JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 25980823     EISSN : 25982893
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF adalah jurnal yang diterbitkan Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang. Kajian Ekonomi Manajemen Khusus Penelitian Ekonomi Ilmu Manajemen Pemasaran dengan ISSN 2598-0823 (cetak) dan eISSN 2598-0823 (Online), Fokus dan cakupan Jurnal Sekuritas yaitu Manajemen Pemasaran; Ekonomi; Ilmu Manajemen Pemasaran.
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Pemasaran Kompetitif" : 10 Documents clear
PERAN CITRA MEREK MEMEDIASI KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP NIAT BELI SMARTPHONE VIVO Di KOTA TANGSEL Maulana, Roby Irzal
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.986 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui niat beli menggunakan smartphone Vivo dengan menggunakan variabel kredibilitas celebrity endorser dan varibel mediasi yakni citra merek. Penelitian ini dilakukan di Kota Tangerang Selatan dengan menggunakan ukuran sampel sebesar 110 orang dengan metode purposivesampling.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu path analysisserta uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek dan kredibilitas celebrityendorser secara signifikan berpengaruh positif terhadap niat beli untuk menggunakansmartphone Vivo. Citra merek secara signifikansi mampu memediasi hubungan antara kredibilitas celebrity endorser terhadap niat beli smartphone Vivo. Saran yang dapat dijadikan acuan bagi perusahaan dan pemasar ialah diharapkan untuk memperhatikan kualitas dari kredibilitas celebrity endorser dengan pemilihan celebrity yang baik akanmembuat citra produk yang semakin dikenal..Kata kunci: kredibilitas celebrity endorser, citra merek, niat beli.  ABSTRACTAlong with the development of smartphone technology in Indonesia the higher competition among companies. Vivo smartphones are now on the market until one hundred percent in Indonesia and are being intensively promoted using celebrity endorser. This study aims to determine the intention to buy using Vivo smartphones by using the credibility variable of endorser celebrities and variables of mediation. This research was conducted in South Tangerang City by using sample size of 110 people with purposive sampling method. Data analysis technique used in this research is path analysis and test of sobel. The results showed. Significantly significant positive recruits to purchase intentions to use Vivo smartphones. The brand image is significantly capable of mediating the relationship between the celebrity endorser's credibility with the intention of buying an Vivo smartphone. Suggestions that can be used as a reference for companies and marketers who are expected to pay attention to the quality of well-prepared celebrities.  Keywords: credibility of celebrity endorser, brand image, buying intention.
PENGARUH MEDIA IKLAN TELEVISI, CITRA MEREK DAN KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA Setiawan, Rio
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.246 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa pengaruh penggunaan media iklan televisi, citra merek dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian, sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal bagi perusahaan.Metode penelitian yang digunakan dalam tesis ini adalah metode kuantitatif. Data diperoleh dengan penyebaran kuesioner menggunakan metode accidental sampling dengan kriteria (1) mahasiswa pasca sarjana universitas pamulang, (2) pengguna sepeda motor, (3) pernah melihat iklan yamaha.Hasil penelitian ini secara simultan menunjukan bahwa media iklan televisi, citra merek dan kesadaran merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 27,1% sedangkan sebesar 72,9% dipengruhi oleh factor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Secara parsial media iklan televisi dan citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 22,4% dan 53,6%. Sedangkan kesadaran merek tidak berpengaruh secara positif keputusan pembelian dengan angka t