cover
Contact Name
Yenni P. Pasaribu
Contact Email
mjos@unmus.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
mjos@unmus.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. merauke,
P a p u a
INDONESIA
Musamus Journal of Science Education
Published by Universitas Musamus
ISSN : 26227851     EISSN : 2622786X     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
The aims of this Musamus Journal of Science Education is to provide a venue for academicians, researcher, and practitioners for publishing the original research articles and review articles.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA MAHASISWA Reski, Andi
Musamus Journal of Science Education Vol 1 No 1 (2018): Musamus Journal of Science Education (MJOSE)
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjose.v1i1.859

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian “expost-facto” yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh: (1) fasilitas belajar terhadap hasil belajar fisika mahasiswa; (2) fasilitas belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa; dan (3) motivasi belajar terhadap hasil belajar fisika Mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2015 dan angkatan 2016 Program Studi Pendidikan Fisika  dengan jumlah 224 orang. Adapun sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Slovin dengan jumlah mahasiswa sebanyak 145 orang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan tes hasil belajar fisika yang telah diuji coba empirik. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling dengan teknik Analysis of Moment Structures. Melalui model tersebut  dapat disimpulka: (1) fasilitas belajar memiliki pengaruh langsung positif terhadap motivasi belajar mahasiswa; (2) fasilitas belajar tidak memiliki pengaruh langsung positif terhadap hasil belajar fisika mahasiswa; dan (3) motivasi belajar memiliki pengaruh langsung positif terhadap hasil belajar fisika mahasiswa. Kata Kunci: Expost-facto, Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Fisika.
Pengaruh Model Pembelajaran ASSURE TERHADAP Hasil Belajar Siswa pada Materi Suhu dan Kalor Sunartih, Sunartih; Pasaribu, Marungkil; Hatibe, Amiruddin
Musamus Journal of Science Education Vol 1 No 1 (2018): Musamus Journal of Science Education (MJOSE)
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjose.v1i1.874

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran ASSURE terhadap hasil belajar siswa   pada materi suhu dan kalor  kelas XI SM. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XI Mipa 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 Mipa 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar serta lembar observasi yang telah divalidasi oleh validator dan telah diuji coba lapangan. Analisis data yang digunakan statistik inferensial yaitu uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis (uji t 2 pihak).  Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data hasil penelitian, diperoleh nilai hasil belajar siswa  pada  posttest  nilai rata – rata kelas eksperimen sebesar 14,90 dengan standar deviasi sebesar 3,23 dan untuk kelas control sebesar 11,57 dengan standar deviasi sebesar 2,99. Hasil pengujian statistik uji t 2 pihak dari pengujian hipotesis didapatkan harga thitung(4,11)>ttabel(1,67) atau thitung(-4,11)>ttabel(-1,67) sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil ini menyatakan terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika antara kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ASSURE dan model pembelajaran Direct Intruction. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran ASSURE terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor kelas XI SMA. Kata Kunci: model pembelajaran assure , hasil belajar, suhu dan kalor
ANALISIS RESPON SISWA TERHADAP PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN KIMIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUKU ASMAT PAPUA Asmaningrum, Henie Poerwandar; Khoe, Renny Ivonny Khoe; Sukirno, Sukirno
Musamus Journal of Science Education Vol 1 No 1 (2018): Musamus Journal of Science Education (MJOSE)
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjose.v1i1.914

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap pengembangan buku suplemen kimia berbasis kearifan lokal Suku Asmat Papua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas X SMA YPPK Yos Sudarso Merauke berjumlah 23 siswa dan siswa kelas XI SMA Negeri II Merauke berjumlah 38 siswa pada tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data menggunakan angket respon siswa yang terdiri atas pernyataan mengenai 4 (empat) aspek penilaian, yaitu materi, penyajian, bahasa, dan grafis dengan total 17 pernyataan. Hasil analisis angket respon siswa terhadap pengembangan buku suplemen kimia berbasis kearifan lokal Suku Asmat Papua, persentase rata-rata total respon sebesar 84,36% pada kategori layak. Rata-rata persentase respon siswa pada masing-masing aspek yaitu aspek materi sebesar 80,13%, aspek penyajian sebesar 85,72%, aspek bahasa sebesar 85,58%, dan aspek grafis sebesar 86,02% juga tergolong kategori layak. Kata Kunci: respon siswa, buku suplemen, kimia, kearifan lokal
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Kusrini, Kusrini; Supriyadi, Supriyadi; Bahri, Syamsul; Palittin, Ivylentine Datu; Rahayu, Mitra; Silubun, Helga A.; Loupatty, Martha
Musamus Journal of Science Education Vol 1 No 1 (2018): Musamus Journal of Science Education (MJOSE)
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjose.v1i1.943

