Jurnal Intake : Jurnal Penelitian Ilmu Teknik dan Terapan
Published by Universitas Darul Ulum
ISSN : 20874286     EISSN : 25806017
Publikasi ilmiah yang diterbitkan secara berkala 2 (dua) diterbitkan setiap tahun. Jurnal ini menyajikan publikasi penelitian dan pengembangan ilmu dan aplikasi dibdang teknik sipil, teknik mesin, teknik informatika & komputer, teknik industri, manajemen dan ekonomi teknik; teknik lainnya.
Articles 110 Documents
Analisa Pneumatik Hidrolis Mesin UG-5 Untuk Pembuatan Cetakan Pasir Askan, Askan
Jurnal Intake : Jurnal Penelitian Ilmu Teknik dan Terapan Vol 3 No 1 (2012): April 2012
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (550.67 KB)

Abstract

Diera modern diperlukan sebuah terobosan baru dalam dunia industri, terdapat berbagai macam masalah produksi yang begitu kompleks, harus dicari jalan pemecahannya dengan tepat. Teknologi adalah sebuah langkah yang harus di tempuh dalam pengembangan dunia industri, dengan mengetengahkan mesin – mesin berteknologi tinggi, secara otomatis dapat berpengaruh pada kwalitas maupun kwantitas dari sebuah produk apalagu diera yang serba milenium ini persaingan merupakan hal-hal yang dianggap wajar. Berangkat dari pernyataan ini maka penulis mencoba untuk memperkenalkan sebuah mesin cetakan pasir semi otomatis, yang digerakkan dengan pneumatik hidrolik dengan kapasitas 125 – 250 Kg (drag penyimpan pasir) yang mempunyai kemampuan untuk membuat cetakan 5 – 6 buah per jam. Dengan permasalahan yang dihadapi yakni adanya cacat pada hasil pembuatan cetakan pasir. Sehingga hal ini sangat berpengaruh pada efisiensi produksi, adapun cacat yang ditimbulkan adalah adanya pengaruh tekanan pneumatik hidrolik terhadap pembuatan cetakan pasir.
Kajian Mencari Alternatif Keandalan Sistem Kelistrikan Dan Efisiensi Jaringan Saluran Udara Tegangan Menengah Ajiatmo, Dwi; Wigantoro, Aryo Hadi
Jurnal Intake : Jurnal Penelitian Ilmu Teknik dan Terapan Vol 4 No 1 (2013): April 2013
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.876 KB)

Abstract

Keandalan terhadap pelayanan kontinuitas pada penyulang tipe radial sangat rendah. Gangguan yang terjadi pada penyulang menyebabkan gangguan listrik pada konsumen namun gangguan dapat diisolasi terhadap penyebabnya dengan peralatan pemutus seperti pengaman lebur (fuse cut out), pemutus seksi otomatis (sectionalizer), pemisah (disconnect switch) atau penutup balik otomatis (recloser). Gangguan pada SUTM sebesar (indek SAIFI = 0.23293) menyebabkan kegagalan pelayanan yang tertinggi, sehingga diperlukan perhatian yang lebih. Dari data gangguan penyebab pemadaman adalah karena gangguan pemutusan tegangan menengah terbuka, pelebur tegangan menengah putus karena dahan, binatang, hujan, gangguan sementara. Bahwa kinerja waktu pemulihan akibat pemadaman semakin cepat, yaitu dibawah angka 0,7 (indek SAIDI) dari bulan ke bulan. Peran dari indek beorientasi pelanggan adalah dengan indek ini akan terlihat ketangguhan dari sistem mana yang sering terjadi gangguan dan mana yang lama dalam penanganannya dengan indek ini maka akan terlihat kontinuitas keandalan sistem dalam melayani konsumen/pelanggan baik itu di JTR, JTM, GTT, Sambungan. terlebih berguna untuk menentukan kebijakan manajemen dalam peningkatan pelayanan pada pelanggan
Optimasi Pengaturan Kecepatan Motor DC Menggunakan FLC (Fuzzy Logic Controller) Ahmad, Alamsyah
Jurnal Intake : Jurnal Penelitian Ilmu Teknik dan Terapan Vol 6 No 2 (2015): Oktober 2015
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (710.928 KB)

