cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 6, No 1 (2018): ALIBKIN" : 10 Documents clear
Penggunaan Konseling Kelompok Teknik Asertive Training Untuk Meningkatkan Keterampilan Equlity Sari, Rina Intan; Yusmansyah, Yusmansyah; Utaminingsih, Diah
ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling) Vol 6, No 1 (2018): ALIBKIN
Publisher : ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (598.378 KB)

Abstract

The problem of this research was the skill of equality of interpersonal communication. The purpose of this research is to know the improvement of students equality skill of interpersonal communication using counseling group of assertive training technique on grade X Senior High School 11 Bandar Lampung academic year of 2017/2018. This research was a pre-experimental research with One Group Pretest-Posttest Design. The subjects of this research consisted of 5 students. The data collection technique was done using interpersonal communication scale. The result of the research showed that counseling service of assertive training group could improve equality skill of interpersonal communication for ten graders students of Senior High School 11 Bandar Lampung, as proven by data analysis using Wilcoxon Signed-Rank test, it was obtained that z-calc = -2.023 < z-table = 1.645.Masalah penelitian ini adalah keterampilan equality dalam komunikasi interpersonal yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan equality komunikasi interpersonal siswa menggunakan konseling kelompok teknik asertive training pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bersifat pre-eksperimental dengan One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini sebanyak 5 siswa, pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan menggunakan skala komunikasi interpersonal. Hasil penelitian menunjukkan layanan konseling kelompok tenik assertive training dapat meningkatkan keterampilan equality komunikasi interpersonal pada siswa kelas X di SMA Negeri 11 Bandar Lampung, hal ini dibuktikan dengan analisis data menggunakan uji beda Wilcoxon, diperoleh z hitung = -2.023 < z tabel=1.645.Kata kunci: keterampilanequality,komunikasi interpersonal, konseling kelompok, teknik asertive training
Peningkatan Motivasi Berprestasi Menggunakan Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Client Centered pada Siswa Kelas VIII Wulandari, Puspita; Rosra, Muswardi; Mayasari, Shinta
ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling) Vol 6, No 1 (2018): ALIBKIN
Publisher : ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.737 KB)

Abstract

The problem of this research was the low level of students achievement motivation. The research problem was formulated as "Whether or not the client centered group counseling approach can improve students motivation of grade VIII ". The data collecting technique in research was carried out using achievement motivation scale. Based of the data analysis which was calculated using Wilcoxon test, the value obtained -2.201. It showed that z-calc < z-table ; -2.207 <1.645 thus, Ho was rejected and Ha was accepted. The results of data analysis also showed an increase of 11%. It can be concluded that the client centered group counseling approach can improve students achievement motivation in grade VIIIMasalah penelitian ini adalah motivasi berprestasi siswa rendah. Permasalahan penelitian adalah Apakah layanan konseling kelompok pendekatan client centered dapat meningkatkan motivasi berpretasi siswa kelas VIII. Metode penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala motivasi berprestasi. Hasil analisis data menggunakan uji wilcoxon, diperoleh hasil -2,201. Ternyata zhitung< ztabel = (-2.207<1.645) maka Ho ditolak dan Ha diterim. Hasil analisis data juga memperlihatkan peningkatan sebesar 11%. Kesimpulannya adalah layanan konseling kelompok pendekatan client centered dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa pada siswa kelas VIIIKata kunci: bimbingan dan konseling, konseling kelompok client centered, motivasi berprestasi
Hubungan Antara Interaksi Teman Sebaya Dengan Prestasi Belajar Mutiara, Ade Ratna; Yusmansyah, Yusmansyah; Mayasari, Shinta
ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling) Vol 6, No 1 (2018): ALIBKIN
Publisher : ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.384 KB)

