Pematangsiantar. 4) Pada uji hipotesis H0 ditolak,Ha diterima, dimana thitung 4,252 > ttabel dengan derajat kebebasan n-2 (30-2=28) sebesar 2,048 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, artinya kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap retensi karyawan pada Toko Harum Manis Pematangsiantar.Adapun saran dari hasil penelitian, untuk meningkatkan kompensasi, perusahaan dapat meningkatkan pemberian bonus terhadap karyawan guna untuk mendorong dan memotivasi karyawan agar karyawan dapat bekerja secara optimal. Untuk meningkatkan retensi karyawan, perusahaan seharusnya lebih bersifat demokratis dan terbuka atas jenjang dan peluang karier yang ada di perusahaan.
PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. GATRA ANDALAS SEJATI PEMATANGSIANTAR Munandar, Ing Laivan; Lie, Darwin; Butarbutar, Marisi; efendi, Efendi
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 1, No 2 (2015): Desember
Publisher : STIE SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.248 KB)

Abstract

Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Kompensasi dan motivasi sudah baik, dan kinerja yang ada di PT. Gatra Andalas Sejati Pematangsiantar sudah baik. 2) Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Ŷ= 7,872 + 0,385X1 + 0,502X2,artinya terdapat pengaruh positif antara variabel bebas kompensasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Gatra Andalas Sejati Pematangsiantar. 3) Analisis koefisien, diperoleh nilai r = 0,809 yang artinya terdapat hubungan yang sangat kuat dan positif antara kompensasi, motivasi dan kinerja karyawan PT Gatra Andalas Sejati Pematangsiantar. 4) Nilai koefisien determinasi (KD) 0,654, artinya tinggi rendahnya kinerja karyawan dapat dijelaskan sebesar 65,4 % oleh kompensasi dan motivasi. 5) Hipotesis penelitian Ho ditolak artinya, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompensasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan baik secara simultan dan parsial.Adapun saran dari hasil penelitian ini kompensasi dan motivasi sudah baik dan tetap harus dipertahankan. Indikator lain yang masih memiliki poin rendah lebih diperhatikan dan ditingkatkan lagi oleh perusahaan demi kompensasi dan motivasi yang lebih baik demi terwujudnya kinerja yang baik.
PENGARUH KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR PERWAKILAN BANK INDONESIA PEMATANGSIANTAR Sinaga, Lelina; Lie, Darwin; Butarbutar, Marisi; efendi, Efendi
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 1, No 2 (2015): Desember
Publisher : STIE SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.336 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan menganalisis: 1) Kondisi komunikasi organisasi dan kinerja pegawai pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar. 2) Pengaruh komunikasi organisasi terhadap kinerja pegawai pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Pegawai menyatakan bahwa komunikasi organisasi sudah baik dan kinerja pegawai kategori baik. 2) Hasil analisis regresi adalah Ŷ = 18,113 + 0,798X berarti komunikasi organisasi berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai. 3) Hasil analisis kolerasi diperoleh nilai r sebesar = 0,754 artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara komunikasi organisasi dan kinerja pegawai pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar. Tinggi rendahnya kinerja pegawai dapat dijelaskan oleh komunikasi organisasi sebesar 56,8%. 4) Hipotesis Ha diterima, artinya komunikasi organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar.Adapun saran dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa untuk meningkatkan komunikasi organisasi, diperlukan penerapan komunikasi secara terbuka dan membina hubungan kerja yang baik. Untuk meningkatkan kinerja pegawai perlu penyesuaian sikap kerja yang bertanggungjawab.
PENGARUH HARGA DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MANDIRI JAYA MOBIL PEMATANGSIANTAR Puspita, Meitariwira; Lie, Darwin; Butarbutar, Marisi; efendi, Efendi
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 1, No 2 (2015): Desember
Publisher : STIE SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.416 KB)