Abstract

Konstruksi motor Direct Current DC sangat mirip dengan generator DC. Diperlukan pengaturan kecepatan motor dengan beberapa metode kontroler, agar diperoleh metode terbaik untuk model motor DC. Pemodelan system pengaturan motor Motor DC harus disesuaikan dengan karakteristik motor DC dan model pengaturannya. Metode kontrol Fuzzy Logic Controller (FLC) banyak diterapkan di bidang industri. Ketiga parameter tersebut diturunkan dari perhitungan matematis pada metode konvensional. Metode osilasi Ziegler-Nichols merupakan sebuah metode penalaan Fuzzy dapat dilakukan secara otomatis. Paper ini digunakan untuk membandingkan perancangan kecepatan motor DC tanpa controller, dengan manual controller, dan dengan menggunakan Fuzzy Logic Controller (FLC). Sistem kontrol kecapatan motor DC yang baik adalah kontrol FLC.
Desain Pengaturan Putaran Mesin DC Menggunakan PID (Proportional Integral Derivative) Dengan Metode Ziegler-Nichols Haikal, Mohammad Agil
Jurnal Intake : Jurnal Penelitian Ilmu Teknik dan Terapan Vol 6 No 2 (2015): Oktober 2015
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.062 KB)

Abstract

Konstruksi motor Direct Current DC sangat mirip dengan generator DC. Diperlukan pengaturan kecepatan motor dengan beberapa metode kontroler, agar diperoleh metode terbaik untuk model motor DC. Pemodelan system pengaturan motor Motor DC harus disesuaikan dengan karakteristik motor DC dan model pengaturannya. Metode kontrol Proporsional-Integral-Derivative (PID) banyak diterapkan di bidang industri. Kontroler ini memiliki parameter-parameter pengontrol, yaitu Kp, Ki, dan Kd. Ketiga parameter tersebut diturunkan dari perhitungan matematis pada metode PID konvensional. Metode osilasi Ziegler-Nichols merupakan sebuah metode penalaan PID yang dapat dilakukan secara otomatis tanpa memodelkan sistem. Paper ini digunakan untuk membandingkan perancangan kecepatan motor DC tanpa controller, dengan manual controller, dengan PID tanpa Artificial Intelegence (AI) dan dengan menggunakan Proporsional-Integral-Derivative (PID) yang dituning dengan 2 (dua) AI. AI yang digunakan adalah Firefly Algorithm (FA). Sistem kontrol kecapatan motor DC yang paling baik adalah kontrol PID_FA, kemudian dengan kontrol, PID-ZN, PID dan Nonkontrol. Didapatkan nilai; overshoot tanpa kontrol 0, settling time 7,75 detik, overshoot PID standart 1,347, settling time 10 detik, overshoot PID-ZN 1,576 settling time 2 detik, , overshoot PID-FA 1,203 settling time 1,25 detik
Studi Analisa Stabilitas Timbunan Dengan Metode Limit Equlibrium Dan Finite Elemen Berdasarkan Kondisi Tanah Di Indonesia KSari, Putu Tantri; Lastiasih, Yudhi
Jurnal Intake : Jurnal Penelitian Ilmu Teknik dan Terapan Vol 6 No 1 (2015): April 2015
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1024.417 KB)

