JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 25980823     EISSN : 25982893
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF adalah jurnal yang diterbitkan Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang. Kajian Ekonomi Manajemen Khusus Penelitian Ekonomi Ilmu Manajemen Pemasaran dengan ISSN 2598-0823 (cetak) dan eISSN 2598-0823 (Online), Fokus dan cakupan Jurnal Sekuritas yaitu Manajemen Pemasaran; Ekonomi; Ilmu Manajemen Pemasaran.
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 2 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF" : 10 Documents clear
ANALISIS MOTIVASI BELANJA HEDONIK DAN UTILITARIAN PADA PROFIL KONSUMEN DALAM KOTA Hartuti, Elizabeth Tika Kristina
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 2 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.371 KB)

Abstract

ABSTRAK Pertumbuhan pasar ritel yang semakin berkembang dipengaruhi oleh perkembangan demografi (usia, gender, pendapatan, dll), bidang sosial budaya, bidang teknologi (globalisasi), dan gaya hidup. Jumlah penduduk yang terus bertambah menyebabkan persaingan bisnis bidang shopping center ini semakin ketat. Konsumen memiliki beberapa motivasi dalam berbelanja, yaitu yang terdiri dari motivasi belanja hedonik dan Utilitarian. Motivasi Hedonik terdiri dari Adventure Shopping, Gratification Shopping, Role Shopping, Value Shopping, Social Shopping, dan Idea Shopping. Motivasi Utilitarian terdiri dari Achievement dan Effeciency. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis Frequency untuk mengetahui gambaran karakteristik responden dan metode Independent Sample T-test digunakan untuk mengetahui perbedaan jenis kelamin (wanita dan pria) terhadap motivasi belanja hedonik dan utilitarian. Sampel yang digunakan adalah 150 responden. Lokasi penyebaran kuesioner yaitu di pusat perbelanjaan Moro Purwokerto. Hasil penelitian memperoleh kesimpulan pertama yaitu tidak terdapat perbedaan yang signifikan jenis kelamin (wanita dan pria) terhadap motivasi belanja hedonik dan utilitarian. Kesimpulan kedua dinyatakan tidak ada perbedaan yang signifikan status domisili baik konsumen dalam kota maupun konsumen luar kota terhadap motivasi belanja hedonik dan utilitarian. Kata kunci : motivasi belanja hedonik dan utilitarian, konsumen dalam kota, konsumen luar kota.
KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU UMROH ESQ TOUR TRAVEL PT. FAJRUL IKHSAN WISATA Hulasoh, Ela
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 2 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.513 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengeksplorasi dan menggambarkan tentang penerapan dan pengintegrasian aktivitas komunikasi pemasaran terpadu pada produk umroh ESQ Tours Travel yang merupakan brand dari PT. Fajrul Ikhsan Wisata. Menggunakan teori-teori yang relevan dengan tema riset, yaitu teori komunikasi bisnis, komunikasi pemasaran, dan teori komunikasi pemasaran terpadu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan paradigma fenomenologi. Berlokasi di kantor pusat ESQ Tours travel, Jakarta Selatan. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi serta dokumentasi. dan sumber data dikategorikan menjadi dua, 3 orang staff marketing dan 1 orang staff bagian advertising dan promosi perusahaan sebagai sumber data primer, dan dilengkapi dari sumber data sekunder berupa dokumentasi wawancara, foto, majalah, flier, iklan, dan brosur, dan lain-lain. Data tersebut dianalisa menggunakan model interaktif, diuji keabsahan datanya melalui triangulasi sumber sehingga diperoleh derajat kepercayaan suatu informasi dan data. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa ESQ Tours Travel terhadap produk umrohnya telah menggunakan dan mengintegrasikan bauran  komunikasi pemasaran terpadunya baik secara personal, kelompok dan massal, berdasarkan model 3 yang dikemukan dalam teori  George dan Michael Belch. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa eksistensi dan brand equity yang diraih oleh produk umroh ESQ tours karena faktor keberhasilan dalam melakukan pengintegrasian bauran komunikasi pemasarannya terhadap produk di atas. Dari hasil analisis, disarankan bahwa manajemen ESQ Tours Travel berani beriklan di media massa elektronik, menjadi sponsor berbagai acara religi, dan memiliki staff khusus kehumasan/PR agar lebih terorganisir dan efektif dalam kegiatannya.Kata kunci: komunikasi pemasaran terpadu, marketing, umroh, dan tours travel
PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN KARTU FLEXI PT.TELEKOMUNIKASI SELULER (TELKOMSEL) JAKARTA ( Studi kasus Produk Kartu Flexi Pt.Telkomsel .Jakarta Selatan ) Pasaribu, Veta Lidya Delimah Pasaribu Delimah
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 2 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.609 KB)

