JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 25989545     EISSN : 2599171X
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) Ini ditujukan untuk Masyarakat Umum, Peneliti dan Dosen Manajemen khususnya Forum Komunikasi Keluarga Besar Alumni Magister Manajemen Universitas Pamulang (FORKAMMA UNPAM) Khusus Peneliti Ilmu Manajemen dan Ekonomi dengan ISSN No. 2598-9545 (cetak) dan 2599-171X (Online).
Articles 41 Documents
ANALISA STRATEGI PEMBELIAN UNTUK MENDUKUNG KINERJA PENJUALAN PT INDO TEKNIK SISTEM

Nurhadi, Ahmad

JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA) Vol 1, No 2 (2018): FORKAMMA
Publisher : JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (731.018 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelian apa yang  dapat dilakukan pada  PT Indo Teknik Sistem terhadap strategi pembelian sudah dijalankan dengan  mempertimbangkan faktor-faktor Internal dan faktor-faktor Eksternal pada lingkungan Perusahaan, dan untuk meningkatkan daya saing dalam pembelian produk pada lingkungan perusahaan Minyak  dan Gas di Indonesia, serta perusahaan yang berkaitan sehingga meningkatkan kinerja penjualan.Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian deskriptif, dengan menggunakan analisa terhadap faktor internal, eksternal dan analisa melalui analisa IFE & EFE dan analisa SWOT. Kondisi Penjualan PT Indo Tehnik Sistem berdasar analisis IFE & EFE dalam posisi bertahan dan menjaga. Strategi yang harus dijalankan untuk meningkatkan kontribusi terhadap kenaikan kinerja penjualan adalah menerapkan strategi pembelian yang tepat dengan memberikan produk yang bersaing disaat permintaan mengalami kenaikan, dengan memberikan kepastian tentang jaminan produk dengan mempertimbangkan untuk mencari sumber pengadaan lebih dari satu tempat, dengan mempertimbangkan karakter dan kriteria dengan meminimalkan keterlambatan dan ketidakpastian pengiriman produk bagi pelanggan, sehingga tercipta kepuasan pelanggan dan bisa mendukung jangkauan pasar yang dimiliki oleh pesaing kita, yang akhirnya dapat meningkatkan kinerja penjualan

PERAN SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DALAM UPAYA PENATAAN PEDAGANG KAKI LIMA STUDI KASUS PADA PASAR SERPONG (KECAMATAN SERPONG)

Susanti, Fahmi

JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA) Vol 2, No 1 (2019): JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)
Publisher : JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.751 KB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis peranan, andil “ Satuan Polisi Pamong Praja” menata pedagang yang berjualan di pinggiran jalan  “Pasar Serpong” Kecamatan Serpong”, menelaah langkah kegiatan serta usaha yang dilakukan “Satuan Polisi Pamong Praja” dalam menata para pedagang yang berjualan di pinggiran jalan (Pedagang Kaki Lima”) “Pasar Serpong” Kecamatan Serpong”. Objek yang diteliti ialah “Satuan Polisi Pamong Praja Kecamatan Serpong”. Metode penelitian yang dipakai  “pendekatan analisis kualitatif” dengan “metode studi kasus”. Teknik mengumpulkan data dengan wawancara pada kunci informasi, serta pengamatan langsung pada tempat yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan : peranan “Satuan Polisi Pamong Praja” dalam menata pedagang yang berjualan di pinggiran jalan “Pasar Serpong” sudah dilaksanakan secara baik, “Satuan Polisi Pamong Praja” sudah melakukan ketetapan  kewajiban  pokoknya, sudah dilakukannya  “upaya preventif” (persuasif), “upaya represif” dan “upaya pengawasan”. Dapatlah disimpulkan bahwasanya “Peran Satuan Polisi Pamong Praja” dalam menata pedagang  yang berjualan di pinggiran jalan “Pasar Serpong” telah dilaksanakan secara baik

DETERMINAN INTELECTUAL CAPITAL DENGAN PENDEKATAN iB-VAIC™ TERHADAP EFISIENSI BIAYA IMPLIKASINYA PADA PROFITABILITAS PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA

Sunardi, Nardi

JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA) Vol 1, No 1 (2017): FORKAMMA
Publisher : JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (684.354 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel modal intelektual (iB-VACA, iB-VAHU, iB-STVA) terhadap efisiensi biaya (BOPO) dan profitabilitas (ROA).Penelitian menggunakan metode purposive sampling,Pengujian hipotesis penelitian digunakan pendekatan regresi data panel. Diolah mengunakan program aplikasi bantuan software MS.Exel 2010. Pengolahan data statistik dengan  EVIEWS  9.0.Hasil penelitian menunjukkan secara parsial (uji-t) variabel iB-VACA berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Efisiensi Biaya, iB-VAHU berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Efisiensi Biaya, iB-STVA berpengaruh negatif dan  signifikan terhadap Efisiensi Biaya,  variabel iB-VACA, iB-VAHU, iB-STVA, secara bersama-sama signifikan terhadap Efisiensi Biaya, variabel iB-VACA berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ROA, iB-VAHU berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA, iB-STVA berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA, BOPO berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA. variabel BOPO, iB-VACA, iB-VAHU, iB-STVA, secara bersama-sama signifikan terhadap Profitabilitas.

ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR SERTA PENGARUHNYA TERHADAP HARGA SAHAM

Satiaputra, Buchari E

JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA) Vol 1, No 4 (2018): FORKAMMA
Publisher : JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (612.172 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah kinerja keuangan utama perusahaan yaitu WCTA, RETA, ROI, BVETL dan TATO, sampel adalah 15 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi berganda, analisis korelasi (PPM), asumsi klasik, uji hipotesis menggunakan adjusted koefisien determinasi, uji-F dan uji-t.Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel dependen (harga saham) dapat dipengaruhi oleh WCTA, RETA, ROI, BVETL dan TATO sebesar 11,35%. Nilai rasio keuangan yang diperoleh masih jauh di bawah standar industri untuk menunjukkan kinerja keuangan masih belum optimal dan efisien. Dari hasil regresi berganda variabel independen yaitu WCTA, RETA, ROI dan TATO memiliki korelasi positif terhadap harga saham, kecuali BVETL memiliki pengaruh negatif, dari perhitungan analisis korelasi terhadap WCTA, RETA, BVETL dan TATO memiliki dampak yang sangat rendah.

PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PT LION MENTARI AIRLINES BANDARA SOEKARNO HATTA CENGKARENG

Komarudin, Komarudin

JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA) Vol 1, No 2 (2018): FORKAMMA
Publisher : JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (971.953 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelatihan dan motivasi terhadap produktivitas kerja karyawan PT Lion Mentari Airlines Bandara Soekarno Hatta CengkarengJenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif dianalisis menggunakan statistik penulis menjadikan karyawan PT Lion Mentari Airlines Bandara Soekarno Hatta Cengkareng, adapun  populasi sebanyak 185 sementara jumlah  sampel  diperoleh  dari  perhitungan  Slovin sebanyak 65 responden. Analisis data menggunakan SPSS Versi 22. Teknik uji sampling menggunakan metode sensus dan teknik pengambilan data diantaranya uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda serta uji hipotesis.Berdasarkan hasil analisis regresi variabel pelatihan (X1) terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja sebesar 0.364. Hasil ini menjawab rumusan masalah satu dan Ha diterima serta Ho ditolak. Hasil  analisis regresi variabel motivasi terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan sebesar 0.510. Hasil ini menjawab rumusan masalah dua dan Ha diterima serta Ho ditolak. Sedangkan Konstanta sebesar 1.873, menjelaskan meskipun tidak ada variabel pelatihan dan motivasi yang mempengaruhi produktivitas kerja, karyawan tetap memiliki nilai produktivitas kerja sebesar 1.873.

PENINGKATAN KOMPETENSI DOSEN DALAM CARA MENGAJAR MELALUI PENGEMBANGAN TRAINING NEED ANALYSIS (STUDI KASUS DI PRODI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG)

Qurbani, Derita

JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA) Vol 1, No 1 (2017): FORKAMMA
Publisher : JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.37 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui fenomena dan memperoleh bukti empirik, serta kesimpulan tentang kompetensi dosen Universitas Pamulang dalam cara mengajar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kombinasi model atau desain concurrent embedded (campuran tidak berimbang) yang menggabungkan metode kualitatif yang menjadi metode primer dan metode kuantitatif menjadi metode sekunder. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 307. Adapun alat analisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan Training Need Analysis (TNA). Hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Didapati bahwa kompetensi dosen Universitas Pamulang hanya 8% yang memiliki kompetensi pedagogik tinggi, 14% memiliki kompetensi profesional tinggi, 60% memiliki kompetensi kepribadian tinggi, dan 38% memiliki kompetensi sosial yang tinggi. (2) Setelah dilakukan analisis dengan Training Need Analysis (TNA) terdapat adanya GAP (kesenjangan) yang terjadi pada kompetensi sebagian dosen UNPAM dalam cara mengajar. (3) Dari adanya GAP yang terjadi di lapangan maka sebagian dosen UNPAM yang masih kurang tinggi dalam kompetensi, diperlukan sekali untuk diikuti pelatihan-pelatihan yang berhubungan dengan permasalah pada GAP (kesenjangan) yang ada.