penelitian sebesar -1,744. Besarnya pengaruh kesadaran merek terhadap keputusan pembelian sebesar -23,1%. Kata kunci: Media Iklan Televisi, Citra Merek, Kesadaran Merek, Keputusan Pembelian ABSTRACTThis study aims to determine the influence of the television advertising media, brand image and brand awareness to the purchasing decisions.The research method used a quantitative method, and data collected by distributing questionnaires to the pamulang university postgraduate students, who is  (2) motorcycle users, and  having seen Yamaha advertisements.The results of this study simultaneously show that television advertising media, brand image and brand awareness affect purchasing decisions by 27.1% while 72.9% is influenced by other factors not explained in this study. Partially, television advertising media and brand image significantly influence purchasing decisions by 22.4% and 53.6%. While brand awareness does not positively influence purchasing decisions with the research t value of -1.744. The magnitude of the effect of brand awareness on purchasing decisions is -23.1%.by Keywords: Media Television Advertising, Brand Image, Brand Awareness, Purchase Decision
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. PLN TEGAL KOTA Rahayu, Suharni; Setyawarti, Sarah
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.091 KB)

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayananan pada PT.PLN di Tegal Kota, untuk mengetahui kepuasan pelanggan pada PT.PLN di Tegal Kota, dan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT.PLN di Tegal KotaMetode penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif kualitatif dan pengolahan data bersifat kuantitatif, jumlah populasi adalah seluruh Pelanggan PT. PLN di Tegal Kota yang berjumlah 2.052. Sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden/pelanggan PT.PLN di Tegal Kota. Metode pengumpulan data dengan studi pustaka serta studi lapangan dengan metode observasi dan kuesioner. Metode analisis data dengan menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Regresi Linier Sederhana, Uji Korelasi, Uji Determinasi dan Uji Hipotesis (Uji-t).Hasil penelitian uji statistik deskriptif bahwa terdapat pengaruh positif cukup kuat dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT.PLN di Tegal Kota. Hal ini dapat dilihat dari hasil regresi linier sederhana dimana nilai Y = 18,725 + 0,54X, r = 0,612, kontribusi variabel kualitas Pelayanan terhadap kepuasan pelanggan 37,44% dan sisanya sebesar 62,56%  dipengaruhi oleh beberapa faktor lain. Dan pengaruh kedua variabel tersebut signifikan karena thitung ttabel (7,659 > 1,984) Kata Kunci: Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan. ABSTRACTThe purpose of this study was to determine the quality of service at PT PLN in Tegal City, to determine customer satisfaction at PT PLN in Tegal City, and to determine the effect of service quality on customer satisfaction at PT PLN in Tegal KotaThe research method used is qualitative descriptive and quantitative data processing, the total population is all customers of PT. PLN in Tegal City, amounting to 2,052. So that the sample in this study is 100 respondents / customers of PT. PLN in Tegal City. Data collection methods with literature studies and field studies with observation and questionnaire methods. Data analysis method using Validity Test, Reliability Test, Simple Linear Regression Test, Correlation Test, Determination Test and Hypothesis Test (t-test).The results of descriptive statistical test research that there is a strong and significant positive influence between service quality on customer satisfaction at PT PLN in Tegal Kota. This can be seen from the results of simple linear regression where the value of Y = 18.725 + 0.54X, r = 0.612, the contribution of service quality variables to customer satisfaction is 37.44% and the remaining 62.56% is influenced by several other factors. And the influence of these two variables is significant because the t-table count (7.659> 1.984)Keywords: Service Quality and Customer Satisfaction. 
STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENERIMAAN SISWA BARU SD KARTINI KOMPLEK ANGKASA PURA II Jaswita, Derizka Inva
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.74 KB)

Abstract

ABSTRAK Fokus pembahasan tulisan ini adalah pada pemasaran jasa pendidikan di lembaga pendidikan yang kini memiliki banyak tantangan di era global. Pemasaran jasa pendidikan merupakan strategi peningkatan mutu lembaga pendidikan bukan hanya dilihat dari segi pembelajaran yang berkualitas, sarana prasarana ataupun sumber daya manusia yang berkualitas saja. Melainkan keseluruhan warga sekolah baik sumber daya manusia maupun non-manusianya yang saling berpadu pada satu kesatuan untuk memberikan pelayanan semaksimal mungkin terhadap pelanggan termasuk sebagai strategi pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan oleh sekolah. Pelanggan adalah siswa yang telah menjadi pelanggan ataupun calon siswa dari masyarakat luas yang akan menjadi pelanggan sekolah. Persaingan yang ketat satu sekolah dengan sekolah lainnya saat ini bukan lagi suatu yang rahasia dalam ranah pemasarannya. Hal ini juga menuntut sekolah untuk dapat menentukan strategi yang tepat dalam kegiatan pemasaran jasa pendidikannya.Tulisan ini secara khusus akan membahas bagaimanakah strategi pemasaran jasa pendidikan yang diterapkan dalam meningkatkan volume penerimaan siswa baru SD Kartini. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Jasa Pendidikan, Volume Penerimaan Siswa Baru   ABSTRACT  The focus of this article is on marketing education services in educational institutions that now have many challenges in the global era. Marketing education services is a strategy to improve the quality of educational institutions not only seen from the aspect of quality learning, facilities or infrastructure of quality human resources only. Rather, the entire school community, both human and non-human resources, are integrated into one unit to provide the maximum possible service to the customer, including as an education service marketing strategy undertaken by the school. Customers are students who have become customers or prospective students from the wider community who will become school customers. Strict competition of one school with other schools is no longer a secret in the realm of marketing. It also requires schools to be able to determine the right strategy in their educational services marketing activities. This paper will specifically discuss how the education service marketing strategy is applied in increasing the volume of acceptance of new students of SD Kartini.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT DWI DAYA CITRATAMA CARGO Faroh, Wahyu Nurul; Ariyati, Ariyati
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.44 KB)

Abstract

ABSTRAK            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan, mengetahui loyalitas pelanggan dan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada PT Dwi Daya Citratama Cargo.Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis kuantitatif, data didapat dari penyebaran angket kepada responden. Untuk dapat mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada PT Dwi Daya Citratama Cargo, penulis menganalisa dengan menggunakan metode analisa uji validitas dan uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi sederhana serta uji hipotesis (Uji-t).Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap loyalitas pelanggan bedasarkan perhitungan angka Koefisien Korelasi didapatkan nilai sebesar 0.832 berarti pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dikatakan sangat kuat. Hal ini mengacu pada tabel 3.3 bahwa (0.80– 1.00) dinyatakan sangat kuat. Dari perhitungan koefisien determinasi (KD) diperoleh nilai sebesar 0.698 hal ini menunjukan bahwa besarnya kontribusi kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan adalah sebesar 69.8%, sedangkan sisanya (100% - 69.8%) = 30.2% dipengaruhi faktor lain. Berdasarkan hasil pengujian maka thitung > ttabel yaitu 12.363 >1.994yang artinya bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh/hubungan positif yang sangat kuat dan signifikan antara Kualitas Pelayanan (X) terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) pada PT Dwi Daya Citratama Cargo.Kata Kunci : Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Pelanggan. AbstractThis study aim  to find out the quality of service, customer loyalty and the effect of service quality on customer loyalty at PT Dwi Daya Citratama Cargo.Data analysis techniques used in this study are quantitative analysis, data collected by questionnaire. And data analyzed using validity and reliability test analysis methods, correlation