Abstract

ABSTRAK Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui istrumen strategi promosi yang dilakukan oleh PT.Tekomsel dalam meningkatkan penjualan, PT. Telkomsel sebagai objek penelitian menjalankan beberapa langkah strategi promosi yang ditempuh dalam rangka mempromosikan produk kepada masyarakat. Dan untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukan dalam rangka meningkatkan penjualan produk Kartu AS.Metode statistik yang digunakan adalah uji t, uji f, dan analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara Variabel periklanan (X1) memiliki nilai p-value 0.013 (0.013 < 0.05). sedangkan thitung > ttabel (2.63 > 2.00). maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak,. Variabel promosi penjualan (X2) memiliki nilai p-value 0.026 (0.026 < 0.05). sedangkan thitung > ttabel (3.06 > 2.00) maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak,. Variabel penjualan perseorangan (X3) memiliki nilai p-value 0.006 (0.006 < 0.05). sedangkan thitung > ttabel (2.96 > 2.00) maka hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan hipotesis nol (H0) ditolak. Hasil pengujian secara simultan (Uji F) menunjukkan bahwa nilai p-value sebesar 0.018. dan analisis regresi linear berganda memiliki bentuk persamaan model Y  = 0.048 + 5.890 X1+ 4.450 X2 + 6.921 X3Kata Kunci : Biaya Promosi, Periklanan, Promosi Penjualan, Penjualan Perseorangan, dan Peningkatan Penjualan.
MEMBANGUN KEPUASAN NASABAH MELALUI KUALITAS PELAYANAN PADA NASABAH PINJAMAN PT BPR PRIMA KREDIT MANDIRI CABANG CIPUTAT KOTA TANGERANG SELATAN Ahidin, Udin
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 2 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.99 KB)

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan PT. BPR Prima Kredit Mandiri Cabang Ciputat Tangerang Selatan, Untuk mengetahui tingkat kepuasan nasabah PT. BPR Prima Kredit Mandiri cabang Ciputat Tangerang Selatan, dan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT. BPR Prima Kredit Mandiri cabang Ciputat Tangerang Selatan.Metode penelitian yang digunakan adalah metode assosiatif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini  nasabah pinjaman sebanayak 4.000 orang. Teknik sampling menggunakan teknik acak sederhana dengan jumlah sampel 98 nasabah. Metode pengumpulan data observasi dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier sederhana, uji korelasi product moment, uji determinasi, dan uji hipotesis (uji-t).Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT. BPR Prima Kredit Mandiri cabang Ciputat Tangerang Selatan dipersepsikan Baik (B). Hal itu dapat dilihat dari nilai rata-rata score variabel kualitas pelayanan sebesar 3,67 ada pada interval 3,40 - 4,19 dengan kategori Baik (B). Kepuasan Nasabah Pinjaman pada PT. BPR Prima Kredit Mandiri cabang Ciputat Tangerang Selatan dipersepsikan Puas (P). Hal itu dapat dilihat dari nilai rata-rata score variabel kepuasan nasabah sebesar 4,03 ada pada interval 3,40 - 4,19 dengan kategori Puas (P). Terdapat pengaruh positif kuat dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pinjaman PT. BPR Prima Kredit Mandiri cabang Ciputat Tangerang Selatan. Hal itu dapat di lihat dari nilai koefesien regresi linier sederhana  Y = 23,7 + 0,013X. Nilai koefesien Korelasi r = 0,654. Nilai Koefesien Determinasi R = 42,8% dan nilai t hitung 11,193 > t tabel 1,6609. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah
Strategi Komunikasi Pemasaran Harian Republika Untuk Menciptakan Kepuasan Pelanggan ( Studi kasus pada Harian Umum Republika ) Dianti, Rini
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 2 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.52 KB)