Abstract

The purpose of this study was to identify the correlation between peer group interaction with learning achievement. The research method was quantitative. Population amounted160 students and research sample as many as 32 students determined by simple random sampling technique. Data collection technique used observation of peer group interaction and value of report documentation. Data analysis technique used Product Moment correlation. The result showed there was a positive and significant correlation between peer goup interaction with learning achievement value rhitung=0,528 > rtabel=0,338 at the level of significant 0,05 then Ho rejected and Ha accepted. The conclusion of this research is there was a positive and significant correlation between peer group interaction with learning achievement, its mean the greater of peer group interaction will be the higher the student learning achievement.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara interaksi teman sebaya dengan prestasi belajar. Metode penelitian bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 160 siswa dan sampel berjumlah 32 siswa yang diambil dengan tekniksimple random sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi interaksi teman sebaya dan dokumentasi nilai raport. Teknik analisis data menggunakan korelasiProduct Moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi teman sebaya dengan prestasi belajar dengan nilai korelasi rhitung=0,528 > rtabel= 0,338 pada taraf signifikan 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara interaksi teman sebaya dengan prestasi belajar, artinya semakin besar interaksi teman sebaya maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar siswa.Kata kunci:hubungan, interaksi teman sebaya, prestasi belajar
Peningkatan Konsep Diri Menggunakan Pendekatan Client Centered Marlia, Lilis; Rosra, Muswardi; Mayasari, Shinta
ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling) Vol 6, No 1 (2018): ALIBKIN
Publisher : ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.525 KB)

Abstract

The purpose of research was to find out the improvement of self concept using the of client centered approach. The research method was qualitative descriptive by using case study. Research subjects were 3 students who had low positive self concept. Data collection techniques use self-concept scale. Data analysis with data reduction techniques, data presentation and data verification. The results of counseling research indicate that the improvement of self concept using client centered approach can be used in students. This can be proved by the change of the three subjects after the implementation of counseling, such as students know the advantages and weaknesses, more positive thinking and confident of the ability possessed. The conclusion of this research is self concept can be improved by using client centered approach at student of grade XI. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan konsep diri menggunakan pendekatan client centered. Metode penelitian bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Subjek penelitian sebanyak 3 siswa yang memiliki konsep diri positif yang rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala konsep diri. Analisis data dengan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian konseling menunjukkan bahwa peningkatan konsep diri menggunakan pendekatan client centered dapat digunakan pada siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya perubahan ketiga subjek setelah pelaksanaan konseling dilakukan, seperti siswa mengetahui kelebihan dan kelemahan, lebih berfikir positif dan yakin terhadap kemampuan yang dimiliki. Simpulan penelitian ini adalah pendekatan client centered dapat digunakan untuk meningkatkan konsep diri pada siswa kelas XI.Kata kunci: bimbingan dan konseling, pendekatan client centered, konsep diri.
Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Perilaku Prososial Elistantia, Ritalia; Yusmansyah, Yusmansyah; Utaminingsih, Diah
ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling) Vol 6, No 1 (2018): ALIBKIN
Publisher : ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.85 KB)

Abstract

The problem of this study was the lowness of students prosocial behavior. The purpose of this study was to determined correlation between the parenting social support to prosocial behavior. The research method was quantitative. Samples were 62 students determined by simple random sampling technique. Data collection techniques used parenting social support scale and prosocial behavior scale. The results showed there was a positive and significant correlation between the parenting social support to the students prosocial behavior with correlation value r hitung = 0.409 > rtabel = 0.244 at the level of sigifikansi 0.05 then Ho rejected and Ha accepted. The conclusion of this research is there was a positive and significant correlation between the parenting social support with the students proscial behavior of class X SMA 1 Seputih Raman Academic Year 2017/2018, it means the greater of the parenting social support will be the higher the willingness of students to behave prosocial.Masalah dalam penelitian ini adalah perilaku prososial siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan perilaku prososial. Penelitian bersifat kuantitatif. Sampel berjumlah 62 siswa diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial orang tua dan skala perilaku prososial. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan perilaku prososial siswa yang ditunjukkan dengan nilai korelasi rhitung = 0,409 > rtabel = 0,244 pada taraf sigifikansi 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan hasil penelitian ini terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan perilaku prososial siswa kelas X SMA Negeri 1 Seputih Raman Tahun Ajaran 2017/2018, artinya semakin besar dukungan sosial orang tua maka akan semakin tinggi pula kemauan siswa untuk berperilaku prososial.Kata kunci: dukungan sosial orang tua, hubungan, perilaku prososial
Penggunaan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Manajemen Diri dalam Belajar Elisvi, Sindy; Rosra, Muswardi; Mayasari, Shinta
ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling) Vol 6, No 1 (2018): ALIBKIN
Publisher : ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (710.461 KB)

