cover
Contact Name
Pulung Riyanto
Contact Email
riyantopul@unsub.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
vhoelubar@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. subang,
Jawa barat
INDONESIA
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Published by Universitas Subang
ISSN : 24603961     EISSN : 25806335     DOI : -
Core Subject : Education,
BIORMATIKA adalah jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Ruang lingkup jurnal ini meliputi bidang Ilmu Pendidikan Matematika, Pedidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Reksreasi serta bidang ilmu pendidikan lainnya.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 01 (2016): BIORMATIKA" : 16 Documents clear
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI RISYANTO, ARIS
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN Vol 2 No 01 (2016): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (157.124 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani di SMPN  2 Sidamulih Kecamatan Pangandaran Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik korelasional dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian siswa kelas VIII SMPN 2 Sidamulih yang berjumlah 56 orang. Data motivasi belajar siswa dipeoleh dengan menggunakan angket. Sedangkan data hasil belajar diperoleh dari nilai ulangan harian siswa. Dari hasil pengujian korelasi product moment, menunjukan bahwa terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa dengan nilai korelasi 0.986 atau mempunyai hubungan yang sangat kuat. Artinya “Motivasi belajar siswa mempunyai hubungan positif dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani di SMPN 2 Sidamulih Kecamatan Pangandaran Kabupaten Ciamis.”
PENGARUH LATIHAN SENAM AEROBIK LOW IMPACT DAN HIGH IMPACT TERHADAP PENURUNAN MASSA LEMAK TUBUH (SKIN FOLD) PARTADINATA, WIDYA AKHMAD; MUDIAN, DENI
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN Vol 2 No 01 (2016): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (50.811 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh latihan senam aerobik  Low Impactterhadap penurunan berat badan, untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh latihan senam aerobik High Impact terhadap penurunan berat badan, dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh latihan senam aerobik Low Impact dan High Impact terhadap penurunan massa lemak tubuh. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode eksperimen. Sampeldalampenelitianiniadalah perempuan (ibu-ibu) yang berusia 25-30 tahun peserta senam aerobic di sanggar senam Harapan Baru Kecamatan Pagaden, Kab. Subang,denganjumlahsampelsebanyak20 orang dari total populasi 20 Orang, sampel diambildengan menggunakan tekniktotal sampling atau sampel keseluruhan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa :Latihan senam aerobik low impact memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penurunan massa lemak tubuh (skin fold). Latihan senam aerobik high impact memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penurunan massa lemak tubuh (skin fold) serta Latihan senam aerobik LowImpact lebih memberikan hasil yang sangat signifikan terhadap penurunan massa lemak tubuh dibandingkan dengan latihan senam aerobik High impact.
PENDEKATAN TEKNIS DAN PENDEKATAN TAKTIS TERHADAP KETERAMPILAN SHOOTING BOLA BASKET AL HADIST, GEMPAR
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN Vol 2 No 01 (2016): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (41.116 KB)

Abstract

Penelitian ini ingin mengungkap pendekatan taktis dan teknis terhadap keterampilan shooting bola basket. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen, dan desain yang digunakan pre-post test design. Populasi 60 dan sampel menggunakan teknik random sampling sebanyak 30 orang. Hasil Penelitian nilai probabilitas Sig. (2 tailed) 0,002< 0,05, maka H0 ditolak. Hal ini berarti bahwa Penerapan pendekatan taktis dan pendekatan teknis terdapat perbedaan yang signifikan. Kesimpulannya adalah Penerapan pendekatan taktis lebih memberikan hasil yang signifikan terhadap ketermpilan teknis terhadap keterampilan melakukan shooting dalam permainan bola basket.
KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKADI JEPANG SERTA PERBANDINGANNYA DENGAN DI INDONESIA MILIYAWATI, BETY
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN Vol 2 No 01 (2016): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.041 KB)

