cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue " Vol 5, No 6 (2017): ALIBKIN" : 11 Documents clear
Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemandirian Belajar Siswa Ayu, Eka Rahma; Yusmansyah, Yusmansyah; Utaminingsih, Diah
ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling) Vol 5, No 6 (2017): ALIBKIN
Publisher : ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.355 KB)

Abstract

The problem of this study was the low student learning independence. The purpose of this study was to determined the correlation of parenting patterns to the student learning independence. Population amounted to 278 students and research samples as many as 143 students determined by simple random sampling technique. Data collection technique used parenting patterns scale and learning independence scale. Data analysis using product moment correlation show there was a significant correlation between parenting patterns with student learning independence shown by the index of correlation rhitung = 0,185 > rtabel = 0,163, p = 0,27 < p = 0,05. The conclusion of this research were there was a positive correlation and significant between parenting pattern with student learning independence class X MAN 2 Bandar Lampung academic year 2017/2018Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemandirian belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar. Populasi berjumlah 278 siswa dan sampel penelitian sebanyak 143 orang siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala pola asuh orang tua dan skala kemandirian belajar. Analisis data menggunakan korelasi product moment menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan kemandirian belajar siswa yang ditunjukkan dengan indeks korelasi sebesar rhitung = 0,185 > rtabel = 0,163, p = 0,27 < p = 0,05. Kesimpulan penelitian yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan kemandirian belajar pada siswa kelas X MAN 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018Kata kunci:hubungan,pola asuh orang tua, kemandirian belajar
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VII Purnama, Aditya; Yusmansyah, Yusmansyah; Mayasari, Shinta
ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling) Vol 5, No 6 (2017): ALIBKIN
Publisher : ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.034 KB)

Abstract

The problems of this research was "whether Students Learning Motivation could be improved through group guidance services". The purpose of the research was to determine whether there was an increase in Students Learning Motivation through group guidance in students of grade VII junior high school 13 Bandar Lampung. The method in this research was one-group pretest-posttest design. Research subjects were 10 VII students of class VII. Data analyzed techniques used Students Learning Motivationscale. The analyzed data using Wilcoxon test obtained 0.005 the probability which less than 0.05 it meants Ho was rejected and Ha was accepted, meant that there was increase in Students Learning Motivation before and after being given a group guidance service. The analysis also showed an increase of 48,84%. The conclusion was the Students Learning Motivation could be improved through group guidance services at junior high school 13 Bandar Lampung Lesson Year 2016/2017.Permasalahan penelitian adalah Apakah motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok secara tepat pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung. Metode penelitian ini adalah metode pre eksperiment dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian sebanyak 10 siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar siswa. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon, diperoleh angka probabilitas 0.005 yang kurang dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat peningkatan pada motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok. Hasil analisis juga memperlihatkan peningkatan sebesar 48,84%. Kesimpulannya adalah motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa SMP Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017.Kata kunci: bimbingan kelompok, bimbingan konseling, motivasi belajar siswa
Peningkatan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Dengan Layanan Bimbingan Kelompok Oktaviani, Yolanda; Yusmansyah, Yusmansyah; Mayasari, Shinta
ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling) Vol 5, No 6 (2017): ALIBKIN
Publisher : ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (583.346 KB)

Abstract

The purpose of this research was to know the improvement of interpersonal communication skill with group guidance service. The problem in this research was low student interpersonal communication skill. This research used the pre-experimental method with a one-group pretest-posttest design. Subjects were 10 students with low interpersonal communication skills. The technique of collecting data was using observation. The result of data analysis with Wilcoxon test, from pretest result and posttest of student interpersonal communication skill showed that z arithmetic = -2,820 <ztabel = 1,645 then Ho was rejected and Ha was accepted.The conclusion was a significant increase.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan komunikasi interpersonal dengan layanan bimbingan kelompok . Masalah dalam penelitian ini adalah keterampilan komunikasi interpersonal siswa yang rendah. Penelitian ini menggunakan metodepre-eksperimental dengan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 10 siswa yang memiliki keterampilan komunikasi interpersonal rendah.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil analisis data dengan uji Wilcoxon, dari hasil pretest dan posstest keterampilan komunikasi interpersonl siswa menunjukkan bahwa z hitung = -2,820<ztabel = 1,645 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah terjadi peningkatan yang signifikan.Kata kunci: bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, keterampilan komunikasi interpersonal
Bimbingan Kelompok Dapat Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII Pamungkas, Dimas Agung; Yusmansyah, Yusmansyah; Andriyanto, Redi Eka
ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling) Vol 5, No 6 (2017): ALIBKIN
Publisher : ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.552 KB)

