cover
Contact Name
Mesran
Contact Email
mesran.skom.mkom@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.bits@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Building of Informatics, Technology and Science (BITS)
ISSN : 26848910     EISSN : 26853310     DOI : -
Building of Informatics, Technology and Science (BITS) is an open access media in publishing scientific articles that contain the results of research in information technology and computers. Paper that enters this journal will be checked for plagiarism and peer-rewiew first to maintain its quality. This journal is managed by Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi (FKPT) published 2 times a year in Juni and Desember. The existence of this journal is expected to develop research and make a real contribution in improving research resources in the field of information technology and computers.
Articles 5 Documents
Perancangan Prototype Jemuran Otomatis Menggunakan Sensor Air dan Sensor Ldr Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno Dengan Metode FLC Harahap, Nur Apipah
Building of Informatics, Technology and Science (BITS) Vol 1 No 1 (2019): Edisi Juni
Publisher : Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.946 KB)

Abstract

Indonesia adalah Negara tropis yang memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim panas. Pada saat musim hujan tiba, mayoritas orang merasa cemas ketika sedang menjemur pakaiannya. Rasa cemas tersebut akan bertambah pada saat menjemur pakaian namun sedang berada diluar rumah, dan dirumah sedang tidak ada orang. Dari kejadian itu orang jadi enggan menjemur pakaian ditempat terbuka, karna khawatir jemurannya basah terkena air hujan ketika ditinggal oleh pemilikinya saat beraktivitas diluar rumah. Metode FLC (Fuzzy Logic Controller) merupakan sebuah metode yang dalam operasi hanya mengenal 0 dan 1, on atau off tidak operasi yang samar-samar, tidak ada abu-abu yang ada hanya hitam atau putih. Dan ini adalah sesuatu yang logis. Dari gambaran masalah yang terjadi, penulis menemukan ide untuk membuat alat penarik jemuran yang bisa bekerja secara otomatis, meskipun sudah ada beberapa orang yang telah membuat dengan mekanisme  yang sama menggunakan Arduino Mega 2560, dengan sebuah kondisi gelap dan terang saja, maka disini  penulis ingin mencoba memperbaharui cara mekanisme dari kerja alat tersebut dengan Menggunakan Arduino Uno, dan  mencari kondisi disaat panas terik akan tetapi hujan, maka metode ini menjawab apa yang harus dilakukan dengan menerapan logika Fuzzy Logic Controller di dalam mikrokontroller arduino uno tersebut.
Penerapan Metode Median Filter Untuk Mereduksi Noise Speckle dan Salt And Pepper Pada Citra Ortokromatik Sari, Surti
Building of Informatics, Technology and Science (BITS) Vol 1 No 1 (2019): Edisi Juni
Publisher : Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.185 KB)

Abstract

Suatu data atau informasi disajikan tidak hanya berupa data teks tetapi juga dapat berupa audio, video, dan gambar. Pada zaman sekarang informasi sangatlah penting dan diperlukan, begitu juga informasi yang terdapat pada citra. Citra (image) atau istilah lain untuk gambar merupakan salah satu komponen multimedia yang berperan penting sebagai bentuk informasivisual. Dibandingkan dengan data teks, citra memiliki banyak informasi. Pada citra berformat digital sering terjadi kerusakan yang didefinisikan sebagai noise. Namun terkadang citra juga dapat mengalami penurunan yaitu degradasi atau penurunan kualitas yang disebabkan oleh derau / noise, warna terlalu kontras, kabur, dan lain-lain. Ada beberapa jenis noise dalam pengolahan citra salah satunya yaitu Salt & Pepper noise. Noise Salt & Pepper berbentuk seperti bintik hitam dan putih pada citra. Untuk mengurangi noise ini dibutuhkan suatu metode, salah satunya yaitu median filter. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah median filter.
Implementasi Algoritma Base64 Untuk Mengamakan Sms Pada Smartphone Minarni, Ros
Building of Informatics, Technology and Science (BITS) Vol 1 No 1 (2019): Edisi Juni
Publisher : Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.502 KB)

