cover
Contact Name
Pulung Riyanto
Contact Email
riyantopul@unsub.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
vhoelubar@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. subang,
Jawa barat
INDONESIA
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Published by Universitas Subang
ISSN : 24603961     EISSN : 25806335     DOI : -
Core Subject : Education,
BIORMATIKA adalah jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Ruang lingkup jurnal ini meliputi bidang Ilmu Pendidikan Matematika, Pedidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Reksreasi serta bidang ilmu pendidikan lainnya.
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 01 (2017): BIORMATIKA" : 13 Documents clear
OBSERVASI SUPERVISI KEPENDIDIKAN TERHADAP HASIL KOMPETENSI DAN KINERJA GURU DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PADA GURU DI SD NEGERI SETRAGALIH KECAMATAN CIBOGO KABUPATEN SUBANG TAHUN 2016 Supriyatna, Unang
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN Vol 3 No 01 (2017): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.226 KB)

Abstract

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan arah jalan road map seorang guru dalam rangka mencapai tujuan mata pelajaran yang diinginkan. Arah jalan ini akan mudah dilakukan jika arah jalan tersebut sesuai dengan konteks, karakter sekolah  dan daerah di mana sekolah itu berada. Namun,  dalam realitasnya banyak Silabus dan RPP yang tidak dapat dijadikan patokan dan tidak dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini disebabkan silabus dan RPP hasil copy paste sehingga tidak sesuai dengan konteks, karakter siswa, dan sekolah serta daerah di mana sekolah itu berada. Masalah ini terjadi karena beberapa  guru  belum mampu mengembangkan silabus, dan RPP berdasaran alisis standar isi, standar proses dan analisis  karakter khas siswa, sekolah, dan daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam melaksanakan supervise akademik sehingga mampu meningkatkan kompetensi kinerja guru terutama dalam proses pembelajaran yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan. Penelitian dilakukan dengan dua siklus. Pada setiap siklus memiliki perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang berbeda-beda. Subyek penelitian kepala sekolah dan guru. Kepala sekolah dengan tindakan supervise akademiknya, sedangkan guru SD Negeri Setragalih sebagai obyek sekaligus subyek dalam pemberian perlakuan supervise akademik. Teknik pengumpulan data melalui supervise kelas dengan tahapan mensupervisi guru dalam proses pembelajaran dan pengamatan pembelajaran di kelas, untuk mencatat kejadian-kejadian penting yang berhubungan dengan penelitian terutama pada waktu proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran mengalami peningkatan prosentase pada tiap tahapannya, dari siklus I mencapai nilai rata-rata  62,17 untuk sikap dalam menyusun satuan pelajaran yang baik, dan nilai rata-rata hasil penilaian terhadap satuan pelajaran yang baik  yang disusun oleh  guru dalam katagori cukup dengan rata-rata 68,33. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan efektifitas sikap guru dalam menyusun satuan pelajaran yang baik yaitu mencapai nilai rata-rata 84,42 begitu juga terjadi peningkatan rata-rata untuk hasil penilaian terhadap satuan pelajaran yang disusun guru sebesar 80,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa observasi supervise kependidikan terhadap hasil kompetensi dan kinerja guru dalam kegiatan belajar mengajar dapat meningkatkan kompetensi dan kinerja guru dalam kegiatan belajar mengajar di SD Negeri Setragalih T.P. 2015/2016.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DI MTs NEGERI I SUBANG sri, ayu; rohaendi, sumpena
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN Vol 3 No 01 (2017): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.298 KB)

