cover
Contact Name
fikom uniga
Contact Email
fikom@uniga.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
fikom@uniga.ac.id
Editorial Address
-
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian
Published by Universitas Garut
ISSN : 24610836     EISSN : 2580538X     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal komunikasi Universitas Garut diterbitkan bermaksud untuk mengembangkan potensi khususnya bagi dosen ilmu komunikasi Universitas Garut dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang disajikan dalam bentuk tulisan jurnal online. Informasi ini, merupakan kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari para pembaca, paraktisi, mahasiswa dan para peneliti. Komunikasi merupakan sebuah disiplin ilmu yang mengadopsi dari berbagai disiplin ilmu seperti sosiologi, antropologi,dan psikologi.
Arjuna Subject : -
Articles 72 Documents
PERAN MAJALAH ASIAN LOOK DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI PEMBACA AKAN INDUSTRI HIBURAN KOREA Suseno, Novie Susanti; Sundari, Gumi
Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.01 KB)

Abstract

Abstrak Dewasa ini sejalan dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, dunia media massa juga mengalami perubahan. Lebih lanjut, peran media massa itu langsung atau secara tidak langsung akan memberikan pengaruh bagi perkembangan komunikasi manusia. Perubahan yang terjadi pada dunia komunikasi sangat berpengaruh baik level individu ataupun kolektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peran majalah Asian Look (media massa) dalam memenuhi kebutuhan informasi pembaca akan industri hiburan Korea. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Accidental Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang responden. Berdasarkan hasil analisis data korelasi Rang-Spearman (analisis inferensial), diperoleh nilai rs (korelasi) sebesar 0,130. Hal ini, menunjukkan bahwa peran media massa berupa majalah Asian Look untuk memenuhi kebutuhan informasi pembaca akan industri hiburan Korea mempunyai tingkat hubungan dalam interval yang sangat rendah, namun searah. Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh angka sebesar 17% yang berarti peran majalah Asian Look memberikan pengaruh yang relative rendah dalam memenuhi kebutuhan informasi pembaca akan industri hiburan Korea. Hasil uji hipotesis Ho ditolak dan Hi diterima. Hal ini, mengindikasikan bahwa tidak terdapat peran yang cukup besar antara majalah Asian Look dalam memenuhi kebutuhan informasi pembaca akan industri hiburan Korea. Kata Kunci: Majalah; Informasi; Industri Abstract Today in the line with the development of information and communications technology, the word of the mass media is also changing. Further, the role of the mass media that directly or indirectly influence the development of human communication. Changes in the world of communications greatly affect either the level of individual or collective. The aim of this study was to determine how much the role of the Asian magazine Look (mass media) in meeting the information needs of readers will be the Korean entertainment industry. The method used is a survey method. The sampling technique using accidental sampling technique, with a total sample of 96 respondents. Based on the results of data analysis Rang Spearman correlation (inferential analysis), the value of rs (correlation) of 0.130. It shows that the role of mass media in the form of Asian Look magazine to meet the information needs of readers will be the Korean entertainment industry has a level of relationship in the interval is very low, but in the same direction. Determination coefficient calculation results obtained figures by 17%, which means that the role of the Asian magazine Look impact is relatively low in meeting the information needs of readers will be the Korean entertainment industry. Hypothesis test results Hi Ho rejected and accepted. This indicates that there is a considerable role among Asian Look magazine in meeting the information needs of readers will be the Korean entertainment industry. Keywords: Magazine; Information; Industry
PEMBERITAAN KONFLIK PERDANA MENTERI AUSTRALIA TONY ABBOT Gustira, Muhammad Alfian; Nurhadi, Zikri Fachrul; Suseno, Novie Susanti
Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.368 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi perseteruan antara Pemerintah Indonesia dengan Perdana Menteri Australia berkaitan dengan penanganan kasus eksekusi mati terpidana Bali Nine dan arogansi serta invansi yang dilakukan oleh Perdana Menteri Australia dan negara-negara internasional. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan (1) Media Indonesia (Online) dalam menyeleksi isu Konflik Perdana Menteri Australia dalam Kasus Eksekusi Mati Warganegaranya; (2) Media Indonesia (Online) dalam penonjolan isuKonflik Perdana Menteri Australia dalam Kasus Eksekusi Mati Warganegaranya; (3) Cara pandang Media Indonesia (Online) dalam melihat Konflik Perdana Menteri Australia dalam Kasus Eksekusi Mati Warganegaranya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis framing dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana perspektif atau cara pandang yang digunakan oleh wartawan ketika menyeleksi isu dan menulis berita. Sedangkan pendekatan pada penelitian ini kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini adalah Media Indonesia (online) yang merupakan salah satu media yang memiliki nilai pengaruh tinggi. Hasil penelitian menunjukkan Media Indonesia (online) dalam pemberitaannya memberikan citra semu membela masyarakat dan menguatkan kepemerintahan karena hal yang diutamakan adalah pemberian citra yang kuat kepada Pemerintah Indonesia dengan tujuan untuk mengalahkan intervansi negara lain tanpa menggambarkan sikap pemerintah yang dinilai lamban dari pandangan masyarakat. Media Indonesia (online) dalam penyeleksian isunya mengangkat sesuatu hal yang membela Pemerintah Indonesia. Dalam penonjolan isu Media Indonesia cenderung memberitakan dengan model bad news, dengan memojokan Perdana Menteri Australia ke arah negatif sehingga konstruksi berita tentang Perdana Menteri Australia menjadi buruk. Kata Kunci: Pemberitaan; Konflik; Media Indonesia (online); Framing Abstract This research is motivated feud between the Indonesian government and the Prime Minister of Australia relating to the handling of cases of executions of convicted Bali Nine and arrogance as well as the invasion carried out by the Prime Minister of Australia and international countries. The purpose of this study was to describe (1) Media Indonesia (Online) in selecting isuKonflik Prime Minister of Australia in the Case of the Dead Execution nationals; (2) Media Indonesia (Online) in the protrusion isuKonflik Prime Minister of Australia in the Case of the Dead Execution nationals; (3) The perspective Media Indonesia (Online) in view Conflict Prime Minister of Australia in the Case of the Dead Execution citizens. The method used in this research is the method of framing analysis in order to determine how the perspective or the perspective used by journalists when selecting issues and news writing. While this approach to qualitative research. Data collection techniques used in-depth interviews, participant observation and documentation study. The subject of this study is the Media Indonesia (online), which is one medium that has a high influence value.The results show the Media Indonesia (online) in its message provide false image to defend the people and strengthen governance because the main priority is the provision of a strong image to the Government of Indonesia with the goal to beat intervansi other countries without describing the attitude of the government that sluggish from the public gaze. Media Indonesia (online) in selecting the issues raised something that is defending the Government of Indonesia. In highlighting the issue of Media Indonesia tend to preach to the model of bad news, with the Australian Prime Minister to push the negative direction so that the construction of the news of the Prime Minister of Australia for the worse. Keywords: News; Conflict; Media Indonesia (online); Framing
PENGARUH KREDIBILITAS KOMUNIKATOR DALAM SOSIALISASI P4GN (PENCEGAHAN, PEMBERANTASAN, PENYALAHGUNAAN DAN PENGEDARAN GELAP NARKOBA) TERHADAP SIKAP ANAK Salamah, Ummu; Muhibban, Akmal
Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.853 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja dari tahun ke tahun semakin mengalami peningkatan. Hal ini, membuat pemerintah berusaha untuk mencegah dan berupaya mengurangi peningkatan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja. Lembaga yang ditunjuk pemerintah yakni lembaga khusus yang menangani penyalahgunaan dan pemberantasan peredaran gelap narkoba, lembaga tersebut adalah Badan Narkotika Nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kredibilitas komunikator penyuluh komunikasi P4GN terhadap sikap anak SMA Negeri 11 Garut, yang meliputi aspek kognisi, afeksi dan konasi. Metode penelitian yang dipakai adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kredibilitas komunikator terhadap sikap anak SMA Negeri 11 Garut adalah signifikan baik pada aspek kognisi, afeksi dan konasi. Besar pengaruh kredibilitas komunikator terhadap aspek kognisi sebesar 38,6% dengan total pengaruh sebesar 62,1%, terhadap aspek afeksi sebesar 35,1% dengan total pengaruh 12,3%. Besar pengaruh