Al-Hikmah: Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi
ISSN : 26851881     EISSN : -
Al-Hikmah: Jurnal Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi yang diterbitkan kali pertama pada bulan Apil 2009. Sejarah pemilihan nama Al-Hikmah terinspirasi dari “Bayt al-Hikmah” yang menjadi pusat intelektual dan keilmuan pada masa keemasan Islam. Jurnal Al-Hikmah ini bertujuan membangkitkan kemajuan intelektual Islam terutama dalam bidang Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi melalui publikasi ilmiah. Jurnal Al-Hikmah ini menerima dan menerbitkan artikel hasil penelitian dalam bidang Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi atau yang terkait dengannya. Jurnal Al-Hikmah ini diterbitkan secara berkala setiap bulan April dan Oktober.
Articles 10 Documents
ANAK YATIM SEBAGAI OBJEK DAKWAH DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN Mahmuda, Mardan
Al-Hikmah: Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi Volume I No. 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1378.012 KB) | DOI: 10.15548/al-hikmah.v1i2.111

Abstract

Although there is an “yatim” term, “piatu” and “yatim piatu” term that developed in the midst of Indonesian society, still such understanding needs to be reviewed again. Because, in the literature of classical jurisprudence (fiqh klasik) and also in the Qur'an known term orphans (yatim) only. This scientific article is prepared using the literature study method. In order to know the Qur'anic view of orphan as the object of da'wah, the writer first searches the word orphan in Al-Qur'an by using Mu'jam Al-Qur'an by Muhammad Fuad 'Abd al-Baqiy. After that, the author describes in detail the orphan textually, then understands the context of the verses based on “asbab al-nuzul” and the “mufassir” opinion. Furthermore, the authors classify and conclude some matters relating to orphans as the object of da'wah contained in the Qur'an. Based on this, the author managed to reveal four things related to orphans namely; a) verses about orphans, b) classification of orphans as the object of da'wah perspectives of the Qur'an, c) social reality of orphans in the past in the Qur'an, d) da'wah approach to orphans perspective Al-Qur'an. Furthermore, this article is expected to be a contribution for da'wah practitioners, empowerment agencies, mosques officials and mushalla officials, religious institutions and other social institutions to maximize orphans maximally and sustainably.
KONSEP METODE DAKWAH BIL HIKMAH DAN IMPLEMENTASINYA DALAM TABLIGH Nazirman, Nazirman
Al-Hikmah: Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi Volume I No. 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1148.809 KB) | DOI: 10.15548/al-hikmah.v0i0.91

Abstract

Hikmah salah satu prinsip metode dakwah dalam al-Quran seperti dijelaskan dalam surat an-Nahl ayat 125. Prinsip metode hikmah tersebut memerlukan penyabaran yang bersifat operasional dalam memberikan pemahaman yang tepat kepada para dai untuk merelisasikan prinsip-prinsip dalam berbagai aktivitas dakwah termasuk tabligh.Tabligh salah bentuk dakwah billisan dengan menggunakan kemampuan berbicara atau melisankan materi dakwah kepada umat dengan berbagai teknik yang dipandang bijak dan sesuai dengan kaedah hikmah untuk memahamnkan ajaran Islam sebagaimana seharusnya
Optimalisasi Labor Fakultas Dakwah dengan Modul Praktikum Hardian, Novri
Al-Hikmah: Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi Volume I No. 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1080.352 KB) | DOI: 10.15548/al-hikmah.v1i2.275

