JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 25980823     EISSN : 25982893
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF adalah jurnal yang diterbitkan Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang. Kajian Ekonomi Manajemen Khusus Penelitian Ekonomi Ilmu Manajemen Pemasaran dengan ISSN 2598-0823 (cetak) dan eISSN 2598-0823 (Online), Fokus dan cakupan Jurnal Sekuritas yaitu Manajemen Pemasaran; Ekonomi; Ilmu Manajemen Pemasaran.
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 3 (2019): Jurnal Kompetitif" : 10 Documents clear
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK MANDIRI KCM JAKARTA RAYA KOSAMBI JAKARTA BARAT Mubarok, Ali; Syafi’ie, Abdullah
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 2, No 3 (2019): Jurnal Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.752 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Mandiri KCM Jakarta Raya Kosambi Jakarta Barat. Sampel penelitian sejumlah 85 orang nasabah, sample diambil dengan teknik random sampling.Data primer diperoleh dengan metode survey menggunakan quesioner. Data dianalisis dengan analisis uji koefisien determinasi, uji hipotesis, deskriptif, korelasi, dan regresi sederhana. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas.Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa persepsi nasabah terhadap kualitas pelayanan adalah baik dengan total jawaban setuju dan sangat setuju sebesar 70,7%. Begitu pula untuk kepuasan nasabah dalam kategori baik dengan mayoritas 78,1% membrikan jawaban setuju dan sangan setuju. Di sisi lain pada hasil uji hipotesis menghasilkan nilai 11,34. Hasil analisis korelasi menunjukkan adanya hubungan positif dan berkategori kuat antara kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah dengan nilai koefisien korelasi 0,7796. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah dengan koefisiensi regresi 0,38. Sedangkan tingkat kontribusi koefisien determinasi pada kualitas pelayanan menghasilkan nilai 60,78%. Sisanya sebesar 39,22% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam peneliti ini. 
PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY NASABAH PRUDENTIAL SYARIAH PADA PT. FUTURISTIK ARTHA GEMILANG (Studi kasus di kantor cabang agensi Prudential Syariah PT. Futuristik Artha Gemilang Jakarta Selatan) Qurbani, Derita; Pasaribu, Veta Lidya Delimah
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 2, No 3 (2019): Jurnal Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.689 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Brand Image mengetahui Brand Trust mengetahui Brand Loyalty dan seberapa besar Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Nasabah Prudential Syariah pada PT.Futuristik Artha Gemilang Jakarta Selatan.Metode penelitian bersifat Deskriptif Assosiatif dengan pendekatan Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Nasabah Prudential Syariah PT.Futuristik Artha Gemilang Jakarta Selatan. Dengan menggunakan sampel jenuh sebanyak 30 responden. Teknik pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner dan teknik analisis data adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Heteroskedastisitas, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Hipotesis Parsial Koefisien (Uji t) dan Uji Hipotesis Parsial Koefisien (Uji f).Dari hasil olah data yang diperoleh uji t variabel Brand Image memiliki t hitung lebih kecil dari t tabel yaitu 0,369<2,051 dan nilai signifikasi 0,725>0,05 artinya variabel Brand Image tidak berpengaruh signifikan terhadap Brand Loyalty sedangkan Brand Trust memiliki angka t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 9,479>2,051 dan nilai signifikasi 0,000<0,05 artinya variabel Brand Trust berpengaruh signifikan terhadap Brand Loyalty. Dari hasil penelitian di dapat hasil uji f 46,945>3,35 dan nilai signifikasi 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Brand Image dan Brand Trust secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Brand LoyaltyNasabah Prudential Syariah
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH PT PARAGON TEHNOLOGY AND INNOVATION Lesmana, Rosa; Ayu, Suci Dara
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 2, No 3 (2019): Jurnal Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (549.964 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui  pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah pada PT. Paragon Technology and Innovation secara simultan.Populasi dalam enelitian adalah konsumen yang telah menggunakan kosmetik Wardah,  dengan responden sebanyak 100 orang. Data dianalisis menggunakan uji statistik assosiatif deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji korelasi, koefisien determinasi, uji t dan uji f.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Produk dan Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Dengan persamaan regresi Y = 1.340 + 0,275 X1+ 0,721 X2, dan hasil uji korelasi sebesar X1 = 0,832, X2 = 0,869, koefisien determinasi (R square sebesar 88.3%, hasil uji F dapat diperoleh nilai f hitung> f tabel yaitu 170.897 > 3,09 dan nilai sig < 0,05 atau 0,000 < 0,05. 