terhadap konasi sebesar 51,8% dengan total pengaruh 26,8%. Kata Kunci: Kredibilitas; Komunikator; Sosialisasi; P4GN; Sikap Abstract Drug abuse among teenagers from year to year is increasing. This makes the government seeks to prevent and seeks toreduce the increase in drug abuse among teenagers. Government-appointed agency that is a special institution to deal with the abuse and combating illicit drug trafficking, the agency is the National Narcotics Agency.Purpose of this study was to determine the credibility of the communicator extension P4GN communication on senior high school attitudes SMA Negeri Garut 11 students, which includes aspects of cognition, affection and connative. The method used is survey method with quantitative research approaches. Data collection techniques are observation, interview, and literature study. The results showed that the influence of communicator credibility to the student’s attitude SMA Negeri Garut 11 is significantly better on aspects of cognition, affect, and connative. The results showed that the influence of communicator credibility to the student’s attitude SMA Negeri Garut 11 is significantly better on aspects of cognition, affect and connative. The influence of communicator credibility of aspects of cognition at 38.6% with a total effect of 62.1%. Against the affection of 35.1% with a total effect of 12.3%. Great influence on conaci amounted to 15.8% with a total effect of 26.8%. Keyword: Credibility; Communicator; Socialisation; P4GN; Attitude
KONSTRUKSI MAKNA HIJAB DALAM KOMUNITAS ‘HIJABERS COMMUNITY GARUT’ Utami, Khalida Sri; Kurniawan, Achmad Wildan
Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.804 KB)

Abstract

Abstrak Latar belakang penelitian ini adalah perkembangan fashion telah menjadi fenomena tersendiri di masyarakat. Setiap lapisan masyarakat memiliki gaya fashionnya tersendiri. Dengan fashion orang dapat menampilkan identitas dirinya yang berbeda dengan orang lain. Saat ini salah satu fashion yang tengah menjadi tren adalah tren fashion hijab. Semakin berkembangnya tren hijab juga memunculkan banyaknya komunitas Hijabers yang memiliki kesamaan dalam cara berpakaian. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan motif para anggota komunitas Hijabers Community Garut dalam menggunakan hijab, motif anggota untuk bergabung dalam komunitas Hijabers Community Garut dan pemaknaan hijab oleh para anggota komunitas Hijabers Community Garut. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan motif para anggota komunitas Hijabers Community Garut dalam menggunakan hijab, motif anggota untuk bergabung dalam komunitas Hijabers Community Garut dan pemaknaan hijab oleh para anggota komunitas Hijabers Community Garut. Metode penelitian ini menggunakan fenomenologi dengan pendekatan kualitatif, paradigm konstruktivis dengan tujuan mengoptimalkan subjek dalam memaknai pemaknaan hidupnya terkait dengan konstruksi makna hijab dalam komunitas di Garut. Subjek penelitian ini adalah anggota Hijabers Community Garut dengan kriteria tertentu serta menyatakan bersedia mengikuti hingga selesai. Adapun yang dijadikan informan sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan memiliki motif yang beragam untuk menggunakan hijab, yaitu motif modis, motif tuntutan lingkungan, motif pencitraan diri, motif proses pembelajaran, dan motif ketaatan beragama. Adapun motif informan bergabung ke dalam komunitas antara lain motif syi’ar, motif eksistensi diri dan motif bisnis. Pemaknaan hijab bagi informan yaitu sebagai pelindung, pencitraan, keharusan, dan kecantikan diri. Konstruksi makna dalam penelitian ini disebabkan oleh perkembangan fashion, penyesuaian diri, dan pengalaman di masa lalu. Kata Kunci: Konstruksi Makna; Fenomenologi; Interaksi Simbolik; Fashion; Hijab Abstract The background of this research is the development of fashion has become a phenomenon in society. Every society has its own fashion style. With the fashion to show his identity that is different from others. Nowadays one of the fashion that a trend is a trend fashion hijab. The growing trend of hijab also raises many Hijabers communities that have similarities in dress. This study aims to explain the motives of the members of the community in using the Garut Community Hijabers hijab, motive members to join the community Hijabers Community Garut and meaning of hijab by community members Hijabers Community Garut. The purpose of this study is to explain the motives of the members of the community in using the Garut Community Hijabers hijab, motive members to join the community Hijabers Community Garut and meaning of hijab by community members Hijabers Community Garut. This research method using the phenomenological