cover
Contact Name
Acai Sudirman
Contact Email
acaivenly@stiesultanagung.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Surabaya N0. 19 Pematangsiantar
Location
Kota pematangsiantar,
Sumatera utara
INDONESIA
Maker: Jurnal Manajemen
ISSN : 25024434     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Maker: Jurnal Manajemen merupakan media publikasi artikel ilmiah yang berisi tentang hasil penelitian bidang manajemen yang diterbitkan pada bulan Juni dan Desember dikelola oleh Program Studi Manajemen STIE Sultan Agung.
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 1 (2015): juni" : 10 Documents clear
PENGARUH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. KARYABHAKTI MANUNGGAL CABANG PEMATANGSIANTAR Wulandari, Septia; Lie, Darwin; Siregar, Liper; Inrawan, Ady
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 1, No 1 (2015): juni
Publisher : STIE SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (128.542 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan menganalisis: 1) Gambaran keselamatan dan kesehatan kerja dan kinerja karyawan PT Karyabhakti Manunggal Cabang Pematangsiantar, 2) Pengaruh variabel bebas terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Adapun populasi sekaligus sampel yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah sebanyak 48 responden yaitu karyawan PT Karyabhakti Manunggal Cabang Pematangsiantar. Variabel bebas pada penelitian ini adalah keselamatan dan kesehatan kerja dan variabel terikat adalah kinerja karyawan.Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan ialah regresi linear sederhana, koefisien korelasi determinasi dan uji t.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Keselamatan dan kesehatan kerja berada pada kategori puas, kinerja karyawan pada kategori setuju. 2) Hasil pengujian regresi adalah = 9,073 + 0,550X, berarti keselamatan dan kesehatan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. 3) Nilai kolerasi r= 0,671 yang artinya terdapat hubungan kuat dan positif antara keselamatan dan kesehatan kerja dan kinerja karyawan pada PT Karyabhakti Manunggal Cabang Pematangsiantar. Tinggi rendahnya kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh keselamatan dan kesehatan kerja sebesar 45,0 %, 4) Hipotesis Ha diterima, artinya keselamatan dan kesehatan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Karyabhakti Manunggal Cabang Pematangsiantar.
PENGARUH DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BANK BTPN, Tbk CABANG PEMATANGSIANTAR Mahriza, Dita; Lie, Darwin; Butarbutar, Marisi; Inrawan, Ady
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 1, No 1 (2015): juni
Publisher : STIE SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (109.555 KB)

Abstract

Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank BTPN, Tbk Cabang Pematangsiantar. Hasil analisa dari regresi adalah Ŷ = 10,111+ 1,030X artinya disiplin berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Hasil nilai korelasi adalah r = 0,689 dijelaskan tinggi rendahnya kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh disiplin sebesar 47,5%. Hipotesis penelitian  ditolak dan  diterima, artinya disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank BTPN, Tbk Cabang Pematangsiantar.Adapun saran dari penelitian ini adalah meningkatkan tanggungjawab dalam mengatasi jobdesk, meningkatkan sanksi bagi yang melanggar, meningkatkan ketegasan dalam penyalahgunaan informasi, meningkatkan pemanfaatan waktu dalam pencapaian target, meningkatkan prestasi kerja dalam tugas pokok, meningkatkan penyesuaian diri pada lingkungan kerja, meningkatkan ide-ide penciptaan pada lingkungan kerja, meningkatkan pencapaian bekerja sesuai dengan tingkat kecerdasan.
