Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual
ISSN : 25414550     EISSN : 25414585
Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual (JIKDISKOMVIS) merupakan jurnal open access yang diterbitkan dua kali dalam setahun di bulan Juli dan Desember oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo dengan 5-6 artikel tiap terbitan.
Articles 18 Documents
Perancangan Materi Promosi Event Ramadhan Jazz Festival 2018

Nurshadrina, Dianti Puspita

Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Dari tahun ke tahun, semakin banyak festival musik yang diselenggarakan di Jakarta. Salah satunya adalah Ramadhan Jazz Festival yang diselenggarakan oleh RICMA dan Warta Jazz. Festival musik ini dilakukan untuk menarik perhatian kaum millennial agar datang ke masjid dengan cara yang berbeda, yaitu dengan menghadiri festival musik jazz di Jakarta yang dapat dihadiri oleh semua khalayak Muslim ataupun Non-Muslim. Festival musik dapat diselenggarakan dengan baik apabila memiliki materi promosi yang sesuai. Materi promosi yang digunakan harus memiliki desain yang sesuai, serta elemen-elemen yang tepat agar pesan yang disampaikan oleh penyelenggara dapat tersampaikan dengan baik, sehingga minat kehadiran khalayak pun meningkat.Kata kunci: materi promosi, festival musik, desain komunikasi visual, layout, tipografi, logo

Perancangan Media Sosialisasi Tanggap Bencana Kabupaten Semarang Berbasis Animasi 2D

Iskandar, Dian, Tumimomor, Y.M.

Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Indonesia merupakan wilayah yang rawan dengan terjadinya bencana, hal ini bisa disebabkan oleh faktor alam maupun faktor manusia. Bencana yang terjadi seringkali menimbulkan dampak kerugian material maupun kerugian jiwa. Untuk meminimalisir kerugian dari terjadinya bencana maka diperlukanlah sosialisasi terhadap masyarakat untuk bersama-sama dalam menanggapi bencana yang mengancam. Untuk itu, penelitian ini akan membahas mengenai perancangan media sosialisasi tanggap bencana bagi masyarakat Kabupaten Semarang berbasis animasi 2D. Objek dalam penelitian ini adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan strategi linear, yang berisikan perancangan animasi dari awal sampai bentuk akhir berupa video animasi 2D sebagai media sosialisasi tanggap bencana. Hasilnya adalah sebuah media sosialisasi tanggap bencana yang disajikan dalam bentuk animasi 2D yang memuat informasi-informasi terkait tanda-tanda, pencegahan, dan penanggulangan bencana. Kata Kunci: Video, Animasi, Sosialisasi, Bencana, BPBD Kabupaten Semarang.

Rancang Bangun Sistem Informasi dan Monitoring Level Stress Penderita Diabetes Millitus (DM) Berbasis Android

Indasyah, Enny, Ananta, Aliffia

Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual Vol 3, No 1 (2018): Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Diabetes Militus (DM) adalah gangguan metabolic berupa serapan insulin yang rendah dan berdampak pada peningkatan konsentrasi glukosa tubuh (hiperglikemia), kerusakan berbagai sistem tubuh dan akan mengalami situasi ketegangan psikologis, karena secara psikologis penderita dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan keadaan yang mungkin menjadi stressor psikologis. Stress yang dialami penderita diabetes mellitus akan memberikan dampak yang lebih parah bagi penderita karena pada dasarnya stress yang dialami akan menyebabkan terganggunya sistem endokrin (hormonal) salah satunya adalah semakin meningginya kadar gula darah, dampak lainnya yang berkaitan dengan stress yang dialami adalah munculnya reaksi perilaku negatif yang tidak disadari oleh individu. Oleh karena itu, dibutuhkan cara untuk membantu penderita diabetes mellitus memiliki kemampuan dalam memonitoring tingkat stress  sehingga akan menjaga pola kehidupannya agar tidak semakin parah. Penelitian ini menggunakan alat ukur kuisioner dari DASS ( Depression Anxiety Stress Scales) 42 untuk memonitoring level stress (normal, ringan, sedang, berat, sangat berat) menggunakan aplikasi mobile. Pengambilan data sebanyak 30 pasien di Puskesmas Desa Cerme kidul, Gresik, jawa timur Indonesia. Hasil penelitian  dapat disimpulan bahwa rata-rata tingkat stress pasien diabetes di desa cerme kidul adalah 97 % normal, dan 3 % stress ringan. Kata kunci—Diabetes Millitus, DASS 42 Scale , Level Stres, Aplikasi Mobile