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Powerpoint pada siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 2 Merauke dalam meningkatkan hasil belajar fisika. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan pendekatan deskriptif yang terdiri dari 2 siklus. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning membuat siswa dapat menjadi lebih aktif dan termotivasi menemukan sendiri solusi dari masalah yang dihadapi. Penggunaan media powerpoint yang menampilkan gambar bergerak juga membuat pembelajaran menjadi semakin menarik. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan skor pada tiap akhir siklus. Untuk menambah semangat peserta didik, maka pada akhir siklus diberikan penghargaan berupa ucapan selamat bagi siswa atau kelompok yang berprestasi. Kata Kunci: Media Powerpoint, Discovery Learning, Hasil Belajar
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA EDMODO SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN KIMIA Muzyanah, Siti; Asmaningrum, Henie Poerwandar; Buyang, Yorinda
Musamus Journal of Science Education Vol 1 No 1 (2018): Musamus Journal of Science Education (MJOSE)
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjose.v1i1.949

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Media Edmodo Sebagai Penunjang Pembelajaran Kimia di SMA Plus Muhammadiyah Merauke. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, jenis eksperimen yang dipakai adalah pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Plus Muhammadiyah Merauke yang terdiri dari 70 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas X yang terdiri dari 25 siswa diambil secara purposive sampling. Analisis data menggunakan t-test dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 92%, N-Gain  sebesar 0,68 (kategori sedang), dan thitung sebesar 19,11 (thitung>ttabel).  Selain itu hasil penelitian ini diperkuat dengan data pendukung berupa observasi keterampilan guru dan observasi aktivitas siswa yang secara berurutan berada pada persentase 91,25% dan 88% dimana keduanya berada pada kategori sangat baik (tuntas). Dapat disimpulkan bahwa media edmodo efektif dijadikan sebagai penunjang pembelajaran kimia di SMA Plus Muhammadiyah Merauke. Kata Kunci: Efektivitas, Edmodo, Kimia
2D RESISTIVITY TIME LAPSE ANALYSIS FOR POTENTIAL ZONING SLIDE WET MUD IN PANEL 7 DEEP ORE ZONE (DOZ) Ulian, Felisitas K.; Parrangan, Jeffri
Musamus Journal of Science Education Vol 1 No 2 (2019): Musamus Journal of Science Education (MJOSE)
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjose.v1i2.1453

Abstract

Abstract High rainfall may disrupt mining operations due to possibility of wet mud slides, occurences. One of the area wet mud slide in the mining area of "DOZ" Panel 7 West PT Freeport Indonesia, Mimika District, Papua Province. Study was needed to image the subsurface where have high probability of wet mud slide might happen. Resistivity method was used using Wenner Alpha configuration with a total length of 270 m. The measurements were performea six times at different dates. Measured data use as the primary data to determine the high possibility areas of mud wet slides. And the primary data were compared with secondary data such as rainfall and geological data. Analysis the resistivity cross-sections show that the low resistivity zones are located in Panel 7 DP # 14E, 16E, 18E, 19E, 20E and 21E. Water enter the DOZ Mine (Deep Ore Zone) by infiltration and precipitation directly through the cave material, permeable zones along the contact zone of diorite/skarn/marble, and the spillover cut crackline or caveline of formation Lower Kais. The correlation between the quantitative data of the apparent resistivity with rainfall data has the highest value of 3.52 %. Keywords: Resistivity, wet muck, panel
KONTRIBUSI KOMPETENSI DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP KINERJA DOSEN Arista, Hermin; Rahma, Ary A.
Musamus Journal of Science Education Vol 1 No 2 (2019): Musamus Journal of Science Education (MJOSE)
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjose.v1i2.1454