qualitative approach, constructivist paradigm with the aim of optimizing the subject in defining the meaning of life associated with the construction of the meaning of hijab in the community in Garut. The subjects were members of the Community Hijabers Garut certain criteria as well as the states are willing to follow to the end. The informants were used as many as 10 people. Data collection techniques are in-depth interviews, participant observation, and literature study. The results showed that the informant had a variety of motives for the use of the hijab, the fashionable motif, the motif of environmental demands, self-image motif, motif learning process, and the motive of religious observance. The motive of the informant to join the community, among others syi'ar motif, motif own existence and business motives. Pemaknaan hijab as protection for informants, imaging, necessity and beauty of self.Construction of meaning in this study due to the development of fashion, adjustment, and experience in the past. Key words: Meaning Construction; Phenomenology; Symbolic Interactionism; Fashion; Hijab
PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENCEGAHAN NARKOBA DI GARUT Fanaqi, Chotijah; Pratiwi, Resty Mustika
Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.637 KB)

Abstract

Abstrak Pemetaan sosial dipandang sebagai salah satu pendekatan dalam penanganan penyalahgunaan narkoba. Pemetaan sosial tentunya harus dilakukan secara partisipatif dan memberdayakan masyarakat. Untuk mencegah penyalahgunaan Narkoba, BNN Garut membentuk Satgas Anti Narkoba yang terdiri dari Kelompok Petani Kopi. Selain itu BNN Garut juga melakukan sosialisasi bahaya Narkoba kepada stakeholders di lingkungan Desa Cikandang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara untuk pengumpulan data agar mendapatkan data yang objektif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori partisipasi masyarakatbahwa ada tiga alasan utama bagi pentingnya partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan telah tercapai, yaitu; pertama, partisipasi masyarakat bisa menjadi “telinga” untuk mendapatkan informasi tentang kondisi, permasalahan dan kebutuhan masyarakat. Kedua, tercapainya efektifitas dan efesiensi program atau proyek pembangunan dengan mudah, sebab dengan kontribusi dan partisipasi masyarakat bisa mengurangi beban biaya yang dikeluarkan untuk pelaksanaan pembangunan. Ketiga, secara etik-moral, partisipasi menjadi bagian dari hak demokrasi bagi masyarakat, sehingga pemerintah dapat meredam potensi resistensi dan efek sosial yang ditimbulkan dari proses pembangunan. Melalui program pembinaan dan pembentukan Satgas Anti Narkoba di daerah perkebunan Desa Cikandang Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut, tercapai tiga alasan utama pentingnya partisipasi masyarakat, yaitu: Pertama, partisipasi masyarakat dalam Satgas Anti Narkoba bisa menjadi informan bagi BNN Kab. Garut. Kedua, Melalui partisipasi masyarakat setempat, program pencegahan penyalahgunaan narkoba di wilayah desa Cikandang bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Ketiga, pelibatan para petani kopi serta tokoh masyarakat dapat meredam penolakan yang muncul dari sebagian kecil masyarakat. Adapun rekomendasi dari penelitian ini adalah pentingnya keberlanjutan program, perlunya dukungan dana yang lebih besar bagi pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui peternakan, serta perlunya pembinaan khusus kelompok muda yang masih rentan terhadap tindak penyalahgunaan narkoba. Kata Kunci: Partisipasi; Masyarakat; Penyalahgunaan; Narkoba Abstract Social mapping is seen as one approach in handling drug abuse. Social mapping must be done in a participatory manner and empower the community. To prevent drug abuse, BNN of Garut formed a Satgas of Anti-Narcotics consisting of Coffee Farmers Group. In addition, BNN of Garut also conducted a socialization of the narcotics dangers to stakeholders in the Cikandang Village. This research method uses a qualitative approach using observation and interview techniques to collect data in order to obtain objective data. The theory used in this study is the theory of community participation that there are three main reasons for the importance of community participation in the development process has been achieved, namely; First, community participation can be an "ear" to get information about the conditions, problems and needs of the community. Second, the achievement of the effectiveness and efficiency of programs or development projects easily, because with the contribution and participation of the community can reduce the burden of costs incurred for the development implementation. Third, ethically-moral, participation