Abstract

Penelitian ini menerapkan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Metode penelitannya berbentuk quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian non-equivalen control grup pretest-postest Design. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan menggunakan model jigsaw sedangkan kelas kontrol diberikan pembelajaran secara konvensional (discovery learning). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Subang, dengan sampel kelas VIII-G dan kelas VIII-H. Instrumen dalam penelitian ini adalah intrumen tes kemampuan representasi matematis dan instrumen no-tes berupa angket dan observasi. Dari hasil penelitian dengan rata-rata indeks gain tiap kelas, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi siswa yang memperoleh pembelajaran model jigsaw dengan pembelajaran konvensional (discovery learning). Model pembelajaran jigsaw memiliki peningkatan sebesar 0,7807 termasuk dalam kriteria tinggi, sedangkan untuk pembelajaran konvensional sebesar 0,6595 termasuk dalam kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian ini, bahwa kemampuan penerapan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model jigsaw lebih baik daripada kemampuan representasi yang memperoleh pembelajaran konvensional (discovery learning). Hal tersebut diperkuat oleh data yang menggambarkan sikap siswa sebagian besar setuju terhadap pembelajaran model jigsaw dan dapat dikatakan untuk tingkat keberhasilan dalam observasi penelitian ini mempunyai kriteria tinggi dengan rata-rata nilai observasi guru 80% dan untuk rata-rata nilai observasi siswa 78%.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V DI SD NEGERI CIBOGO setiawati, aan
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN Vol 3 No 01 (2017): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.121 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan subyek yang diteliti. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa Kelas V melalui penerapan model pembelajaran snowball throwing. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cibogo Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang yang terdiri dari 35 siswa. penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016.            Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus, siklus satu satu kali pertemuan dan siklus dua satu kali pertemuan yang terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada siklus satu memperoleh nilai rata-rata 46,67 dengan mencapai ketuntasan 63%, dan meningkat pada siklus kedua memperoleh nilai rata-rata 83,33 dengan mencapai ketuntasan 80%. Begitu juga dengan hasil observasi perilaku siswa, terdapat peningkatan pada perilaku siswa di setiap siklusnya. Pada siklus I didapatkan skor rata-rata untuk kerja sama adalah 2,76, skor keaktifan rata-ratanya adalah 3,00, dan skor rata-rata keberanian adalah 2,96 dengan kategori cukup baik. Selanjutnya pada siklus II didapatkan skor rata-rata untuk kerja sama adalah 3,88, skor keaktifan rata-ratanya adalah 3,78, dan skor rata-rata keberanian adalah 3,77 dengan kategori baik. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran snowball throwing pada pembelajaraan ilmu pengetahuan alam dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pada siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Cibogo Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang. Selain itu model pembelajaran ini dapat meningkatkan partisipasi dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MTs siti, dede
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN Vol 3 No 01 (2017): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.472 KB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan masih rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika di MTs Al-Ishlah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Apakah peningkatan kemampuan berpikir kreatif dengan penerapan model discovery learning lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif dengan menggunakan pembelajaran ekspositori. 2) Apakah sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan penerapan model discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif dengan penerapan model discovery learning lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif dengan menggunakan model ekspositori; 2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan penerapan model discovery learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Islah yang terdiri dari dua kelas. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas eksperimen (VII-D) yang berjumlah 32 siswa dan kelas kontrol (VII-E) yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif siswa dan diolah menggunakan bantuan software (Statistical Product and Service Solutions 17) SPSS 17. Berdasarkan analisis data gain ternormalsasi menggunakan uji dua rata-rata diperoleh bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model discovery learning lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori. Hasil analisis angket menunjukan bahwa hampir setengahnya siswa setuju terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model discovery learning.  
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINS, TEKNOLOGI, DAN MASYARAKAT PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI CIBOGO KECAMATAN CIBOGO K Garniwati, Erni
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN Vol 3 No 01 (2017): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.722 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan subyek yang diteliti.Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa Kelas IV melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Sains, Teknologi, Dan Masyarakat.Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibogo Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang yang terdiri dari 36 siswa.Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan Kelas  ini dilaksanakan dua siklus, siklus satu dan siklus dua terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada siklus satu memperoleh nilai rata-rata 47,77 yang mencapai ketuntasan 40%, dan meningkat pada siklus kedua memperoleh nilai rata-rata 86,48 yang mencapai ketuntasan 83%. Begitu juga dengan hasil observasi perilaku siswa, terdapat peningkatan pada perilaku siswa di setiap siklusnya. Pada siklus I didapatkan skor rata-rata untuk kerja sama adalah 2,70, skor keaktifan rata-ratanya adalah 2,92, dan skor rata-rata keberanian adalah 2,87 dengan kategori cukup baik. Selanjutnya pada siklus II didapatkan skor rata-rata untuk kerja sama adalah 3,67, skor keaktifan rata-ratanya adalah 3,63, dan skor rata-rata keberanian adalah 3,57 dengan kategori baik. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran sains, teknologi, dan masyarakat dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Cibogo Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang. Selain itu model pembelajaran ini dapat meningkatkan partisipasi dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.  
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VI DI SD NEGERI CINANGSI KECAMATAN CIBOGO KABUPATEN SUBANG 2016 suaedah, cucu
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN Vol 3 No 01 (2017): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.256 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan subyek yang diteliti. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika pada siswa Kelas VI melalui penerapan Model Pembelajaran Inkuiri. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Cinangsi Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang yang terdiri dari 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus, siklus satu dan siklus dua terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada siklus satu memperoleh nilai rata-rata 57,96 yang mencapai ketuntasan 70%, dan meningkat pada siklus kedua memperoleh nilai rata-rata 82,41 yang mencapai ketuntasan 81%. Begitu juga dengan hasil observasi perilaku siswa, terdapat peningkatan pada perilaku siswa di setiap siklusnya. Pada siklus I didapatkan skor rata-rata untuk kerja sama adalah 2,77, skor keaktifan rata-ratanya adalah 2,97, dan skor rata-rata keberanian adalah 2,97 dengan kategori cukup baik. Selanjutnya pada siklus II didapatkan skor rata-rata untuk kerja sama adalah 3,58, skor keaktifan rata-ratanya adalah 3,55, dan skor rata-rata keberanian adalah 3,52 dengan kategori baik. Penelitian ini berkesimpulan bahwa Penerapan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika pada siswa Kelas VI di Sekolah Dasar Negeri Cinangsi Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang. Selain itu model pembelajaran ini dapat meningkatkan partisipasi dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI MAJASARI KECAMATAN CIBOGO KABUPATEN SUBANG Danumiharja, Rusmini
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN Vol 3 No 01 (2017): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.657 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan subyek yang diteliti.Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa Kelas IV melalui penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw.Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Majasari Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang yang terdiri dari 28 siswa.Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan Kelas  ini dilaksanakan dua siklus, siklus satu dan siklus dua terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada siklus satu memperoleh nilai rata-rata 47,59 yang mencapai ketuntasan 39%, dan meningkat pada siklus kedua memperoleh nilai rata-rata 86,67 yang mencapai ketuntasan 86%. Begitu juga dengan hasil observasi perilaku siswa, terdapat peningkatan pada perilaku siswa di setiap siklusnya. Pada siklus I didapatkan skor rata-rata untuk kerja sama adalah 2,81, skor keaktifan rata-ratanya adalah 3,07, dan skor rata-rata keberanian adalah 2,96 dengan kategori cukup baik. Selanjutnya pada siklus II didapatkan skor rata-rata untuk kerja sama adalah 3,72, skor keaktifan rata-ratanya adalah 3,69, dan skor rata-rata keberanian adalah 3,70 dengan kategori baik. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Inbdonesiapada siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Majasari Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang. Selain itu model pembelajaran ini dapat meningkatkan partisipasi dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Penelitian Quasi Eksperimen terhadap Siswa SMP Negeri 1 Tambakdahan) fuji, anggun
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN Vol 3 No 01 (2017): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.386 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tambakdahan. Masalah dalam penelitian ini apakah pembelajaran matematika menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Kemampuan pemahaman matematis siswa meliputi 7 aspek yaitu kemampuan menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, kemampuan mengklasifikasi objek-objek sesuai dengan konsepnya, kemampuan menerapkan konsep secara algoritma, kemampuan memberikan contoh dan non contoh dari konsep yang dipelajari, kemampuan menyajikan konsep dalam berbagai macam bentuk representasi matematika, kemampuan mengaitkan berbagai konsep, kemampuan mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Desain dalam penelitian adalah setuju.ini adalah non-ekivalen. Populasinya seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tambakdahan tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-E sebagai kelas eksperimen dan VII-F sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan model problem based learning. Kelas kontrol diberikan pembelajaran dengan direct learning. Data yang digunakan adalah hasil tes dan angket. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pada analisis data terlihat adanya peningkatan hasil nilai sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika yang menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Pada analisis angket, dapat disimpulkan bahwa sikap siswa terhadap model problem based learning
THE INFLUENCE OF MEDIA VIDEO TOWARD STUDENTS ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT AT FIRST GRADE OF SMA NEGERI 1 COMPRENG IN ACADEMIC YEARS 2016/2017 anggraeni, jeni
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN Vol 3 No 01 (2017): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.058 KB)