Abstract

Dosen sebagai tenaga pendidik diwajibkan untuk memiliki beberapa kompetensi, yang meliputi kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan kontribusi kompetensi dan pengalaman mengajar terhadap kinerja dosen Fakultas Teknik Universitas Panca Marga Probolinggo. Variabel eksogen pada penelitian ini adalah kompetensi pedagogik (X1), kompetensi kepribadian dan sosial (X2), dan pengalaman mengajar dosen (X3). Variabel endogen pada penelitian ini adalah kinerja dosen (Y). Metode ex-post facto dalam pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 39 dosen dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, angket, wawancara, dan observasi. Tujuan penelitian adalah ingin  mengetahui pengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung variabel bebas (eksogen) terhadap variabel terikat (endogen) dengan analisis jalur (path analysis) model dekomposisi. Statistik deskriptif dan inferensial dengan perbantuan program SPSS versi 18 digunakan dalam analisis data. Penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik; kompetensi kepribadian dan sosial; dan pengalaman mengajar berkontribusi secara signifikan (97,5%) terhadap kinerja dosen dan 2,5% dipengaruhi faktor-faktor lain. Hasil penelitian ini diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh pihak Universitas Panca Marga Probolinggo guna peningkatkan  kinerja dosen. Kata Kunci kompetensi dosen, pengalaman mengajar dosen, kinerja dosen  
POMPA AIR BERTENAGA ENERGI MATAHARI (SOLAR CELL) UNTUK PENGAIRAN SAWAH Rettob, Abraham L.; Waremra, Richard S.
Musamus Journal of Science Education Vol 1 No 2 (2019): Musamus Journal of Science Education (MJOSE)
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjose.v1i2.1451

Abstract

Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk mendemostrasikan pembuatan pompa air bertenaga energi matahari yang nantinya dapat diaplikasikan oleh masyarakat tani untuk pengairan areal persawahan Kampung Jaya Makmur Distrik Kurik. Untuk membuat pompa air bertenaga energi matahari menggunakan komponen utama seperti panel surya 100 watt peak (wp), inverter 1000 watt, motor penggerak, baterei berkekuatan 70 Ampere hours (Ah), controller, dan bahan besi L untuk pembuatan rangka utama. Perakitan pompa air bertenaga energi matahari dilakukan di bengkel milik masyarakat Kampung Jaya Makmur. Demonstrasi produk pompa air dilakukan di balai kampung menunjukkan bahwa produk dapat bekerja dengan baik sehingga perangkat kampung maupun perwakilan kelompok tani yang hadir sangat antusias untuk mencoba mengaplikasikannya pada areal sawah. Kata Kunci: energi matahari, pompa, sawah, pertanian
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN LKS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA Rahma, Ary A.; Arista, Hermin
Musamus Journal of Science Education Vol 1 No 2 (2019): Musamus Journal of Science Education (MJOSE)
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjose.v1i2.1452

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan LKS terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen (quasy experiment design). Rancangan penelitian yang digunakan adalah non-equivalent pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, subjek penelitian pada masing-masing kelas berjumlah 40 orang siswa. Instrumen pengukuran prestasi belajar berupa butir soal pilihan ganda yang berjumlah 30 soal. Sebelum dilakukan uji hipotesis, terlebih dulu dilakukan uji analisis prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogentias. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t-test. Hasil uji t didapatkan thitung sebesar 3,314 > ttabel sebesar 2,021. Uji t ini menunjukkan adanya perbedaan prestasi belajar antara siswa yang belajar dengan model Reciprocal Teaching berbantuan LKS dan siswa yang belajar dengan model konvensional. Uji lanjut penelitian ini menggunakan uji LSD (Least Significant Difference). Uji LSD menunjukkan hasil rerata kelas eksperimen sebesar 14,132 dan kelas kontrol sebesar 11,183. Uji LSD menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dengan model Reciprocal Teaching berbantuan LKS lebih tinggi daripada prestasi belajar siswa dengan model konvensional. Kata Kunci reciprocal teaching, pembelajaran fisika, prestasi belajar.
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DAN MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMA YPK MERAUKE Naniastuti, Irna; Nurvitasari, Evy; Marlissa, Inggrid
Musamus Journal of Science Education Vol 1 No 2 (2019): Musamus Journal of Science Education (MJOSE)
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjose.v1i2.1699

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar kimia setelah diterapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Make A Match. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen dengan The Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan IPA SMA YPK Merauke tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 158 siswa. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 yang terdiri dari 20 siswa dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2  yang terdiri dari 20 siswa diambil secara purposive sampling. Analisis data menggunakan independent sampel t-test. Kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dan kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran Make A Match. Hasil penelitian diperoleh thitung = 2,256 lebih besar dari ttabel = 1,697 yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar kimia siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih besar dari Make A Match pada siswa kelas XI SMA YPK Merauke.

Page 1 of 2 | Total Record : 15