Abstract

Kelongsoran timbunan sering terjadi di daerah yang memiliki kontur topografi yang beragam, salah satunya di Indonesia. Ketidakstabilan timbunan memicu berbagai masalah yang perlu diteliti lebih lanjut. Stabilitas lereng menjadi perhatian utama di bidang teknik Geoteknik terutama di daerah yang memiliki beragam topografi. Ada dua metode yang umum digunakan dalam analisis stabilitas tanggul. Limit Equilibrium Method (LEM) secara luas digunakan oleh para penelitia dan perencana dalam melakukan analisis stabilitas lereng. Analisis stabilitas lereng menggunakan Finime Element Method (FEM) juga telah diterima secara luas selama bertahun-tahun. Masing-masing metode memiliki perbedaan dalam memperoleh nilai Angka keamanan (SF). Beberapa penelitian sebelumnya telah dilakukan untuk membandingkan kedua metode yang ada. Hasil yang diperoleh dari perbandingan metode LEM dan FEM masih sangat bervariasi sesuai dengan lokasi review setiap penelitian dan belum menunjukkan hasil yang pasti dan sesuai dengan kondisi tanah di Indonesia.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis stabilitas timbunan untuk melakukan perbandingan pada berbagai kondisi tanah sesuai dengan jenis tanah di Indonesia dengan menggunakan LEM dan FEM. Metode Limit Equlibrium dilakukan dengan membandingkan metode yang dikembangkan sebelumnya: Ordinary / Fellenius, Metode Bishop disederhanakan, Metode Janbu disederhanakan, Spencer Metode, metode Morgenstern-Prince, Metode Lowe-Karafiath. Analisa stabilitas timbunan dengan LEM dan FEM dilakukan dengan menggunakan program bantukomputer.Analisa stabilitas timbunan dalam penelitian ini memperoleh hasil yang variatif. Nilai safety factor pada metode-metode dengan LEM menghasilkan nilai yang berbeda tergantung dari jenis tanahnya. Perbedaan nilai safety factor tersebut disebabkan oleh perbedaan prinsip perhitungan kelongsoran. Rentang perbedaan nilai SF adalah ±2-11% untuk natural slope dan 3-20% untuk timbunan jalan baik pada kondisi muka air tinggi maupun rendah.Nilai SF dengan metode finite element menghasilkan nilai yang lebih besar dibandingkan dengan metode limit equilibrium. Perbedaan nilai SF adalah variatif berkisar antara 7-10% tergantung dari jenis tanahnya.
Perbaikan Frekuensi Dan Tegangan Pada Sistem Single Machine Menggunakan Umpan Balik Linear Quadratic Gaussian Dengan Penambahan PID Controller Murdianto, Farid Dwi
Jurnal Intake : Jurnal Penelitian Ilmu Teknik dan Terapan Vol 6 No 1 (2015): April 2015
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (851.316 KB)

Abstract

Ganguan pada SMIB dapat bersifat ganguan transient ataupun dinamik. Ganguan yang bersifat dinamik mengakibatkan sistem menjadi tergangu dan tidak stabil. Untuk mengatasi hal tersebut perlu untuk mengetahui perilaku sistem dinamik dan sistem kendalinya. Untuk mengatasi ganguan sistem dinamik pada sistem tenaga listrik dilakukan perbaikan frekuensi dan tegangan akibat perubahan beban[2]. Perbaikan frekuensi dan tegangan pada sistem tenaga listrik dilakukan dengan cara menambahkan umpan balik  Linear Quadratic Gaussian (LQG). Dengan menambahkan umpan balik  LQG pada sistem akan memberikan respon frekuensi dan tegangan menjadi lebih cepat dan lebih stabil. Dengan penambahan PID controller respon tegangan dan frekuensi akan lebih cepat dari kondisi transient menuju steady state
Optimisasi Steering Control Mobil Listrik Auto-Pilot Menggunakan Metode Ant Colony Optimization (ACO) Ali, Machrus; Umami, Izzatul; Sopian, Hendi
Jurnal Intake : Jurnal Penelitian Ilmu Teknik dan Terapan Vol 6 No 1 (2015): April 2015
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (922.718 KB)

