JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 25980823     EISSN : 25982893
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF adalah jurnal yang diterbitkan Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang. Kajian Ekonomi Manajemen Khusus Penelitian Ekonomi Ilmu Manajemen Pemasaran dengan ISSN 2598-0823 (cetak) dan eISSN 2598-0823 (Online), Fokus dan cakupan Jurnal Sekuritas yaitu Manajemen Pemasaran; Ekonomi; Ilmu Manajemen Pemasaran.
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 3 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF" : 10 Documents clear
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA AHAD MART CINERE Widodo, Sugeng
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 3 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.778 KB)

Abstract

ABSTRAK Kualitas pelayanan  yang diberikan oleh Ahad Mart Cinere dapat dikatakan baik hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan Validitas Kualitas Pelayanan (X) dapat dikatakan valid karena rhitung 0,5287 > 0,1654 rtabel. Dan hasil perhitungan Reabilitas dengan menggunakan rumus Cronbach alpha di dapatkan hasil Reabilitas variabel Kualitas Pelayanan (X) sebesar yang artinya rhitung 0,8235 > 0,1654 rtabel maka instrumen penelitian ini dinyatakan Reliabel.Berdasarkan hasil analisis Regresi Linier Sederhana di dapatkan persaman Y = 16,2781 + 0.5900X, artinya apabila Kualitas Pelayanan ditingkatkan 1 maka akan mempengaruhi peningkatan Loyalitas Pelanggan sebesar 0,5900 dan sebaliknya apabila Kualitas Pelayanan diturunkan sebesar 1 maka akan terjadi penurunan Loyalitas Pelanggan sebesar 0,5900. Kemudian dari hasil perhitungan dengan menggunakan Analisis Product Moment diketahui bahwa tingkat korelasi Kualitas Pelayanan dengan Loyalitas Pelanggan yaitu 0,6427 dengan kategori kuat. Sedangkan Koefisien Determinasi sebesar 41,31% dan sisanya 58,69% dipengaruhi oleh faktor lain. Dan berdasarkan hasil Uji Hipotesis dengan menggunakan uji t maka thitung > ttabel yaitu 8,3054 > 1,6606 yang artinya bahwa H0 ditolak dan h1 diterima, artinya Kualitas Pelayanan (X) mempunyai hubungan yang signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y).Kata Kunci: Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Pelanggan
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, BRAND EQUITY DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi kasus pada PT. Immortal Cosmedika Indonesia Wilayah Tangerang Selatan) Mubarok, Ali
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 3 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.625 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, brand equity dan kualitas produk baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan di PT. Immortal Cosmedika Indonesia wilayah Tangerang Selatan periode tahun 2015.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu penyebaran kuesioner dengan mengambil responden pelanggan PT. Immortal Cosmedika Indonesia wilayah Tangerang Selatan tahun 2015. Penelitian ini menggunakan sampel acak dengan jumlah responden sebanyak 104 pelanggan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dimana pengaruh secara simultan diuji dengan menggunakan uji F dan pengaruh secara parsial diuji dengan menggunakan uji t.Dari hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan dan parsial kualitas pelayanan, brand equity dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan. Koefisien multiplier (R2)  sebesar  0.427 atau 42,70% sedangkan sisanya sebesar 57,30% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.Kata kunci : kualitas pelayanan, brand equity kualitas produk, kepuasan pelanggan
STRATEGI BERSAING DALAM RANGKA MENGHADAPI MEA (Studi Kasus Rs. Bhakti Asih Karang Tengah -Tangerang) Wiyanto, Wiyanto; Soekarjono, Edi; Hasmanto, Boedi
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 3 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (573.698 KB)

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bersaing dan daya saing Rumah Sakit Bhakti Asih untuk memenangkan persaingan saat ini dan mendatang. Penelitian studi kasus dengan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara kepada pihak Rumah Sakit maupun kepada pasien yang membayar tunai maupun menggunakan fasilitas BPJS. SWOT digunakan dalam analisis penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa pentingnya peningkatan skill, smart SDM seluruh jajaran Rumah Sakit, pemberian kompensasi, sarana dan prasarana yang layak mengakibatkan meningkatnya loyalitas karyawandan loyalitas pengguna layanan (pasien) untuk berobat di rumah sakit Bhakti Asih. Berdasarkan matrik Space, Rumah Sakit Bhakti Asih ada pada posisi kuadran I dengan kriteria agresif dan strategi yang dijalankan ditekankan pada penggunaan strategi kekuatan-peluang (strength-opportunities). Penggunaan strategi Strenght –opportunites secara bersamaan akan meminimalisir kelemahan dan ancaman yang dihadapi RS. Bhakti Asih. Sehingga RS. Bhakti asih tetap akan menunjukkan keunggulan kompetitifnya. Kata Kunci : Analisis SWOT,  Harga, Pelayanan, Prasarana, Strategi Bersaing
PENGARUH BAURAN PEMASARAN (PRODUK, HARGA, LOKASI DAN PROMOSI) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI MINIMARKET (ALFAMART ATAU INDOMARET) ( Studi kasus di Universitas Pamulang Marendra, I Gede
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 3 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.738 KB)

