cover
Contact Name
Muh. AKbar
Contact Email
dhudheakbar@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
dhudheakbar@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. merauke,
P a p u a
INDONESIA
Musamus Journal of Civil Engineering
Published by Universitas Musamus
ISSN : 2622870X     EISSN : 26228084     DOI : -
Core Subject : Engineering,
The aim of this MulaRev is to provide a venue for academicians, resesarchers. The scope of this journal is: - Water sector - Transportation Sector - Geotechnical field - Field Structure - Field of Construction Management
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
PENGARUH FAKTOR MANUSIA DAN KENDARAAN TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS JALAN RAYA DI MERAUKE Yuniardini, Erlin; Nababan, Dewi Sriastuti; Agustan, Agustan
Musamus Journal of Civil Engineering Vol 1 No 1 (2018): MJCE
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (663.366 KB) | DOI: 10.35724/mjce.v1i1.1159

Abstract

Perkembangan dan pertumbuhan yang terjadi di kota Merauke sangatlah pesat. Kepadatan kendaraan yang terus meningkat setiap tahunnya menyebabkan beberapa permasalahan di bidang transportasi.  Salah satu permasalahan yang terjadi adalah kecelakaan lalu lintas. Seringnya kecelakaan yang terjadi ini mengakibatkan berkurangnya kenyamanan dan bahkan dapat membahayakan keselamatan nyawa seseorang.  Ada empat faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan raya yaitu faktor manusia, faktor kendaraan , faktor jalan dan faktor lingkungan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besarnya pengaruh faktor manusia dan kendaraan terhadap kecelakaan lalu lintas jalan raya di Merauke. Pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer terdiri dari hasil kuisioner dari pengaruh faktor manusia dan faktor kendaraan. Data sekunder terdiri dari data jumlah kecelakaan lalu lintas. Penelitian ini merupakan salah satu penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis Regresi Linier Berganda, adapun uji yang dilakukan dalam analisis tersebut seperti uji F, uji T, dan uji determinan  R dan program SPSS. Berdasarkan penelitian terhadap faktor manusia (X1) dan faktor kendaraan (X2) maka diperoleh kesimpulan Y= 10,105 + 0,4768823X1 + 0,1759497X2. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kedua variabel berpengaruh signifikan terhadap kecelakaan lalu lintas jalan raya. Dengan kontribusi sebesar 52,12%.  Kata Kunci: kecelakaan lalu lintas, faktor manusia, faktor kendaraan, metode   regresi linier berganda    
ANALISIS PERUBAHAN TATA GUNA LAHAN TERHADAP DEBIT LIMPASAN DRAINASE JALAN AHMAD YANI – GANG RAWA, DISTRIK MERAUKE Akbar, Muh.; Lolo, Dina Pasa; Djaja, Irba
Musamus Journal of Civil Engineering Vol 1 No 1 (2018): MJCE
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (830.655 KB) | DOI: 10.35724/mjce.v1i1.1162

Abstract

Perkembangan kota Merauke yang diikuti dengan meningkatnya jumlah penduduk menyebabkan terjadinya alih fungsi lahan persawahan ataupun rawa menjadi areal pemukiman yang mengakibatkan daya resap tanah menjadi berkurang sehingga menyebabkan timbulnya banjir, maka dilakukan analisis  dan perhitungan untuk mengetahui besar debit limpasan, debit akibat perubahan tata guna lahan yang terjadi pada drainase di jalan Jalan Ahmad Yani - Gang Rawa dan menemukan solusi permasalahan terjadinya genangan. Perhitungan kapasitas saluran dilakukan berdasarkan hasil pengukuran pada dimensi saluran, kecepatan aliran, dan tinggi aliran dengan data – data penunjang berupa data curah hujan dan masterplan. Menganalisa curah hujan rencana menggunakan metode hidrologi dan jenis distribusi gumbel. Sedangkan untuk menganalisa debit, menggunakan metode rasional dan Manning. Debit air maksimal sepuluh tahun ke depan pada saluran drainase Jalan Ahmad Yani - Gang Rawa adalah 3,3014 m³/det yang melebihi kapasitas eksisting drainase sebesar 1,2211 m3/det dengan daya tampung maksimal yaitu 3,0501 m³/det. Perlu pembuatan kontruksi sistem jaringan drainase yang baru agar dapat menanggulangi banjir Kata Kunci:    Tata guna lahan, debit, genangan
STUDI KASUS PENGARUH GEOMETRI JARINGAN DRAINASE TERHADAP GENANGAN BANJIR DI KELURAHAN MARO DISTRIK MERAUKE Afandi, M. Ardi; Doloksaribu, Abner; Paresa, Jeni
Musamus Journal of Civil Engineering Vol 1 No 1 (2018): MJCE
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (808.003 KB) | DOI: 10.35724/mjce.v1i1.1167

