Account: jurnal akuntansi, keuangan dan perbankan
ISSN : 23389653     EISSN : 25490570
Account merupakan jurnal yang diterbitkan untuk memberikan masukan bagi pengembangan ilmu pengetahuan dibidang akuntansi, keuangan dan perbankan. Artikel yang dimuat di jurnal ini merupakan kajian teoritis dan hasil riset terapan dibidang akuntansi, keuangan dan perbankan,
Articles 19 Documents
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN HEDGING MENGGUNAKAN INSTRUMEN DERIVATIF VALUTA ASING

Ayuningtyas, Vincentia, Warsini, Sabar, Mirati, Elly

Jurnal Akuntansi Keuangan dan Perbankan Vol 6, No 1 (2019): Account Vol 6 No 1 Edisi Juni 2019
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (588.203 KB)

Abstract

ABSTRACT  This research aims at knowing factors that influences the hedging decision withforeign currency derivative instruments. This research uses the sample from non-financialcompanies listed on Indonesia Stock Exchange in the periode of 2013-2017. The data used inthis research are secondary data taken from Indonesia Stock Exchange and the analyzedcompany's websites. The samples from the analyzed company are taken using the purposivesampling method. Based on the selected samples, there were 35 companies which did thehedging activity during the research period and have the data to be analyzed. The model wasanalysed  by using logistics regression. The result of the research shows that leverage,liquidity and growth opportunity have positive and significant factore that influence hedgingdecision with the foreign currencies by using derivative instrument, However, financialdistress has negative and significant influances while fluctuation of exchange rate did notsignificantly influence it.  Keywords: derivative instrument, foreign currency, foreign exchange risk, hedging, risk management ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengambilankeputusan hedging menggunakan instrumen derivatif valuta asing. Penelitian inimenggunakan sampel perusahaan non keuangan yang terdaftar di BEI tahun 2013-2017.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diunduh dari websiteBursa Efek Indonesia dan website perusahaan yang diteliti. Sampel perusahaan dipilihmenggunakan metode purposive sampling. Hasil dari seleksi sampel memperoleh 35perusahaan yang melakukan aktivitas hedging selama periode penelitian dan memilikikelengkapan data untuk diteliti. Analisis model penelitian menggunakan analisis regresilogistik. Hasil pengujian menunjukkan ketepatan klasifikasi model analisis sebesar 80,6%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel leverage, likuiditas, growth opportunityberpengaruh positif signifikan dan variabel financial distress berpengaruh negatif signifikan,sedangkan variabel fluktuasi nilai tukar berpengaruh tidak signifikan terhadap prosespengambilan keputusan hedging menggunakan instrumen derivatif valuta asing. Kata Kunci: hedging, instrumen derivatif, manajemen risiko, risiko nilai tukar, valuta asing

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH NON MUSLIM DALAM MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN BANK JABAR BANTEN SYARIAH KCP BSD

Khairunnisa, Itsnaini, Rozza, Sylvia, Muchtasib, Ach. Bakhrul

Jurnal Akuntansi Keuangan dan Perbankan Vol 5, No 2 (2018): Account Vol 5 No 2 Desember 2018
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRACT This study aims to determine what factors affect the interest of non-Muslim customers in using Islamicbank savings products. And this research also aims to analyze the most dominant factors affecting theinterest of non-Muslim customers in using Islamic bank savings products. The analytical method usedis quantitative analysis. This analysis includes: validity and reliability testing, KMO test and BarlettTest and MSA (measures of sampling adequency). The sample used in this study was 52 respondents.The result of the analysis shows that there are three variables formed from five variables, namelylocation, service quality, and religious stimuli, which influence the interest of non-Muslim customers inusing islamic bank saving products. The result of this study is expected to be benefited for BSD JabarBanten Sharia Bank in investigating factors that influence the customer intention to invest in islamicbank saving products.  Keywords: Location Factor, Service Quality Factor, Religious Stimuli Factor, and Interest In Saving  ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi minat nasabah nonmuslim dalam menggunakan produk tabungan bank syariah. Dan penelitian ini juga bertujuan untukmenganalisis faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap minat nasabah non muslim dalammenggunakan produk tabungan bank syariah. Metode analisis yang digunakan adalah analisiskuantitatif. Analisis ini meliputi: uji validitas dan reliabilitas, uji KMO dan Barlett Test dan MSA(measures of sampling adequency). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 52responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada tiga variabel yang terbentuk dari lima variabelyaitu, lokasi, kualitas pelayanan, dan religius stimuli. Yang mana mempengaruhi minat nasabah nonmuslim dalam menggunakan produk tabungan bank syariah. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapatmemberi keuntungan untuk Bank Jabar Banten Syariah Kcp BSD dalam menyelidiki faktor-faktor yangbermaksud untuk mempengaruhi nasabah agar berinvestasi pada produk tabungan bank syariah. Kata Kunci: Faktor Lokasi, Faktor Kualitas Pelayanan, Faktor Religius Stimuli dan Minat Menabung