Abstract

ABSTRAKIndustri minimarket di Indonesia menunjukkan tingakt pertumbuhan yang cukup tinggi serta persaingan yang sangat ketat sejak tahun 2012 hingga 2015. Negara Indonesia dengan penduduk sekitar 252 juta jiwa, 50% di antaranya merupakan usia produktif, merupakan pasar yang paling potensial di Asia Tenggara. Tidak heran, belanja konsumen di Indonesia tumbuh rata-rata per tahun sekitar 11,8% periode 2012-2015. Pada 2015, belanja konsumen untuk makanan diperkirakan Rp 1.930 triliun, sementara produk di luar makanan sebesar Rp 4.369 triliun. Bauran pemasaran merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pemilihan belanja di minimarket. Beberapa faktor dalm bauran pemasaran diantaranya produk, harga, lokasi dan promosi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa produk, harga , lokasi dan promosi jika diuji secara partial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai T hitung yang lebih besar dari T tabel. Serta jika diuji secara bersama-sama variabel tersebut juga berpengaruh secara signifikan dengan nilai F hitung yang lebih besar dari F tabel..Kata kunci : Bauran Pemasaran, Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Keputusan Pembelian, Regresi Linear Berganda, Uji Hipotesis.
MENUMBUHKAN INTENSI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA MANAJEMEN UNIVERSITAS PAMULANG Rahayu, Krida Puji
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 3 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.203 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kewirausahaan mahasiswa Universitas Pamulang (UNPAM) dan faktor-faktor yang mempengaruhi intensi kewirausahaan mahasiswa UNPAM. Intensi berwirausaha adalah kepedulian atau ketertarikan seseorang terhadap hal-hal kewirausahaan. Dengan adanya pendidikan kewirausahaan diharapkan mahasiswa memiliki jiwa wirausaha serta wadah bagi mahasiswa untuk berwirausaha. Pendidikan kewirausahaan digunakan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha dan memberikan bekal pengetahuan kepada mahasiswa supaya dapat menciptakan lapangan pekerjaan setelah lulus nanti. Kata Kunci : menumbuhkan minat, Intensi Berwirausaha.
PENGARUH AWARENESS, DAYA TARIK IKLAN TERHADAP BRAND ATTITUDE INDOMIE KOTA TANGSEL Maulana, Roby Irzal
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 3 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.136 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan bagaimana peran pemediasian brand awareness pada pengaruh daya tarik iklan terhadap brand attitude mi instan Indomie di Kota Tangerang Selatan. Populasi yang digunakan merupakan konsumen Indomie di Kota Tangerang Selatan Banten. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling berjumlah 200 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan teknik analasis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik iklan dan brand awareness masing-masing berpengaruh positif secara signifikan terhadap brand attitude serta adanya peran mediasi dari brand awareness yang memperkuat hubungan daya tarik iklan dan brand attitude.Disarankan bagi manajemen Indomie untuk lebih memperkuat daya tarik dalam iklannya sehingga sikap positif konsumen terhadap merek Indomie dapat dipertahankan melalui tingkat kesadaran merek yang tinggi..Kata kunci : daya tarik iklan, brand awareness, brand attitude.
STRATEGI BAURAN PEMASARAN INTERNET DI PT. INDO INTERNET JAKARTA UNTUK MENINGKATKAN PANGSA PASAR Sulaiman, Sulaiman
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 3 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (566.761 KB)