Abstract

Labor adalah sarana penunjang dalam praktek dakwah, dalam penelitian ini penulis akan menjelaskan urgensi labor fakultas dan penilaian berbagai pihak terhadap kegiatan di labor, hasil penelitian ini bersifat kualitatif (penggambaran tentang kejadian dan dialami mahasiswa dan dosen) penulis mengungkap begitu antusiasnya mahasiswa mengikuti praktek dilabor, fasiltas labor ada namun masih perlu ditambah agar lebih efektif dalam pelaksanaan praktek dakwah, birokrasi harus dimudahkan pula agar memudahkan semua pihak menggunakan fasilitas Labor, maka rancangan SOP labor dibutuhkan untuk menjawab hal tersebut.
DAKWAH DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADITS Hardian, Novri
Al-Hikmah: Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi Volume I No. 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1119.563 KB) | DOI: 10.15548/al-hikmah.v0i0.92

Abstract

Dakwah merupakan usaha untuk mengajak manusia ke jalan Allah. Dalam kajian ilmu filsafat dakwah dikenal istilah ontology ilmu dakwah. ontology ialah ilmu tentang yang ada. Sedangkan ontologi dakwah membahas hal yang ada atau sumber dari segala sesuatu maka dalam penerapan dakwah, yang menjadi sumber dakwah adalah al-Qur’an dan hadist maka perlu diperhatikan apa yang menjadi sumbernya. Sehingga dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan bagi para juru dakwah.
POTENSI YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM ADZKIA DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT DI KOTA PADANG kohar, wakidul; Hardian, Novri
Al-Hikmah: Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi Volume I No. 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1245.767 KB) | DOI: 10.15548/al-hikmah.v1i2.105

Abstract

Yayasan Pendidikan Islam Adzkia telah melaksanakan misi dakwah dan misi sosial kemasyarakatan, hal ini berdasarkan keterangan dari pihak yayasan. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : pertama, untuk mengungkapkan bentuk-bentuk pengembangan masyarakat Islam sesuai dengan misi dakwah Yayasan Pendidikan Islam Adzkia terhadap masyarakat sekitar. Kedua untuk mengungkapkan bentuk-bentuk pengembangan masyarakat Islam sesuai dengan misi sosial kemasyarakatan  Yayasan Pendidikan Islam Adzkia terhadap masyarakat yang ada di Kota Padang. Potensi apa saja yang di dapat didalam yayasan Adzkia sumetara barat ini yang di gali oleh penulis.
DAKWAH PROFESIONAL DALAM REKAYASA PERADABAN ERA GLOBALISASI Ridhwan, M; Bukhari, Bukhari
Al-Hikmah: Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi Volume I No. 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (868.097 KB) | DOI: 10.15548/al-hikmah.v0i0.88

Abstract

Islam adalah agama dakwah, Islam juga melahirkan dakwah dan propaganda itu sendiri merupakan spirit Islam. Islam hanya bisa dikembangkan jika propaganda dipromosikan di tengah-tengah kehidupan manusia setiap saat dan tempat.Pelaksanaan dakwah di era modern seperti sekarang ini, lebih-lebih di masa depan akan semakin berat dan kompleks, karena masalah yang dihadapi oleh dakwah dan juru dakwah berkembang dan semakin kompleks juga. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa banyak perubahan bagi masyarakat, baik dalam cara berpikir, sikap, dan tindakan, sehingga strategi propaganda yang dilakukan dengan baik disesuaikan dengan perubahan kebutuhan dan perkembangan masyarakat yang menjadi objek dakwah .
UPAYA PENINGKATAN KUALITAS KEBERAGAMAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN PENYELENGGARAAN JENAZAH DI NAGARI PAKAN RABAA TIMUR KECAMATAN KOTO PARIK GADANG DI ATEH KABUPATEN SOLOK SELATAN Masrial, Masrial; Sarwan, Sarwan; Sabiruddin, Sabiruddin; Wist, Eviar
Al-Hikmah: Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi Volume I No. 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (936.334 KB) | DOI: 10.15548/al-hikmah.v1i2.107