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CUSTOMER LOYALTY PADA KONSUMEN REKSADANA AUTOINVEST DI BANK COMMONWEALTH JAKARTA

Anggraini, Rr Renny

JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA) Vol 2, No 1 (2019): JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)
Publisher : JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.242 KB)

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kekuatan dari loyalitas konsumen. Sangat penting untuk mengetahui bahwa loyalitas konsumen menjadi bagian dari pemasaran yang memiliki pengaruh untuk membuat persaingan usaha dan membangun kekuatan dalam pengalaman konsumen untuk membuat suatu keputusan pembelian produk.Objek dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas manfaat pada loyalitas konsumen, pengaruh loyalitas merk pada loyalitas konsumen, pengaruh asosiasi merek pada loyalitas konsumen, dan pengaruh kepercayaan merek pada loyalitas konsumen.Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dari kualitas manfaat pada loyalitas konsumen, pengaruh positif dari loyalitas merek pada loyalitas konsumen, pengaruh positif dari asosiasi merek pada loyalitas konsumen, dan pengaruh positif dari kepercayaan merek pada loyalitas konsumen.

PRAKTEK KOMERSIALISASI PRAKTEK KOMERSIALISASI LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH DALAM PANDANGAN ETIKA BISNIS ISLAM KEUANGAN MIKRO SYARIAH DALAM PANDANGAN ETIKA BISNIS ISLAM

Hapsari, Andriyani

JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA) Vol 1, No 4 (2018): FORKAMMA
Publisher : JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (533.231 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk : (1) mengetahui secara mendalam praktek komersialisasi dalam keuangan mikro, dan (2) menganalisis praktek komersialisasi dari sudut pandang etika bisnis Islam.  Penelitian ini menggunakan pendekatan normatif yang menggunakan tinjauan ekonomi syariah untuk menilai praktek komersialisasi dalam keuangan mikro. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang tidak menggunakan perhitungan matematis dan statistic, dan dengan metode analisis deskriptif.  Hasil penelitannya adalah : (1) Komersialisasi dalam keuangan mikro tidak sepenuhnya bertentangan dengan etika Bisnis Islam. (2) Konsep komersialisasi itu sendiri bersifat kontraproduktif dalam mencapai misi social dan bisnis sekaligus. (3) Nilai moral dalam etika bisnis Islam justru akan mampu mewujudkan lembaga keuangan mikro syariah sebagai institusi pengentasan kemiskinan yang juga mampu meraih keuntungan wajar sebagai institusi bisnis.

PENGARUH DISPLAY dan KUALITAS PELAYANAN Terhadap KEPUTUSAN PEMBELIAN di CV. BENVICA CITRA PRIMA

Haryoko, Ugeng Budi, Sagita, Ita

JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA) Vol 1, No 3 (2018): FORKAMMA
Publisher : JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.716 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh display dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian dengan menggunakan metode asosiatif. Responden penelitian ini adalah semua  costumers yang berbelanja di toko benvica sleepwear cabang pasar modern Bintaro. Tehnik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik Proporsional random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 88 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa display yang baik akan meningkatkan keputusan pembelian a artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara display terhadap keputusan pembelian. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Kontribusi display dan kualitas pelayanan secara simultan adalah sebesar 23,6% sedangkan sisanya sebesar 74,6% dipengaruhi faktor lain. Dari pengujian hipotesis menggunakan uji statistik F hitung > F tabel atau  (13,103 > 3,100), hal tersebut juga diperkuat dengan probability 0,000 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara display dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian.

ANALISIS RISK BASED BANK RATING (RBBR) UNTUK MENGUKUR TINGKAT KESEHATAN BANK SYARIAH DI INDONESIA

Sunardi, Nardi

JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA) Vol 1, No 2 (2018): FORKAMMA
Publisher : JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (677.921 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi profil risiko, Good Corporate Governance (GCG), rentabilitas, permodalan dan tingkat kesehatan Bank Syariah di Indonesia dinilai dengan metode Risk Based Bank Rating (RBBR) selama periode 2012-2016. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor profil risiko bank syariah di Indonesia dengan faktor risk profile atas resiko kredit dengan rasio rata-rata secara keseluruhan NPF dengan predikat Sehat. Risiko Likuiditas menunjukkan bahwa rata-rata secara keseluruhan Financing to Deposit Ratio (FDR) dengan predikat Kurang Sehat, Good Coorporate Governance diperoleh hasil analisis self assessment yaitu dengan nilai komposit 1.83% dengan predikat Baik, faktor earning (rentabilitas) dengan Return On Asset (ROA) predikat Kurang Sehat, analisis modal dengan Capital Adequency Ratio (CAR) predikat Sangat Sehat, Metode Risk Based Bank Rating (RBBR) menunjukkan nilai PK 1 dengan predikat Cukup Sehat. berdasarkan Pasal 2 Peraturan bank Indonesia No. 13/1/PBI/2011 dan sesuai yang telah dijelaskan dalam SE BI No. 13/24/DPNP 25 Oktober 2011