ANALISIS STRATEGI PELAKSANAAN PELAYANAN PENDIDIKAN PADA SDIT BINA CENDEKIA – DEPOK Munarsih, Munarsih
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 2, No 3 (2019): Jurnal Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.346 KB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi pelaksanaan pelayanan pendidikan yang tepat ditinjau dari segi Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman. Teknik Analisa data yang digunakan adalah Analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats). Adapun yang dimaksud dengan analisis ini adalah untuk mengidentifikasi lingkungan internal dan eksternal sekolah dalam meningkatkan strategi pelaksanakan pelayanan pendidikan.Analisis SWOT yang digunakan yakni pendekatan secara kualitatif penelitian kualitatif yang dipadukan dengan analisis deskriptif. Pendekatan kualitatif merupakan suatu analisis yang digunakan tanpa mempergunakan perhitungan angka-angka, melainkan berdasarkan penilaian atau pendapat serta dasar-dasar yang dapat menunjang dalam pengambilan keputusan yang bersifat subyektif. Sedangkan penggunaan analisis deskriptif ditujukan agar bisa dilakukan penggalian tentang penggambaran obyek yang diteliti secara empiris, sehingga bisa diinformasikan fenomena riel dari obayek yang diteliti. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi yang diperoleh dari kepala sekolah, guru, staff dan wali murid pada SDIT Bina Cendekia - Depok.Analisis strategi pelaksanaan pelayanan pendidikan yang tepat bagi SDIT Bina Cendekia adalah meningkatkan strategi pelayanan program pembelajaran, strategi pelayanan manajemen, strategi pelayanan sarana dan prasarana. Hal ini akan berpengaruh dalam meningkatkan jumlah peserta didik pada tahun ajaran baru. 
ANALISIS PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK PH METER DENGAN METODA QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (Studi kasus pada PT. PRATAMA GRAHA SEMESTA (PGS) Feblidiyanti, Niera
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 2, No 3 (2019): Jurnal Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (633.244 KB)

Abstract

PT. Pratama Graha Semesta (PGS) adalah perusahaan yang mewakili beberapa perusahaan manufaktur internasional, dari itu semua kami menyediakan banyak produk. Oleh karena itu perusahaan harus memperhatikan beberapa faktor di antaranya barang, perantara dan pemasaran. Untuk menghasilkan jasa dan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen maka perusahaan harus mengidentifikasi terlebih dahulu salah satunya dengan metoda Quality Function Deployment (QFD). QFD merupakan metoda yang mampu mengintegrasikan dan mengevaluasi keinginan konsumen melalui pengembangan dan perancangan produk atau jasa.Jenis produk pH meter yang banyak digunakan oleh konsumen adalah pH meter merk Mettler dengan jumlah persentase 57,14%. Terdapat 14 atribut yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen yaitu kemampuan menganalisa sampel, kestabilan hasil, warna monitor, berat produk, dimensi produk, bentuk produk, keamanan bahan pembuat, bentuk kemasan, dimensi kemasan, desain kemasan, ada logo, ada informasi standar aksesories, ada ijin Deperindag dan harga jual.
