cover
Contact Name
Sitti Zuhriyah
Contact Email
zuhriyah@handayani.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
lppmstmik@handayani.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
JURNAL IT: Media Infromasi STMIK Handayani Makassar
ISSN : 20876505     EISSN : 25500511     DOI : -
JURNAL IT : Media Informasi STMIK Handayani Makassar sebagai Media kajian Ilmiah hasil penelitian dan kajian analisis mengenai penelitian di bidang Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Jurnal IT diterbitkan tiga kali dalam setahun, yaitu Bulan April, Agustus dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 8 No 2 (2017): Volume 8 Nomor 2, Agustus 2017 IT JURNAL" : 8 Documents clear
Sistem Kontrol Sirkulasi Air Dan Pemberian Pakan Pada Akuarium Ikan Hias Risal, Muhammad
JURNAL IT: Media Infromasi STMIK Handayani Makassar Vol 8 No 2 (2017): Volume 8 Nomor 2, Agustus 2017 IT JURNAL
Publisher : LPPM- STMIK HANDAYANI MAKASSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (603.685 KB)

Abstract

Ikan hias yang ada di dalam akuarium dapat memberikan nuansa damai, rileks, dan menyenangkan selepas beraktifitas. Namun dalam memelihara Ikan hias agak malas karena seringkali ikan hias yang dipelihara dalam akuarium atau kolam mudah mati akibat kesalahan dalam cara pemeliharaannya. Olehnya itu sangat penting dibuatkan sistem kontrol untuk mengatur sirkulasi air dan pemberian pakan secara teratur, sehingga ikan hias dalam akuarium dapat hidup secara sehat dan wajar tanpa perlu kita terlibat langsung dalam pemeliharaan ikan hias tersebut. Sistem dibuat secara otomatis untuk menguras air dan kemudian memberikan air kembali pada akuarium sesuai waktu yang diinginkan demikian halnya dengan pemberian pakan dapat diberikan sesuai waktu yang diinginkan. Sistem kontrol dibuat menggunakan arduino uno sebagai pemroses, sensor level dan real time clock (rtc) sebagai input dan relay, pompa akuarium dan solenoid sebagai output. System bekerja berdasarkan waktu dari rtc yang telah di set, kemudian mengambil data dari sensor level untuk menyalakan pompa air sebagai sirkulasi air dalam akuarium, dan terakhir pemberian pakan berdasarkan waktu yang telah di set. Sistem control ini menganut model pengendalian loop terbuka dimana instruksi hanya berjalan searah yaitu instruksi didapatkan dari input dalam hal ini berupa RTC dan sensor level kemudian di proses oleh Arduino dan diteruskan ke output yaitu relay untuk mengaktifkan pompa air dan solenoid. Sistem berjalan hanya sekali dalam sehari dan selebihnya sistem dalam keadaan diam/standby sehingga dapat menghemat listrik. Waktu yang dibutuhkan system berjalan secara otomatis yaitu rata-rata 24 menit 25 detik
Sistem Monitoring Kualitas Air Tambak Udang Vaname Multazam, A. Emil; Hasanuddin, Zulfajri Basri
JURNAL IT: Media Infromasi STMIK Handayani Makassar Vol 8 No 2 (2017): Volume 8 Nomor 2, Agustus 2017 IT JURNAL
Publisher : LPPM- STMIK HANDAYANI MAKASSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.215 KB)

