cover
Contact Name
Rosa Lesmana
Contact Email
rosa.sunardi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalmarketing.unpam@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 25980823     EISSN : 25982893     DOI : -
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF adalah jurnal yang diterbitkan Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang. Kajian Ekonomi Manajemen Khusus Penelitian Ekonomi Ilmu Manajemen Pemasaran dengan ISSN 2598-0823 (cetak) dan eISSN 2598-0823 (Online), Fokus dan cakupan Jurnal Sekuritas yaitu Manajemen Pemasaran; Ekonomi; Ilmu Manajemen Pemasaran.
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 4 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF" : 10 Documents clear
ANALISIS FAKTOR NORMATIF DAN INFORMATIF PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA SUPERMARKET YOGYA KOTA KUNINGAN JAWA BARAT Bukhani, Zaenuddin Thahira; Lesmana, Rosa
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 4 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.864 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mencermati  faktor – faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian masyarakat dari segi normatif dan informatif pemasaran yang selalu berubah dan berkembang pada supermarket Yogya di Kabupaten Kuningan Jawa-Barat Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode pengamatan, wawancara dan kuisioner pada sampel responden langganan pembeli di supermarket Yogya Kuningan Jawa Barat. Bentuk analisisnya memusatkan pada penjagaan bersifat relatif terkait faktor normatif dan informatif serta gabungan keduanya dalam proses keputusan pembelian di supermarket terkait produk- produk berupa barang-barang konsumsi. .   Dari hasil pengamatan  Keputusan pembelian  masyarakat dan konsumen supermarket Yogya di Kuningan, Jawa Barat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain:  masyarakat akan peduli terhadap kualitas dan mulai memperhatikan sisi moralitas dan tanggung jawab sosial perusahaan, perubahan gaya hidup karena peningkatan jumlah pendapatan yang diterima, pendidikan yang semakin baik, dan juga karena perubahan nilai-nilai budaya serta lokasi supermarket yang tidak jauh dari tempat tinggal dan fasilitas fisik supermarket. Kata Kunci : Faktor Normatif dan Informatif Pemasaran, Keputusan Pembelian
PELAKSANAAN QUALITY CONTROL PRODUKSI UNTUK MENCAPAI KUALITAS PRODUK YANG MENINGKAT (Studi Kasus PT. Gaya Indah Kharisma Kota Tangerang) Al Choir, Fikron
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 4 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (521.436 KB)

Abstract

ABSTRAKJenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Bertujuan untuk menganalisis bagaimana Quality Control produksi yang dilakukan, bagaimana kualitas produk sebuah perusahaan, dan seberapa besar pelaksanaan Quality Control dalam upaya mencapai kualitas produk yang maksimal. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa cara yaitu; (1) Check Sheet, (2) histogram, (3) Control chart, (4) diagram pareto, (5) diagam sebab akibat, (6) scatter diagram,dan diagram proses.Hasil penelitian ini adalah satu, perusahaan menetapkan standar pengendalian sebesar 0.03. Hal ini artinya perusahaan hanya menetapkan berdasarkan barang yang diproduksi. Kecacatan yang terjadi melebihi 14 proses produksi, dan kondisi ini diangggap wajar oleh perusahaan. Dua, pengendalian kualitas produk berdasarkan metoda kendali c berkisar 0.03. Kecacatan yang terjadi dan dapat terdeteksi hanya sekitar 14 proses produksi. Dengan kata lain masih dalam batas normal. Tiga, jika dibandingkan metode perusahaan dengan metode c-chart, maka lebih efektif menggunakan metoda  dibandingkan dengan perusahaan. Hal ini terlihat dari sedikitnya barang yang cacat dan dapat digunakan sebanyak 14 proses produksi dibandingkan metode perusahaan yang melebihi 14 proses. Hal ini tentunya akan dapat merugikan perusahaan dari segi waktu dan dana yang telah dikeluarkan Kata Kunci:  Quality Control, Kualitas Produk
PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP BEHAVIORAL INTENTIONS WISATAWAN EKOWISATA STUDI KASUS: KEBUN RAYA BOGOR Dhiani, Hanum Puspa
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 4 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (883.131 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiential marketing terhadap kualitas pelayanan dan behavioral intentions; pengaruh kualitas pelayanan terhadap behavioral intentions; persepsi kelompok wisatawan berdasarkan kualitas pelayanan terhadap experiential marketing dan behavioral intentions; dan persepsi wisatawan dengan ragam variabel demografi terhadap experiential marketing, kualitas pelayanan, dan behavioral intentions di Kebun Raya Bogor. Data penelitian kemudian diolah menggunakan metode statistik, yaitu Structural Equation Modeling (SEM) dengan perangkat lunak LISREL 8.7 serta faktor analisis, analisis kelompok, analisis uji t, dan One-Way ANOVA menggunakan perangkat lunak SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa experiential marketing berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan (8.29) dan behavioral intentions (6.67), namun kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap behavioral intentions (1.52). Hal tersebut menunjukkan bahwa experiential marketing memiliki efek langsung terhadap behavioral intentions tanpa melalui kualitas pelayanan. Selain itu, persepsi kelompok berdasarkan kualitas pelayanan berbeda signifikan terhadap experiential marketing dan behavioral intentions, serta persepsi wisatawan dengan ragam variabel demografi, seperti usia, pendidikan, dan domisili, berbeda secara signifikan terhadap experiential marketing, kualitas pelayanan, dan behavioral intentions. Kata kunci: Behavioral intentions; Ekowisata; Experiential marketing; Kebun Raya Bogor; Kualitas pelayanan
STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PT. TELKOMSEL DALAM RANGKA MEMENUHI KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus pada Layanan Grapari Telkomsel BSD) Salami, Muhammad Musyfiq
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 4 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (703.775 KB)