Abstract

The problem of this research were students who had low self-management in the school. The problem was "whether self-management in learning grade VIII students can be improved using group guidance?The purpose of this research was to know the improvement of self-management in learning class VIII students using group guidance. The research method was one group pretest-posttest pre-experimental method. Research subjects were 6 students who hadlow self-management in learning. Data collection techniques used self-management observation sheets in learning. The results of data analysis used Wilcoxon test, obtained the result of -2.207. The result was less than 0.05 (-2,207<0.05) and meant that Ho was rejected and Ha was accepted. There was a significant increase in self-management in learning before and after group guidance. The analysis also showed an increase of 21%.Masalah penelitian ini adalah siswa yang memilikimanajemen diri dalam belajar yang rendah di sekolah. Permasalahannya adalah apakahmanajemen diri dalam belajar siswa kelas VIII dapatditingkatkanmenggunakanlayananbimbingan kelompok?Tujuanpenelitianuntukmengetahuipeningkatanmanajemen diri dalam belajar siswakelas VIII menggunakanlayanan bimbingan kelompok.Metode penelitian adalah metode pre ekperimen one group pretest-postest design. Subjek penelitian sebanyak6 orang siswa yang memiliki manajemen diri dalam belajar yang rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi manajemen diri dalam belajar. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon, diperoleh hasil -2,207. Didapat hasil kurang dari 0,05 (-2,207<0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya, ternyata terdapat peningkatan yang signifikan pada manajemen diri dalam belajar sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok. Hasil analisis juga memperlihatkan peningkatan sebesar 21%. Kata kunci: bimbingan dan konseling, bimbingankelompok, manajemen diri dalam belajar
Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Zuliantini, Yayu; Yusmansyah, Yusmansyah; Mayasari, Shinta
ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling) Vol 6, No 1 (2018): ALIBKIN
Publisher : ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.069 KB)

Abstract

The problem of this study was the lowness of students learning achievement. The purpose of this study was to determined the correlation of parenting patterns to the student learning achievement. Population amounted to 240 students and research samples as many as 133 students determined by simple random sampling technique. Data collection technique used parenting patterns questionnaires and documentation of report cards for learning achievement. Data analysis using product moment correlation. Result show there was significant correlation between authoritative parenting with student learning achievement based rcount = 0,503 > rtable = 0,304. The conclusion of this research there was significant correlation between authoritative parenting with student learning achievement.Masalah penelitian ini adalah prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa. Populasi berjumlah 240 siswa dan sampel berjumlah 133 siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pola asuh orang tua dan dokumentasi raport prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang siginifikan antara pola asuh orang tua otoritatif dengan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan nilai rhitung = 0,503 > rtabel = 0,304. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif yang signifikan antara pola asuh orang tua otoritatif dengan prestasi belajar.Kata kunci:hubungan,pola asuh orang tua, prestasi belajar
Peningkatan Keberanian Siswa Berbicara Dalam Diskusi Kelas Menggunakan Konseling Kelompok Teknik Assertive Training Rusmana, Ferry Adi; Dahlan, Syarifuddin; Andriyanto, Redi Eka
ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling) Vol 6, No 1 (2018): ALIBKIN
Publisher : ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.232 KB)