Abstract

ABSTRAK            Kehadiran media sosial pada saat ini membuat media cetak harus lebih kreatif lagi. Oleh karena itu diperlukan strategi komunikasi yang bisa memberikan kepuasan kepada pelanggannya untuk loyal kepada media cetak khususnya Republika sebagai media nasional.Penelitian ini bertujuan untuk membahas strategi komunikasi pemasaran dan penerapan dari elemen-elemen komunikasi pemasaran terpadu, dengan obyek penelitian Harian Republika.        Guna mencapai pembahasan strategi tersebut , digunakan metode penelitian kasus dengan tehnik pengumpulan data : wawancara, observasi dan dokumentasiHasil Penelitian secara umum menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran Harian Republika masih menggunakan prinsip dasar elemen komunikasi pemasaran konvensional. Hal ini menunjukkan kesesuaian antara pola-pola konseptual teori yang relevan dengan pola-pola temuan studi kasus. Penggunaan strategi komunikasi pemasaran didasarkan kepada kebutuhan pelanggan. Dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaran Harian Republika ada factor pendukung dan factor penghambat .Pada kesimpulan, dalam mengelola media cetak seyogyanya terus melakukan inovasi-inovasi baru dan kreatif dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran agar bisa menyesuaikan dengan perkembangan jaman dan bisa memenuhi kebutuhan pelanggan. Kata kunci : Media Cetak, Strategi Komunikasi Pemasaran, Kepuasan Pelanggan
PENERAPAN PROMOSI DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA (PT JM MUTU UTAMA SERPONG) Mustakim, Masran
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 2 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (783.804 KB)

Abstract

ABSTRAK Strategi pemasaran merupakan cara yang sangat penting untuk diterapkan oleh perusahaan jasa maupun non jasa agar dapat bersaing di pasar. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh PT JM Mutu Utama dalam meningkatkan volume penjualan. (2) Untuk menganalisa strategi pemasaran yang seharusnya dilakukan oleh PT JM Mutu Utama yang sesuai dengan kondisi perusahaan saat ini.Penelitian ini dilakukan di PT JM Mutu Utama dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan melakukan observasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode penelitian lapangan dan kepustakaan. Untuk menganalisis data dari lapangan, digunakan metode deskriptif dengan menggunakan analisis SWOT (Streght, Weakness, Opportunity, Threat).Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Strategi penerapan prromosi yang dilakukan oleh PT JM Mutu Utama mampu meningkatkan pertumbuhan volume penjualan. (2) Melalui analisa EFAS (External Strategic Factor Analysis Summary) diperoleh skor total 2,70 dan melalui analisa IFAS (Internal Strategic Factor Analysis Summary) diperoleh skor total 3,45. Sehingga nilai tersebut dimasukan pada analisa SWOT yang menunjukan posisi PT JM Mutu Utama berada pada kuadran I, sehingga strategi pemasaran yang cocok dilakukan oleh PT JM Mutu Utama adalah Strategi Agresif atau perluasan untuk memaksimalkan kekuatan internal dan eksternal perusahaan dengan melakukan pengembangan pasar, pengembagan produk, dan inovasi.Saran yang diberikan peneliti kepada PT JM Mutu Utama adalah dengan mengetahui hasil dari penelitian strategi pemasaran perusahan maka diharapkan agar PT JM Mutu Utama lebih memperhatikan sumber daya manusia, anggaran promosi, dan menjalin kemitraan dengan perusahaan lain. Kata Kunci : Strategi Pemasaran
PENGARUH STRATEGI HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET MASKAPAI PENERBANGAN CITILINK DI BANDARA SOETA JAKARTA Harras, Hadyati
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 2 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.789 KB)