Abstract

ABSTRAK Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif guna mengumpulkan data dan informasi di lapangan. Data dan informasi yang diperoleh bersifat primer dan sekunder. Data dan informasi primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan key informan yang telah ditentukan sebelumnya dan melalui observasi di lapangan sedangakan data dan informasi sekunder diperoleh melalui studi dokumentasi dan kepustakaan. Data dan informasi tersebut kemudian dianalisis menggunakan analisis SWOT yang kemudian dibuat matriks SWOT dan IE.Hasil analisis menunjukkan bahwa indikator yang menjadi kekuatan adalah : Telkomsel Perusahaan terkemuka, jaringan pelayanan tersebar, saluran pelayanan yang mudah diakses, operational excellence, serta pelayanan prima kepada pelanggan, sedangkan yang menjadi ancaman adalah : aturan yang tidak memberatkan pelanggan serta kepedulian lebih pada pusat layanan pesaing, persaingan global, peralihan pelanggan, peningkatan kualitas layanan oleh pesaing. Isu-isu strategis tersebut kemudian diolah dengan menggunakan analisis SWOT, dapat dilihat bahwa saat ini perusahaan berada pada kuadran I dengan harapan terus berkembang dimasa depan.      Berdasarkan hasil penelitian bahwa standar pada layanan  GraPARI Telkomsel BSD sudah mengikuti ISO 9001:2008, masih adanya faktor penghambat dalam memberikan pelayanan seperti kurangnya keandalan dan empati, perlunya perusahaan untuk memiliki strategi superior customer service. Disarankan agar GraPARI Telkomsel  BSD lebih memperhatikan kenyamanan dan senantiasa meningkatkan kepuasan pelanggan. Kata Kunci: Strategi, Kualitas Pelayanan
PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGUNJUNG PADA TAMAN WISATA SEHAT TELAGA SINDUR BOGOR Sunanto, Sunanto
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 4 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.47 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan pengunjung pada Taman Wisata Sehat Telaga Sindur Bogor baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif kuantitatif dengan pengujian hipotesisi. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Taman Wisata Sehat  Telaga Sindur dengan jumlah sampel 100 responden (dibulatkan).Metode pengumpulan data dengan penyebaran angket (kuesioner). Teknik analisis data dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, model regresi linier, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara promosi terhadap keputusan pengunjung pada taman wisata telaga sindur. Bukti model persamaan Y= 8,694 + 0,628X1 dan uji t hitung (7,990) lebih besar dari t-tabel (1,985) dan p.sig.0,00 <0,05. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas layanan terhadap keputusan pengunjung pada Taman wisata telaga sindur. Bukti model persamaan Y= 14,068 +0,498X2 dan uji t hitung (5,684) lebih besar dari t-tabel (1,985) dan p.sig.0,00 <0,05. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel promosi dan kualitas layanan secara simultan terhadap keputusan pengunjung pada Taman Wisata Sehat Telaga Sindur, Bogor. Bukti model regresi linier berganda Y= 1,981 + 0,507X1 + 0,225X2 dan uji F hitung (36,627) lebih besar dari F-tabel (1,43) dan p.sig.0,00 <0,05. Variabel promosi dan kualias layanan secara simultan mempunyai kontribusi sebesar 41,9% terhadap keputusan pengunjung pada Taman Wisata Sehat telaga Sindur, dan selebihnya 58,1% dipengaruhi oleh faktor faktor lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Promosi, Kualitas layanan, Keputusan pengunjung
ANALISIS PENGARUH PEMENUHAN KEBUTUHAN, PEMENUHAN HARAPAN, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PACIFIC SATELINDO SYSTEMS Supiandi, Gojali