coefficients, determination coefficients, simple regression and hypothesis testing (t-test).The Effect of Service Quality on customer loyalty based on numerical calculations Correlation Coefficients obtained a value of 0.832 means very strong. Determination coefficient value is 0.698 this shows that the contribution of service quality to customer loyalty is 69.8%, while the rest (100% - 69.8%) = 30.2% influenced by other factors. Based on the t test results, t count > t table is 12,363> 1,994 which means that Ho is rejected and Ha is accepted, means there is a very strong and significant positive relationship / relationship between Service Quality (X) and Customer Loyalty (Y) at PT Dwi Daya Citratama Cargo.Keywords: Service Quality and Customer Loyalty
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, BRAND RUST, BRAND IMAGE DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP BRAND LOYALITY PADA AIR MINERAL AQUA (Studi Kasus Pada Konsumen Air Mineral Aqua di Wilayah Tangerang Selatan) Rachmawan, Ade
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (646.165 KB)

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh secara simultan antara kualitas produk, brand trust, brand image, kepuasan pelanggan terhadap brand loyality, untuk menganalisis pengaruh secara parsial antara kualitas produk, brand trust, brand image, kepuasan pelanggan terhadap brand loyality, untuk menganalisis variabel independen manakah yang paling mempengaruhi brand loyality. Data yang digunakan data primer yang diperoleh dari jawaban dari responden yang pernah mengkonsumsi air mineral Aqua. Metode analisis menggunakan analisis regresi linier berganda yang terdiri dari uji asumsi klasik, uji t, uji F, uji determinasi. Sampel pada penelitian ini adalah semua konsumen yang mengkonsumsi air mineral Aqua.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan pada variabel kualitas produk, brand trust, brand image dan kepuasan pelanggan terhadap brand loyality. Variabel kualitas produk, brand trust, brand image dan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap brand loyality. Pada uji determinasi terdapat pengaruh sebesar 77,9% yang mempengaruhi brand loyality yang dijelaskan oleh variabel kualitas produk, brand trust, brand image dan kepuasan pelanggan, sedangkan sisanya 22,1% dipengaruhi oleh variabel lain dan tidak termasuk kedalam analisis regresi ini. Kata Kunci: kualitas produk, brand trust, brand image, kepuasan pelanggan, brand loyality ABSTRACTThis study has the objective to analyze simultaneously the influence of the quality of the product, brand trust, brand image, customer satisfaction on brand loyalty, to analyze the effect of partially between the quality of the product, brand trust, brand image, customer satisfaction on brand loyalty, to analyze the independent variables which most affects brand loyalty. This study using primary data obtained from the answers of the respondents who had consumed Aqua mineral water. The method of analysis used in this study using multiple linear regression analysis consisting of the classical assumption, t test, F test, test and test determination of multiple linear regression equation. The sample are all consumers who consume mineral water Aqua. Results of this study indicate that there are significant simultaneously at variable product quality, brand trust, brand image and customer satisfaction on brand loyalty. Variable product quality, brand trust, brand image and customer satisfaction partially significant effect on brand loyalty. There is an influence on the determination test of 77.9% which affects brand loyalty is explained by the variable quality of the product, brand trust, brand image and customer satisfaction, while the remaining 22.1% is influenced by other variables and are not included in the regression analysis. Keywords:   quality of product, brand trust, brand image, customer satisfaction, brand loyality
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA MATAHARI DEPARTMENT STORE CILEUNGSI Hanny, Rissa; Azis, Abdul