IMPLEMENTASI PSEUDO NOISE SEQUENCE (PN CODE) TIPE GOLD CODE PADA WARP (WIRELESS OPEN ACCESS RESEARCH PLATFORM)

Frendiana, Viving

Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Propagasi gelombang radio di dalam ruang (indoor radio propagation)merupakan salah satu tantangan besar dalam perencanaan komunikasi nirkabel(wireless communication). Cara untuk menentukan pemodelan kanal salahsatunya adalah melalui tanggapan impuls (response impulse). Pada propagasigelombang langsung, sinyal yang dipancarkan oleh antena pemancar langsungditerima oleh antena penerima tanpa mengalami pantulan, disebut Line OfSight (LOS). Karena perambatannya harus secara langsung, maka di lokasilokasi yang antena penerimanya terhalang, tidak akan menerima sinyal(blocked spot). Pada propagasi LOS terdapat daerah yang harus dan wajibterhindar dari halangan, daerah itu disebut dengan daerah fresnel (fresnelzone). Pada penelitian ini dilakukan pengukuran respon impuls menggunakanpseudo-random noise sequence yaitu berjenis kode Gold. Pengukuranmenggunakan modul Wireless Open Access Research Platform (WARP) versi2.Kata Kunci : Pseudo Noise Sequence, Gold Code, WARP

Media Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Flipping Book

Arif, Sonhaji

Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Media pembelajaran idealnya harus mampu memberikan kesempatan kepada pembaca untuk membangun pengetahuannya sendiri. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa (media tunggal dan multimedia) telah memberi kontribusi yang signifikan. Khusus media dalam format multimedia telah memainkan peranan penting dalam dunia pendidikan. Penggunaan multimedia yang menggunakan visualisasi menarik dapat membantu pemahaman siswa, serta memberikan kemudahan dalam kegiatan belajar mengajar, yang pada akhirnya dapat memberikan solusi pada permasalahan pendidikan.Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Thiagarajan dkk, 1974). Validasi media meliputi 2 ahli media dan 2 ahli materi. Uji coba produk meliputi uji coba individu, kelompok kecil. Hasil pengembangan media “Media Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Buku Digital Flipping Book” sebagai media penunjang pembelajaran seni budaya memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli media mencapai 83,5 %, ahli materi 81%, kelompok kecil 84,5%.Penggunaan flipping book sebagai media pembelajaran dapat menyampaikan informasi lebih baik dari pada buku konvensional. Hal ini dikarenakan flipping book merupakan multimedia yang dapat menyampaikan berbagai macam informasi dengan berbagai media seperti video, animasi, musik.Kata Kunci : Multimedia, Flipping Book, Media Pembelajaran