Abstract

Kurikulum merupakan syarat mutlak bagi pendidikan di lembaga pendidikan. Sebagai syarat mutlak, berarti kurikulum merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan atau pengajaran. Kurikulum memiliki komponen-komponen yang saling berkaitan: tujuan, materi, metode, organisasi, dan evaluasi, sebagai dasar utama dalam upaya pengembangan sistem pembelajaran di lembaga pendidikan. Pembaharuan kurikulum adalah hal yang mutlak terjadi, sebab pendidikan juga berjalan mengikuti zaman dan perubahan. Seperti halnya di Indonesia, pergantian kurikulum juga terjadi di Jepang, sekalipun tidak dalam frekuensi yang sama.Tujuan pembahruan kurikulum Jepang adalah dengan harapan dapat memacu kreativitas para guru termasuk guru matematika dalam mengimplementasikan pengalaman belajar kepada peserta. Gakusyuushidouyouryou (kurikulum) Jepang, pertama kali dikeluarkan pada tahun 1947, bertepatan dengan lahirnya undang-undang pendidikan di Jepang, selanjutnya berkali-kali mengalami perubahan, yaitu pada tahun 1951, 1956, 1961, 1971, 1980, 1992, 2002, dan 2011. Panduan tentang muatan pembelajaran di sekolah termuat dalam Gakusyuushidouyouryou.Meskipun majunya pendidikan Jepang dan kemajuan industrinya benar-benar terwujud namun tetap sampai saat ini, pengembangan profesional guru dilakukan secara terus-menerus sebab Jepang menyadari karena miskin sumber daya alam maka pengembangan sumber daya manusia (termasuk guru) perlu dilakukan secara terus-menerus. Peningkatanmutu pendidikan, Jepang dimulai dengan peningkatan mutu pembelajaran di dalam kelas dan sistem pendidikan di sekolah. Sementara, para guru termasuk guru matematika di Jepang diharuskan memiliki kemampuan dalam melaksanakan pembelajaran, bukan sekedar melaksanakan pengajaran.Dalam makalah ini, penulis mencoba menganalisis kurikulum dan pembelajaran matematika di Jepang serta perbandingannya dengan di Indonesia, dengan harapan dapat menjadi bahan renungan dalam rangka berperan serta secara aktif dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran matematika di Indonesia.
STRATEGI KONFLIK KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA (Penelitian Eksperimen terhadap Siswa SMA Negeri Kabupaten Subang Tahun Ajaran 2010/2011) BUDIANINGSIH, YANRY
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN Vol 2 No 01 (2016): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (38.219 KB)

Abstract

Kesalahan atau ketidaktepatan siswa dalam memahami suatu konsep tergantung dari proses yang terjadi pada struktur kognitifnya. Kesalahan-kesalahan atau ketidaktepatan dalam memahami konsep merupakan sesuatu yang harus segera diatasi. Effendy (2002) mengungkapkan bahwa miskonsepsi atau ketidaktepatan dalam memahami suatu konsep dapat dikurangi dengan pembelajaran yang memuat konflik kognitif. Penelitian dilakukan pada SMA negeri sekabupaten Subang dengan sampel diambil secara acak berdasarkan kelompok kategori sekolah peringkat baik dan sedang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen tes level konflik kognitif. Penggunaan strategi konflik kognitif dalam pembelajaran matematika dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB HARIS, IYAN NURDIYAN
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN Vol 2 No 01 (2016): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (79.595 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap sikap tanggung jawab dan manakah yang lebih berpengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan model konvensional terhadap sikap tanggung jawab siswa kelas V, VI SD Negeri 6 Watampone.Desain penelitian yang digunakan adalah RandomizePretest-Posttest Control Group Design. Analisis data yang digunakan adalah Uji Paired Sample t-test dan Independent Sample t-testPosttest. Hasil yang diperoleh adalah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap sikap tanggung jawab siswa, dan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan dengan model konvensional. Pembelajaran pendidikan jasmani dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dikemas secara kolaboratif, tolong-menolong, ketergantungan positif, dan pemberian tanggung jawab individual sangat disenangi oleh siswa.
FOSSILISATION IN PROFESSIONAL DEVELOPMENT (A Case Study atSMPN 1 Subang) SURYANTI, SRI
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN Vol 2 No 01 (2016): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (62.976 KB)