Abstract

Steering Control adalah sistem kemudi yang dirancang untuk akurasi pergerakan steer terhadap lintasan kendaraan dan memperingan sistem kemudi. Pada penelitian ini sistem kemudi menggunakan Ant Colony Optimization (ACO). Pada penelitian ini akan dikembangkan model Fully Automatic Steer By Wire System menggunakan 10 Degree Of Freedom (DOF) terdiri dari 7-DOF Vehicle Ride Model dan 3-DOF Vehicle Handling Model. Dari hasil ACO dibandingkan dengan metode PID konvensional didapatkan hasil yang lebih baik. Dari hasil simulasi didapatkan bahwa Ant Colony Optimization (ACO) pada kecepatan default (13.8 km/h) didapatkan nilai kp = 584,0150, ki = 4,1046, kd = 0,2014 dan mampu mengontrol dengan kecpatan mencapai 69,0 km/h dengan overshot terkecil, yaitu 0,00621 pada C-RMS Error.
Unjuk Kerja Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Dalam Mengoptimalkan Kecepatan Motor Dc Dengan Menggunakan Metode Imperalistt Competitive Alghorithm (ICA) Hartlambang, Yanuangga Gala; Ali, Machrus; Raikhani, Agus
Jurnal Intake : Jurnal Penelitian Ilmu Teknik dan Terapan Vol 6 No 1 (2015): April 2015
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (771.568 KB)

Abstract

Imperialist Competitive Algorithm (ICA) merupakan algoritma evolusioner yang terinspirasi dengan kompetisi kekuasaan (imperialist competitive). Algoritma optimasi ICA dikenalkan oleh Esmaeil Atashpaz dan pada tahun 2007. ICA mensimulasikan proses sosial politik dari imperialisme dan kompetisi kekuasaan. Pada Metode ICA ini, seperti algoritma evolusioner lainnya yaitu dengan dimulai dengan inisialisasi populasi awal. Setiap individu dari populasi disebut dengan negara (country). Beberapa negara terbaik dipilh sebagai negara penjajah dan sisanya membentuk koloni yang digunakan oleh penjajah. Negara imperialis bersama-sama dengan koloni yang dimilikinya membentuk beberapa empire (kerajaan). Setelah membentuk empire awal, koloni pada setiap empire bergerak menuju negara imperialis yang relevan. Pergerakan ini adalah model sederhana dari kebijakan asimilasi yang diberikan oleh negara imperialis. Total kekuatan dari sebuah empire tergantung pada kekuatan dari negara imperialis dan kekuatan dari koloninya. Fakta ini dimodelkan dengan mendefinisikan total kekuatan dari sebuah empire merupakan kekuatan dari negara imperialis ditambah dengan presentase dari rata-rata kekuatan koloninya. Penggunaan metode ini didasarkan pada pertimbangan bahwa, ICA merupakan jenis metode optimisasi yang sederhana, kemampuan mencapai konvergensi yang cepat, dan menghasilkan solusi yang baik.Ketidaklinearan dari motor DC akan mempersulit dalam aplikasi yang memerlukan kecepatan kontrol secara otomatis. Sayangnya, non linear model dinamik dari motor DC memiliki keterbatasan pada desain dari ragkaian close-loop feedback kontroler. Karakteristik non linear dari motor DC seperti saturasi dan gesekan dapat menurunkan kinerja dari konvensional Kontrol. Pemodelan system pengaturan motor DC harus disesuaikan dengan karakteristik motor DC dan model pengaturannya. Metode kontrol Proporsional-Integral-Derivative (PID) banyak diterapkan di bidang industri. Kontroler ini memiliki parameter-parameter pengontrol, yaitu Kp, Ki, dan Kd. Ketiga parameter tersebut diturunkan dari perhitungan matematis pada metode PID konvensional. Metode osilasi Ziegler-Nichols merupakan sebuah metode penalaan PID yang dapat dilakukan secara otomatis tanpa memodelkan sistem. Sistem kontrol kecapatan motor DC yang dianggap paling baik adalah kontrol PID-ICA, kemudian PID-ZN, kemudian PID dan terakhir Nonkontrol. Hasil running program didapatkan nilai; overshoot tanpa kontrol 0 dengan settling time 7,634 detik, overshoot PID standart 1,513 dengan settling time 10 detik, overshoot PID-ZN 1,495 dengan settling time 2,023 detik, overshoot PID-ICA 1,103 dengan settling time 1,32 detik.
Hubungan Sudut Pahat Dan Kecepatan Potong Terhadap Pemakaian Mata Pahat Pada Pembuatan As-Arbor Usman, Mualifi; Nursanti, Ellysa; Laksmana, Dimas Indra
Jurnal Intake : Jurnal Penelitian Ilmu Teknik dan Terapan Vol 6 No 1 (2015): April 2015
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.625 KB)