PERBANDINGAN PEMBIAYAAN BERMASALAH ANTARA BANK SYARIAH DENGAN BANK KONVENSIONAL

Indriastuti, Maya, Pratiwi, RIrih Dian

Jurnal Akuntansi Keuangan dan Perbankan Vol 6, No 1 (2019): Account Vol 6 No 1 Edisi Juni 2019
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.231 KB)

Abstract

ABSTRACT The financing growth of sharia bank for five years is very strategic because it has become themain source of income for sharia bank. However, this growth was not followed by the position of nonperformingfinancingratiowhichisinthesecondquarterof2015reacheduntil4.6%.Thisfigureisfairabovethe conventional bank's non-performing loans (NPLs) at 2.46% in the same period. Thisstudy analyzed and empirically tested the difference between sharia bank NPF and conventional bankNPL. The population in this study are all active and registered banks in Bank Indonesia from 20122016.Sampling method based on purposive sampling, with samples used are banks engaged inconventional and sharia in one institution as many as 10 Banks. The test results indicate that thereare differences in non-performing financing between sharia banks and conventional banks. Averagenon-performing financing at sharia banks amounted to 2.64% while the average non-performingloans at conventional banks was 1.29%. This indicates that the non-performing financing of shariabanks is worse compared to the non-performing loans in conventional banks. Therefore, sharia banksare more cautious in the distribution of working capital financing.  Keywords: sharia banking; conventional banking; non performing financing (NPF); non performingloans (NPL)  ABSTRAK Pertumbuhan pembiayaan bank syariah selama lima tahun ini sangat strategis karena telahmenjadi sumber pendapatan yang utama bagi bank syariah. Namun, pertumbuhan ini tidak diikutioleh posisi rasio pembiayaan bermasalah yang pada kuartal II tahun 2015 mencapai 4,6%. Angkatersebut jauh di atas kredit bermasalah (NPL) bank konvensional di level 2,46% pada periode yangsama. Penelitian ini menganalisis dan menguji secara empiris perbedaan NPF bank syariah denganNPL bank konvensional. Populasi di penelitian ini adalah seluruh bank yang aktif dan terdaftar diBank Indonesia dari tahun 2012-2016. Metode pengambilan sampel berdasarkan purposive sampling,dengan sampel yang digunakan adalah bank yang bergerak di konvensional maupun syariah dalamsatu institusi sebanyak 10 Bank. Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat perbedaanpembiayaan bermasalah antara bank syariah dengan bank konvensional. Rata-rata pembiayaanbermasalah pada bank syariah sebesar 2,64% sedangkan rata-rata pembiayaan bermasalah padabank konvensional sebesar 1,29%. Hal ini mengindikasikan bahwa pembiayaan bermasalah padabank syariah lebih buruk dibandingkan dengan pembiayaan bermasalah pada bank konvensional.Oleh karena itu, bank syariah lebih berhati-hati dalam penyaluran pembiayaan modal kerja  Kata Kunci: perbankan syariah; perbankan konvensional; non performing financing (NPF); nonperforming loan (NPL)

TINJAUAN PENERAPAN PENGAMPUNAN PAJAK (TAX AMNESTY) DALAM MENINGKATKAN KESADARAN DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PADA KPP PRATAMA JAKARTA – SUNTER.

Ratiyah, Ratiyah, Muchtar, Lukman Sri

Jurnal Akuntansi Keuangan dan Perbankan Vol 6, No 1 (2019): Account Vol 6 No 1 Edisi Juni 2019
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (670.036 KB)