Abstract

ABSTRAKJasa internet merupakan bisnis yang sangat popular dalam bidang teknologi komunikai dan informasi melalui media elektronik (komputer, gadget, telepon gegam, dll.) yang akhir-akhir ini semakin pesat perkembangannya. Jumlah pelanggan internet di seluruh Indonesia pada tahun 2016 diperkirakan sebanyak 63,6 juta dari total penduduk 256,2 juta orang. Potensi pasar jaringan internet berkembang cukup pesat seiring dengan besarnya angka pengguna komputer, gadged dan telepon gegam. Landasan teori dalam studi ini menggunakan beberapa teori umum tentang manajemen pemasaran dan teori tentang strategi bauran pemasaran khususnya yang ada kaitannya dengan bisnis internet. Studi ini lebih bersifat kasus yang menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data menggunakan metode deskriptif analisis Strenghts, Weaknesses, Opportunities dan Threats (SWOT) serta matriks General Electric, dan metode statistik dengan teknik Persamaan Regresi Berganda, yaitu Y = f (X1, X2) dengan merumuskan hipotesa nihil (Ho) dan hipotesa alternative (Ha). Hasil studi ini menunjukkan bahwa biaya promosi dan biaya subnet/local access link corporate mempunyai pengaruh yang signifikan (90%) terhadap total penjualan PT. Indo Internet. Sedangkan faktor lain yang berpengaruh terhadap penjualan sebesar 10%. Perusahaan berada pada posisi yang menguntungkan dan dalam taraf pertumbuhan. Implikasi strategi pemasaran yang telah diterapkan oleh PT. Indo Internet sudah cukup baik, namun masih perlu dikembangkan khususnya dalam strategi distribusi (subnet), strategi promosi (iklan) dan loyalty program serta strategi pengembangan produk, sehingga pangsa pasar dapat ditingkatkan.Kata kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Matriik Geneneral Electric, PT. Indo Internet
PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS LAYANAN DAN BRAND IMAGE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DI PT. YERRY PRIMATAMA HOSINDO Budiyanto, Arief
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 3 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.32 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, kualitas pelayanan dan brand image terhadap kepuasan konsumen  PT. Yerry Primatama Hosindo. Penelitian ini dilakukan di PT. Yerry Primatama Hosindo menggunakan metode survey kepada konsumen yang telah menggunakan layanan PT. Yerry Primatama Hosindo lebih dari dua kali. Survey dilakukan terhadap 65 responden melalui kuisioner, yang terdiri dari 20 pertanyaan. Data dikumpulkan dan di proses menggunakan SPSS versi 19.0 untuk melihat pengaruh dari setiap variabel. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa  variabel persepsi harga, kualitas layanan dan brand image berpengaruh positif terhadap tingkat kepuasan konsumen. Kata kunci: Persepsi Harga, Kualitas Layanan, Brand Image dan Kepuasan Konsumen.
Analisis Strategi Pemasaran PT. Asar Mulia Sejahtera Dalam Menjual Peralatan Pengolahan Air Limbah Syah, Arman
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 3 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.179 KB)

Abstract

ABSTRAKPenulis melakukan penelitian ini pada PT. Asar Mulia Sejahtera . Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat ditinjau dari segi Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman.  Analisis SWOT yang digunakan yakni pendekatan secara kualitatif . Pendekatan kualitatif merupakan suatu analisis yang digunakan tanpa mempergunakan perhitungan angka-angka, melainkan berdasarkan penilaian atau pendapat serta dasar-dasar yang dapat menunjang dalam pengambilan keputusan yang bersifat subyektif. Berdasarkan analisis tersebut , alat yang digunakan untuk menyusun faktor-faktor strategis perusahaan adalah dengan menggunakan matrik SWOT Matrix.       Kata Kunci : Analisis SWOT,  Strategi Pemasaran
ANALISA STRATEGI BERSAING PT. GARUDA INDONESIA TBK. (PERSERO) Lesmana, Rosa; Susanti, Novia
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 3 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.394 KB)

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bersaing dan daya saing PT. Garuda Indonesia Tbk. (Persero) saat ini dan masa akan datang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara kepada pihak PT. Garuda Indonesia Tbk. (Persero) maupun kepada konsumen. Analisis SWOT dengan analisa matrik internal dan eksternal digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian secara internal menunjukkan  bahwa PT. Garuda Indonesia Tbk. (Persero) memiliki Kekuatan utama dan seccara Eksternal memiliki Peluang yang besar. Sedangkan posisi perusahaan berada pada Startegi Pertumbuhan dengan Diversifikasi (sel 1). Dimana strategi yang dapat dilakukan adalah dengan cara menambah jumlah penerbangan, rute, armada dan mengembangkan bisnis baru baik yang terkait dengan bisnis penerbangan maupun tidak terkait bisnis penerbangan.  guna meminimalisir kelemahan PT. Garuda Indonesia Tbk. (Persero). Sehingga PT. Garuda Indonesia Tbk. (Persero) tetap akan menunjukkan keunggulan kompetitifnya.Kata Kunci : Analisis SWOT,  Strategi Bersaing

Page 1 of 1 | Total Record : 10