Abstract

Suatu fasilitas yang disediakan ponsel untuk melakukan pengiriman data berupa pesan singkat atau sering disebut SMS. SMS yang dikirimkan tidak dapat dijamin integritas dan keamanannya. Hal tersebut dikarenakan pesan yang dikirim akan disimpan di SMSC (Short Massage Service Center), tempat dimana SMS disimpan sebelum dikirim ke tujuan. Hal-hal tersebut dapat sangat merugikan jika informasi yang dicuri atau disadap adalah informasi yang bersifat penting atau rahasia. Sehingga diperlukan suatu penerapan algoritma enkripsi untuk mencegah penyadapan terhadap pesan SMS. Oleh karena itu, diperlukan algoritma  untuk mengamankannya, salah satunya dengan menggunakan algoritma base64. Algoritma Base64 merupakan salah satu algoritma untuk Encoding dan Decoding suatu data dengan menggunakan format ASCII, yang didasarkan pada bilangan dasar 64 atau bisa dikatakan sebagai salah satu metode yang digunakan untuk melakukan encoding (penyandian) terhadap data binary. Hasil yang didapat dari contoh pesan teks ROSMINARNI diencoding dengan base64 menjadi Uk9TTUlOQVJOSQ, Penerapan algoritma Base64 untuk mengamankan pesan sms dilakukan dengan membuat sebuah aplikasi kriptografi dengan bantuan bahasa pemrograman Java Android, Proses pengamanan pesan SMS menggunakan algoritma Base64 dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan ciphertext yang susah diketahui oleh orang awam.
Implementasi Algoritma Apriori Pada Persediaan Barang Minuman Larutan Cap Kaki Tiga (Studi Kasus: PT Adyajati Lestari) Mariani, Mariani
Building of Informatics, Technology and Science (BITS) Vol 1 No 1 (2019): Edisi Juni
Publisher : Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (550.791 KB)

Abstract

Pentingnya persediaan barang di suatu distributor minuman dan jenis barang minuman apa yang menjadi  prioritas utama yang harus di stok untuk mengantisipasi kekosongan barang. Karena minimnya stok barang dapat berpengaruh pada pelayanan konsumen dan pendapatan distributor. Oleh karena itu ketersediaan berbagai jenis minuman di distributor sebagai salah satu supplier minuman, mutlak untuk mendukung kelancaran penyaluran kepada konsumen, sehingga aktivitas pelayanan konsumen berjalan dengan baik. Menggali informasi dan pengetahuan yang berharga pada database yang sangat besar disebut data mining atau Knowledge Discovery in Database (KDD) salah satu algoritma yang paling populer pada teknik data mining adalah algoritma apriori. Sedangkan dalam penemuan pola kombinasi hubungan antar item-sets digunakan Association Rules (Aturan Asosiasi). Seiring dengan masalah diatas, data mining mampu menciptakan lingkungan bisnis yang inteligen untuk memghadapi semakin tingginya tingkat persaingan bisnis distribusi barang dimasa yang akan datang.
Implementasi Algoritma Route Cipher Dalam Pengamanan File PDF Bangun, Meylisa Siska
Building of Informatics, Technology and Science (BITS) Vol 1 No 1 (2019): Edisi Juni
Publisher : Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.955 KB)

Abstract

Keamanan data merupakan suatu cara yang dilakukan untuk menjaga kerahasiaan informasi agar tidak dicuri atau dimanipulasi oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Aspek-aspek keamanan data meliputi authentication, integrity, nonrepudation, authority, confidentiality, privacy, availability dan acces control. Salah satu masalah kemanan data yang sering terjadi adalah pengambilan data rahasia yang dimiliki suatu perusahaan ataupun perorangan yang sangat merugikan apabila disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Banyaknya aplikasi-aplikasi yang dapat membantu dalam memecahkan kode keamanan yang ada sekarang ini, sehingga diperlukan suatu sistem keamanan yang berfungsi untuk melindungi informasi dari berbaai ancaman. File Portable Document Format (PDF) merupakan format berkas yang banyak digunakan di dalam pertukaran informasi, oleh karena itu setiap dokumen yang memilki format tersebut harus diamankan terlebih dahulu agar tidak dimanipulasi dan dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak berhak.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2019 2019