PENGARUH GAYA KEMPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. BANK DANAMON INDONESIA, TBK KANTOR CABANG PEMATANGSIANTAR Siregar, Muhammad Tony; Lie, Darwin; Butarbutar, Marisi; Inrawan, Ady
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 1, No 1 (2015): juni
Publisher : STIE SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (139.435 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui gambaran gaya kepemimpinan dan kinerja karyawan PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk Kantor Cabang Pematangsiantar. 2) Untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk Kantor Cabang Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Populasi pada penelitian ini ialah Karyawan PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk Kantor Cabang Pematangsiantar yang berjumlah 23 orang. Variabel bebas pada penelitian ini ialah gaya kepemimpinan dan kinerja karyawan sebagai variabel terikatnya. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan ialah regresi linier sederhana, koefisien korelasi dan determinasi, serta pengujian hipotesis dengan uji tHasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Karyawan cukup setuju dengan gaya kepemimpinan yang diterapkan dan kinerja karyawan sudah baik. 2) Hasil analisis regresi sederhana yang diperoleh = 28,225 +0,453X, artinya adanya pengaruh positif antara gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan. 3) Analisis korelasi yang diperoleh nilai r = 0,778 menunjukkan adanya hubungan kuat dan positif antara gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan. Melalui analisis koefisien determinasi diperoleh nilai 0,605, artinya tinggi rendahnya kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh gaya kepemimpinan 60,5 %. 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan dengan thit (5,674) > ttabel (2,079), sehingga penelitian Ho ditolak Ha diterima.
Pengaruh Prestasi Kerja Pegawai Terhadap Promosi Jabatan Pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Silalahi, Ernyta; Lie, Darwin; Butarbutar, Marisi; efendi, Efendi
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 1, No 1 (2015): juni
Publisher : STIE SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (85.87 KB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mengkaji dan menganalisis: 1) Gambaran prestasi kerja pegawai dan promosi jabatan pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, 2) Pengaruh prestasi kerja pegawai dan promosi jabatan pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pegawai pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, berjumlah 31. Variabel bebas pada penelitian ini adalah prestasi kerja pegawai, dan variabel terikat adalah promosi jabatan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, teknik kuesioner dan teknik dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana, koefisien korelasi dan determinasi, serta pengujian hipotesis dengan uji t.Hasil pengujian regresi adaah Ŷ= 24,361+0,557 X artinya prestasi kerja pegawai berpengaruh positif terhadap promosi jabatan. 3) Nilai koefisien korelasi (r) = 0,659, artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara prestasi kerja dan promosi jabatan pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar. Tinggi rendahnya promosi jabatan dapat dijelaskan oleh prestasi kerja pegawai sebesar 43,4%) Hipotesis Ha diterima, artinya prestasi kerja pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap promosi jabatan pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar
PENGARUH PENGAWASAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG PEMATANGSIANTAR Sari, Nurtika; Lie, Darwin; efendi, Efendi; Inrawan, Ady
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 1, No 1 (2015): juni
Publisher : STIE SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (116.064 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan menganalisis: 1) Gambaran pengawasan dan Kinerja pegawai pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Pematangsiantar. 2) Pengaruh pengawasan dan kinerja pegawai pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Pematangsiantar.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Populasi pada peneliti ini adalah seluruh pegawai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Pematangsiantar yang berjumlah 28 orang dan penulis menetapkan populasi sama dengan sampel. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pengawasan, dan variabel terikat adalah kinerja pegawai. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, teknik kuesioner, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana, koefisien korelasi dan determinasi dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Pegawai menyatakan pengawasan sangat baik dan kinerja pegawai dikategorikan sangat baik. 2) Hasil pengujian regresi adalah = 8,193 + 0,561X berarti pengawasan berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai. 3) Nilai korelasi r = 0,708 artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara Pengawasan dan Kinerja Pegawai pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Pematangsiantar. Tinggi rendahnya kinerja pegawai dapat dijelaskan oleh pengawasan sebesar 50,1%. 4) Hipotesis Ha diterima, artinya pengawasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Pematangsiantar.Untuk meningkatkan kinerja pegawai perlu penambahan pengawasan sesuai dengan kemauan pegawai, dan meningkatkan mutu kinerja pegawai.
Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Siswa pada SMK Satrya Budi Karang Rejo Susilo, Hermawan Ahmad; Lie, Darwin; Butarbutar, Marisi; efendi, Efendi
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 1, No 1 (2015): juni
Publisher : STIE SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (105.129 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan menganalisis: 1) Gambaran fasilitas belajar dan kepuasan siswa SMK Satrya Budi Karang Rejo. 2) Pengaruh variabel bebas terhadap kepuasansiswa.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif dan analisa deskriptif kuantitatif. Adapun populasi yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah sebanyak 79 responden yaitu siswa kelas XI dan siswa kelas XII SMK Satrya Budi Karang Rejo.Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan adalah regresi linier sederhana, koefisien korelasi dan determinasi,serta uji hipotesis dan uji t.Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Fasilitas belajar sudah baik, siswa setuju terhadap indikator kepuasan siswa. 2) Hasil pengujian regresia dalah Ŷ = 56,173 + 0,276X berarti fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap kepuasan siswa. 3) Hasil r = 0,332 artinya terdapat hubungan yang rendah antara fasilitas belajar dan kepuasan siswa pada SMK Satrya Budi Karang Rejo. Tinggi rendahnya kepuasan siswa dapat dijelaskan oleh fasilitas belajarsebesar 11%. 4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap kepuasan siswa dengan thitung (3,084) > ttabel(1,99).Hasil penelitian menyimpulkan bahwa untuk meningkatkan kepuasan siswa perlu peningkatan fasilitas belajar, siswa harus lebih peduli dalam memelihara dan menggunakan fasilitas belajar yang ada, maka untuk itu SMK Satrya Budi Karang Rejo disarankan lebih melibatkan siswa dalam menggunakan fasilitas belajar yang tersedia, sehingga siswa lebih peduli dan akan termotivasi dengan tersedianya fasilitas belajar..
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI ANGKUTAN KOTA CV SEPAKAT KARYA BERSAMA (STUDI KASUS MAHASISWA STIE SULTAN AGUNG PEMATANGSIANTAR) Sabatini, Paula; Lie, Darwin; Butarbutar, Marisi; efendi, Efendi
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 1, No 1 (2015): juni
Publisher : STIE SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (96.344 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Gambaran kualitas pelayanan dan loyalitas pelanggan dalam menggunakan jasa transportasi angkutan kota CV Sepakat Karya Bersama (Studi Kasus Mahasiswa STIE Sultan Agung Pematangsiantar). 2) Pengaruh kualitas pelayanan dan loyalitas pelanggan dalam menggunakan jasa transportasi angkutan kota CV Sepakat Karya Bersama (Studi Kasus Mahasiswa STIE Sultan Agung Pematangsiantar).Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Pelanggan menyatakan kualitas pelayanan sudah baik dan loyalitas pelanggan dikriteriakan setuju. 2) Hasil pengujian regresi adalah Ŷ = 4,350 + 0,363X, berarti ada pengaruh positif antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. 3) Hasil nilai r = 0,648 artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara kualitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan dalam menggunakan jasa transportasi angkutan kota CV Sepakat Karya Bersama. Tinggi rendahnya loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan sebesar 41,9 persen. 4) Hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, artinya kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dalam menggunakan jasa transportasi angkutan kota CV Sepakat Karya Bersama (Studi Kasus Mahasiswa STIE Sultan Agung Pematangsiantar).
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KANTOR PUSAT PENELITIAN KELAPA SAWIT (PPKS) UNIT MARIHAT PEMATANGSIANTAR Sarumaha, Ignatius Julius Winata; Lie, Darwin; Butarbutar, Marisi; Wijaya, Andy
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 1, No 1 (2015): juni
Publisher : STIE SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (76.763 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan menganalisis: 1) Gambaran budaya organisasi dan kinerja karyawan pada Kantor Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) unit Marihat Pematangsiantar. 2) Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan pada Kantor Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) unit Marihat Pematangsiantar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah karyawan Kantor Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) unit Marihat Pematangsiantaryang berjumlah 237 orang dengan rumus slovin maka jumlah sampel sebanyak 150 orang. Variabel bebas pada penelitian ini adalah budaya organisasi, dan variabel terikat adalah kinerja karyawan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, teknik kuesioner dan teknik dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana, koefisien kolerasi dan determinasi serta uji-t. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Karyawan menyatakan bahwa budaya organisasi sudah baik dan kinerja karyawansudahtinggi. 2) Hasil analisis regresi adalah Ŷ = 14,288+0,743X, berarti budaya organisasi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. 3) Hasil analisis kolerasi diperoleh nilai r sebesar = 0,690 artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara budaya organisasi dengan kinerja karyawan pada KantorPusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) unit Marihat Pematangsiantar. Tinggi rendahnya kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh budaya organisasi sebesar 47,5%. 4) Hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima, artinya budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Kantor Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) unit Marihat Pematangsiantar.Adapun saran dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa untuk meningkatkan budaya organisasi maka pimpinan menjadi motivator dalam pelaksanaan tata tertib organisasi dan lebih meningkatkan pengawasannya terhadap kedisiplinan karyawannya. Agar kinerja karyawan dapat ditingkatkan maka diberikan sanksi yang tegas kepada karyawan yang malas hadir ke kantor. Dengan demikian diharapkan sanksi tersebut dapat memberikan efek jera kepada karyawan tersebut dan dapat menjadi contoh bagi karyawan lainnya.