Abstract

ABSTRACT   In order to maximize taxes, the Government carried out reforms by implementing policies thatwere driven by the smaller possibility of hiding assets outside the territory of the Republic ofIndonesia.  One part of the current tax reform is the government policy regarding the Tax Amnestyprogram.  This study aims to find out how to increase awareness and compliance of Taxpayers and tofind out the achievement of Tax Amnesty results.  The results of this study are that the awareness andcompliance of individual taxpayers in the tax amnesty program is quite high because the governmentseeks to improve several sectors, namely by conducting socialization from the government itself andfrom the tax service office.  The results of achieving Tax Amnesty are quite significant even thoughthere are several obstacles.  It means that the Tax Amnesty program is planned in the long term andwas managed well and the State will get an increase in tax revenues in a short time. Keywords: Tax Amnesty, Taxpayer  ABSTRAK   Dalam rangka memaksimalkan pajak, Pemerintah melakukan reformasi dengan menerapkankebijakan untuk terobosan yang didorong oleh semakin kecilnya kemungkinan untukmenyembunyikan harta kekayaan di luar wilayah Negara kesatuan Republik Indonesia. Salah satubagian dari reformasi perpajakan saat ini dengan adanya kebijakan pemerintah mengenai programTax Amnesty. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana meningkatkan kesadaran dankepatuhan Wajib Pajak dan untuk mengetahui pencapaian hasil Tax Amnesty. Hasil dari penelitianini yaitu Kesadaran dan kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam program tax amnesty cukuptinggi ini dikarenakan pemerintah berupaya untuk meningkatkan beberapa sektor yaitu denganmelakukan sosialisasi baik dari pemerintah itu sendiri maupun dari kantor pelayanan pajak dan hasilpencapaian penerapan Tax Amnesty cukup signifikan meski masih ada beberapa kendala. Yangartinya jika program Tax Amnesty direncanakan dalam jangka panjang dan dikelola dengan baik,Negara akan memperoleh peningkatan penerimaan pajak dalam waktu singkat. Kata kunci: Tax Amnesty, Wajib Pajak

PREDIKSI MODEL FINANCIAL DISTRESS (KEBANGKRUTAN) PADA PERUSAHAAN RITEL BURSA EFEK DENGAN MODEL ALTMAN DAN SPRINGATE INDONESIA PERIODE 2012-2016

Barry, Husnil

Jurnal Akuntansi Keuangan dan Perbankan Vol 6, No 1 (2019): Account Vol 6 No 1 Edisi Juni 2019
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.083 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi model kebangkuratn yang paling powerfulluntuk perusahaan ritel di Indonesia dan memprediksi kondisi perusahaan yang akan mengalamikebangkrutan masa yang akan datang. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Altman ZScoredan Springate. Hasil dari model tersebut adalah dapat diketahui kondisi-kondisi perusahaantersebut sehat atau diambang kebangkrutan. Data yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 25perusahaan yang termasuk dalam industri ritel yang sudah listing di Bursa Efek Indonesia tahun2012-2016.  Kata kunci: Altman, Springate, Financial Distress. ABSTRACT This study aims to identify the most powerful disaster models for retail companies inIndonesia and to predict the condition of companies that will experience bankruptcy in the future. Themodel used in this study is Altman Z-Score and Springate. The results of the model are the conditionsof the company, the health or whether they are on the verge of bankruptcy are identified. The dataused in this was 25 companies retail industry that had been listed on the Indonesia Stock Exchange in2012-2016. Kata kunci: Altman, Springate, Financial Distress.

PENGARUH PAJANGAN PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS KONSUMEN TOKO STAR PLASTIK DAN BAHAN KUE BEKASI)

Lie, Adek, Gazali, Immanuel

Jurnal Akuntansi Keuangan dan Perbankan Vol 5, No 2 (2018): Account Vol 5 No 2 Desember 2018
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRACT This study aimed to determine the effect of product display and product quality either partially orsimultaneously to purchasing decision at the Star Store- Bekasi. This type of research uses descriptivequantitative approach. The population was customer of The Star Store .The total sample of 30respondents taken by purpose sampling technique. Data collection  method use questionnaire.To findout how much the dependent variable effect on the independent variable was used multiple linearregression analysis. The result showed that Product display (X1) and Product Quality (X2)simultaneouslyhave a significant effect on purchasing decision (Y). While Product display (X1) partiallyhave a significant effect on purchasing decision (Y) and Product quality have not a significant effect onpurchasing decision (Y).Keyword;  product quality, product display, purchasing decision  ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pajangan produk dan kualitas produk baik secaraparsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian di toko Star-Bekasi. Jenis penelitianmenggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah konsumen Toko Star.Sampel penelitiannya  adalah 30 responden yang diambil dengan menggunkan teknik purpose samplingdan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruhvariable dependen terhadap variabel independen digunakan analisis regresi linear berganda. Hasilpenelitian ini menunjukan Panjangan produk (X1) dan kualitas produk (X2) secara simultanberpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan pajangan produk (X1)berpengaruh signifikan terhap keputusan pembelian (Y) dan  kualitas produk (X2) tidak berpengaruhsignifikan terhap keputusan pembelian (Y).  Kata Kunci: Pajangan produk, Kualitas produk dan keputusan pembelian.