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 4 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (624.954 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Pengaruh Pemenuhan Kebutuhan, Pemenuhan Harapan, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Pacific Satelindo Systems. Menggunakan data kuantitatif, desain kausal dengan metode studi kasus, dan pengujian hipotesis. Teknik pengumpulan data dilapangan di dapat dari penyebaran kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 100 didaerah Jabodetabek dan sekitarnya  mengambil lokasi di toko – toko parabola atau pelanggan PT. Pacific Satelindo Systems.Teknik analisis data digunakan  dengan uji validitas, reliabilitas,  uji asumsi klasik,  pengujian hipotesis dengan uji parsial (Uji t) dan uji simultan (Uji F).Hasil pengujian secara parsial variable pemenuhan kebutuhan (X1) berpengaruh secara signifikan dan positif  terhadap variable kepuasan pelanggan (Y) dengan nilai t table (1,965) < t hitung (1,803), secara parsial variable pemenuhan harapan (X2) berpengaruh secara signifikan dan positif  terhadap variable kepuasan pelanggan (Y) dengan nilai t table (1,965 ) < t hitung (1,992), secara parsial variable kualitas layanan (X3) berpengaruh secara signifikan dan positif  terhadap variable kepuasan pelanggan (Y) dengan nilai t table (1,965) < t hitung (5,286), secara simultan dengan menggunakan uji F menunjukan adanya pengaruh signifikan variable pemenuhan kebutuhan (x1), pemenuhan harapan (X2), dan kualitas layanan (X3) secara bersama-sama terhadap variable kepuasan pelanggan (Y).  Terbukti dengan nilai F hitung (28,972) > F table (2,660) Kata Kunci : Pemenuhan Kebutuhan, Harapan, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan
PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PENCAPAIAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. MIDI UTAMA INDONESIA CABANG RADEN PATAH CILEDUK Haryoko, Ugeng Budi
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 4 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (744.543 KB)

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan tarhadap pencapaian volume penjualan pada PT. Midi Utama Indonesia cabang Raden Patah Ciledug.Metode penelitian yang digunakan adalah pedekatan kuantitatif, survey menggunakan data primer dan kuisioner dengan sampel berjumlah 80 orang. Bersadarkan hasil perhitungan menggunakan rumus koefisien korelasi  produk moment, diketahui koefisien korelasi sebesar 0,59 termasuk kategori sedang dan koefisien determinasi (KD) sebesar 35% dansisanya 65% disebabkan oleh faktor lain. Hasil pengujian  hipotesis menunjukan bahwa t hitung 8,863 lebih besar dari t table 1,991. Oleh karena itu t hitung> t table, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signnifikan antara promosi penjulan terhadap pencapaian volume penjualan pada PT. Midi Utama Indonesia cabang Raden Patah Ciledug. Berdasarkan dari hasil perhuitungan menggunakan rumus regresi linier sederhana yaitu y = 12,369 + 0,662 X artinya, jika promosi penjualan ditingkatkan maka akan berpengaruh terhadap pencapaian volume penjualan sebesar 0,662. Maka dapat dikatakan apabila promosi penjualan meningkat maka volume penjualan akan meningkat begitu pula sebaliknya. Kata Kunci : Promosi Penjualan, Pencapaian Volume Penjualan
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PT CITILINK INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING Haryantini, Haryantini
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 4 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (672.724 KB)