Abstract

ABSTRAKTujuan daripenelitian ini adalah untukmengetahui pengaruh strategi harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian tiket maskapai penerbangan Citilink di Bandara Soeta Jakarta.Desain penelitianyang digunakandalam penyusunan penelitian ini adalah kuantitatifasosiatif kausal dengan eksplanasi (penjelasan) deskriptif. Adapun metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan sampel sebanyak 98 dan teknik sampling yang digunakan adalah teknik Accidental Sampling.Hasiluji hipotesis berdasarkan pengujian regresi linear menunjukkan bahwaharga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 0.510 dan t hitung  5.484. Sedangkan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 0.258 dan t hitung 2.768. Hasil analisis regresi membuktikan terdapat pengaruh secara simultan variabel strategi harga dan kualitas pelayanan secara bersama-sama terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan kontribusi sebesar 47,7%sedangkan sisanya sebesar 52,3% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini. Kata Kunci : Strategi Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian.
PENGARUH CORPORATE BRAND TERHADAP CONSUMER LOYALTY PADA SHOWROOM HYUNDAI PONDOK INDAH JAKARTA SELATAN Furyanah, Anah
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 2 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.49 KB)

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh functional benefit dan Symbolic benefit terhadap attitudinal dan behavioral consumer loyalty. Penelitian empiris ini menggambarkan adanya hubungan yang signifikan diantara functional benefit, emotional benefit dan symbolic benefit dan consumer attitudinal dan behavior loyalty. Penelitian ini dilakukan pada 92 pelanggan di showroom Hyundai Pondok Indah. Cronbach alpha dan analisis regresi yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan SPSS versi 12.00 adalah sebagai alat yang mendukung dalam validasi construct pemahaman teori argumentasi sebagai dasar dalam pengukuran hasil. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah functional benefit, emotional benefit, dan symbolic benefit berpengarus positif terhadap attitudinal loyalty dan behavior customer loyalty. Kata kunci : Functional Benefit, Emotional Benefit, Symbolic Benefit, Attitudinal Customer Loyalty, Behavioral Customer Loyalty
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PENGUNJUNG DALAM MENGGUNAKAN JASA HOTEL RIZEN KEDATON BOGOR Arianto, Nurmin
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 2 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (684.293 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh kuliatas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung, 2) mengetahui kualitas pelayanan terhadap loyalitas pengunjung.3) mengetahui kepuasan pengunjung terhadap loyalitas pengunjung.Poulasi dalam penelitian ini adalah Tamu yang berkunjung ke  Hotel dari Bulan Januari sampai dengan Agustus 2016 yaitu sebanyak 17.457 diperkecil dengan menggunakan rumus slovin dengan error 10% menjadi 100 pengunjung. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner sedangkan teknik analisis data menggunakan  analisi regresi linier sederhana.Dari hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung dan loyalitas pengunjung serta terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepuasan pengunjung terhadap loyalitas pengunjung.Kata kunci :Loyalitas pengunjung, kepuasan pengunjung, kualitas pelayanan.
PENGARUH STRATEGI PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA(Studi Kasus Pada STIKes Pertamina Bina Medika Jakarta) Kasmad, Kasmad; Ahidin, Udin Ahidin; Wijayanti, Kiki Dwi
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF Vol 1, No 2 (2018): JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (511.54 KB)

Abstract

ABSTRAK                                         Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Periklanan terhadap keputusan mahasiswa pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pertamina Bina Medika (STIKes Pertamedika) Jakarta.Penelitian ini bersifat deskriptif asosiatif, Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi S1 dan D III keperawatan Semester 1 yang berjumlah 140 orang dengan teknik sampling secara acak Stratified Random Sampling yaitu dengan cara mengambil sample dengan memperhatikan strata (tingkatan) di dalam populasi serta menggunakan table Isaac dan Michael dalam menentukan sampel. Adapun sampel dalam penelitian sebanyak 100 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner data yang diperoleh dari kuesioner kemudian dianalisis menggunakan bantuan program Microsoft Excel dengan metode uji validitas, uji reliabilitas, koefisiensi korelasi, koefisiensi determinasi, dan uji hipotesis.Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara strategi periklanan (X) terhadap keputusan mahasiswa (Y) dengan nilai koefisiensi korelasi ( r ) = 0.858. besarnya pengaruh atau kontribusi strategi periklanan (X) terhadap keputusan mahasiswa (Y) sebesar 73,62%. Tingkat signifikansinya adalah signifikan t hitung 9,2326 > t tabel 1,984, maka H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara strategi periklanan (X) terhadap keputusan mahasiswa (Y) di STIKes Pertamina Bina Medika Jakarta.Kata Kunci : Strategi Periklanan, Keputusan Mahasiswa

Page 1 of 1 | Total Record : 10