KEPUTUSAN PEMILIHAN FITUR EMISI SUKUK BANK UMUM SYARIAH

Awaludin, Taufik

Jurnal Akuntansi Keuangan dan Perbankan Vol 6, No 1 (2019): Account Vol 6 No 1 Edisi Juni 2019
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (673.006 KB)

Abstract

ABSTRACT   This study aims to identify important elements and sub-elements in the aspect of features,which affect the Sharia Commercial Banks (BUS) in deciding sukuk issuance as well as providingrelevant recommendations in issuing sukuk. The research method used are literature studies, in-depthinterviews, and Analytical Network Process (ANP). The research results states that the dominantfeature into consideration for Islamic Commercial Banks is the return feature followed by theemission value feature and the time period feature. The combination of dominant sub-elements forBUS in determining sequential features of sukuk issuance namely: the type of asset performance(return), the need for additional funds (emission value), the company's reputation (size),investor/market preferences (payment terms), and contracts and sukuk structures (guarantees). Indeciding to issue sukuk, BUS should maintain the quality of assets or financing projects. Then BUSneeds to have memorandum of understanding both with the BUMN business sector and other privatesectors. Besides that BUS must also have good risk management.  Key Word: ANP, Features Aspect, Islamic Commercial Bank, Sukuk ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi sejumlah elemen dan sub-elemen penting dalamaspek fitur yang mempengaruhi Bank Umum Syariah (BUS) dalam memutuskan menerbitkan sukukserta memberikan rekomendasi yang relevan dalam penerbitan sukuk. Metode penelitian yangdigunakan adalah gabungan penelitian kualitatif antara studi literatur, wawancara mendalam danAnalytical Network Process. Hasil penelitian mendapatkan fitur yang dominan menjadi pertimbanganbagi Bank Umum Syariah adalah fitur return diikuti dengan fitur nilai emisi dan fitur jangka waktu. Adapun secara kombinasi sub-elemen dominan bagi BUS dalam menentukan fitur atas penerbitansukuk secara berurutan: jenis kinerja aset (return), kebutuhan tambahan dana (nilai emisi),reputasi/size perusahaan ((jangka waktu), preferensi investor/market (term pembayaran), serta akaddan struktur sukuk (jaminan). Dalam memutuskan menerbitkan sukuk BUS terlebih dahulu perlumenjaga kualitas aset atau financing project yang dimilikinya. Kemudian BUS sedapat mungkinsudah mendapatkan MOU kerjasama proyek pembiayaan baik dengan sektor usaha BUMN maupunsektor swasta lainnya. Selain itu BUS juga harus memiliki manajemen pengelolaan risiko yang baik. Kata Kunci: ANP, Aspek Fitur, Bank Umum Syariah, Sukuk

PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO DAN CURRENT RATIO TERHADAP RETURN ON ASSETS PADA PT.MIDI UTAMA INDONESIA, TBK

Setyaningsih, Eka Dyah, Cunengsih, Cucun

Jurnal Akuntansi Keuangan dan Perbankan Vol 5, No 2 (2018): Account Vol 5 No 2 Desember 2018
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRACT Research at PT. Midi Utama Indonesia, TBk aims to study the company's financial condition. Thisresearch is quantitative descriptive. The type of data which is the data obtained fromhttp://alfamidiku.com/MIDI_LKTW_1606.pdf is in the form of annual financial reports from 2010-2016.The analysis used is multiple regression analysis consisting of DER, CR and (ROA). Model. Is adependent variable. The second variable does not significantly influence the independent variables. Thesecond variable simultaneously with the independent variable. The results of this study indicate that thevariables are not significantly significant to ROA. The CR variable is partially insignificant to ROA.While simultaneously, DER and CR have a significant influence of 84.3% on ROA at PT. Midi UtamaIndonesia, Tbk  ABSTRAK Penelitian pada PT. Midi Utama Indonesia,TBk bertujuan mengkaji  pengaruh dari rasio terhadapprobabilitas keuangan dari suatu perusahaan. Penelitian ini bersifat deskripstif kuantitatif.  Jenis data yang digunakan adalah data yang diperoleh dari http://alfamidiku.com/MIDI_LKTW_1606.pdf berupalaporan keuangan tahunan dari 2010-2016. Metode analisis yang digunakan adalah analisa regresiberganda yang terdiri dari DER, CR  dan ( ROA). Model regresi digunakan melihat pengaruh darikedua variabel indenpenden  terhadap variabel dependen. Kedua variabel independen  secara parsialtidak berpengaruh secara signifikan pada variabel independen. Kedua variabel independen  secarasimultan berpengaruh secara signifikan pada variabel independen. Hasil dari penelitian ini diperolehbahwa   variabel DER  secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap ROA .variabel CRsecara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap ROA. Sedangkan secara simultan  DERdan CR terdapat pengaruh   yang signifikan sebesar 84.3% terhadap ROA pada PT. Midi UtamaIndonesia, Tbk.