Abstract

The problem of this research is the courageousness of students to speak in a class discussion. The purpose of this research is to find out the improvement of students courage to speak in class discussion using assertive training technique. This research used quasi experimental method with pretest posttest design. The subjects of this research were 20 students. Observation technique was used to collect the data. The result of the research shows that there is an improvement of speaking courageousness using assertive training technique, it is shown from the improvement of speaking courage 27,35% and result of data analysis using paired sample t-test, obtained tcount> ttable (16.522 > 2.086). The conclusion of the study is that there is an improvement in students speaking courageousness after having a group counseling using assertive training techniques. .Masalah penelitian ini adalah keberanian siswa berbicara dalam diskusi kelas. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan keberanian siswa berbicara dalam diskusi kelas dengan teknik assertive training. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest posttest design. Subjek penelitian sebanyak 20 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keberanian berbicara dengan teknik assertive training, hal ini ditunjukkan dari peningkatan sebesar 27,35% dan hasil analisis data dengan menggunakan paired sample t-test, diperoleh thitung> ttabel (16.522 > 2,086). Kesimpulan penelitian adalah terdapat peningkatan terhadap keberanian berbicara pada siswa setelah pemberian konseling kelompok dengan teknik assertive training.Kata kunci: assertive training, keberanian berbicara, konseling kelompok
Peningkatan Efikasi diri dalam Belajar Menggunakan Layanan Konseling Kelompok Teknik Latihan Asertif Maulita, Tri; Yusmansyah, Yusmansyah; Mayasari, Shinta
ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling) Vol 6, No 1 (2018): ALIBKIN
Publisher : ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.978 KB)

Abstract

The problem of this research is the self efficacy in learning is low and medium. The purpose of this study was to improve self efficacy in learning by using counseling services assertive training group of student in grade XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung academic year 2017/2018. This research method was pre-experimental design with One Group Pretest Posttest Design. The subjects of this study were 6 students, data collection techniques using self efficacy scale in learning, the result using different test Wilcoxon, from the results of statistical analysis showed Zhitung= -2,201< Ztabel = 1,645 then Ha accepted and Ho rejected. The conclusions in this study that efikasi diri in learning can be improved by using counseling services using assertive training group of students in grade XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung year 2017/2018.Masalah penelitian ini adalah efikasi diri dalam belajar yang rendah dan sedang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan efikasi diri dalam belajar menggunakan layanan konseling kelompok teknik latihan asertif pada siswa kelas XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian ini bersifat pre-eksperimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini sebanyak 6 siswa, Teknik pengumpulan data menggunakan skala efikasi diri dalam belajar. Hasil penelitian menggunakan uji beda Wilcoxon, dari hasil analisis dengan statistik menunjukkan Zhitung=-2,201 < Ztabel = 1,645 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dalam penelitian ini efikasi diri dalam belajar dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan konseling kelompok teknik latihan asertif pada siswa kelas XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018.Kata kunci: efikasi diri, konseling kelompok, teknik latihan asertif
Peningkatan Regulasi Diri Dalam Belajar Menggunakan Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Pekerjaan Rumah Sasmita, Lisa; Rosra, Muswardi; Mayasari, Shinta
ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling) Vol 6, No 1 (2018): ALIBKIN
Publisher : ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.482 KB)

Abstract

This research issue was the lowness of self regulation learning. Problems research was " whether self regulation learning grade VII students can be improved using group counseling with homework assignment technique ".The method in this research was one-group pretest-posttest design. Research subjects were 6 students of class VII. Data was collected used self regulation learning scale. Results of data analysis used wilcoxon test obtained Zcalc = -2.226 result was less than Ztabel = 1,645, than Ho was rejected and Ha was accepted, meaning there was a significant increase in self regulation learning before and after counseling group of homework assignment techiques. The analysis also showed an increase of 11,9%. The conclusion was that self regulation learning could be improved using group counseling with homework assignment technique at grade VII.Masalah penelitian ini adalah regulasi diri dalam belajar yang rendah. Permasalahan penelitian adalah Apakah regulasi diri dalam belajar dapat ditingkatkan melalui layanan konseling kelompok teknik homework assignment. Metode penelitian ini adalah metode pre eksperiment dengan desain one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan skala regulasi diri dalam belajar. Hasil analisis data menggunakan uji wilcoxon, diperoleh hasil Zhitung = - 2,226 hasilnya kurang dari Ztabel = 1,645 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ternyata terdapat peningkatan yang signifikan pada regulasi diri dalam belajar sebelum dan sesudah diberikan konseling kelompok dengan teknik homework assignment. Hasil analisis juga memperlihatkan peningkatan sebesar 11,9%. Kesimpulanya adalah regulasi diri dalam belajar dapat ditingkatkan menggunakan konseling kelompok teknik homework assignment pada siswa kelas VII.Kata kunci:konseling kelompok, pekerjaan rumah, regulasi diri dalam belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 10