cover
Contact Name
Tarbawi
Contact Email
tarbawi205@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
tarbawi205@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial
ISSN : 24606375     EISSN : 2685256X     DOI : -
Tarbawi (P-ISSN: 2640-6375) (E-ISSN: 2685-256X) adalah jurnal yang dikelola fakultas tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor. Jurnal ini membahas tentang bidang Pendidikan dan Isu-Isu Sosial. Dimana fokus dalam Jurnal Tarbawi adalah pendidikan Islam dan isu-isu sosial yang berkaitan dengan pendidikan intinya penelitian yang sifatnya memberikan kontribusi pemikiran serta lainnya dalam mengatasi masalah pendidikan Islam.
Arjuna Subject : -
Articles 33 Documents
PEMIKIRAN POLITIK T.G.K.H. M. ZAINUDDIN ABDUL MAJID.doc WATONI, SAIPUL ARIP
Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 2 No 1 (2017): (Juni), Penelitian Pendidikan dan Isu-Isu Sosial
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.67 KB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pemikiran Politik TGKH. M. Zainuddin Abdul Majid,ini dibuat sebagai kajian tokoh. Penelitian ini berangkat dari kondisi social masyarakat , kondisi religious, kondisi politik dan kondisi pendidikan di Pulau Lombok pada saat itu masih terbelakang dari segala bidang terutama bidang ilmu pengetahuan dan ekonomi. Untuk mengatasi kondisi masyarakat tersebut  lahirlah pemikiran Syaikh Zainuddin yang pada saat itu hanya bertumpu pada perkembangan pendidikan,yang kemudian penelitian ini hanya akan lebih  menyoroti persoalan pemikiran politik.Penelitian ini bertujuan untuk memahami pemikiran politik TGKH. M.  Zainuddin Abdul Majid tentang politik dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemikirannya yang dimanifestasikan dalam lembaga pesantren, keaktifannya dalam perpolitikan dan mengetahui bagaimana relevansinya dengan perpolitikan saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dan dipadukan dengan penelitian lapangan yang dilakukan melalui pendekatan sosio-historis, sedangkan teori yang digunakan adalah teori politik. Sumber data diperoleh melalui wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan metode Content Analisys. Berdasarkan metode yang digunakan, maka dapat diketahui bahwa konsepsi pemikiran politik TGKH M. Zainuddin Abdul Majid Menjadikan al-Qur’an, al-Sunnah, dan pengalaman para sahabat dan tabi’in sebagai refrensi utama yang menjadi ground norm (norma dasar) dalam menyikapi realitas politik yang ada. Menurutnya al-Qur’an mengandung tuntunan dalam berpolitik dan membangun peradaban masyrakat, selain al-Qur’an dan Sunnah kemudian ijmak dan Qiyas yang menjadi tatannan politik TGKH.M. Zainuddin Abdul Majid.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 3 JANAPRIA KABUPATEN LOMBOK TENGAH Marudin, Marudin
Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 1 No 1 (2016): (Juni), Penelitian Pendidikan dan Isu-Isu Sosial
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (30.451 KB)