Abstract

Toimprove the professionalism of teachers the government through the Minister of State for Administrative Reform Bureaucracy No. 16 Year 2009 proposed the regulation in functional title teacher and figures credit. Continuing professional developmentis the development of teacher competenciesare implemented according tothe needs, gradual, sustained to enhance professionalism. This activities can be done through education and training or through collective functional teacher. Therefore, the teachers of Mathematics, Science and ICT in SMP Negeri 1 Subang need to improve their competencies in English so that the schools provide the program of professional development for them. This study is aimed to discovery the teacher’sfossilisation in professional development. A case study will be used in this study and the data will be gathered from multiple sources in natural setting; the interviews with participants, participant learning,  and the result of TOEIC.Expected finding in this study is whether the teachers of Mathematics, Science, and ICT can resolvefossilisation in professional development.
PENGARUH METODE LATIHAN DAN KECEPATAN TERHADAP DAYA LEDAK TENDANGAN DOLYO CHAGI PADA BELA DIRI TAEKWONDO ROSMAN, DEDEN BUDI
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN Vol 2 No 01 (2016): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (106.035 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari metode latihan (Sirkuit dan Interval) dan kecepatan terhadap daya ledak tendangan Dolyo Chagi Taekwondo. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Siliwangi Tasikmalaya, penelitian ini menggunakan treatment by level 2 x 2. Sampel terdiri dari 40 mahasiswa yang dibagi  menjadi 4 kelompok, masing-masing terdiri dari 10 siswa.  Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA) dan selanjutnya dilanjutkan dengan Uji Tukey pada tingkat signifikansiɑ = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:(1) Metode latihan sirkuit lebih baik dari pada metode latihan interval terhadap daya ledak tendangan dolyo chagi taekwondo, (2) Terdapat interaksi antara metode latihan dan kecepatan terhadap daya ledak tendangan dolyo chagi taekwondo, (3) Daya ledak tendangan dolyo chagi Taekwondo antara taekwondoin yang memiliki kecepatan tinggi dilatih dengan metode latihan sirkuit lebih baik dari pada taekwondoin dilatih dengan metode latihan interval, (4) Daya ledak tendangan dolyo chagi Taekwondo antara taekwondoin yang memiliki kecepatan rendah dilatih dengan metode latihan sirkuit dan metode latihan interval tidak terdapat perbedaan.
MANAJEMEN SPIRITUAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BUDIYAWANTO, MISNA
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN Vol 2 No 01 (2016): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (755.319 KB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini dipandang sebagai salah instrumen manusia untuk mewujudkan fungsinya sebagai khalifah Allah dimuka bumi (khalifatullahfil-ardh). Pembentukan kesadaran spiritual untuk membentuk anak yang berkualitas dan berakhlakul karimah harus dibentuk sejak dini. Karena usia dini merupakan masa kritis dalam pembentukan akhlak seseorang.Manajemen spiritual dalam pendidikan anak usia dini perlu adanya pengistiqomahan  dengan tetap menempatkan guru  sebagi mitra, tidak ada pembatas antara guru dengan kepala sekolah, antara guru dengan pengawas sekolah dan antara kepala sekolah dengan pengawas sekolah dengan rasa kekeluargaan yang kental dan motivasi sehingga akan menjadikan guru merasa bahagia  dengan pekerjaan mereka lakukan yang dapat diekspresikan dengan senyum sapa dan salam dalam bekerja
UPAYAMENINGKATKANKETERAMPILAN MENDENGARKAN( LISTENING ) PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN METODE REVIEW WORDS DALAMPEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. (Penelitian Tindakan Kelas terhadap siswa Kelas X-1 SMA Negeri 1Kalijati RAHMAWATI, TETI
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN Vol 2 No 01 (2016): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (50.553 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan keterampilan mendengarkan (Listening) Peserta DidikMelalui Metode Review Words dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas X-1 SMAN 1 Kalijati Subang Semester 1 Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa masih banyak permasalahan yang muncul dalam pembelajaran mendengarkan(Listening), permasalahan tersebut berupa rendahnya minat peserta didik terhadap pembelajaran mendengar (Listening).  Karena peserta didik beranggapan pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik dan metode yang digunakan membosankan dan tidak bervariasi. Dari pernyataan tersebut penulis memutuskan untuk mengadakan penelitian tindakan dalam pembelajaran mendengar (Listening) dengan menggunakan metode Review Words. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui pengaruh metode Review Wordsterhadap hasil belajar peserta didik, (2) untuk mengetahui kemampuan mendengar (Listening) peserta didik, (3) untuk mengetahui model mengajar dengan menggunakan metode Review Words dalam pembelajaran bahasa Inggris.Metode yang digunakan adalah metode eksperimen artinya suatu metode yang memberikan perlakuan atau tindakan  terhadap peserta didik yaitu metode simak  ulang ucap dalam pembelajaran menyimak dengan menggunakan serangkaian lembaran observasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode simak ulang ucap sebagai salah satu upaya meningkatkan daya simak sangat   efektif dan mengalami peningkatan yang signifikan.

Page 1 of 2 | Total Record : 16