STRATEGI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX STRATEGY) DI PASARKITA PAMULANG Benyamin, Arie Putra
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 2, No 3 (2019): Jurnal Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.721 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1)  Kondisi dan peluang Pasarkita untuk dapat ramai dan maju , 2 ) Implementasi Strategi Bauran  Pemasaran (Marketing Mix Strategy)  3) Implementasi strategi pemasaran dari pengelola pasar dan para pedagang.Penelitian ini menggunakan metode pengamatan dengan tekhnik survey ke lapangan dan melihat kondisi dan potensi pasar saat ini untuk menjadi bahan masukan dan evaluasi dari pelaku dan koordinator pasar sehingga dapat menjadi pasar yang ramai dan tersedianya beraneka ragam kebutuhan konsumen dan calon pembeli.Berdasarkan hasil survey dilapangan , pengamatan dan analisis lingkungan pasar , potensi pasar cukup potensial dimana lokasi tempat (Place) terletak strategis  dengan posisi pasarkita terletak di pusat kota Pamulang, terletak dipinggir jalan utama dan dilalui angkutan umum, lingkungan penduduk yang padat,  Kampus, Pusat Perdagangan/Perkantoran dan  Perumahan  penduduk    disekitar pasarkita sehingga potensi calon konsumen  untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok sehari- dapat terpenuhi dengan mudah dari berbagai akses,  Tempat sarana  Parkir yang luas merupakan daya tarik bagi calon konsumen yang mempunyai kendaraan mobil sehingga kenyamanan untuk berbelanja di pasarkita dapat terpenuhi.Hasil penelitian  melalui implementasi strategi pengembangan pasar melaui penetrasi pasar dan strategi pemamasara terpadu  (Marketing Mix strategy )  diharapkan dapat menjadi masukan untuk diimplementasikan  kepada para pelaku pasar dan koordinator pasar  di Pasarkita Pamulang.
ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING SD ISLAM AL-SYUKRO UNIVERSAL DALAM MENGHADAPI PENGUATAN DAYA SAING DI TAHUN 2017 Sadiyah, Khotimatus
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 2, No 3 (2019): Jurnal Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.6 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang posisi dan kondisi SD islam Al-Syukro Universal dalam bersaing serta mengetahui strategi yang lebih baik dalam meningkatkan daya saingnya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif.Adapun responden dalam penelitian ini adalah pihak-pihak yang terkait dalam penelitian yang meliputi kepala sekolah, bagian kesiswaan, kurikulum, manajer keuangan, orang tua dan peneliti. Adapun analisis yang digunakan dengan menggunakan analisis SWOT dengan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pada kondisi lingkungan internal internal (IFAS) dengan indikator kekuatan (strength) sebesar 3,54 dikurangi dengan indikator kelemahan  (weakness) -2,23 menjadi grand total  sebesar 1,31 bernilai posistif. Pada aspek eksternal (EFAS) dengan rincian indikator peluang (opportunity) sebesar 3,66 dikurangi dengan indikator ancaman  (threath) yaitu  -2,31 menjadi grand total sebesar 1,35 bernilai positif. Kedua kondisi baik internal maupun ekternal keduanya bernialai positif yang berarti bahwa posisi SD Al-Syukro Universal  dalam persaingan bisnisnya berada pada kondisi prospektif (kuadran I) dari Matrik kondisi. Hal ini berarti organisasi berada pada posisi yang baik untuk menggunakan kekuatan internalnya guna memanfaatkan peluang eksternal, mengatasi kelemahan internal, dan menghindari ancaman eksternal. (2) Hasil dari scoring analisa SWOT menggambarkan bahwa posisi perusahaan berada pada kuadran I (Prospektif) yang berarti strategi yang dijalankan adalah dengan menggunakan Strategi S-O(Strength-Opportunity) yaitu:mengoptimalkan  program pemasaran secara langsung dan tidak langsung, menjaga kualitas program pendidikan, mengoptimalkan jaringan networking dalam pemasaran, dan berperan aktif dalam keikutsertaan sekolah pada kegiatan dinas pendidikan.