Abstract

Tidak  semua  tugas  mendidik  dapat  dilaksanakan  oleh  orang  tua  dalam keluarga  terutama  dalam  hal  ilmu  Pendidikan Agama Islam  dan  berbagai  macam disiplin ilmu lainnya.  Oleh  karena  itu  dimasukkan  anak  ke  sekolah.  Dengan  demikian, sebenarnya pendidikan di sekolah adalah bagian dari pendidikan dalam keluarga yang sekaligus  merupakan  lanjutan  dari  pendidikan  keluarga.  Dengan  masuknya  anak ke sekolah,  maka  terbentuklah  hubungan  antara  rumah  dan  sekolah  karena  antara kedua  lingkungan  itu  terdapat  objek  dan  tujuan  yang  sama,  yakni mendidik  anak-anak. Tujuan pendidikan nasional suatu bangsa menggambarkan manusia yang baik menurut  pandangan  hidup    yang  dianut  oleh  bangsa  itu,  dan  tujuan  pendidikan sesuatu bangsa mungkin  tidak akan sama dengan bangsa  lainnya, karena pandangan hidup  mereka  biasanya  tidak  akan  sama.  Tetapi  pada  dasarnya  pendidikan  setiap bangsa  tentu  sama, yaitu  semua menginginkan  terwujudnya manusia yang baik yaitu manusia  yang  sehat,  kuat  serta  mempunyai  keterampilan,  pikirannya  cerdas  serta pandai, dan hatinya berkembang dengan sempurna. Pengajaran merupakan proses terencana untuk menanamkan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman kepada diri siswa, dalam konteks ini guru harus memiliki kemampuan dalam proses belajar-mengajar baik dari segi kemampuan membuka, menyampaikan sampai dengan menutup pelajaran hal ini guru harus menyiapkan dengan matang untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam mengajar di kelas. Guru perlu memilki kemampuan dalam proses pembelajaran, di samping kemampuan kepribadian dan kemampuan kemasyarakatan. Kemampuan dalam proses pembelajaran sering disebut kemampuan profesional. Guru perlu berupaya meningkatkan kemampuan-kemampuan tersebut agar seanantiasa berada dalam kondisi siap untuk membelajarkan siswa.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (EXPLICIT INSTRUCTION) PADA PEMBELAJARAN PAI DI SDN 7 MONTONG BETOK KECAMATAN MONTONG GADING LOMBOK TIMUR Munadi, H.
Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 1 No 1 (2016): (Juni), Penelitian Pendidikan dan Isu-Isu Sosial
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (30.451 KB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu aspek kehidupan yang sangat mendasar bagi pembangunan bangsa suatu negara. Penyelenggaraan pendidikan di sekolah yang melibatkan guru sebagai pendidik dan siswa sebagai peserta didik, diwujudkan dengan adanya interaksi belajar mengajar atau proses pembelajaran. Dalam konsep penyelenggaraan ini, guru dengan sadar merencanakan kegiatan pengajarannya secara sistematis dan berpedoman pada seperangkat aturan dan rencana tentang pendidikan yang dikemas dalam bentuk kurikulum. Dalam kegiatan pendidikan, terdapat proses interaksi belajar mengajar dalam suatu pembelajaran, dimana guru dan siswa serta seluruh komponen yang terkait melakukan sebuah proses guna mencapai suatu perubahan ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. Tujuan pembelajaran akan tercapai apabila pelaksanaannya sesuai dengan rencana dan cara atau metode yang telah dipikirkan dengan baik juga. Pemilihan metode dalam pembelajaran memang sangat penting, karena menyangkut proses keberhasilan yang berlangsung, oleh sebab itu pemilihan metode harus sesuai dan tepat sasaran sehingga tidak membosankan dan materi yang disampaikan mudah diserap oleh peserta didik. Banyak model pembelajaran, pendekatan, metode, maupun strategi yang menawarkan pembelajaran yang sukses sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan bisa tercapai. Salah satu model pembelajaran sebagai metode yang telah banyak dipergunakan oleh lembaga-lembaga formal adalah Model Pembelajaran Langsung (Explicit Instruction)
METODE DAKWAH TGKH. MUHAMMAD ZAENUDDIN ABDUL MAJID PADA MASYARAKAT Masrur Jiddan, Masrur Jiddan
Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 1 No 1 (2016): (Juni), Penelitian Pendidikan dan Isu-Isu Sosial
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.227 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami lebih mendalam metode dakwah Tuan Guru Haji Muhammad Zaenuddin Abdul Majid dalam upaya membentuk perilaku keberagamaan masyarakat, memahami lebih mendalam bentuk kebribadian Tuan guru dalam meyampaikan dakwah Islam di desa Tebaban. Untuk memperoleh jawaban, penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif yaitu menguraikan seluruh konsep yang ada hubungannya dengan pembahasan penelitian. Oleh karena itu data-data lapangan yang berupa dokumen, hasil wawancara, dan observasi akan di analisis sehingga akan memunculkan gambaran tentang metode dakwah Tuan Guru Kiai Haji Muhammad Zaenuddin Abdul Majid dalam upaya membentuk perilaku keberagamaan masyarakat di Desa Tebaban Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat  Berdasarkan hasil penelitian di peroleh kesimpulan bahwa metode dakwah Tuan Guru Kiai Haji Muhammad Zaenuddin Abdul Majid dalm upaya membentuk perilaku keberagamaan masyarakat, terdiri dari metode tanya jawab, ceramah, bimbingan agama Islam, demonstrasi, silaturrahmi. Kepribadian Tuan Guru Kiai Haji Muhammad Zaenuddin Abdul Majid tercermin dalam memberikan pesan-pesan dakwah yang di barengi dengan humor-humor yang segar dan berbicara dengan tegas di saat beliau meyampaikan pesan dakwah yang berkaitan dengan ketauhidan.
PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB Rauhillah, Siti
Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 1 No 1 (2016): (Juni), Penelitian Pendidikan dan Isu-Isu Sosial
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.217 KB)