becomes part of democratic rights for the community, so that the government can reduce the potential for resistance and the social effects that arise from the development process. Through the formation of Satgas of the Anti-Narcotics in the plantation area of Cikandang Village, Cikajang District, Garut Regency, three main reasons for the importance of community participation were achieved: First, community participation in the Satgas Anti-Narcotics could be an informant for BNN of Garut. Second, Through the participation of the local community, the drug abuse prevention program in the Cikandang village area can run effectively and efficiently. Third, the involvement of coffee farmers and community leaders can reduce the resistance that arises from a small part of the community. The recommendations of this study are; the importance of program sustainability, the need for greater financial support for community economic empowerment through livestock, and the need for special guidance for young groups who are still vulnerable to acts of drug abuse. Keywords: Society; Participation; Drug abuse
HAKIKAT HAK KEBEBASAN MENYAMPAIKAN PENDAPAT DI MUKA UMUM S, Ujang Chandra
Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.938 KB)

Abstract

Abstrak. Kemerdekaan berekspresi adalah hak setiap warga negara untuk menginformasikan pikiran dengan lisan, tertulis, dan begitu bebas dan bertanggung jawab sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Penyampaian pendapat "secara lisan", antara lain dengan cara berbicara, dialog, dan diskusi, sedangkan penyampaian pendapat "tertulis", antara lain, oleh petisi, gambar, pamflet, poster, brosur, selebaran, dan spanduk. Sementara itu yang dimaksud dengan "dll", antara lain, dengan sikap diam, dan mogok makan". Kata kunci: Hakikat, Hak, Kebebasan, Pendapat, Umum Abstract. Independence of expression is the right of every citizen to inform mind with oral, written, and so freely and responsibly in accordance with the provisions of the legislation in force. Submission of opinions "verbally", among others by means of speech, dialogue, and discussion, while the delivery of opinions "in writing", among others, by petition, pictures, pamphlets, posters, brochures, flyers, and banners. While it is meant by "etc.", among others, by the attitude of silence, and the hunger strike ". Keywords: Itself, Rights, Freedoms, Opinion, General
GRAND LAUNCHING NERV LAB SEBAGAI STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS PADA NERV STORE Sihombing, Roy Burju; Hendrawan, Heri; Mujianto, Haryadi
Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.677 KB)

Abstract

Abtraks Penelitian ini dilatar belakangi sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Personal Vaporizer atau Vape yang pada saat ini sedang banyak diperbincangkan oleh kalangan anak muda dan Nerv Store menjadi Vape Store pertama yang mengadakan Grand Launching Vape di Garut. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode Deskrptif Kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Strategi Marketing Public Relation, yaitu proses yang terdiri atas perencanaan, implementasi, dan evaluasi program yang merangsang pembelian dan kepuasan konsumen melalui komunikasi yang dapat dipercaya dan menarik minat konsumen, khususnya untuk perusahaan yang menyediakan kebutuhan keinginan, kehendak, dan perhatian konsumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Grand Launching Nerv Lab sebagai strategi Marketing Public Relations pada Nerv Store adalah sebagai berikut: strategi menarik (Pull) Marketing Public Relations Nerv Store adalah berbentuk iklan promosi melalui media sosial yang memiliki banyak pengguna aktif di dalamnya. Perlombaan dengan hadiah menarik dalam acara tersebut ditujukan untuk menarik minat publik. Strategi Upaya mendorong. (Push) Marketing Public Relations Nerv Store dalam Grand Launching Nerv Lab dengan promo khusus berupa pemberian diskon harga , dan juga servis gratis, Produk dipromosikan oleh tokoh yang cukup dikenal di kalangan pengguna Vape. Menyediakan tempat bersantai sehingga konsumen merasa nyaman. Strategi Menciptakan Image (Pass) Marketing Public Relation Nerv Store adalah dengan memberikan pelayanan yang baik dengan cara bersikap ramah dan memberikan rekomendasi dan saranan dengan tepat kepada konsumen. Nerv Store juga meyakinkan konsumen bahwa produknya adalah resmi secara hukum dengan memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (B P O M). Kata kunci: Grand Launching; Nerv Lab; Public Relation; Marketing; Nerv store Abstract This research background of a Company engaged in the field of Personal Vaporizer or Vape which is currently being discussed by many young