DESAIN DAN ANALISA MANAJEMEN KONSUMSI DAYA PADA WSN UNTUK SISTEM MONITORING KESEHATAN STRUKTUR (SMKS) JEMBATAN

Nadziroh, Faridatun

Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Peristiwa robohnya jembatan Jembatan Kutai Kertanegara pada tanggal 26November 2011 yang memiliki panjang 720 meter mengakibatkan banyak korban. Untuk mengatasi hal serupa terjadi, diperlukan adanya suatu sistem pemantauan terhadap jembatan yang berguna untuk mengetahui lebih dini tentang kerusakan pada jembatan sehingga dapat meminimalisir kerusakan yang lebih besar. Pemantauan kesehatan struktur jembatan dapat dilakukan dengan mengimplementasikan Sistem Monitoring Kesehatan Stuktur (SMKS) Jembatan. SMKS memanfaatkan sensorsensor dalam pemantauan dengan model komunikasi menggunakan sistem wireless atau bisa di sebut Wireless Sensor Network (WSN). Dalam bekerja WSN memerlukan daya yang dicatu oleh baterai. Akan tetapi WSN memiliki kendala yakni kapasitas dan daya baterai kecil karena WSN dicatu oleh baterai yang mempunyai lifetime sangat terbatas. Mengatasi hal itu, diperlukan adanya suatu cara untuk memanajemen konsumsi daya pada sensor. Teknik manajemen konsumsi daya di munculkan dengan mengatur kondisi sleep/awake pada sensor serta mendesain topologi serta routing protokol yang digunakan. Pemilihan topologi dan routing yang tepat yakni dengan mempertimbangkan parameter energi,jarak, packet loss, throughput serta delay dari sumber ke tujuan dapat menjadikan proses transmisi lebih maksimal. Selanjutnya membandingkan hasil kinerja dari topologi dan routing yang digunakan. Penelitian ini berbasis simulasi dengan menggunakan Network Simulator-2 (NS-2). Sehingga hasil simulasi dan manajemen daya kedepannya dapat diimplementasikan pada Sistem Monitoring Kesehatan Struktur (SMKS) Jembatan secara real time.Kata Kunci : SMKS, WSN, Sleep/Awake, Routing, Topologi.

Pengembangan Private Cloud Storage sebagai Sentralisasi Data Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo Berbasis Open Source Owncloud

Kholil, Moch, Mu'min, Syahri

Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual Vol 3, No 1 (2018): Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Cloud Storage memberikan beberapa kemudahan dalam sentralisasi penyimpanan data. Cloud Storage merupakan media penyimpanan yang di dalam pengaksesannya memerlukan jaringan internet. File dan data disimpan di komputer dimana user harus membuat akun Cloud Storage terlebih dahulu. Sebagai langkah kemudahan dalam mengakses data dalam sebuah instansi maka dibutuhkan strategi sentralisasi data yang dapat diakses dan berbagi file atau data bersama dengan biaya lebih murah. Private Cloud Storage bisa dicapai dengan mengimplementasikan Framework ownCloud berbasis Open Source. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teknologi penyimpanan data secara terpusat yang memungkinkan user bisa berbagi file atau data bersama.                                                                                                                   Kata Kunci: Cloud Storage, ownCloud, Private Cloud Storage, Open Source

Proses Kreatif Cover Buku Komik Autobiografi Masmundari dan Damar Kurung Untuk Mengubah Prilaku Pada Remaja

Ardani, Muhammad Widyan

Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Siapa yang tidak mengenal sosok tua renta almarhum mbah Masmundari sang creator dari kerajinan unik yang bersejarah di tanah jawa timur tepatnya di daerah gersik yaitu Damar Kurung. Kesenian tersebut memiliki pengaruh kekuatan yang cukup membuat orang dan muda-mudi terkagum-kagum kepada karyanya terutama kalangan anak kecil karena bentuk visual yang sederhana serta goresan warna yang disiratkan oleh si mbah(Masmundari) lebih mengarah kepada gaya naïfisme dekoratif. Buku  tentang autobiografi visual creator Damar Kurung untuk generasi muda dan remaja, karena memiliki nilai-nilai humanis, religi, moral serta tradisi, sehingga mereka tahu akan nilai-nilai serta kebudayaan yang mereka miliki. Dan diharapkan dengan adanya Autobiografi tentang creator damar kurung ini dapat memecahkan masalah yang diungkapkan sebelumnya oleh penulis. Pada penelitian ini memperoleh temuan bahwa Autobiografi tentang Masmundari dan Damar Kurung.  adalah elemen penting bagi pembentukan prilaku pada remaja dan dapat menjadi sebuah proses pembelajaran yang ideal untuk anak. Karena dapat mempengaruhi stimulus anak untuk mempelajari dan mengamati lebih dalam tentang tradisi lokal dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya meskipun demikian bahwa karya perancangan(penciptaan) komik edukasi yang belum sepenuhnya sempurna karena membutuhkan kecermatan dalam membuat struktur yang berkesinambungan antara cerita dan audience yang dituju khususnya di daerah jawa timur karena masih dalam tahap pembuatan dan sketsa awal perancanagan Autobiografi tentang Masmundari dan Damar Kurung.