PENGARUH IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. BANK QNB KESAWAN, Tbk CABANG PEMATANGSIANTAR Susanti, Popo; Lie, Darwin; Butarbutar, Marisi; efendi, Efendi
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 1, No 1 (2015): juni
Publisher : STIE SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.964 KB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini ialah nasabah loyalitas pada PT. Bank QNB Kesawan, Tbk Cabang Pematangsiantar. Variabel bebas pada penelitian ini ialah implementasi relationship marketing, dan loyalitas nasabah sebagai variabel terikatnya. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan ialah regresi linier sederhana, koefisien korelasi dan determinasi, dan pengujian hipotesis.Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Implementasi relationship marketing sudah baik dan loyalitas nasabah pada PT. Bank QNB Kesawan, Tbk Cabang Pematangsiantar sudah tinggi. 2) Hasil pengujian regresi adalah = 12,803 + 0,376X, berarti ada pengaruh positif implementasi relationship marketing terhadap loyalitas nasabah. 3) Hasil analisis korelasi nilai r = 0,772 artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara implementasi relationship marketing dan loyalitas nasabah, kemudian nilai koefisien determinasi (KD) yaitu 0,596. Tinggi rendahnya loyalitas nasabah dapat dijelaskan oleh implementasi relationship marketing sebesar 59,6%. 4) Hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, artinya implementasi relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank QNB Kesawan, Tbk Cabang Pematangsiantar.
PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP RETENSI KARYAWAN PADA PT BUMI SARI PRIMA PEMATANGSIANTAR Lisdayanti, Lisdayanti; Lie, Darwin; Butarbutar, Marisi; Wijaya, Andy
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 1, No 1 (2015): juni
Publisher : STIE SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.727 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui gambaran kepuasan kerja dan retensi karyawan pada PT Bumi Sari Prima Pematangsiantar. 2) Untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap retensi karyawan pada PT Bumi Sari Pematangsiantar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan pada PT Bumi Sari Prima Pematangsiantar yang berjumlah 117 (seratus tujuh belas) orang dan yang menjadi sampel berjumlah 91 (sembilan puluh satu) orang. Variabel bebas pada penelitian ini adalah kepuasan kerja, dan variabel terikat adalah retensi karyawan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana, koefisien korelasi dan determinasi, serta pengujian hipotesis.Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Karyawan menyatakan cukup puas dengan kepuasan kerja dan retensi karyawan dikategorikan cukup tinggi. 2) Hasil pengujian regresi adalah Ŷ= 26,744 + 1,289X berarti kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap retensi karyawan. 3) Hasil r = 0,760, artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara kepuasan kerja dengan retensi karyawan pada PT Bumi Sari Prima Pematangsiantar. Tinggi rendahnya retensi karyawan 57,8% dapat dijelaskan oleh kepuasan kerja pada PT Bumi Sari Prima Pematangsiantar. 4) Hipotesis Ha diterima, artinya kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap retensi karyawan pada PT Bumi Sari Prima Pematangsiantar.

Page 1 of 1 | Total Record : 10