people and Nerv Store became the first Vape Store that held grand launching Vape in Garut. In this research, researches used descriptive qualitative methods. The theory used in this research is the Theory of Public Relations Marketing Strategy, a process consisting of planning, implementation, and evaluation program that stimulates purchasing and customer satisfaction through reliable communitacion and attracts consumers, especially for companies that provide the needs, desires, wills, and consumers attention. The result of this study indicate that Grand Launching Nerv Lab as public relations marketing strategy on Nerv Store is as follows: pull strategy (Pull) Marketing Public Relations Nerv Store is a promotional ad form through social media that has many active users in it. The Challenge with attractive prizes in that event is aimed for attracting the public interest. Strategy of pushing effort (Push) Marketing Public Relations Nerv Store on Grand Launching Nerv Lab is with special promo in the form of discounting price and also free service. free services, Product s are promoted by wellknown figures among Vape users. Provide a place to relax so that consumers feel comfortable. Public image Strategy (Pass) Marketing Public Relations Nerv Store it is by providing good service by being friendly and gibving recommendations and advice appropriately to the consumer. Nerv Store also assures consumers that the products is legally authorized by having permission from B P O M (National Agency of Drug and Food Control) Keywords: Grand Launching; Nerv Lab; Public Relations; Marketing; Nerv store
STRATEGI CYBER PUBLIC RELATIONS WEBSITE E-MARKETPLACE Yumikosari, Melati Agustin; Purnama, Hadi
Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.984 KB)

Abstract

Abstrak. Indonesia dikenal sebagai negara maritim dengan dua pertiga luas Indonesia adalah lautan atau setara dengan 70% dari total luas wilayah Indonesia. Dengan kekayaan laut yang melimpah tentunya berpeluang untuk menyejahterakan para nelayan dan memasarkan komoditas hasil laut secara global. Pasarlaut.com merupakan marketplace dan platform jual beli hasil laut yang bertujuan untuk mensejahterakan nelayan dan memutus rantai penjualan ikan yang merugikan para nelayan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Cyber Public Relations Pasarlaut.com dalam menginformasikan Pasarlaut.com. Metode penelitian yangdigunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisisstudi deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1.Tujuan dilakukannya Cyber Public Relations adalah untuk membangun pengenalan merek dan pengetahuan tentang website Pasarlaut.com. 2. Pasarlaut.com menggunakan empat tools dari enam tools Cyber PR yaitu: website, E-mail, Media Sosial dan Publisitas melalui mesin pencari. 3. Dalam perencanaan dan pelaksanaan terdapat beberapa langkah yang digunakan oleh pihak Pasarlaut.com dalam melakukan strateginya, diantaranya: Content management, Media Relations, Social Media Program dan Penggunaan SEO Organic. 4. Evaluasi dilakukan dengan komunikasi langsung atau tatap muka dalam kegiatan rutin Morning Glory, data evaluasi di dapat dari penggunakan aplikasi analytics. Kata kunci: Cyber Public Relations, Strategi Cyber Public Relations, Pasarlaut.com Abstract. Indonesia is well known as a maritime country. 2/3 of the total area of Indonesia or equivalent to 70% of the total area of Indonesia is an ocean. With a wealth of abundant sea, Indonesia would have a chance to prosper the fishermen and sell the commodities of marine products to foreign countries. Pasarlaut.com is a marketplace and platform to buy and sell seafood aimed at welfare of fishermen and break the chain of fish sales that harm the fishermen. This study aims to find out how the Cyber Public Relation strategy of Pasarlaut.com educate public about Pasarlaut.com. This research is using qualitative approach method. The results of this study show that: 1. Cyber Public Relations goal is to build brand recognition and knowledge about the website Pasarlaut.com. 2. Pasarlaut.com uses four tools from six Cyber PR tools: website, E-mail, Social Media and search engine publicity. 3. In planning and implementation, there are several steps used by the Pasarlaut.com in doing strategy, including: Content Management, Media Relations, Social Media Program and SEO Organic. 4. Evaluation is done by direct communication or face-to-face in the morning of Morning Glory routine activity, evaluation data from the use of analytics application. Keywords: Cyber Public Relations, Cyber Public Relations Strategy, Pasarlaut.com
MAKNA BISNIS ONLINE BAGI PENGUSAHA MUDA Kurniawan, Achmad Wildan; Wibowo, Arie Mukti
Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.648 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena pergeseran penggunaan media telekomunikasi dan internet yang tidak hanya digunakan sebagai alat pertukaran informasi saja. Salah satu dari aplikasi media internet ini yang memuat konsep global vilage adalah Media Sosial. Penggunaan media sosial yang dijadikan alat strategi untuk berbisnis online oleh pembisnis pemula kini kian merebak di kalangan muda-mudi di Kabupaten Garut dalam memulai atau meniti bisnisnya sembari mengemban pendidikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menumukan motif, makna dan pengalaman komunikasi pengusaha muda dalam membangun bisnis online melalui media sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif pengusaha muda melakukan bisnis online karena bisnis konvensional kian sepi pengunjung dan bisnis online dapat menjangkau lebih banyak calon pembeli dari berbagai daerah. Pengusaha muda dalam penelitian ini memaknai bisnis online sebagai bisnis yang dilandaskan asas kepercayaan antara pelaku bisnis. Sebagai “guru yang baik” para pengusaha muda mempunyai pengalaman komunikasi yang positif dan negatif dalam kegiatan bisnis online yang mencakup khalayak lebih luas dan juga sering dianggap online shop penipu. Kata Kunci: Makna; Bisnis Online; Pengusaha Muda; Fenomenologi Abstract The research is motivated phenomenon shift in the use of telecommunication media and the internet are not only used as a means of information exchange only.One of these internet media application that includes a global vilage concept is social media. The use of social media as a tool for business strategy by novice businessman at Garut discrict. As for the purpose of this research was to find a motive, meaning and the communication experience of young entrepreneurs in starting their e-business. The results of this study indicate that the motive for young entrepreneurs to do e-business because conventional business increasingly empty and e-business can reach more potential buyer. The young entrepreneur then interpret it as a business that is on a foundation of trust between businesses. The communication experience of young entrepreneurs in start up business so much related to a wider udience through olshop are considred cheater. Keyword: Meaning; E-business; Young Entrepreneurs; Phenomenology.
PENERAPAN TEORI EKONOMI POLITIK MEDIA DALAM PROGRAM FASHION HERITAGE DI TV MNC FASHION TV SATELIT INDOVISION Hidayat, Arif Nur; Ruslan, Arief
Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (629.66 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sebuah budaya tradisional batik Indonesia menjadi komoditas yang dijual dalam tayangan program Fashion Heritage yang ditayangkan di MNC Fashion. Fokus penelitian ini adalah mengenai bagaimana budaya tradisional batik menjadi komoditas, yang dijual baik secara komodifikasi isi maupun komodifikasi khalayak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekonomi-politik media. Paradigma penelitian yang digunakan adalah post-positivisme dengan pendekatan penelitian kualitatif dan metode studi kasus, peneliti ingin mengetahui lebih jauh dan mendalam berkaitan dengan tayangan fashion gaya berbusana dengan memanfaatkan budaya tradisional batik Indonesia dalam program hiburan pada media industri media televisi melalui tayangan program Fashion Heritage di MNC Fashion. Data penelitian diperoleh dengan teknik wawancara dan observasi mendalam dengan key informan dan informan yang berada di dalam instansi MNC Channel yang dapat dipercaya. Peneliti melakukan wawancara mendalam dengan pihak Deputy Progamming & Production Director, Produser, kameramen, video editor, dan R&D Dept. Head. Temuan penelitian ini adalah bahwa komodifikasi budaya tradisional batik Indonesia menjadi bagian dari tayangan Fashion Heritage, baik dalam bentuk komodifikasi isi, komodifikasi khalayak, komodifikasi pekerja. Komodifikasi yang dilakukan pada pihak televisi terhadap budaya tradisional batik Indonesia merupakan fenomena media sebagai industri bisnis yang berorientasi pada keuntungan. Ada kepentingan ekonomi politik yang dilakukan pemilik modal sehingga jika dilihat dari sudut pandang dapat dilihat dari suatu yang lahir karena dominasi atas kelompok yang satu terhadap kelompok yang lain berupa kontrol demi keuntungan dan menjadi agen kapitalis. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memperkaya studi kasus mengenai ekonomi politik media. Dengan demikian di masa yang akan datang masyarakat pemirsa telah “sadar media” dan media dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, tidak hanya dari sisi komersial. Kata kunci: Ekonomi-politik Media, Budaya Tradisional batik Indonesia, MNC Channel