Abstract

Mahir berbahasa Arab tidak menjamin mahir mengajarkannya, karena mahir berbahasa adalah satu hal dan mahir mengajarkan bahasa adalah hal lain. Seorang pengajar bahasa Arab harus menguasai setidak-tidaknya tiga hal yaitu kemahiran  berbahasa Arab, pengetahuan tentang bahasa dan budaya Arab dan keterampilan mengajarkan bahasa Arab. Terkait dengan butir yang ketiga, seyogyanya seorang guru Bahasa Arab yang telah bertugas di berbagai lembaga pendidikan perlu memutakhirkan pengetahuan mereka mengenai berbagai pembaharuan yang terjadi dalam metodologi pengajaran bahasa, mengingat metodologi pengajaran bahasa asing mengalami perkembangan terus menerus seiring dengan perkembangan yang terjadi pada disiplin ilmu bahasa (‘Ilm al-Lughah – Linguistic), ilmu pendidikan (‘Ilm al-Tarbiyah – Paedagogi) dan ilmu jiwa (‘Ilm al-Nafs – Psychology). Harus diakui bahwa sebagian besar dari perkembangan tersebut terjadi pada pengajaran bahasa Inggris yang merupakan bahasa dunia paling penting dewasa ini. Sedangkan pengajaran bahasa Arab lebih banyak berperan sebagai pengadopsi sehingga seringkali tertinggal satu langkah di belakang pengajaran bahasa Inggris. Sementara itu, sejak disosialisasikannya KBK awal tahun 2000-an, para guru banyak memperoleh pelatihan mengenai berbagai pendekatan atau strategi-strategi mutakhir dalam pengajaran bahasa, salah satu di antaranya adalah strategi pembelajaran Quantum. Strategi ini mengantarkan kepada pola pembelajaran yang berpusat pada siswa, bukan berpusat pada guru.
EKSISTENSI PONDOK PESANTREN DALAM MEMPERTAHANKAN MUTU LUUSANNYA.doc Zakaria, Muh
Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 1 No 1 (2016): (Juni), Penelitian Pendidikan dan Isu-Isu Sosial
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.432 KB)

Abstract

Berbicara pondok pesantren tidak terlepas dari lembaga pendidikan Islam dalam penelitian ini ingin mengkaji eksistensi pondok pesantren dilihat dari persaingan di era globalisasi dan menjamurnya berbagai macam pondok pesantren di Lombok Nusa Tenggara Barat. Mau tidak mau pondok pesantren yang mau eksis sebagai sebuah lembaga pendidikan Islam dia harus mempersiapkan anak didiknya dengan baik dan dengan sendirinya memberikan kebanggan tersendiri dalam menunjang kualitas pendidikannya. Adapun konteks kajian dalam penelitian ini adalah upaya yang dilakuakan pondok pesantren dalam mempersiapkan anak didiknya dalam menghadapi ujian nasional, berupa memberikan berbagai strategi pengajaran dan sampai memberikan jam tambahan pada anak didiknya. Jika anak didik di pondok pesantren tersebut mencapa 100% memberikan nilai positif terhadap peminat dan nama baik yang disandang pondok pesantren tersebut nantinya dan sebaliknya jika lulusan yang dihasilkan tidak mencapai target akan berdampak image buruk bagi pondok pesantren tersebut.
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK KEFITRAHAN SISWA MELALUI TRANSFORMASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMK NW KORLEKO Hulaimi, Ahmad; Hudatullah, H.
Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 1 No 1 (2016): (Juni), Penelitian Pendidikan dan Isu-Isu Sosial
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.096 KB)