Abstract

Hasil dari penelitian disimpulkan sebagai berikut: 1) Konsumen setuju dengan harga yang ditawarkan, pelayanan yang diberikan sudah baik, dan konsumen setuju untuk segera melakukan keputusan pembelian. 2) Hasil pengujian regresi linier berganda adalah Ŷ = 1,820 + 0,838X1 + 0,428X2, artinya harga dan pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada Mandiri Jaya Mobil Pematangsiantar. 3) Hasil nilai korelasi r=0,776, artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara harga dan pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Mandiri Jaya Mobil Pematangsiantar. Koefisien determinasi sebesar 0,603, yang artinya pengambilan keputusan pembelian dapat dijelaskan sebesar 60,3% oleh harga dan pelayanan. 4) Hipotesis penelitian Ho ditolak, artinya harga dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Mandiri Jaya Mobil Pematangsiantar secara simultan dan parsial.Adapun saran dari penelitian ini adalah untuk variabel harga di Mandiri Jaya Mobil Pematangsiantar masih ada indikator yang belum optimal, untuk itu Mandiri Jaya Mobil Pematangsiantar harus mengganti atau menambah bonus yang diberikan. Selanjutnya variabel pelayanan masih ada indikator yang belum optimal yaitu jam operasional perlu untuk ditambah agar konsumen tetap melakukan pembelian pada Mandiri Jaya Mobil Pematangsiantar. Sedangkan variabel keputusan pembelian di Mandiri Jaya Mobil Pematangsiantar indikator yang belum optimal yaitu indikator pengenalan masalah terhadap konsumen agar lebih ditingkatkan lagi.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR WILAYAH DIREKTORAT JENDERAL PAJAK SUMUT II PEMATANGSIANTAR Nurcahyani, Tria; Lie, Darwin; Butarbutar, Marisi; Inrawan, Ady
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 1, No 2 (2015): Desember
Publisher : STIE SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.168 KB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan desain penelitian kepustakaan dan lapangan. Adapun populasi yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah sebanyak 98 responden yaitu pegawai pada Kantor Wilayah DJP Sumut II Pematangsiantar. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan ialah regresi linier berganda, koefisien korelasi dan determinasi serta pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F.Hasil analisis regresi adalah Ŷ = 38,492+0,502X1+ 0,454X2, diartikan terdapat pengaruh yang positif antara gaya kepemimpinan dan motivasi terdapat kinerja pegawai. Hasil analisis korelasi diperoleh nilai r = 0,622, yang artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara gaya kepemimpinan, motivasi dengan kinerja pegawai. Analisis koefisien determinasi diperoleh nilai R square =0,386, artinya baik tidaknya kinerja pegawai sebesar 38,6% dapat dijelaskan oleh gaya kepemimpinan dan motivasi, Hipotesis penelitian H0 ditolak, artinya gaya kepemimpinan dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Wilayah DJP Sumut II Pematangsiantar secara simultan maupun parsial.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA BENGKEL ATLAS PEMATANGSIANTAR Christman, Herry; Lie, Darwin; Butarbutar, Marisi; efendi, Efendi
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 1, No 2 (2015): Desember
Publisher : STIE SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.584 KB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mengkaji dan menganalisis: 1) Gambaran kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan pada Bengkel Atlas Pematangsiantar. 2) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Bengkel Atlas Pematangsiantar. Hasil analisa regresi adalah = 26,516 + 0,307X berarti kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Hasil nilai r = 0,424 yang terdapat hubungan yang sedang dan positif antara kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan pada Bengkel Atlas Pematangsiantar. Tinggi rendahnya kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan sebesar 17,9%. Hipotesis Ha diterima, artinya kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Bengkel Atlas Pematangsiantar. Adapun saran dari hasil penelitian bahwa untuk meningkatkan kualitas jasa, diperlukan pelayanan yang berkualitas sesuai dengan dimensi-dimensi kualitas pelayanan agar sesuai atau melebihi harapan dari pelanggan. Untuk menigkatkan kepuasan pelanggan perlu memperhatikan faktor-faktor kepuasan pelangan.
PENGARUH BEBAN KERJA DAN PENGAWASAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA TOKO METAL JAYA PEMATANGSIANTAR jhonny, Jhonny; Lie, Darwin; Butarbutar, Marisi; Wijaya, Andy
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 1, No 2 (2015): Desember
Publisher : STIE SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.528 KB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui gambaran beban kerja, pengawasan, dan kinerja karyawan pada Toko Metal Jaya Pematangsiantar. 2) Untuk mengetahui pengaruh beban kerja dan pengawasan terhadap kinerja karyawan pada Toko Metal Jaya Pematangsiantar.Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Beban kerja karyawan pada Toko Metal Jaya Pematangsiantar tinggi, pengawasan pada Toko Metal Jaya Pematangsiantar sudah baik, dan kinerja karyawan pada Toko Metal Jaya Pematangsiantar adalah tinggi 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara beban kerja dan pengawasan terhadap kinerja karyawan dengan hasil analisis regresi = 4,522 + 0,440 X1+ 0,457 X2. 3) Baik tidaknya kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh beban kerja dan pengawasan dengan menggunakan uji koefisien determinasi sebesar 68,3% . 4) Secara simultan dan parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara beban kerja dan pengawasan terhadap kinerja karyawan, sehingga hipotesis penelitian H0 ditolak.
PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT METRO MAKMUR NUSANTARA CABANG PEMATANGSIANTAR Agustina, Agustina; Lie, Darwin; Butarbutar, Marisi; efendi, Efendi
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 1, No 2 (2015): Desember
Publisher : STIE SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.424 KB)

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Gambaran kompensasi dan kinerja karyawan pada PT Metro Makmur Nusantara Cabang Pematangsiantar. 2) Pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan pada PT Metro Makmur Nusantara Cabang Pematangsiantar.Hasil analisis regresi adalah Ŷ = 13,750 + 0,642X, berarti ada pengaruh positif antara kompensasi terhadap kinerja karyawan. Hasil korelasi nilai r = 0,525, artinya terdapat hubungan yang sedang dan positif antara kompensasi dan kinerja karyawan pada PT Metro Makmur Nusantara Cabang Pematangsiantar. Tinggi rendahnya kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh kompensasi sebesar 27,5%. Pada uji hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima, artinya kompensasi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan pada PT Metro Makmur Nusantara Cabang Pematangsiantar.Adapun saran dari penelitian ini bahwa untuk meningkatkan kompensasi, diperlukan pemberian kompensasi yang adil dan layakmaka perusahaan perlu memperhatikan dan menetapkan tanggalagar karyawan tidak mengalami keterlambatan dalam menerima kompensasi dan perusahaan dapat memberikan fasilitas yang memadai serta dapat membantu karyawan lain agar lebih cepat dalam menyelesaikan pekerjaannya. Untuk meningkatkan kinerja karyawan, perusahaan perlu memberikan sanksi, teguran atau peringatan kepada karyawan atas ketidaktelitian agar lebih berhati-hati dan perusahaan perlu membuat jadwal waktu di mana karyawan harus menyelesaiakan pekerjaannya agar karyawan tidak mengulur-ulur waktu.

Page 1 of 1 | Total Record : 9