Abstract

Banjir yang terjadi pada tanggal 09 januari 2013, merupakan banjir besar yang pernah melanda kota Merauke. Salah satu kawasan yang menerima dampak banjir antara lain jalan Aliarkam, Perumahan PU dan Jalan Trikora. Penyebab terjadinya banjir di kawasan tersebut diakibatkan oleh perubahan geometri saluran drainase yang terjadi, antara lain penyempitan luas penampang basah saluran, adanya belokan (tikungan) pada saluran, serta adanya pendangkalan. Maka dilakukan analisis dan perhitungan guna mengetahui seberapa besar pengaruh geometri terhadap debit banjir, menentukan usaha-usaha teknis yang dapat dilakukan untuk menanggulangi masalah geometri jaringan. Perhitungan kapasitas saluran dilakukan berdasarkan hasil pengukuran dimensi saluran, sendimenatasi, dan jari-jari tikungan dengan data-data penunjang berupa data curah hujan dan peta masterplan drainase. Perhitungan hidrologi dilakukan untuk mendapatkan debit banjir yang menjadi beban pada saluran drainase, perhitungan data curah hujan menggunakan metode gumbel, serta debit banjir didapat dengan menggunakan metode rasional. Menganalisa kapasitas saluran dilakukan pada berbagai kondisi yaitu pada kondisi terganggu penyempitan, pendangkalan dan tikungan. Hal tersebut dibandingkan dengan kapasitas saluran sesuai rencana. Pengaruh kapasitas yang diakibatkan oleh pendangkalan dengan deviasi kapasitas rata-rata sebesar 9,06 m3/det, penyempitan dengan deviasi kapasitas sebesar 10,990 m3/det dan kehilangan energi di belokan (tikungan) setinggi 5,84 cm untuk P.16 sedangkan untuk P.20 setinggi 2,93 cm. Perubahan geometri saluran menyebabkan berkurangnya kapasitas saluran yang dipengaruhi oleh sendimentasi, penyempitan dan tikungan sehingga berdampak terhadap kecepatan aliran. Usaha teknis yang dapat dilakukan antara lain meningkatkan kecepatan aliran dengan merubah kekasaran saluran (menggunakan saluran Lining), melakukan pemeliharaan saluran secara berkala untuk mengendalikan laju sendimentasi. Kata kunci : Drainase, Kondisi geometri, Kapasitas saluran.
STUDI EKSPERIMEN KUAT TEKAN BETON MENGGUNAKAN KERIKIL YANG DIDATANGKAN DENGAN PASIR LOKAL DISTRIK UILIN KABUPATEN MERAUKE utary, Chitra; Doloksaribu, Budi; Suyadi, Suyadi
Musamus Journal of Civil Engineering Vol 1 No 1 (2018): MJCE
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (979.028 KB) | DOI: 10.35724/mjce.v1i1.1169

Abstract

Merauke merupakan kota yang berkembang pesat dalam bidang konstruksi bangunan namun ketersedian material yang tidak memadai sehingga pada umumnya harus didatangkan dari luar pulau/daerah. Hal ini mengakibatkan harga bangunan menjadi cukup tinggi sementara permintaan akan sarana dan prasarana juga cukup tinggi sehingga diperlukan penelitian terhadap material yang tersedia pada quarry setempat untuk dapat dimanfaatkan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai pengujian  sifat-sifat material dan nilai kuat tekan beton yang dihasilkan untuk dapat digunakan sebagai material penyusun beton. Kuat tekan beton yang direncanakan yaitu 25 MPa dengan menggunakan pasir lokal Distrik Ulilin dan kerikil yang didatangkan dari luar pulau ( Sulawesi tengah- Palu). Standar yang digunakan dalam merencanakan proporsi campuran yaitu SNI 03-2834-2000. Hasil pengujian sifat-sifat agregat diperoleh nilai kadar air pasir lokal Distrik Ulilin 5,41 %, kadar lumpur 2,32 %, kadar organik yang melebihi warna standar kadar organik dari agregat halus yaitu berwarna coklat kehitaman, berat jenis SSD 2,70, penyerapan SSD 1,07 %,  dan gradasi agregat diperoleh gradasi pasir yang sangat halus dengan batas gradasi yang mendekati gradasi no 4. Kuat tekan beton yang dihasilkan menggunakan material agregat dengan mencampurkan kerikil yang didatangkan dan pasir lokal Distrik Ulilin Kabupaten Merauke dengan perbandingan campuran 1 semen : 2,9 pasir : 3,02 kerikil diperoleh kuat tekan sebesar 33,95 MPa pada umur 28 hari dari rencana kuat tekan 25 MPa sebagai proporsi campuran material yang dapat diterima.  Kata kunci: Kuat tekan beton, beton, pasir lokal Distrik Ulilin
PERENCANAAN SALURAN TERTUTUP DRAINASE BAWAH TANAH DI JALAN PRAJURIT SATU MERAUKE. Nelson, Siti Fatimah; Doloksaribu, Abner; Doloksaribu, Budi
Musamus Journal of Civil Engineering Vol 1 No 1 (2018): MJCE
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (747.908 KB) | DOI: 10.35724/mjce.v1i1.1215

Abstract

Sistim drainase yang ada di jalan Prajurit Satu pada saat ini kurang begitu efektif bekerja. Genangan air yang sering terjadi di jalan Prajurit diakibatkan oleh air hujan dan air buangan rumah tangga yang masuk ke drainase, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui debit banjir dan kapasitas saluran serta merencanakan saluran tertutup yang sekaligus berfungsi sebagai bahu jalan. Analisis data curah hujan menggunakan metode Gumbel, Log Pearson Type III, Log Normal dan Normal. Pengujian metode di atas dihitung menggunakan Chi Square dan Smirnov Kolmogorof. Hasil perhitungan diperoleh debit saluran existing 0,031 m3/detik lebih kecil dari pada debit banjir 0,671 m3/detik, sehingga perlu direncanakan saluran drainase baru menggunakan penampang persegi dengan lebar dasar saluran (b) = 150 cm, kedalaman aliran (h) = 150 cm, tinggi jagaan (w) = 30 cm dan diperoleh debit (Q) = 0,842 m3/detik. Penutup drainase menggunakan tulangan pokok (As) = D13 – 150, tulangan bagi (Asb) = D10 – 175 dan tebal plat 200 mm.  Kata  kunci : Saluran tertutup, Debit banjir, Kapasitas saluran.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2018 2018