cover
Contact Name
sugiarjo
Contact Email
perpus@pancabudi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
ejournal@pancabudi.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Teknik dan Informatika
ISSN : 20895941     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Teknik dan Informatika diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Panca Budi Medan sebagai media komunikasi ilmiah yang menyajikan kajian-kajian terkait informasi dan teknologi dalam rangka mengikuti perkembangan informasi dan teknologi yang sesuai dengan perkembangan.
Arjuna Subject : -
Articles 41 Documents
Implementasi Data Mining dalam Memprediksi Stok Barang Menggunakan Algoritma Apriori , Sri Wahyuni
Jurnal Teknik dan Informatika Vol 5 No 2 (2018): JUTI
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (758.932 KB)

Abstract

Penerapan Data Mining algoritma Apriori dalam memprediksi stok barang penjualan sepatu dapat digunakan untuk membantu suatu perusahaan atau toko penjualan dalam memprediksi jenis barang atau brand apa saja yang laku ataupun tidak laku pada suatu toko atau penjualan. Sehingga dapat diperoleh informasi yang jenis barang atau brand apa saja yang harus memiliki stok yang banyak, sedikit dan lain sebagainya. Dengan memanfaatkan perangkat lunak yang dirancang untuk melakukan Strategi pasar yang dapat menentukan pola persediaan stok sepatu berdasarkan permintaan pelanggan merupakan salah satucara yang tepat untuk mengetahui minat pembelian pelanggan. Penggunaan algoritma apriori merupakan salah satu cara untuk mengetahui hal tersebut. Dengan mengetahui minat pembelian pelanggan, maka management bisa menentukan pola persediaan stok sepatu converse sesuai dengan permintaan ataupun harapan pelanggan. Hasil dari penelitian ini adalah, perusahaan dapat lebih mudah dalam menyediakan produk yang lebih diinginkan pelanggan berdasarkan stok sepatu converse yang ada. Sehingga penjualan akan meningkat dan dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan dikarenakan pelanggan merasa puas dengan produk yang telah ditawarkan oleh perusahaan.
Pengenalan Struktur Baru untuk Web Mining dan Personalisasi Halaman Web , Heri Kurniawan
Jurnal Teknik dan Informatika Vol 5 No 2 (2018): JUTI
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1305.918 KB)

Abstract

Selama pengguna internet mengunjungi sebuah Akses Web Server pada data yang disimpan. Informasi ini dapat digunakan secara luas. Menggunakan infomasi ini kita dapat memperoleh preferensi penguna dan menggunakannya untuk personalisasi halaman web. Web Mining adalah sebuah diskusi baru yang telah memperkenalkan cara untuk mengelola halaman web. Faktanya Web Mining adalah aplikasi dari teknik Data Mining untuk mengungkap pola-pola dari kepentingan pengguna dalam Data Web. Dalam artikel ini penulis menyajikan sebuah struktur baru untuk Web Mining.
MODEL SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA DAN REWARD PEGAWAI MELALUI E-OFFICE , Melva Sari Panjaitan
Jurnal Teknik dan Informatika Vol 5 No 1 (2018): JUTI
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (746.162 KB)

Abstract

Pegawai adalah sumber daya yang memegang peranan penting bagi perusahaan dan instansi manapun.Namun banyak instansi yang mempunyai pegawai dengan kompetensi yang tidak memadai. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya problema produktivitas pegawai dan sulitnya mengukur kinerja pegawaidikarenakan selama ini kualitas kinerja pegawai dinilai secara subjektif dan sangat dipengaruhi oleh kedekatan atasan dan hanya mengikuti perasaan semata. Sistem Pendukung Keputusan merupakan sistem informasi interaktif yang mampu memanipulasi data, informasi dan model untuk membantu masalah-masalah semi struktur seperti masalah penilaian kinerja pegawai tersebut dengan menggunakan TOPSIS sebagai metode penyelesaiannya. TOPSIS itu sendiri akan memberikan alternatif keputusan terhadap kasus yang ada dengan memasukkan alternatif dan kriteria-kriteria penilaian. Dalam penelitian ini Sistem Penunjang Keputusan berbasis TOPSIS akan berperan sebagai solusi terbaik bagi top manajemen atau si pengambil keputusan dalam menentukan pegawai yang layak untuk mendapatkan reward dari perusahaan tersebut.
Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pegawai Penerima Insentif Menggunakan Metode Multi Objective Optimization On The Basic Of Ratio Analysis (MOORA) , Suheri
Jurnal Teknik dan Informatika Vol 6 No 1 (2019): JUTI
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.635 KB)