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (612.722 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Matahari Department Store Cileungsi. Populasi penelitian ini seluruh pelanggan Matahari Department Store Cileungsi. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini digunakan untuk mencari hubungan antara beberapa variabel dengan variabel lain. Penelitian ini menggunakan data primer yang berasal dari jawaban responden, data tersebut diolah dan dihitung untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dan data sekunder yang berasal dari teori-teori yang diperoleh dari buku-buku,internet dan data dokumen perusahaan yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan secara partial dengan nilai regresi sebesar 0,251 dan t hitung sebesar 2,391 > t tabel 1,986 dengan signifikansi 0,019 < 0,05. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan secara partial dengan nilai regresi sebesar 0,386 dan t hitung sebesar 4,568 > t tabel 1,986 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dengan nilai Fhitung sebesar 26,776 > F tabel 3,09 dengan signifikansi 0,000 < 0,05.   Kata kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan AbstractThis research aims to examine the effect of product quality and service quality on customer satisfaction Matahari Department Store Cileungsi. The population of this research is all customers of Matahari Department Store Cileungsi. The research method using quantitative method, this research is used to know the relationship between several variables with other variables. This research uses primary data derived from respondents' answers, data processed and calculated to determine the effect of product quality and service quality on customer satisfaction and secondary data derived from books, internet and corporate data related to this study. The results showed that there is a positive and significant influence between product quality on customer satisfaction partially with regression value of 0.251 and t arithmetic of 2.391> t table 1.986 with significance 0.019 <0.05. There is a positive and significant influence between the quality of service to customer satisfaction partially with regression value of 0.386 and t count of 4.568> t table 1.986 with significance 0,000 <0.05. There is a positive and significant influence with the Fcount of 26.776> F table 3.09 with the significance of 0.000 <0.05. Keywords: Product Quality, Service Quality, Customer Satisfaction
PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT. GIANT EXTRA PAMULANG Dipayanti, Kris
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (651.169 KB)

Abstract

ABSTRAK     Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan dan personal selling terhadap keputusan pembelian konsumen secara parsial maupun simultan. penelitian ini dilakukan pada  PT. Giant Extra Pamulang.     Metode yang digunakan metode penelitian diskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan polulasi 5.951 responden konsumen selama 3 bulan dari bulan Agustus – Oktober 2017, dengan menggunakan rumus slovin didapatkan sampel penelitian 98 responden konsumen PT. Giant Extra Pamulang . Teknik pengumpulan data melalui obsevasi dan kuesioner. Metode Analisisnya yaitu uji validitas, reliabilitas, uji koefisien korelasi berganda,uji regresi linier berganda, uni koefisien determinasi, uji t dan uji F dengan uji klasik adalah uji normalitas, uji multinearitas dan uji homogenitas, mengunakan hitungan Spss 21.     Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara promosi penjualan dan personal selling terhadap keputusan pembelian diperoleh dari uji regresi linier berganda sebesar y=48,530+0,865X1+0,952X2, untuk koefisien korelasi berganda sebesar 0,907 artinya hubungan antara promosi penjualan dan perseonal selling memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap keputusan pembelian, koefisien determinasi sebesar 0.822 bahwa promosi penjualan dan personal selling berpengaruh sebesar 82,2% dan sisanya dipengaruhi faktor lain, uji T (hipotesis)mempunyai pengaruh yang signifikan antara promosi penjualan terhadap keputusan pembelian sebesar 12,090>1,661,pengaruh yang signifikan antara personal selling terhadap keputusan pembelian sebesar 9,397>1,661 dan hasil uji F sebesar 9,637 dengan signifikan 0,000>0,1 hasilnya fhitung>ftabel  yaitu 9,637>3,99, maka promosi penjualan dan personal selling secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Kata kunci : Keputusan Pembelian, Personal Selling, Promosi Penjualan ABSTRACT      This research aims to know the influence of sales promotion and personal selling against consumer purchasing decisions partially or simultaneous. This research was conducted at PT. Giant Extra Pamulang.      The methods used to research methods of quantitative approach with diskriptif, with a population of 5,951 consumer respondents for 3 mounth from August – October 2017 with the sample slovin formula using techniques with errors of 10% thus obtained sample research 98 consumer respondents PT. Giant Extra Pamulang. The technique of data collection through the obsevasi and the questionnaire. A method of Analysis that is test validity, reliability, multiple correlation coefficient test, multiple linear regression test, the coefficient of determination, t-test and F-test with the classic test is a test of normality, test multinearitas and its homogeneity test, using a count Spss 21.      