ANALISA PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK PUPUK ORGANIK BENTOMYTE PADA UD BETJIK MULYO DI KABUPATEN KUDUS Wijaya, Muhamad Restu
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 2, No 3 (2019): Jurnal Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.934 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada UD. Betjik Mulyo yang berada di Kabupaten Kudus dengan mengambil judul ANALISA PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK PUPUK ORGANIK BENTOMYTE PADA UD BETJIK MULYO DI KABUPATEN KUDUS. Adapun tujuannya adalah untuk menganalisa bagaimana kualitas, packaging, harga dibandingkan dengan produk lain serta loyalitas konsumen dari produk pupuk organik Bentomyte ini. Penelitian dilakukan melalui pendekatan metode kualitatif dengan menitik beratkan kepada kegiatan observasi dan wawancara secara mendalam (depth interview). Metode analisis data yang digunakan adalah metode grounded research atau metode perbandingan tetap. Penelitian ini melibatkan 6 orang responden yaitu 4 orang konsumen pupuk organik bentomyte, 1 orang pemilik pupuk organik bentomyte dan 1 orang sebagai key responden dari dinas pertanian Kabupaten Kudus. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil bahwa pupuk organik bentomyte memiliki kualitas yang bagus, akan tetapi belum memiliki sertifikat uji mutu dan uji efektifitas dan uji edar dari kementerian pertanian. Kemasan atau packaging dari pupuk organik bentomyte sudah bagus akan tetapi kurang menarik. Harga pupuk organik bentomyte masih wajar dibandingkan dengan pupuk lain. Konsumen kurang loyal terhadap pupuk organik bentomyte.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS DONATUR PADA YAYASAN YATIM INDONESIA CABANG GRAHA RAYA BINTARO Haryoko, Ugeng Budi; Dina, Rahma
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 2, No 3 (2019): Jurnal Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.418 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas donator (studi kasus pada Yayasan Sahabat Yatim Indonesia cabang Graha Raya Bintaro)Metode penelitian yang digunakan penulis adalah deskriptif kuantitatif melalui wawancara dan observasi langsung. Metode analisis yang digunakan uji validitas, uji reabilitas, uji koefisien regresi sederhana, uji koefisien determinasi, uji signifikansi (uji t). Populasi yang digunakan berjumlah 9586 responden dan sampelnya sejumlah 100 responden.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Koefisien korelasi didapatkan hasil sebesar 0,280, artinya ada pengaruh yang Rendah antara Kualitas Pelayanan (Variabel X) terhadap Loyalitas Pelanggan (Variabel Y). Dan jika  di lihat dari Analisis Koefisien Determinasi didapat hasil 8% yang artinya pengaruh kualitas pelayanan sebesar 8% terhadap loyalitas donator sedangkan 92% di pengaruhi oleh faktor lain yang memang tidak diteliti dalam penelitian ini, dan jika di lihat dari Analisis Regresi Linier Sederhana Y = 22,415 + 0,215 X, serta hasil Uji Hipotesis mendapatkan nilai t hitung lebih besar dari t tabel sebesar 2,8855 > 1,6605 maka Ho di tolak dan Ha di terima yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas donatur pada Yayasan Sahabat Yatim Indonesia Cabang Graha Raya Bintaro
PENGARUH VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAHAN BANGUNAN DI PORTAL NETWORK SIX STORE Cabang DEPOK 2018 Faroh, Wahyu Nurul; Junaidi, Defri
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 2, No 3 (2019): Jurnal Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.04 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variasi produk terhadap keputusan pembelian pada Portal Network cabangMetode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriftif kuantitatif, dimulai dari pengumpulan data, penafsiran data tersebut, serta penampilan dari hasil yang bersifat data, melalui penyebaran angket (kuesioner) yang berisi 10 pernyataan yang terkait dengan variable variasi produk (X) dan 10 pernyataan terkait dengan varibel keputusan pembelian (Y) yang disebarkan kepada 98 responden yang merupakan pelanggan toko bangunan portal network six store cabang Depok. Data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dianalisis menggunakan beberapa tahapan pengujian yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi linier sederhana, dan uji signifikan (uji t).Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara variasi produk terhadap keputusan pembelian yang ditunjukan oleh r sebesar 0,6458. Koefisien determinasi menunjukan bahwa pengaruh variasi produk terhadap keputusan pembelian sebesar 41,71%, sedangkan sisanya sebesar 58,29% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Analisis regresi linier sederhana sebesar Y=31,7+0,5080 X. Sedangkan uji signifikan (uji t) yaitu nilai thitung > ttabel (8,2875>1,66088), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variasi produk terhadap keputusan pembelian pada Portal network six store cabang Depok

Page 1 of 1 | Total Record : 10