Abstract

Aset terpenting yang dimiliki oleh perusahaan adalah sumber daya manusia (SDM). Untuk menjaga kualitas SDM maka pihak manajemen melakukan penilaian kinerja terhadap setiap pekerjaan pegawainya. Penilaian kinerja dilakukan untuk meningkatkan kinerja atau prestasi pegawai. Cara yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja atau prestasi pegawai salah satunya adalah dengan pemberian kompensasi berupa insentif setiap periode tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pegawai yang paling layak mendapatkan insentif berdasarkan kinerja pada periode tertentu. Data pegawai yang diolah dalam penelitian ini adalah data pegawai tetap yang ada di Universitas Pembangunan Panca Budi Medan (UNPAB). Insentif diberikan berdasarkan prestasi kinerja para pegawai yang ditinjau oleh manajemen melalui penilaian kinerja. Penilaian kinerja pegawai dinilai dari pencapaian target kerja aspek kelembagaan dan aspek individual masing-masing pegawai. Sehingga dengan metode MOORA ini diharapkan dapat membantu manajemen dalam memilih pegawai yang paling layak menerima insentif.
Perbandingan Metode AHP dan SMART Pada Performance Appraisal Dosen untuk Pemberian Insentif Kinerja (Studi Kasus : Universitas Pembangunan Panca Budi) , Fachrid Wadly
Jurnal Teknik dan Informatika Vol 6 No 1 (2019): JUTI
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.336 KB)

Abstract

Kualitas sumber daya manusia merupakan salah satu faktor penunjang untuk meningkatkan produktivitas kinerja sebuah instansi, sumber daya manusia yang berkompetensi tinggi dapat mendukung tingkat kinerja, dengan penilaian kinerja maka akan diketahui prestasi yang dicapai oleh setiap karyawan Pada Perguruan Tinggi Reward atau penilaian dalam bentuk insentif merupakan suatu bentuk tanda ucapan terima kasih kepada dosen atas dedikasi dan kinerja yang telah diberikan dosen kepada Perguruan Tinggi. Pada penelitian ini digunakan dua metode dalam pengambilan keputusan pemberian insentif berdasarkan penilaian kinerja. Metode AHP (Analytical Hierarchy Process) dan metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique) dengan studi pada Dosen Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Pada tahap analisis dengan menggunakan kedua metode tersebut didapatkan hasil bahwa penilaian kinerja dengan menggunakan metode AHP hanya 3 Dosen dari 10 Dosen yang berhak mendapatkan insentif dengan keputusan penilaian 21,00 s/d 24,00 berhak mendapatkan insentif dan penilaian 0,00 s/d 20,00 tidak mendapatkan insentif. Analisis dengan menggunakan metode SMART didapatkan 4 Dosen dari 10 Dosen yang berhak mendapatkan insentif dengan keputusan penilaian 1,5 s/d 2,4 berhak mendapatkan insentif dan 0,00 s/d 1,4 tidak mendapatkan insentif. Dari hasil analisis data pada penelitian ini juga didapatkan hasil bahwa penilaian keputusan pemberian insentif lebih tepat menggunakan metode SMART dibandingkanmenggunakan metode AHP.
Penerapan Web Promosi pada Bagan Deli Medan Belawan Menggunakan Pemograman PHP Database MYSQL , Randi Rian Putra
Jurnal Teknik dan Informatika Vol 5 No 2 (2018): JUTI
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (813.933 KB)

Abstract

Di era globalisasi teknologi saat ini sangat cepat dan sudah semakin maju, terutama dalam penanganan informasi. Namun akibat penyebaran teknologi informasi yang tidak merata, menyebabkan banyak pengguna baik perorangan, organisasi serta instansi-instansi pemerintahan maupun perusahaan yangbelum menggunakan komputer secara optimal. Begitu juga halnya yang terjadi pada Kelurahan bagan delibelawan untuk menginformasikan keberadaan dan objek wisata yang ada di daerah tersebut, sehinggamengakibatkan kesulitan untuk melihat keadaan yang terjadi di bagan deli. Dalam penelitian dan pengujiansistem, dilakukan dengan beberapa metode, yaitu penelitian lapangan, penelitian pustaka dan penelitianlaboratorium. Penelitian lapangan dilakukan dengan peninjauan langsung ke Kantor Lurak bagan deli,sehingga diketahui mekanisme kerja sistem yang ada. Penelitian pustaka dilakukan dengan mempelajari bukubuku yang dapat menambah kajian ilmu bagi sistem dan Penelitian ini. Sedangkan penelitian laboratorium dilakukan dengan membuat program aplikasi untuk pengolahan data hasil penelitian.
APLIKASI PENGOLAHAN CITRA PERBAIKAN KUALITAS IMAGE CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN METODE HARMONIC MEAN FILTER , Supiyandi
Jurnal Teknik dan Informatika Vol 5 No 1 (2018): JUTI
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (775.877 KB)