Abstract

The object of the study is to find out the students’ achievement in writing Descriptive texts. It is expected that the research would be useful for the teachers and students in language teaching and learning process. The research using media video with population on this research is students’ X Grade SMA NEGERI 1 Compreng and the sample are X MIA-1 as control class and XMIA-2 as experiment class. The technique used for collecting data is pre-test and post-test. First, the writer gave a pretest. It was conducted at the beginning of the research. Second, the second activity was held. It was continued with the third activity, the fourth activity, the fifth activity and post-test was conducted. At last the writer made attitude scale to students experiment class about the write and using media video. Result from pretest and posttest data for using t-test and posttest mean to using the same test that the t-test each t-test were used second row (equal variances not assumed). based on the results of hypothesis test using t-test was obtained sig.0,000 with the value of the significant level a = 0,05. so to conclude (0,000 < 0,05), H0 is rejected that mean H1 is accepted that means students' writing descriptive text ability of experiment class better than control class in writing descriptive ability. Therefore, teachers should always try to search an interesting video about descriptive text which their teaching writing. Based on the result, teachers can apply media video to improve the students’ writing skill.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN MARGAHAYU PADA MATERI KEANEKARAGAMAN BUDAYA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Setiawati, Yuyun Tri
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN Vol 3 No 01 (2017): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.97 KB)

Abstract

Berdasarkan data observasi awal yang diperoleh di SDN Margahayu yaitu motivasi dan hasil belajar siswa masih rendah khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, sebanyak 35 siswa atau 20,5% siswa tuntas dan 9 siswa atau 79,5% siswa belum tuntasdari jumlah 44 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Margahayu khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan tiga siklus.Masing-masing siklus terdiri dariempat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan evaluasi berupa soal tes tertulis pada setiap akhir siklusnya. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan data kualitatif dandata kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 68,7 meningkat pada siklus II menjadi 73,3kemudian meningkat menjadi 80,43 berarti mengalami peningkatan. Sedangkan presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu 45,5%  meningkat pada siklus II menjadi 63,9% dan meningkat pada siklus III menjadi 90,9%. Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 16,6%. Sementara aktivitas guru juga meningka dari 72,5 pada siklus I menjadi 77,5 pada siklus II dan 90 pada sikus III. Disimpulkan bahwa dalam penggunaan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran berlangsung pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi keanekaragaman budaya dan disarankan kepada guru untuk dapat menggunakan model pembelajaran tersebut dalam proses pembelajaran.

Page 1 of 2 | Total Record : 13