Abstract

Produksi yang tinggi merupakan tujuan dari budidaya udang secara intensif untuk memenuhi kebutuhan pasar akan udang. Pada penelitian ini membahas rancang bangun sebuah sistem untuk pemantauan kualitas air yang dapat memberikan informasi tentang parameter kualitas air. Sistem yang dibuat memiliki komponen utama, yaitu  sensor Suhu, pH, Kekeruhan dan ketinggian air. Pengujian sistem menggunakan teknik kalibrasi untuk memastikan bahwa sistem yang dirancang dapat beroperasi dengan baik. Mulai dari proses perancangan perangkat keras (Hardware) dan sinkronisasi dengan perangkat lunak (Software). Sistem monitoring menggunakan Arduino Mega dan beberapa sensor bekerja memantau kualitas air dan mengirimkan peringatan melalui SMS (Short Message Service) jika parameter melewati ambang batas. Sensor pH meter membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk membaca nilai pH sampai stabil, jika terjadi perubahan pH air secara drastis. Setelah dilakukan pengujian dan kalibrasi sensor, rata-rata tingkat akurasi sensor mencapai 99%.
Prototype Sistem Kontrol Untuk Implementasi Parkir Otomatis Kendaraan Roda Empat Martani, Ahmad; Achmad, Andani; ', Dewiani
JURNAL IT: Media Infromasi STMIK Handayani Makassar Vol 8 No 2 (2017): Volume 8 Nomor 2, Agustus 2017 IT JURNAL
Publisher : LPPM- STMIK HANDAYANI MAKASSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (844.386 KB)

Abstract

Prototipe Sistem Kontrol Untuk Implementasi Parkir Otomatis Kendaraan Roda Empat adalah penelitian yang dilatarbelakangi permasalahan umum pengguna kendaraan ketika akan memarkirkan kendaraannya. Tujuan dari penelitian ini adalah memudahkan pengguna parkir, khususnya kendaraan roda empat yang ingin memarkirkan kendaraannya pada area parkir pada 3 jenis parkir yang berbeda. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan simulasi dalam bentuk prototipe kendaraan mobil. Algortima yang digunakan adalah algoritma dead Reckoning, yakni dengan memperkirakan pergerakan prototipe kendaraan mobil dalam mengisi 3 jenis parkir yang berbeda, yakni parkir lurus, serong dan pararel. Switch Button merupakan perangkat input untuk menentukan tipe jenis parkir yang akan digunakan. arduino uno adalah mikroprosesor tunggal yang digunakan pada sistem ini. Untuk sistem keamanan dalam menghindari tabrakan, sistem ini menggunakan sensor ultrasonic pada bagian depan dan belakang. Hasil dari penelitian ini adalah prototipe kendaraan mampu menempati posisi ruas parkir yang kosong pada 3 jenis parkir yang berbeda dengan aman. Sensor ultrasonic juga dinilai mampu mendeteksi ada tidak adanya objek yang menghalangi pada jarak yang telah ditentukan.
Rancang Bangun Sistem Deteksi Aktivitas Lansia Berbasis Arduino Mega Wahyuningsih, Pujianti
JURNAL IT: Media Infromasi STMIK Handayani Makassar Vol 8 No 2 (2017): Volume 8 Nomor 2, Agustus 2017 IT JURNAL
Publisher : LPPM- STMIK HANDAYANI MAKASSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (821.4 KB)