Abstract

ABSTRAKDalam penelitian ini penulis mengambil fokus bagaimana efektivitas penerapan strategi pemasaran pada Perusahaan Penerbangan PT. Citilink Indonesia dalam upayanya meningkatkan daya saing disegmen pasar LCC. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dengan Teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Sumber data berasal dari data primer melalui wawancara dengan karyawan Citilink, sedangkan data sekunder digali dari situs internet dan laporan terkait lainnya. Hasil penelitian yang penulis simpulkan bahwa penerapan Strategi pemasaran Citilink sudah cukup efektif, dengan hasil quisioner persepsi penumpang terhadap pelayanan citilink yang sudah cukup memadai atau memuaskan, dan juga perolehan penghargaan 4-Star Airline untuk kelas penerbangan LCC dari Skytrax yaitu lembaga pemeringkat penerbangan global independen asal inggris, pada  acara Singapore Airshow 2018 Changi Exhibition pada tanggal 8 Februari 2018. Penguasaan pangsa pasar Citilink (QG) sebesar 13,29% berada di urutan 3 setelah lion air dan Garuda Indonesia. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Peingkatan Daya Saing, Low Cost Carrier (LCC)
STUDI LITERATUR: PERANAN BAHASA INGGRIS UNTUK TUJUAN BISNIS DAN PEMASARAN Rahayu, Rian Sri
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 4 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.068 KB)

Abstract

ABSTRAKStudi ini dilakukan untuk mengumpulkan informasi yang cukup terhadap peranan Bahasa Inggris untuk tujuan bisnis dan pemasaran.  Metode yang digunakan dalam studi ini adalah melalui studi literatur yang mengumpulkan beberapa penelitian terdahulu untuk menjawab peranan Bahasa Inggris, penggunaan Bahasa Inggris, dan pengaruh penggunaan Bahasa Inggris untuk tujuan bisnis dan pemasaran. Hasil dari studi ini menunjukkan peranan Bahasa Inggris lebih digunakan sebagai bahasa pengantar atau Lingua Franca yang perlu untuk diketahui dalam bisnis dan pemasaran.  Penggunaan Bahasa Inggris paling banyak dilakukan di bidang pariwisata dan perhotelan.  Penggunaan Bahasa Inggris yang benar atau sesuai standar tidak terlalu dibutuhkan untuk tujuan bisnis dan pemasaran.  Penelitian paling banyak menyebutkan bahwa Bahasa Inggris memberikan pengaruh yang cukup besar bagi bisnis dan pemasaran.Berdasar hasil studi literatur ini maka dapat disimpulkan bahwa Bahasa Inggris memegang peranan penting sebagai salah satu alat komunikasi untuk tujuan bisnis dan pemasaran..Kata kunci: Bahasa Inggris, Bisnis, Pemasaran
ANALISIS PENGARUH PROMOSI,KUALITAS PRODUK DAN DESAIN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HAND AND BODY LOTION MEREK CITRA (Studi Kasus Carrefour Pamulang, Tangerang Selatan) Pasaribu, Veta Lidya Delimah
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 4 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.465 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan menganalisis kondisi dari tentang opini konsumen terhadap  variable bebas yaitu promosi,kualitas produks mana yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan keputusan pembelian. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 60 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji regresi berganda secara simultan, hasi luji T menunjukan bahwa keempat variable independen yaitu promosi, kualitas produk, desain kemasan, dan persepsi merek dengan nilai signifikan sebesar 0,000 dan nilai Thitung (2,532) >Ttabel (1,965) memberikan kontribusi yang besar terhadap variable keputusan pembelian. Berdasarkan uji T ditemukan bahwa variable kualitas desain kemasan paling dominan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, dilihat dari nilai standardized coefficients beta yang paling besar yaitu 0,417.Kata Kunci:Promosi, KualitasProduk, Desain Kemasan ,Keputusan Pembelian

Page 1 of 1 | Total Record : 10