Results of the research showed there were positive and significant influence between the sales promotion and personal selling against purchasing decisions are obtained from multiple linear regression test of y = 48,530 + 0, 865X1 + 0, 952X2, correlation coefficients for multiple of 0.907 means the relationship between selling and sales promotion perseonal have a very strong relationship towards purchasing decisions, the determination of the coefficient of 0822 that sales promotion and personal selling effect of 82.2% and the rest is influenced by other factors, the T-test (hypothetical) have significant influence among the sales promotions against the purchasing decisions of 12,090>1,661, significant effects between personal selling against purchasing decisions of 9,397>1,661 and F test results of 9.637 significantly 0.000>0.1      fhitung > ftabel result of 9,637> 3.99, then sales promotion and personal selling simultaneously positive effect against purchasing decisions. Keywords: Purchasing decisions, Personal Selling,Sales Promotion
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KINERJA CUSTOMER SERVICE OFFICER TERHADAP KEPUASAN NASABAH (STUDI KASUS PADA PT.BANK CENTRAL ASIA, TBK. CABANG PONDOK LESTARI CILEDUK TANGERANG) Saputra, Mahadi
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (600.384 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh  kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah 2) Pengaruh kinerja customer service officer terhadap kepuasan nasabah 3) Pengaruh kualitas pelayanan dan kinerja customer service officer secara bersama-sama terhadap kepuasan nasabah.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survei. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah kuesioner tertutup dengan skala likert. Penelitan ini menggunakan sampel acak dengan jumlah responden sebanyak 60 nasabah. Data yang diperoleh dari penelitian ini akan dianalisis dengan menggunakan metode statistik dengan program SPSS versi 19 for windows.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh yang kuat, positif dan signifikan  antara Kualitas Pelayanan (X1) terhadap Kepuasan Nasabah (Y) dengan koefisien determinasi korelasi sebesar 0,524 dengan persamaan regresi sederhana Y = 1,070 + 0,190X1. Terdapat pengaruh yang sangat kuat, positif dan signifikan  antara Kinerja customer service officer (X2) terhadap Kepuasan Nasabah (Y) dengan koefisien determinasi korelasi sebesar 0,757 dengan persamaan regresi sederhana Y= 8,130 + 0,266X2. Terdapat pengaruh yang sangat kuat, positif dan signifikan  Kualitas Pelayanan (X1) dan Kinerja customer service officer (X2), secara bersama-sama terhadap Kepuasan Nasabah (Y), koefisien determinasi korelasi ganda diperoleh 0,835 dengan persamaan regresi ganda Y =  3,344 + 0,089X1 + 0,207X2. Kata Kunci        : Kualitas Pelayanan, Kinerja customer service officer dan Kepuasan Nasabah.  ABSTRACTThe objectives of this research to know 1) The influence of service quality to the customer satisfaction 2) The influence of performance of customer service officer to the customer satisfaction 3) The influence of service quality and performance of customer service officer to the customer satisfaction. This research was conducted at PT. Bank Central Asia, Tbk. Branch Cottage Sustainable Ciledug Tangerang. It uses quantitative method with survey. The instrument which is used in collecting data is closed questioner by using likert scale, This research uses surfeited sample with 60 respondents.The data from this research are going to be analyzed by using statistical method with SPSS version 19 for windows.The result of this study shows that : There is positive, strong and significant relationship between Service quality  (X1) to the Customer satisfaction (Y) with a determination coefficient of correlation of 0,524 with a simple regression equation Y = 1,070 + 0,190X1.There is positive, strong and significant relationship between Performance of customer service officer (X2) to the Customer satisfaction (Y) with a correlation coefficient of determination of 0,757 with a simple regression equation X2 is      Y = 8,130 + 0,266X2.There is positive, strong and significant relationship between Service quality (X1) and Performance of customer service officer (X2) jointly to the Customer satisfaction (Y) with multiple correlation coefficient of determination of 0,835, obtained by the multiple regression equation  Y =  3,344 + 0,089X1 + 0,207X2. Keywords : Service Quality, Performance of customer service officer, and Customer Satisfaction.