DESAIN TOPOLOGI KOMUNIKASI WIRELESS SENSOR NETWORK (WSN) PADA APLIKASI SISTEM STRUCTURAL HEALTH MONITORING (SHM) JEMBATAN

Amalina, Evy Nur

Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Sistem SHM (Structural Health Monitoring) berbasis WSN (Wireless SensorNetwork) memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan berbasis kabel. Namun, WSN memiliki kekurangan yaitu kapasitas dan daya baterai WSN kecil. Mendesain topologi yang sesuai dengan lingkungan merupakan salah satu cara untuk menghemat energi. Pada penelitian ini, dilakukan simulasi dengan menggunakan simulatort NS-2 berdasarkan karakteristik Xbee Pro v1.xCx dengan dua asumsi. Asumsi yang pertama adalah dimana sepuluh node sensor akan bergantian mengirimkan paket data menuju sink secara bergantian. Sedangkan asumsi yang kedua adalah jika terdapat sebuah kendaraan yang melintasi jembatan dari kiri ke kanan sehingga node sensor akan mengirimkan paket data menuju sink mengikuti gerakan kendaraan. Pada topologi starasumsi pertama didapatkan nilai dari parameter kinerja jaringan seperti packet loss, delay end-to-end rata-rata, throughput, energi end-to-end rata-rata yang dihasilkan masing-masing adalah 89,99%, 6,597 ms, 0,89 kbps dan 5,512 Joule. Sedangkan pada asumsi yang kedua masing-masing adalah 90,02%, 6,75 ms, 1,60 kbps dan 0,318 Joule. Pada topologi mesh asumsi pertama didapatkan nilai dari parameter kinerja jaringan seperti packet loss, delay end-to-end rata-rata, throughput, energi end-to-end rata-rata yang dihasilkan masing-masing adalah 0,0027%, 23,0265 ms, 8,00 kbps dan 222,38 Joule. Sedangkan pada asumsi kedua masing-masing adalah 0,55%, 34,43 ms, 15,98 kbps dan 6,01 Joule. Pada topologi half tree asumsi pertama didapatkan nilai dari parameter kinerja jaringan seperti packet loss, delay end-to-end rata-rata, throughput, energi end-to-end rata-rata yang dihasilkan masing-masing adalah 0,0027%, 23,0273 ms, 8,00 kbps dan 219,71 Joule. Sedangkan asumsi kedua masing-masing adalah 4,43%, 33,48 ms, 15,35 kbps dan 6,23 Joule. Berdasarkan parameter kinerja jaringan, maka topologi mesh dan half tree dapat diimplemen-tasikan pada sistem SHM jembatan.Kata Kunci : efisiensi energi, SHM, topologi, WSN

Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning

Nadziroh, Faridatun

Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Saat ini metode pembelajaran dituntut untuk adanya inovasi dalam peningkatan pembelajaran, agar pelajar tidak mengalami kebosanan. Oleh karena itu diterapkanlah pembelajaran berbasis e-learning yang merupakan salah satu model pembelajaran yang didukung pemanfaatan teknologi informasi (IT). Sistem e-learning  memiliki banyak model dengan berbagai fitur diantaranya edmodo, moodle dan google classroom. Dengan adanya berbagai macam sistem e-learning menjadikan pelajar lebih mandiri dan kreatif. Sedangkan bagi pengajar menjadikan lebih inovatif dan lebih muda melakukan pembaruan materi ataupun model pengajaran sesuai dengan tuntutan zaman. Selain itu juga memudahkan pengontrolan tugas pelajar. Namun dengan adanya berbagai macam sistem e-learning belum sepenuhnya efektif dalam meningkatkan pembelajaran hal ini dikarenakan dalam proses pengaplikasian e-learning membutuhkan koneksi internet yang stabil agar dapat berjalan lancar selain itu belum sepenuhnya pengajar mengetahui cara pengoprasian dari e-learning, perlu adanya pelatihan secara menyeluruh kepada pengajar agar dapat memanfaatkan  e-learning secara maksimal.

Page 1 of 2 | Total Record : 18