Abstract

This research issue was could group guiding service improve students social interaction. The aim of the research was to identify the utilizing of group guidance service in increasing students social interaction grade VIII public junior high school 10 Pesawaran grade VIII academic year 2016/2017. Method applied in this research was Quasi exsperimental with one group pretest-posttest design. The subjects were As many as 7 students. The data collecting technique used students social interaction scale. The data was analyzed by Wilcoxon test. Based on gain score result which obtained Z value + -2,366 366 < Z tabel = 1,645, Z count lower than Z table so H0 was rejected and Ha was accepted. The conclusion was the utilizing group guidance could increase students social interaction grade VIII public junior high school 10 Pesawaran grade VIII academic year 2016/2017.Permasalahan penelitian ini adalah apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan interaksi sosial siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui penggunaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan interaksi sosial siswa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Pesawaran. Penelitian ini menggunakan metode Quasi exsperimental dengan desain one group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 7 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala interaksi sosial siswa. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon, berdasarkan hasil gain score diperoleh Z hitung = -2,366 < Z tabel = 1,645 maka Z hitung lebih kecil dari Z tabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah penggunaan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan interaksi sosial siswa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Pesawaran tahun pelajaran 2016/2017.Kata kunci: bimbingan kelompok, bimbingan konseling, interaksi sosial siswa
Hubungan Antara Pola Asuh Orangtua Dengan Kecenderungan Bullying Siswa Hestina, Hestina; Yusmansyah, Yusmansyah; Mayasari, Shinta
ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling) Vol 5, No 6 (2017): ALIBKIN
Publisher : ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.576 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine the relationship between parenting style with the tendency of students bullying. The problem found in this research was the tendency of bullying. The research method was using a description correlation.The samples of this research were 125 students in grade VIII, SMP Negeri 8 Bandar Lampung. The data collection used in this research were parenting style questionnaires and the tendency of bullying. The data analysis techniques used in this research was the correlation of product moment. The results showed 1) there was a close and significant relationship between parenting style with the tendency of bullying with n = 61 obtained Rhit 0.274> Rtab 0.248,2) there was no significant relationship between parenting style with n = 32 obtained Rhit 0.046 < Rtab 0.286,3) there was no significant relationship between permissive parenting style with the tendency of bullying with n = 30 obtained Rhit 0.132 <Rtab 0.296.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan kecenderungan bullying pada siswa. Masalah pada penelitian ini adalah kecenderungan bullying. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah desriptif korelasi. Sampel penelitian sebanyak 125 siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pola asuh orang tua dan kecenderungan bullying. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan 1) ada hubungan yang erat dan signifikan antara pola asuh orang tua otoriter dengan kecenderungan bullying dengan n= 61 diperoleh Rhit 0,274> Rtab 0,248, 2) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua demokratis dengan n= 32 diperoleh Rhit 0,046 < Rtab 0,286, 3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua permisif dengan kecenderungan bullying dengan n= 30 diperoleh Rhit 0,132 < Rtab0,296.Kata kunci: bimbingan konseling, kecenderungan bullying, pola asuh orang tua
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Meggunakan Layanan Konseling Kelompok (Teknik Modeling) Saputri, Nevi Indah; Rosra, Muswardi; Utaminingsih, Diah
ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling) Vol 5, No 6 (2017): ALIBKIN
Publisher : ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.277 KB)