Abstract

Lansia merupakan manusia yang sudah lanjut usia dan tidak bisa melakukan banyak aktivitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang bangun sistem deteksi aktivitas lansia berbasis arduino mega.  Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana membangun sistem deteksi aktivitas lansia saat penjaga lansia sedang berada diluar atau beraktivitas. Solusi pada penelitian ini adalah membangun sebuah sistem yang dapat mendeteksi aktivitas lansia menggunakan sebuah karpet yang terdapat node sensor keypad  pada setiap bagian karpet tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah terdiri dari tiga bagian yaitu input, proses dan output. Input pada sistem ini adalah berupa karpet yang terdapat banyak node sensor keypad pada setiap bagian karpet. Proses yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan arduino mega, dimana pada sistem ini arduino mega berfungsi sebagai pusat pengolahan data dari input sensor dan kontrol output. Output pada penelitian ini adalah berupa informasi yang dikirimkan kepada penjaga lansia menggunakan Raspberry pi dan jaringan internet. Adapun algoritma yang digunakan untuk deteksi aktivitas lansia pada karpet adalah algoritma greedy. Hasil dari penelitian ini adalah sensor keypad pada karpet dapat mendeteksi aktivitas lansia yaitu ketika sensor yang tertekan pada karpet antara 2 sampai 4 node maka lansia sedang duduk, jika sensor yang tertekan pada karpet 5 sampai 8 node maka lansia sedang duduk dan jika sensor yang tertekan antara 9 node atau lebih maka lansia sedang berbaring atau tidur. Informasi dari aktivitas tersebut dapat terkirimke internet dan diakses oleh user menggunakan website. Saran dari penelitian ini adalah adanya sistem pendeteksi pada saat lansia tidak melakukan aktivitas diluar karpet dan sistem pengaturan suhu agar lansia dapat merasa nyaman beraktivitas dalam ruangan.
Sistem Kontrol Deteksi Level Air Pada Media Tanam Hidroponik Berbasis Arduino Uno Jalil, Abdul
JURNAL IT: Media Infromasi STMIK Handayani Makassar Vol 8 No 2 (2017): Volume 8 Nomor 2, Agustus 2017 IT JURNAL
Publisher : LPPM- STMIK HANDAYANI MAKASSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.733 KB)