Abstract

Kemajuan teknologi yang semakin berkembang pesatnya mendorong masyarakat untuk terus menciptakan suatu terobosan baru disegala bidang disipin ilmu pengetahuan. Pengolahan citra adalah pemrosesan citra, khususnya dengan menggunakan komputer, menjadi citra yang kualitasnya lebih baik. Citra digital merupakan suatu gambar yang bisa disimpan, ditampilkan, atau diproses oleh suatu komputer. Pada saat sekarang ini citra digital tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat dibagian belahan dunia manapun. Operasi dari Harmonic mean filter dapat berkerja untuk salt noise, tetapi gagal untuk papper noise, filter yang berfungsi baik untuk tipe noise yang lainnya juga seperti gaussian noise. Sifat filter ini sama seperti geometric mean filter, baik untuk salt noise, seperti citra yang terdegrasi oleh noise yag mengandung papper noise.
IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA KEPENDUDUKAN BERBASIS WEB PADA KANTOR KEPALA DESA SUMUR JAUH KECAMATAN KELING DANAU KABUPATEN KERINCI PROVINSI JAMBI , Eka Putra
Jurnal Teknik dan Informatika Vol 5 No 1 (2018): JUTI
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.842 KB)

Abstract

Pada Kantor Kepala Desa Sumur Jauh Kecamatan Keliling Danau Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Kegiatan ini dilakukan dengan tanya jawab dan tentu saja melihat langsung pada objek penelitian. Pengolahan data kependudukan berbasis web yang penelitian buat akan diberikan kepada Kantor Kepala Desa Sumur Jauh Kecamatan Keliling Danau Kabupaten Kerinci Provinsi yaitu Kepala Desa. Program penelitian ini berfungsi untuk meningkatkan atau mempermudahkan dalam proses pengolahan data kependudukan pada Kantor Kepala Desa Sumur Jauh Kecamatan Keliling Danau Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Dan diharapkan dari hasil evaluasi yang dilakukan kegiatan program penelitian ini mampu memberikan manfaat yang sangat besar dan tepat sasaran bagi Kantor Kepala Desa Sumur Jauh Kecamatan keliling Danau kbuoaten Kerinci Provinsi Jambi.
Pemanfaatan Google Chat API Pendukung Pembelajaran Networking sebagai Aplikasi Monitoring Traffic Jaringan (Studi Kasus PT. Budi Perkasa Alam) , Suherman
Jurnal Teknik dan Informatika Vol 5 No 2 (2018): JUTI
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (620.382 KB)

Abstract

Jaringan komputer merupakan sesuatu yang harus dijaga kestabilan operasionalnya. Untuk mengatasi masalah yang dihadapi dan agar kondisi jaringan stabil, maka diperlukan adanya monitoring jaringan yang baik. Berdasarkan pengamatan pada jaringan yang ada di PT Budi Perkasa Alam sampai saat ini belum ada aplikasi ataupun alat yang digunakan untuk memonitoring traffic jaringan yang ada di perusahaan tersebut. Pengujian dari aplikasi monitoring jaringan dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan tampilan danfungsi pada setiap halaman sistem monitoring jaringan sesuai dengan desain sistem yang telah dirancang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode RAD (Rapid Aplication Diagram) dengan memanfaatkan Google Chart API pada aplikasi berbasis web untuk memonitoring jaringan internet yang ada pada PT Budi Perkasa Alam. Hasil percobaan aplikasi monitoring jaringan ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan membantu administrator dalam memonitoring dan memberikan informasi tentang kondisi trafficjaringan di perusahaan tersebut.
Analisa dan Perancangan Aplikasi Info Wisata Kabupaten Mukomuko Berbasis Android , Ika Devi Perwitasari
Jurnal Teknik dan Informatika Vol 5 No 2 (2018): JUTI
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (893.179 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi sistem informasi wisata kota Mukomuko. Dalam perancangannya nantinya akan menggunakan metode pemodelan sistem yaitu UML (Unified Modelling Language). Dalam perancangan aplikasi menggunakan UML akan dibuat beberapa diagram yangmenggambarkan rancangan sistem, diagram UML yang dibuat antara lain : use case diagram, activitydiagram, class diagram, sequence diagram dan deployment diagram. Aplikasi info wisata kota Mukomuko dibuat agar berjalan pada perangkat smartphone dengan platform Android. Dalam tahap coding, software yang digunakan nantinya adalah Eclipse yang dikonfigurasi dengan Android SDK (Software Development Kit). Kabupaten Mukomuko pada umumnya memiliki wisata pantai, namun jika lebih dieksplor lagi, masihbanyak lagi wisata alam selain pantai. Dengan adanya aplikasi info wisata ini diharapkan dapat memberikan informasi seputar tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Mukomuko.