Abstract

Pendidikan merupakan penanaman nilai-nilai kebaikan kepada setiap manusia dan pelaksanaan pendidikan sesungguhnya bisa terjadi dimanapun dan kapanpun begitu juga sumber pendidikan tidak hanya didapatkan dari sesama manusia tetapi juga mahkluk-mahkluk ciptaan Allah lainnya. Konsep pendidikan pada hakekatnya memanusiakan manusia yaitu fitrah manusia yang paling sempurna ciptaan Allah dari mahkluk-mahkluk lainnya terlebih-lebih manusia diberikan akal digunakan untuk berpikir agar mampu membangun peradaban yang beradab. Keadaban inilah sesungguhnya fitrah manusia sesuai dengan nilai-nilai keilahian artinya bagaimana pendidikan mampu membangun peradaban yang dibuat oleh manusia agar sesuai dengan nilai-nilai Ilahi. Saat ini pendidikan tidak hanya sebagai solusi pemecahan masalah (problem solving) tetapi juga sebaliknya pendidikan juga menjadi input problem masalah.  Keresahan ini dapat dilihat pada anak-anak didik yang memang sedang mengenyam pendidikan di lembaga tertentu tetapi tidak mencerminkan bahwa anak didik tersebut adalah orang yang berpendidikan, sebagai contoh ; tawuran antar pelajar sudah menjadi perilaku yang dianggap biasa-biasa saja, penyalahgunaan narkoba, kebebasan seks di luar nikah. Beberapa perilaku tersebut digandrungi oleh anak-anak didik yang sedang belajar. Pertanyaannya adalah : Apa sesunguhnya yang terjadi ? kenepa itu bisa terjadi ? dan kenapa itu biasa terjadi ? Pertanyaan-pertanyaan itulah yang sesungguhnya akan dikupas dalam penelitian ini dalam melihat budaya sekolah sebagai institusi pendidikan dalam membangun dan mengembangkan karakter anak-anak didiknya, sehingga penelitian ini pembahasannya lebih kepada manajemen sekolah dalam mengembangkan pendidikan karakter.
KORELASI SIKAP DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB.doc Ihsan, Muhammad
Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 1 No 2 (2016): (DESEMBER), Penelitian Pendidikan dan Isu-Isu Sosial
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.337 KB)

Abstract

Untuk mencapai keberhasilan dalam penugasan dalam bahasa Arab, terkait dengan pningkatan prestasi belajar mereka, maka diperlukan pembinaan dan pengembangan secara teratur, terarah dan terencana dalam proses pengajaran bahasa asing termasuk bahasa Arab bagi siswa. Sebuah ilustrasi mengenai pembentukan sikap karena pengaruh orang yang dianggap penting oleh individu antara lain dapat dilihat pada situasi antara hubungan atas jawaban. Umumnya sikap atasan terhadap suatu masalah diterima dan dianut oleh bawahan tanpa landasan kognitif maupun afektif yang relevan dengan obyek sikapnya, atau kadang-kadang peniruan sikap individu terhadap atasan terjaditanpa disadari oleh individu dan terbentuk karena kharisma atau otoritas atasan.
IMPROVING THE READING COMPREHENSION SKILLS OF PAI STUDENTS THROUGH QUESTION-ANSWER RELATIONSHIP (QAR) STRATEGY Rizal, Syamsul
Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 1 No 2 (2016): (DESEMBER), Penelitian Pendidikan dan Isu-Isu Sosial
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.113 KB)

Abstract

This paper discusses the use of Question-Answer Relationship to improve the first semester of PAI students of IAIH NW Pancor. This study was conducted to overcome the students’ difficulties in reading comprehension and encourage the students to actively participate in the teaching-learning process through Question-Answer Relationship. The study was designed for collaborative classroom action research. The finding of the research that were conducted in two cycles showed that QAR strategy was worthy to improve the students’ reading skills and activate the students to participate in the teaching-learning process of reading. The students’ average score developed significantly from 59.00 in the pretest to 71.33(equal to 20.89%) in the first cycle. It developed to 74.33 (equal to 25.98%) in the second cycle in the scale of 0 – 100. Moreover, the findings of the study also described that this strategy improved the students’ participation. The students’ participation was 88.10% (equal to very good) in the first cycle and 88.39% (equal to very good) in the second cycle.
Manajemen Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.doc Jiddan, Masrur
Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 1 No 2 (2016): (DESEMBER), Penelitian Pendidikan dan Isu-Isu Sosial
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.45 KB)

Abstract

Manajemen Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Unwanul Falah Nahdlatul Wathan (NW) Paok Lombok Penelitian ini mengungkapkan manajemen kepala madrasah sebagai lembaga pendidikan suasta yang becirikan khas islam.penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang (1) Mnajemen Kepala Madrasah Aliyah Unwanul Falah NW Paok Lombok. (2) Peningkatan Mutu Madrasah. Informan utama dalam penelitian ini terdiri dari kepala madrasah wakil kepala madrasah di bidang humas, kesiswaan, data dikumpulkan menggunakan trianggulasi data, dengan menggunakan metode observasi, interivew dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model siklus interaktif yang dikemukakan oles miles dan haberman dengan menggunakan catatan lapangan, reduksi data, dispalay data dan verifikasi data. Adapun keabsahan data diperoleh melalui teknik triaggulasi data dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah aliyah unwanul falah NW paok Lomok telah berusaha dilakukan dengan baik hal ini tidak terlepas dari kegiatan  manajemennya baik dalam bidang personalia, kurikulum, kesiswaan, dan sarana prasarana(2) upaya peningkatan mutu dilakukan dengan menerapkan model kepemimpinan transpormatif yang berbasis pada visioner.

Page 1 of 4 | Total Record : 33