Abstract

Tanaman hidroponik merupakan media tanam yang digunakan sebagai solusi bagi petani yang tidak membutuhkan lahan tanam yang luas. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana membangun sebuah sistem pendeteksi level air pada tanaman hidroponik berbasis Arduino Uno. Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana level air pada tanaman hidroponik dapat dikontrol agar dapat mempermudah petani dalam mengontrol volume air pada media tanam hidroponik. Solusi pada penelitian ini adalah membangun sistem untuk dapat mengontrol level air secara otomatis menggunakan sensor level air dan Arduino uno. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah adalah berupa media input, proses dan output. Input pada penelitian ini adalah menggunakan sensor level air, dimana terdapat tiga level air yang dideteksi yaitu level rendah, sedang dan tinggi. Proses pada penelitian ini adalah menggunakan Arduino uno sebagai pusat kontrol. Output pada sistem ini adalah menggunakan pompa air untuk mengontrol keluar masuknya air pada media tanam hidroponik. Hasil dari penelitian ini adalah sistem dapat mendeteksi ketinggian level air rendah 2 cm, ketinggian level air sedang 6 cm dan tinggi level air 10 cm. Pada saat  level air rendah maka pompa pengisi air akan aktif , jika level air sedang maka pompa pengisi dan penghisap akan mati dan jika air mencapai level tinggi maka pompa penghisap air akan aktif. Saran yang dapat dikembangkan pada penelitian ini adalah informasi pada sensor level air dapat dikontrol secara online menggunakan jaringan internet.  
Sistem Keamanan Rumah Berbasis Kinect Basir, Badirun; ', Wardi; Zainuddin, Zahir
JURNAL IT: Media Infromasi STMIK Handayani Makassar Vol 8 No 2 (2017): Volume 8 Nomor 2, Agustus 2017 IT JURNAL
Publisher : LPPM- STMIK HANDAYANI MAKASSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1068.349 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan sistem yang dapat mendeteksi manusia berbasis kinect secara mobile. (2) menghasilkan interface sistem yang dapat memudahkan pengguna dalam mendeteksi manusia berbasis kinect secara mobile. (3) menghasilkan analisis kinerja sistem saat mendeteksi manusia berbasis kinect secara mobile. dan (4) mengimplementasikan sistem keamanan rumah yang dibangun. Penelitian ini menggunakan metode analisis dan perancangan, yaitu mencari dan mengumpulkan data-data yang dibutuhkan kemudian dianalisis sehingga mendapatkan gambaran serta kejelasan masalah untuk melakukan perancangan dan uji coba sistem. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem yang dibuat dapat mendeteksi manusia baik berupa wajah maupun seluruh tubuh dan sistem secara otomatis mengirimkan peringatan berupa alarm dan video melalui smartphone sehingga rumah dapat dipantau dimanapun berada, sedangkan bila yang dideteksi bukan manusia maka sistem tidak akan memberikan peringatan. Setelah dilakukan pengujian sebanyak 500 frame maka analisis kinerja yang diperoleh adalah: (1) waktu eksekusi selama 48,41 detik, (2) performa relatif 96,8ms, (3) performa grafik selama 10,3 FPS, (4) keberhasilan sistem 67,7% dan (5) kegagalan sistem 32,4%.  
Aplikasi Tuntunan Penggunaan Peralatan Praktikum Kimia Berbasis Multimedia Syam, Supriadi
JURNAL IT: Media Infromasi STMIK Handayani Makassar Vol 8 No 2 (2017): Volume 8 Nomor 2, Agustus 2017 IT JURNAL
Publisher : LPPM- STMIK HANDAYANI MAKASSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (703.179 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk merancang aplikasi tuntunan penggunaan peralatan praktikum kimia berbasis multimedia, (2) Untuk mengimplementasikan aplikasi tuntunan penggunaan peralatan praktikum kimia berbasis multimedia. Penelitian ini dilaksanakan pada Sekolah Menengah Analis Kimia (SMAK-SMK Analis Kimia) Makassar pada januari sampai april 2017.  Proses pembelajaran peralatan praktikum kimia pada SMAK Makassar masih konvensional. Mahalnya alat praktikum kimia dan tidak adanya penuntun yang berbasis visual membuat siswa kesulitan untuk mengulang pelajaran. Dalam penelitian ini pengumpulan data diperoleh melalui pengamatan secara langsung, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Aplikasi ini dibangun menggunakan software pemrograman Delphi 7, Adobe Photoshop CS, Adobe Flash CS 3, TMS Component Pack dan DBISAM sebagai database. Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi ini bersifat stand alone yang menggunakan database dan tidak terhubung dengan jaringan. Menurut 80% responden, aplikasi ini dapat menjadi media tuntunan penggunaan peralatan praktikum kimia dan dapat menjadi media belajar terutama untuk mempelajari teknik penggunaan dan perawatan peralatan praktikum kimia.
Sistem Pengaman Komputer Berbasis Mikrokontroler Pada Laboratorium STMIK Handayani ', Matalangi
JURNAL IT: Media Infromasi STMIK Handayani Makassar Vol 8 No 2 (2017): Volume 8 Nomor 2, Agustus 2017 IT JURNAL
Publisher : LPPM- STMIK HANDAYANI MAKASSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (702.175 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem pengamanan komputer laboratorium berbasis mikrokontroler Atmega8535 yang menggunakan smart card. Metode yang digunakan berupa pembuatan pengamanan komputer Laboratorium  berbasis mikrokontroler yang dapat menjaga komputer secara aman. Input alat ini menggunakan smart card, kemudian dideteksi oleh sensor infra merah. Sensor infra merah diproses melalui program yang ada dalam mikrokontroler ATmega8535, hasil dari proses mikrokontroler ATmega8535 dikirim ke motor DC yang dapat mengaktifkan komputer secara otomatis. Hasil rancangan berupa pengaman yang dapat membuka dan menutup komputer secara otomatis. Ketika memasukan kartu dosen atau kartu mahasiswa ke pembaca kartu pada komputer, kemudian dibaca oleh sensor infra merah dan sensor infra merah akan mengirimkan data ke mikrokontroler untuk di proses. Setelah mikrokontroler memproses data dari sensor infra merah kemudian mikrokontroler mengirimkan data lagi ke driver motor dan menggerakkan motor DC. Maka komputer akan terbuka dan tertutup secara otomatis.

Page 1 of 1 | Total Record : 8