PENGARUH ORIENTASI MODE (FASHION ORIENTATION) DAN KEMUDAHAN PEMBAYARAN MENGGUNAKAN KARTU KREDIT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE

Dhaniyanti, Bella, Rimenda, Tetty, Marbun, Jhonny

Jurnal Akuntansi Keuangan dan Perbankan Vol 5, No 2 (2018): Account Vol 5 No 2 Desember 2018
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRACT This study aims to determine the new factors that are formed from Fashion Orientation and Ease ofPayment Using Credit Card on Online Buying Decisions. The Fashion Orientation itself consists ofFashion Leadership, Fashion Interest, Importance of Being Well-Dressed, and Anti-fashion Attitude.This study uses primary data that were collected through questionnaires from 100 respondents by usingnon-probability purposive sampling. Analysis of the data used in this study is factor analysis andmultiple linear regression analysis using SPSS Version 20. The results showed that there are newfactors that are formed, namely Easy and Tidy Orientation factor and Fashion Orientation factor. Thisresearch found that 57,4% of consumer online buying decisions variables were influenced by these twofactors, and the remaining 42,6% influenced by other factors that not included in this study.   Keyword : Fashion Orientation, Ease of Payment, Credit Card, Online Buying Decisions ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor baru apa saja yang terbentuk dari variabelOrientasi Mode dan Kemudahan Pembayaran Menggunakan Kartu Kredit terhadap KeputusanPembelian Online. Orientasi Mode terdiri dari Kepemimpinan Mode, Ketertarikan Mode, PentingnyaBerpakaian Rapih, dan Sikap Anti Terhadap Mode. Penelitian ini menggunakan data primer yangdiperoleh dengan membagikan kuesioner kepada sebanyak 100 responden dengan menggunakan tekniknon-probability purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisisfaktor dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS Versi 20. Hasil penelitian inimenunjukkan terdapat dua faktor baru yang terbentuk yaitu Faktor Easy and Tidy Orientation danFaktor Fashion Orientation. Penelitian ini menemukan bahwa 57,4% variabel keputusan pembelianonline konsumen dipengaruhi oleh kedua faktor tersebut, dan sisanya sebesar 42,6% dipengaruhi olehfaktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.                                    Kata Kunci : Orientasi Mode, Kemudahan Pembayaran, Kartu Kredit, Keputusan Pembelian Online

PERAN KEPUASAN NASABAH ATAS PENGARUH KINERJA PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK SYARIAH DI KOTA PALEMBANG

Elizabeth, Sri Megawati

Jurnal Akuntansi Keuangan dan Perbankan Vol 5, No 2 (2018): Account Vol 5 No 2 Desember 2018
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

The purpose of this study is, first, to prove that service performance has a significant direct influence on the customer satisfaction of sharia’h banks in the city of Palembang, second, proving that service performance has a direct and significant influence on loyalty. Shari'ah Bank customers in Palembang City, thirdly, prove that customer satisfaction has a significant direct influence on customer loyalty of Sharia banks in Palembang City, fourth. knowing the role of customer satisfaction as an interveningvariable on the effect of service performance / service performance on customer loyalty of Shari’ah banks in Palembang City. This research was conducted at Sharia banks in Palembang City (BNI Syari'ah, Sumari Syari'ah Bank, BRI Syariah Bank, Bank BTN Syariah, Mandiri Bank Syariah) by involving customers who have made transactions with the bank, so they already feel the service performance of the bank. Sampling using nonprobability sampling technique with accidental sampling.The variables used are Banking Service Quality (BSQ), customer satisfaction and customer loyalty. Statistical analysis is used to test hypotheses using analysis. The results showed that ServicePerformance had a positive effect on Customer Satisfaction, Customer Satisfaction had a positive effect on Customer Loyalty. Customer Satisfaction mediated the effect of Service performance on CustomerLoyalty.

Page 1 of 2 | Total Record : 19