Abstract

Berdasarkan kepada fakta lapangan diketahui bahwa sebagai kabupaten tertinggal dan daerah pinggiran, nagari ini kekurangan sumber daya manusia di bidang agama terutama dalam penyelenggaraan jenazah. Pelatihan ini diselenggarakan dengan menggunakan metode ceramah , metode tanya jawab, simulasi, dan evaluasi. Beradasarkan pengabdian kepada masyarakat di nagari Pakan Rabaa Timur Kecamatan Koto Parik Gadang di Ateh Kabupaten Solok Selatan dalam bentuk pelatihan penyelenggaraan jenazah telah terlaksana sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan terutama dalam aspek tim pelaksana, narasumber, metode, media, peserta, lokasi, jadwal serta waktu pelaksanaan kegiatan. Seluruh peserta pelatihan menghadiri dan mengikuti setiap sesi kegiatan. Perhatian peserta pelatihan pada setiap sesi terlihat serius dan sungguh-sungguh. Peserta pelatihan telah memahami materi yang diberikan oleh pemateri dan dapat mempraktekkan penyelenggaraan jenazah melalui bimbingan nara sumber dan instruktur pelatihan.
FENOMENA IBADAH SHALAT ANAK DI DAERAH PESISIR PANTAI PADANG Wiratul, Wahyu; Sarwan, Sarwan
Al-Hikmah: Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi Volume I No. 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (886.869 KB) | DOI: 10.15548/al-hikmah.v0i0.89

Abstract

Penelitian ini bertujuan pertama, mengungkapkan fenomena ibadah wuduk anak usia 6-12 tahun di daerah pantai Purus Padang; kedua menganalisis fenomena ibadah shalat anak usia 6-12 tahun di daerah pantai Purus Padang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh, pertama. Ibadah anak-anak usia 6-12 tahun di daerah pantai Purus Padang banyak yang tidak sempurna wudhuknya dan kedua, banyak anak-anak usia 6-12 tahun di daerah pantai Purus Padang yang tidak melaksanakan ibadah shalat Maghrib, Isya, Shubuh, dan Zuhur.
MENGENAL ISLAMISASI: KONFLIK DAN AKOMODASI (KAJIAN TENTANG PROSES PENYEBARAN ISLAM PERIODE AWAL DI NUSANTARA) Syam, Syamsuar
Al-Hikmah: Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi Volume I No. 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1085.895 KB) | DOI: 10.15548/al-hikmah.v1i2.109

Abstract

Fenomena proses sosialisasi dan Islamisasi di Nusantara ternyata telah menimbulkan berbagai tantangan dan hambatan yang berwujud dalam bentuk konflik. Hal itu sejalan dengan perpaduan antara budaya Islam si satu sisi, dengan budaya lokal di sisi lain, yang telah lama diyakini oleh masyarakat pada waktu itu. Untuk mengatasi konflik sebagai akibat Islamisasi, para penyebar Islam (kaum Sufi, juga dapat disebut Da’i atau Penyebar Islam) berupaya mengakomodir berbagai bentuk kebudayaan yang telah berkembang.
TRADISIONALISME ISLAM SUATU KARAKTER DAN POLA PENGEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA Syam, Syamsuar
Al-Hikmah: Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi Volume I No. 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (915.191 KB) | DOI: 10.15548/al-hikmah.v0i0.90

Abstract

Tradisionalisme merupakan salah satu karakter atau corak pemikiran yang ada dalam sejarah Islam. Corak pemikiran tradisionalisme dalam sejarah Islam telah menempatkan diri sebagai karakter mayoritas umat Islam. Namun dalam perkembangannya, tradisionalisme telah mengalami perubahan walau tidak terlalu kritis. Masyarakat Indonesia pada umumnya didominasi oleh corak berfikir tradisional. Organisasi seperti NU, Perti dan al-Washliyah merupakan bukti bahwa mayoritas masyarakat Indonesia menganut paham tradisional. Tradisional bukanlah berarti terbelakang atau kolot, tapi merupakan sebuah pola berfikir yang memiliki karakter tersendiri.

Page 1 of 1 | Total Record : 10