Abstract

Problems in this research is low student learning motivation. The purpose of this research is to know the improvement of students learning motivation by giving counseling service of modeling technique group to students of SMP Negeri 5 Tulang Bawang Tengah of academic year 2016/2017. The method used is research with pre-experimental design design with one group pretest-posttest design research. Data obtained from the results of the scale that has been filled by students on pretest and posttes. The research sample consisted of seven grade VIII students who had low learning motivation. Samples were collected by purposive sampling technique. Students who become the sample is obtained by spreading the scale of motivation to learn throughout the class VIII students and obtained students who have low learning motivation, so elected to the seven students. The data have been obtained were analyzed using non parametris statistics ie wilcoxon test and obtained nilai Z count <Z table that is 1.866 <2.013, then Ho is rejected and Ha accepted.Permasalahan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dengan memberikan layanan konseling kelompok teknik modeling pada siswa SMP Negeri 5 Tulang bawang Tengah Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah penelitian dengan desain pre-eksperimental design dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Data diperoleh dari hasil skala yang telah diisi oleh siswa pada pretest dan posttes. Sampel penelitian terdiri dari tujuh orang siswa kelas VIII yang memiliki motivasi belajar rendah. Sampel dijaring dengan teknik purposive sampling. Siswa yang menjadi sampel tersebut didapat dengan menyebar skala motivasi belajar keseluruh siswa kelas VIII dan didapat siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, sehingga terpilihlah ke-tujuh siswa tersebut. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan statistik non parametris yaitu uji wilcoxon dan didapat nilai Z hitung < Z tabel yaitu adalah 1,866 < 2,013, maka Ho ditolak dan Ha diterima.Kata kunci: konseling kelompok, motivasi belajar, teknik modeling
Hubungan Antara Regulasi Diri Dalam Belajar Dengan Rencana Pemiihan Karier Naibaho, Romulus Akyan Rasman; Yusmansyah, Yusmansyah; Utaminingsih, Diah
ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling) Vol 5, No 6 (2017): ALIBKIN
Publisher : ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.505 KB)

Abstract

The problem was lack of understanding of career selection plan. The researched purpose was to know the corelation between self-regulation learning with career selection plan. This researched method is correlational. The researched sample was 44 students and the population amounted to 219 students determined by simple random sampling technique. Data collection techniques using self-regulation scales in learning and career selection plans. Analysis data of this research was using Product moment correlation. The research result showed that there was a positive and significant relationship between self-regulation learning with career selection plan. This is indicated from the results of calculated by T-count>T-table (0,426 > 0,297) with P Value = 0,426 then Ho rejected and Ha accepted. The conclusion of this research that positive and significant corelation between self-regulation learning with career selection plan at grade XI students of SMAN 11 Bandar Lampung I n school year 2017/2018Masalah penelitian ini adalah kurangnya pemahaman rencana pemilihan karier. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dalam belajar dengan rencana pemilihan karier. Metode penelitian ini adalah korelasional. Sampel penelitian sebanyak 44 siswa dan populasi berjumlah 219 siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala regulasi diri dalam belajar dan rencana pemilihan karier. Analisis data pada penelitian ini menggunakan korelasi Product moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara regulasi diri dalam belajar dengan rencana pemilihan karier. Hal ini ditunjukkan dari nilai rhitung > rtabel (0,426 > 0,297 ) dengan nilai P = 0,426. maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara regulasi diri dalam belajar dengan rencana pemilihan karier siswa kelas XI SMAN 11 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018.Kata kunci : hubungan, regulasi diri dalam belajar, rencana pemilihan karier
Peningkatan Sikap Suportif Dalam Komunikasi Interpersonal Dengan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Latihan Asertif Pertiwi, Fitri Pradita; Yusmansyah, Yusmansyah; Mayasari, Shinta
ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling) Vol 5, No 6 (2017): ALIBKIN
Publisher : ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.564 KB)