ANALISIS PEMASARAN PERTUMBUHAN PERTANIAN KARET DI DESA CIWALEN KABUPATEN CILACAP PROVINSI JAWA TENGAH Furyanah, Anah; Widodo, Sugeng
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.157 KB)

Abstract

ABSTRAKTujuan Penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasikan saluran pemasaran hasil pertumbuhan karet; untuk mengetahui struktur pasar; untuk mengetahui perilaku pasar; dan  untuk mengetahui penampilan pasar, untuk mengetahui pertumbuhan pertanian karet.Penelitian ini menggunakan metode survei dengan tehnik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Petani responden dipilih secara acak sederhana dari desa yang dipilih secara purposive. Pedagang desa, pedagang kecamatan, dan pedagang kabupaten dipilih secara snowball sampling. Saluran pemasaran, perilaku pasar dan pertumbuhan pasar karet dijelaskan secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis dengan pendekatan, konsentrasi rasio untuk mengetahui struktur pasar karet; marjin pemasaran dan share keuntungan untuk mengetahui penampilan pasar. Lokasi penelitian berada di provinsi Jawa Tengah.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa,) saluran pemasaran karet terdiri dari 4 saluran dan dapat diidentifikasi saluran terbaik yaitu Petani-pedagang kabupaten-eksportir. Saluran ini digunakan oleh sedikit petani di daerah penelitian, berarti sedikit petani yang memiliki akses baik terhadap eksportir. Petani sebagian besar memasarkan karet melalui saluran pemasaran : petani-pedagang desa-pedagang kecamatan-pedagangkabupaten-eksportir. Saluran ini terpaksa digunakan karena petani sudah terikat dengan pedagang dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. struktur pasar di tingkat desa, kecamatan, kabupaten bersifat oligopsoni konsentrasi sedang yang menunjukkan bahwa pedagang memiliki tingkat kekuasaan yang sedang dalam mempengaruhi pasar. Struktur pasar di tingkat eksportir adalah oligopoly yang menunjukkan adanya lebih dari satu perusahan yang menguasai pasar. (3) perilaku pasar ditunjukkan dengan hubungan yang sangat kuat antara pedagang kabupaten dengan eksportir atau pedagang besar, hal ini terlihat dari cukup terjadinya proses tawar-menawar dan tersedianya informasi harga yang diperoleh, serta terdapat jalinan kerjasama antara lembaga pemasaran tersebut dalam permodalan dan persaingan harga. (4) penampilan pasar ditunjukkan dengan adanya marjin pemasaran dan share keuntungan yang relative efisien dengan ditunjukkan oleh nilai KR dibawah 50%. (5) untuk pertumbuhan pasar karet cenderung fluktuasi atau naik turun tergantung harga dari pihak eksportir atau jumlah penawaran di pasar.Kata  Kunci: saluran pemasaran, struktur pasar, perilaku pasar, penampilan pasar,pertumbuhan hasil  pertanian karet ABSTRACTThe Study on some problem of public rubber marketing in the Cilacap regency aimed at : identifying  the marketing channel, knowing the marketing structure, knowing the marketing conduct,  knowing the marketing performance and knowing market rubber growth.           The study used the survey method. The farmers were selected as respondends by purposive simple random sampling.  Rural wholesalers, distric wholesalers, and regency wholesalers were selected by snowball sampling. The marketing channel, marketing behavior and market growth  was descriptively explained and the quantitative data were analyzed by : the ratio concentration approach to know the market structure of rubber, market margin and profit share to know the marketing performance, price from several year to know rubber growth.          The study result indicate that (1) there were four kinds of rubber marketing channel, the best of which was the farmer-regency wholesaler-exportir. This cannel was used by only a few farmers in the area under investigation, thus only a few farmers had good access to the the exporter. Most the farmers marketed their rubber through the medium marketing channel. That was the farmers-rural wholesaler-district wholesaler-regency wholesaler-exporter channel. The farmers were forced to use this channel because they highly depended on the wholesaler in fulfilling daily needs. (2) the market structure at village level, district level,regency level was of middle concentration oligopsony revealing that the farmer only had medium power influencing the market. The market structure at the exporter level was oligopoly showing that several exporter had power over the market. (3) the market conduct showed good relation both regency wholesaler with exporter and bargaining about price held in there. Price Other wholesaler influenced by next buyer. (4) the market performance showed a relatively fluctuating margin and smaller profit share. This shows the efficiency of rubber marketing.  (5) the market growth relative fluctuating based on price wholesaler from several years. Key words : marketing channel, marketing structure, marketing conduct, marketing performance, rubber marketing  growth

Page 1 of 1 | Total Record : 10