Abstract

Sudut pemotongan pahat merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi hasil pengerjaan pembuatan arbor. Kualitas permukaan potong tergantung pada kondisi pemotongan, dengan pemakaian standarisasi sudut pemotongan dan kecepatan potong kemungkinan akan didapat hasil kerataan yang sesuai.Pentingnya penentuan sudut pemotongan pahat dan kecepatan potong yang tepat dapat meminimalisir pemakaian mata pahat, dalam hal ini pada pembuatan arbor dapat dioptimumkan pemakaian mata pahatnya dengan menjaga geometri sudut pahat. Geometri pahat yang optimum memberikan proses pemotongan yang cepat dengan hasil yang halus serta keausan pahat yang minimum.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan sudut pahat dan kecepatan potong terhadap pemakaian mata pahat pada proses pembuatan As-Arbormalalui pendekatan analisa regresi linier berganda.Pengaruh hubungan variabel sudut pahat dan kecepatan potong terhadap penggunaan mata pahat ditunjukkan dengan model rumusan regresi linier berganda yang ditunjukkan oleh . Nilai koefisien determinasi diperoleh 0.783 atau 78,3%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar sudut pahat dan kecepatan potong semakin besar pula tingkat keausan mata pahatnya.
Metode Particle Swarm Optimization Untuk Mengontrol Frekuensi Pada Hibrid Wind-Diesel Djalal, Muhammad Ruswandi; Ali, Machrus
Jurnal Intake : Jurnal Penelitian Ilmu Teknik dan Terapan Vol 7 No 2 (2016): Oktober 2016
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (684.19 KB)

Abstract

Fluktuasi frekuensi pada pembangkit terbarukan sangat mempengaruhi kualitas daya dalam hal ini turbin angin yang dihibrid dengan diesel. Sistem pembangkit listrik hibrid adalah jaringan terkontrol dari beberapa pembangkit tenaga energi terbaharukan seperti : turbin angin, sel surya, mikrohidro dan sebagainya. Permasalahan tidak optimalnya setting gain dan kecilnya waktu konstan pada Automatic Voltage Regulator, Terlalu banyak jaringan transmisi yang panjang sehingga kemampuan lemah (weak line). Dalam penerapannya sistem wind-diesel dikontrol dengan kontroler PID, penyetelan nilai gain dari PID masih dalam metode konvensional saja, sehingga sulit untuk mendapatkan nilai optimal. Dalam penelitian ini diterapkan desain kontrol dengan menggunakan Metode Cerdas dalam mencari nilai optimum Proporsional Intergral Derivatif (PID) untuk mengatur frekuensi beban dengan program Matlab/ Simulink. Pemodelan wind-diesel menggunakan fungsi transfer dari diagram turbin angin dan diesel. Respon sistem dengan Simulink/ Matlab dengan membandingkan dengan sistem tak terkontrol dan dengan metode PID-Trial Error, menunjukkan bahwa besar overshoot dan respon keadaan mantap (Settling Time) pada sistem terkontrol PSO menjadi berkurang dan lebih cepat

Page 1 of 11 | Total Record : 110