Abstract

The major problem of this research was students have low-supportive attitude. The purpose of this research was to improve studentss supportive attitude in interpersonal communication by counseling group. The method use in this research was experimental quasi designs with techniques non-equievalent control group design. The data collecting technique used supportive attitude in interpersonal communication scale. From the result analysis used Wilcoxon test , it was obtained that probability from the experiment group Zvalue = -2,524 < Ztable = 1,645, the meaning t value > t table (-2,524 > 1,645) , then H0 rejected. The finding suggest counseling service group of assertive training technique to improve students supportive attitude in interpersonal communication.Masalah penelitian ini adalah sikap sportif dalam komunikasi interpersonal siswa. Tujuan penelitian untuk meningkatkan sikap sportif komunikasi interpersonal dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik latihan asertif. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen, desain penelitian nonequievalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan Skala Sikap Sportif Komunikasi Interpersonal. hasil analisis data menggunakan uji wilcoxon, diperoleh nilai probabilitas pada kelompok eksperimen dengan nilai Zhitung = -2,524 < Ztabel = 1,645 maka Ho1 ditolak. Kesimpulannya adalah penggunaan bimbingan kelompok teknik latihan aserif dapat meningkatkan komunikasi interpersonal khususnya pada sikap suportifKata kunci: bimbingan kelompok, komunikasi interpersonal, latihan asertif, sikap suportif
Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Sukadana Kabupaten Lampung Timur Sari, Sefti Firna; Yusmansyah, Yusmansyah; Utaminingsih, Diah
ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling) Vol 5, No 6 (2017): ALIBKIN
Publisher : ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (560.553 KB)

Abstract

The problem in this research is low students learning achievement. The problem in this research was was there a correlation betwen students learning motivation and the student achievement. The purpose of this study to determine the relationship of the students learning motivation with the students achievement. The method used in this research is quantitative method. data analysis techniques using product moment correlation. Taken with simple random sampling. The sample in this research was fifty five.The results showed that there was a relationship between students learning motivation with students achievement of results the analysis data correlation product moment. From the data processing seen that the value of rcount >r table 0.742 > 0.260 so Ho rejected and Ha accepted.In conclusion is there are positive relationships between learning motivation and students achievement. State SMP Negeri 1 Sukadana Lampung Timur.Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa rendah. Permasalahan penelitian ini apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar pada siswa SMP Negeri 1 Sukadana.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Yang diambil dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian sebanyak lima puluh lima.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa terbukti dari hasil analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Dari hasil yang di peroleh nilai > yaitu 0,742 > 0,260 sehingga Ho di tolak dan Ha diterima.Kesimpulnnya adalah terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Sukadana Lampung Timur.Kata kunci: belajar, motivasi, prestasi
Penggunaan Solution Focus Brief Therapy (SFBT) Melalui Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa Untari, Catur Yuli; Dahlan, Syarifuddin; Widiastuti, Ratna
ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling) Vol 5, No 6 (2017): ALIBKIN
Publisher : ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.228 KB)

Abstract

The problem of this research was the low of students self-esteem. The purpose of this research was to improve studentss self esteem using Solution Focus Brief Therapy (SFBT) by group counseling. The method used in this research was quasi experimental designs with non-equievalent control group design techniques. The data collecting technique used Rosenberg Self-Esteem Scale which was adopted by Azwar. From the result analysis which used paired sample t-test , it was obtained that t value is 10,464 with 5% (0,05) signification and t table is 2,365, it means that t value > t table (10,464 > 2,365) , then H0 was rejected. The finding suggest Solution Focus Brief Therapy (SFBT) by group counseling was effective to improve students self-esteem.Masalah penelitian ini adalah harga diri siswa yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan harga diri siswa menggunakan Solution Focus Brief Therapy (SFBT) melalui layanan konseling kelompok. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen, desain penelitian non equievalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan Rosenberg Self-Esteem Scale yang diadpopsi dari Azwar. Hasil analisis dengan menggunakan paired samplet-testdengan nilai t hitung 10,464 taraf signifikansi 0,05 dan nilai t tabel 2,365, hal ini menunjukkan bahwa t hitung > t tabel (10,464 > 2,365) maka H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Solution Focus Brief Therapy (SFBT) melalui layanan konseling kelompok efektif meningkatkan harga diri siswa.Kata kunci: bimbingan dan konseling, harga diri, konseling kelompok, solution focusbrief therapy

Page 1 of 2 | Total Record : 11